Pilih Kategori Artikel

Apakah Kamu Sudah Cek Kesehatan Sebelum Menikah?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Cek kesehatan sebelum menikah pada dasarnya sangat perlu untuk dilakukan oleh calon pengantin. Selain untuk memenuhi persyaratan dan legalitasnya cek kesehatan ini sangat diperlukan untuk memastikan bahwa tidak ada penyakit atau keluhan yang membahayakan. Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi masalah berikutnya yang sering terjadi setelah menikah. 

Tes yang dilakukan terdiri dari rangkaian pemeriksaan yang menyeluruh pada anggota tubuh setiap calon pengantin. Nantinya akan terdeteksi apakah terdapat penyakit atau virus berbahaya yang membahayakan pasangan ataupun anaknya kelak. Bisa kamu bayangkan jika penyakit tersebut tidak terdeteksi sejak dini maka pasangan atau anak-anakmu nanti bisa terinfeksi. 

Tes tersebut dilakukan oleh pasangan yang memiliki rencana untuk menikah dan mempunyai anak di kemudian hari. Tes ini juga seringkali disebut dengan cek pra nikah yang berarti pemeriksaan kesehatan sebelum pernikahan. Beberapa penyakit seperti infeksi atau penyakit darah genetik bisa diketahui dengan melakukan tes ini. 

Penyakit genetik yang bisa terdeteksi pada saat melakukan cek kesehatan sebelum menikah contohnya ialah anemia sel sabit. Sementara itu penyakit infeksi yang akan diperiksa dan diutamakan dalam tes kesehatan ini berupa hepatitis dan HIV atau AIDS. Penyakit tersebut cukup berbahaya terutama bagi mereka yang ingin memiliki keturunan. 

Apa Saja yang Dicek?

Setiap calon pengantin akan melakukan beberapa macam tes kesehatan guna mengetahui kondisi kesehatannya. Pertama, terdapat tes hematologi untuk mengetahui adanya kelainan atau tidak pada jumlah sel darah. Kedua ialah tes urine untuk dapat memeriksa apakah terdapat infeksi saluran kemih atau adanya kelainan pada ginjal. 

Selanjutnya terdapat tes golongan darah yang dilakukan untuk mengetahui golongan darah serta rhesus yang dimiliki oleh pasangan tersebut. Adapula tes gula darah untuk memeriksa dan melihat kadar gula darah dalam tubuh. Berikutnya terdapat tes yang dinamakan Venereal Disease Research Laboratory untuk mendeteksi penyakit yang berhubungan dengan kelamin. 

Terakhir terdapat tes yang dinamakan TORCH yang bertujuan untuk mengetahui adanya infeksi penyakit pada kesuburan pria dan wanita ataupun tidak. Bagi pasangan yang akan menikah cek kesehatan sebelum menikah dengan rangkaian tes tersebut sangat penting sebab nantinya Akan terdapat berbagai aktivitas yang melibatkan kesehatan dari masing-masing pasangan. 

Kapan Waktu Cek Kesehatan yang Dianjurkan?

Tes kesehatan sebelum menikah ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena harus dilakukan pada periode tertentu. Kamu sangat disarankan untuk melakukan tes kesehatan tersebut mulai dari 3 hingga 6 bulan sebelum menikah. Hal ini juga bersifat wajib jika kamu berencana untuk langsung memiliki momongan setelah menikah. 

Jika pernikahan sudah direncanakan dari maka tes kesehatan ini juga bisa dilakukan dalam tenggang waktu tersebut. Namun jika perencanaannya cukup singkat maka minimal kamu bisa melakukan tes kesehatan ini tiga bulan sebelum hari H. Pastikan seluruh rangkaian tes dilakukan dengan baik agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Dimana Tempat Cek Kesehatan Sebelum Menikah?

wm_article_img

Foto: istockphoto

Cek kesehatan sebelum menikah bisa dilakukan di rumah sakit terutama yang memiliki fasilitas kesehatan yang cukup lengkap. Hampir setiap rumah sakit yang tersedia pastinya sudah terbiasa melakukan tes kesehatan. Namun beberapa di antaranya masih belum memiliki fasilitas kesehatan yang cukup lengkap untuk melakukan tes tersebut. 

Agar mendapatkan hasil yang terbaik dan maksimal kamu bisa memilih rumah sakit yang benar-benar menyediakan layanan tersebut secara khusus. Kamu juga bisa bertanya kepada kamu yang sudah melakukan tes tersebut untuk memastikan Rumah Sakit mana yang benar-benar memberikan pelayanan yang nyaman untuk melakukan tes.

Memilih Rumah Sakit yang memiliki pelayanan yang cukup baik akan membantumu untuk mendapatkan diagnosa yang tepat dan penanganan yang sesuai. Jika terjadi sebuah diagnosa yang tidak diharapkan maka pihak rumah sakit akan langsung melakukan rekomendasi tindakan agar tidak membahayakan pasangan tersebut. 

Di beberapa daerah khususnya daerah metropolitan tes kesehatan seperti ini menjadi syarat untuk melangsungkan acara pernikahan. Di daerah tersebut biasanya terdapat rumah sakit yang secara khusus menyediakan layanan cek kesehatan sebelum menikah. Meskipun di daerah lain kebijakan ini tidak diwajibkan beberapa rumah sakit tetap bisa melayani tes tersebut. 

Pada dasarnya tes yang dilakukan ini bersifat umum dan hanya beberapa tetes saja yang bersifat khusus. Artinya untuk kebutuhan diluar pernikahan beberapa teks tersebut juga cukup sering dilakukan sehingga beberapa Rumah Sakit dapat melayaninya dengan baik karena sudah terbiasa memberikan pelayanan ini. 

Hasil kesehatannya biasanya akan dicetak dan dikeluarkan dalam kurun waktu tertentu. Biasanya semua hasil tes kesehatan tersebut akan dibuatkan sebuah dokumen khusus agar lebih mudah membaca dan melakukan pemeriksaan berikutnya. Kemudian hasil tes ini akan dikirimkan ke pihak KUA terdekat untuk dijadikan persyaratan. 

Beberapa penjelasan di atas bisa kamu pahami sebelumnya untuk bisa melakukan pemeriksaan kesehatan dengan sebenar-benarnya. Beberapa orang seringkali mengabaikan cek kesehatan sebelum menikah terlebih jika tes tersebut tidak diwajibkan. Akan tetapi diwajibkan atau tidak tes seperti ini, tetap saja sangat besar manfaatnya untuk kamu dan pasanganmu saat sudah berkeluarga!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...