Pilih Kategori Artikel

Cara Jitu Membuat Dekorasi Pernikahan di Rumah dengan Biaya Minim
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Mengakali dekorasi pernikahan di rumah, merupakan cara yang paling tepat agar pengeluaran dapat ditekan seminim mungkin. Tidak seperti anggapan zaman dahulu, kini menyelenggarakan acara resepsi pernikahan di rumah sudah menjadi sebuah hal yang wajar. Bahkan, mulai dilakukan oleh banyak orang. Salah satu alasannya sudah jelas: biaya. Memang, dengan mengetahui poin-poin yang bisa kamu akali, menyelenggarakan resepsi pernikahan di rumah akan jauh dapat menghemat biaya yang akan dikeluarkan!

Untuk menekan pengeluaran resepsimu, kini saatnya kamu mulai bergerak untuk menjelajahi isi rumah kamu untuk menemukan barang-barang yang dapat kamu sulap sebagai pelengkap dekorasi pernikahan di rumah kamu!

Menggunakan barang-barang yang sudah ada bukan lagi hal tabu, loh! Justru bisa menjadi salah satu cara kamu membuat para tamu terpesona. Tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak, kamu dapat menggunakan barang-barang yang ada di rumah ini untuk wujudkan dekorasi pernikahan di rumah yang istimewa dan lain daripada yang lain.

  • Lampu Tidur Vintage

wm_article_img

Jangan langsung memandang sebelah mata dengan lampu tidur vintage yang kamu simpan. Manfaatkan lampu tidur kuno kamu mempermanis pencahayaan selama resepsi pernikahan kamu.

Jika kamu mengadakan acara resepsi di malam hari, maka penggunaan lampu vintage yang sebagai salah satu alternatif dekorasi pernikahan di rumah adalah cara terbaik untuk menghias acara resepsimu! Selain menarik dan unik, tentunya akan menambah kesan sentimentil dalam pernikahanmu, bukan?

  • Bunga Palsu

wm_article_img

Dekorasi untuk resepsi pernikahan, apalagi jika dilaksanakan di gedung atau hotel, identik dengan rangkaian bunga di banyak tempat. Akan tetapi, untuk dekorasi pernikahan di rumah, kamu bisa memotong budget untuk bunga dekorasi dengan cara menggunakan bunga tiruan untuk dijadikan pelengkap dekorasi pernikahan di rumah!

Sebab kita semua tahu, kalau bunga tiruan akan lebih murah daripada bunga asli. Namun, sebelum kamu menggunakan bunga-bunga tiruan dari plastik untuk dirangkai sebaiknya kamu mencucinya terlebih dahulu agar terlihat lebih bersih dan bersinar.

  • Papan Tulis Hitam

wm_article_img

Saat ini, papan tulis hitam sudah mulai jarang dijumpai karena sudah digantikan perannya oleh papan tulis putih. Papan tulis hitam sendiri merupakan barang yang unik untuk dijadikan pelengkap dekorasi pernikahan di rumah! Namun, supaya pernikahanmu tidak terasa seperti di dalam kelas, pilihlah papan tulis berukuran kecil sampai sedang saja, jangan besar-besar!

Di dalam papan tulis itu, kamu dapat menuliskan kata-kata indah penuh cinta sebagai ungkapan sayang pada pasangan dengan menggunakan kapur warna-warni. Kemudian, letakkan papan tulis hitam ini di depan pintu masuk agar dapat dibaca oleh para tamu.

  • Peralatan Makan Kuno

wm_article_img

Jika kamu ingin memberi kesan yang tidak terlupakan kepada para tamu yang hadir, kamu bisa bertanya pada kakek dan nenek kamu untuk meminjam peralatan makan kuno yang mereka miliki. Sebagai dekorasi pernikahan di rumah, kamu dapat meminjam peralatan makan kuno seperti piring, mangkok, dan gelas warna-warni yang menjadi tren di masa lampau dan memajangnya sebagai pemanis pernikahan kamu!

Dengan warna perangkat makan kuno biasanya warna-warni dan terbuat dari bahan kristal, pastinya para tamu akan terkagum-kagum dengan dekorasi makanan kamu!

  • Lampu Minyak Tanah

wm_article_img

Mungkin kamu sudah tidak pernah lagi menggunakan lampu tempel berbahan minyak tanah, karena sekarang memang sudah jarang ada orang yang menggunakannya. Lampu yang identik dengan kata ‘kuno’ dan sudah jarang ditemukan di pasaran ini justru dapat dijadikan pelengkap dekorasi pernikahan di rumah kamu, loh! Jika kamu memiliki waktu luang untuk mempersiapkan segala dekorasi pernikahanmu, sebenarnya kamu bisa menemukan lampu-lampu seperti ini dengan mudah di pasar loak.

Agar melihat warna aslinya, pastikan untuk cuci dulu lampunya baik-baik. Tenang, semua komponennya bisa dilepas, sehingga memudahkan saat mencuci. Setelahnya, gantung atau tempelkan pada sisi dinding yang tidak jauh dari meja hidangan. Pasti para tamu akan terkagum-kagum, sebab kamu masih bisa menemukan barang yang bisa dikatakan langka ini.

  • Perabotan Kayu

wm_article_img

Sampai saat ini perabotan berbahan kayu masih diyakini sebagai perabotan dengan nilai seni yang tinggi. Apalagi jika menggunakan kayu jati yang sudah berumur tua, wah, sudah pasti harganya akan sangat tinggi. Akibat dari tren pernikahan rustic yang sekarang mulai menjamur, kamu bisa memanfaatkan perabotan kayu kuno ini sebagai dekorasi pernikahan di rumah kamu!

Misalnya, gunakan kursi kayu lama sebagai kursi pelaminan kamu. Kamu tidak perlu menutupi serat atau lubang-lubang di kayu, karena justru semua cacat inilah yang akan menambah keunikan dekorasi pernikahan di rumah kamu!

  • Dedaunan

wm_article_img

Jika memang kamu lebih banyak menggunakan bunga-bunga palsu, maka kamu dapat membuat dekorasi yang kontras dengan menggunakan daun segar. Tentunya, harga daun segar akan jauh lebih murah dibandingkan bunga segar dan menciptakan sebuah paradoks yang menarik dalam dekorasi pernikahan di rumah kamu!

Ada banyak jenis daun yang dapat kamu gunakan pada rangkaian bunga plastik dan bisa dibeli kapan saja. Pastinya, dekorasi pernikahan di rumah akan menjadi lebih ceria dan terasa benar nuansa tropisnya!

  • Kain Batik Tua

wm_article_img

Yang dimaksud di sini bukan kain batik bermotif kuno seperti yang banyak ditemui sekarang, melainkan kain batik yang memang sudah tua! Untuk mendapatkannya, kamu bisa bertanya pada anggota keluargamu yang lebih tua, seperti orangtua dan kakek-nenekmu. Biasanya, mereka masih menyimpan batik mereka, terutama kain-kain batik tulis yang nilainya tinggi. Kain batik kuno ini dapat kamu manfaatkan pada dekorasi pernikahan di rumah sebagai penutup sandaran kursi atau dimanfaatkan untuk dekorasi pendukungnya.

Kain batik kuno ini karena usianya yang tua, dapat kamu letakkan pada sudut ruangan yang tidak tidak terlalu banyak dijamah oleh para tamu. Hal ini untuk memastikan bahwa kain-kain batik kuno yang kamu gunakan, benar-benar hanya untuk pemanis ruangan dan tidak terlalu banyak disentuh.

Baca: 4 Tema Pilihan untuk Tema Pernikahan di Rumah

Saat mengadakan pesta pernikahan, tentunya kamu menginginkan sebuah pesta dengan suasana yang ceria. Oleh karenanya, kamu dapat melakukan dekorasi pernikahan di rumah dengan menghias sudut-sudut rumah kamu. Lakukanlah semua ini dengan leluasa, sehingga tampilan dekorasinya akan semakin terlihat manis dan mendukung dengan tema yang kamu inginkan! Jangan lupa untuk santai dan menikmati proses, apalagi mengingat pesta pernikahan di rumah sendiri akan terkesan lebih santai. Para tamu yang diundang pun tidak merasa dibatasi oleh waktu.

Kamu pun sebagai pengantin juga dapat turun dari area pelaminan untuk berbaur serta menyapa para tamu. Tentunya, suasana pesta pernikahan kamu akan menjadi hangat dan akrab karena kamu jadi lebih dekat dengan para tamu yang terdiri dari keluarga dan teman-teman akrabmu. Ditambah pemain musik yang kamu undang, cobalah sesekali untuk naik ke panggung dan berdansa, sekaligus menghibur para tamu yang datang. Sudah pasti, hari tersebut akan menjadi hari yang bersejarah untuk kamu dan pasangan!

Foto: Nightshades, Afloral, Rimma, Coastal Farm House, Christmas Tree Hill, Snippet&Ink, Marry Me Tampa Bay, The Jakarta Post

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...