Pilih Kategori Artikel

Ingin Memakai Dekorasi Pernikahan Melayu? Hadirkan 4 Unsur Ini Didalamnya!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Inilah momen spesial yang selalu di nanti oleh setiap pasangan calon pengantin. Apakah itu? Yaps, pesta pernikahan merupakan sebuah momen yang dianggap sangat spesial dan hanya di gelar dalam satu kali seumur hidup. Terutama jika kamu menggunakan dekorasi pernikahan melayu di hari pernikahanmu, lho.

Maka dari itu, ada beberapa hal yang dijadikan sebagai salah satu bentuk perhatian khusus ketika kamu ingin menggelar acara pesta pernikahan. Bukan hanya perihal aturan agama yang dianut serta catering yang kamu pilih untuk menyajikan menu hidangan makanan.

Tetapi juga adat istiadat pasangan calon pengantin sesuai dari asalnya masing-masing. Di dalam aspek ini pun juga turut dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam merencanakan sebuah pernikahan.  

Kini, apakah kamu tahu, ladies? Sudah banyak sekali beberapa vendor dekorasi pernikahan yang menyediakan konsep pernikahan sesuai dengan adat istiadat keluarga pasangan pengantin. Salah satunya yang sering digandungi pasangan calon pengantin ialah dekorasi pernikahan Melayu yang berasal dari Sumatera.

Sebagian besar bahwa yang membuat acara pesta pernikahan pengantin kental dengan menghadirkan adat istiadat Melayu itu. Bukan hanya dari busana pengantin saja yang dikenakan. Namun, juga aspek pendukung lainnya seperti konsep dekorasi Melayu.

wm_article_img
Foto: Mahligai Indonesia

Apakah kamu ingin sebuah acara pesta pernikahanmu semakin hangat bagi pasangan pengantin, pihak keluarga, serta tamu undangan dengan memilih dekorasi pernikahan Melayu? Eits, tentunya kamu harus menghadirkan 4 unsur yang harus ada di dalamnya.

1. Memilih warna keemasan pada setiap detail dekorasi

Pada orang zaman dulu, sering mengatakan bahwa warna emas merupakan warna yang sangat mencolok dan tidak enak untuk dipandang. Namun, seiring berkembangnya zaman. Ternyata, warna emas pun menjadi salah satu warna yang digemari oleh kebanyakan orang. Terutama bagi kamu yang mencintai sesuatu yang glamour.

Mengapa demikian? Ya, dikarenakan pandangan sebagian besar orang perihal warna emas pun kini sudah berubah, kok.

Yang dulunya warna emas mampu memberikan kesan mencolok dan norak. Kini, sudah berubah, lho ladies. Yang kita lihat sekarang adalah warna emas terlihat elegan, anggun, serta mampu menggambarkan sebuah kemakmuran ketika pada zaman kerajaan terdahulu.

Eits, Bukan hanya dari beberapa aspek itu saja, lho. Tetapi, juga ketika kamu memilih warna emas dalam dekorasi pernikahan Melayu akan memberikan kesan yang mewah. Dan warna emas inilah merupakan salah satu warna identik dari adat istiadat Melayu yang digunakan dalam dekorasi pernikahan.

2. Menciptakan sebuah ukiran-ukiran khas

Kebanyakan orang mengetahui bahwa hanya Jepara saja yang terkenal dengan ukirannya. Jangan salah kaprah, lho ladies. Ternyata, Melayu pun juga memiliki ciri khas ukirannya.

Penasaran kan kamu seperti apa ukiran khas dari Melayu ini? Di dalam dekorasi pernikahan Melayu. Biasanya menciptakan sebuah ukiran-ukiran yang khas berupa pola yang simetrik dengan sulur-sulur atau rangkaian garis abstrak yang membentuk pola organik.

Namun, pola ukiran ini bukan hanya ada di seluruh dekorasi pernikahannya. Melainkan hanya melekat pada di bagian tertentu dekorasinya saja. Seperti misalnya pada papan pelaminan pengantin, tiang-tiang di sepanjang karpet, hingga di background untuk foto para tamu yang hadir. 

Dengan menambahkan sebuah ukiran-ukiran yang khas di bagian tertentu dekorasi pernikahan. Itu akan membuat sebuah dekorasi pernikahan semakin kaya akan adat istiadat yang diusung. Namun akan tetap terlihat mewah, kan?

3. Memadupadankan warna hangat agar menarik

Jika kamu hanya menggunakan warna emas saja pada dekorasi pernikahan. Itu akan membuat sebuah konsep dekorasi pernikahan Melayu di hari pernikahanmu akan terasa hambar seperti masakan tanpa garam, bukan?

Maka dari itu, untuk mengantisipasi hal tersebut. Penting sekali bagi kamu dan pasangan untuk menambahkan beberapa warna-warna yang senada dengan warna emas itu. 

Kalau kamu bingung seperti warna apa saja yang senada dengan warna emas. Ini ada beberapa contoh warna lainnya. Seperti misalnya, warna kuning, orange, maroon, merah muda. Bukan hanya kamu menambahkan warna senada lainnya.

Tetapi, kamu juga perlu menambahkan beberapa daun-daun hijau segar pada dekorasi pernikahan. Sehingga mampu menciptakan suasana Melayu menjadi terasa di hati pengantin dan juga tamu undangan yang hadir. Dengan begitu, kamu akan membuat tamu undangan yang hadir langsung tertarik dan merasa nyaman serta disambut dengan penuh suka cita.

Lalu, di manakah untuk memadukan warna ini? Tak usah pusing, ya ladies. Biasanya, kamu dan pasangan bisa memadukan warna ini yang terletak pada rangkaian bunga-bunga yang dipajang di berbagai sudut.

Bukan hanya pada rangkaian pajangan bunga saja, kok. Tetaoi, juga sampai dekorasi pelaminan serta kain-kain yang digunakan pada meja-meja tamu atau buffet.

4. Pelaminan yang Megah

Di setiap acara pesta pernikahan. Tentunya, akan membuat pasangan pengantin yang berada di pelaminan itu harus benar-benar menjadi pusat perhatian dan memikat para keluarga dan tamu undangan yang hadir.

Yang dimaksud dari pernyataan di atas ialah sebagai salah satu tanda untuk menghormati pengantin dan juga mengistimewakan dalam satu hari di hari spesialnya tersebut.  

Selain busana pengantin yang kamu dan pasangan dikenakan. Pastinya dekorasi pelaminan khas Melayu yang megah juga dijadikan sebagai salah satu aspek yang sangat mendukung.

Mulai dari papan pelaminan dengan nuansa bronze yang dibalut dengan warna keemasan. Kemudian ada penambahan lainnya berupa ukiran-ukiran cantik. Namun, bukan hanya itu saja, lho ladies. Tetapi, juga ada tambahan lainnya, seperti rangkaian bunga-bunga berwarna orange, kuning, merah dan hijau daun yang ditata sedemikian rupa di beberapa titik pelaminan.

Tak cukup sampai situ saja untuk mendekorasi pernikahan adat Melayu. Kamu juga bisa menambahkan beberapa ornamen lainnya seperti kerlap-kerlip cantik dari chandelier. Yang disertai dengan bunga-bunga warna hangat yang menempel atau menggantung di pelaminan. 

Nah, ada satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan dalam dekorasi pernikahan Melayu yang satu ini. Apa ya kira-kira? Inilah dia, kamu jangan melupakan hiasan untuk di depan pelaminan. Dengan sebuah taman rimbun yang dipenuhi hijau dedaunan subur nan segar. 

Itulah 4 unsur yang perlu dihadirkan dalam dekorasi pernikahan Melayu di hari pernikahanmu. Lalu, dekorasi pernikahan tersebut bisa kamu jadikan sebagai salah satu pilihan jika kamu ingin mengusung konsep dekorasi dari adat tertentu, terutama Melayu dari Sumatera.

Walaupun yang kita tahu bahwa sebuah dekorasi pernikahan tersebut memilih beberapa sentuhan modern. Namun, tidak luput untuk melupakan unsur tradisi yang perlu dipertahankan dan dilestarikan sebagai salah satu warisan budaya Indonesia.

Jika kamu dan pasangan memilih dekorasi pernikahan yang satu ini, kamu membutuhkan vendor dekorasi pernikahan yang tepat. Yuk cari vendornya disini.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...