Pilih Kategori Artikel

Makna Tersembunyi Di Balik Dekorasi Pernikahan Warna Pastel
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Mempercantik venue resepsi dengan dekorasi pernikahan warna pastel merupakan ide dekorasi yang sudah sering kita dengar. Namun, apakah ada arti tersendiri di balik pemilihan warna pastel? Jika kamu belum tahu, warna pastel adalah varian warna yang lebih muda dari suatu warna atau warna-warna cerah. Warna biru adalah salah satu contohnya. Saat dicampur dengan warna putih, warna biru akan menjadi biru muda. Warna-warna ini umumnya terlihat lebih cerah, tetapi dengan jenis warna yang tidak begitu kuat. Akhir-akhir ini, warna pastel sendiri cenderung digemari sebagai pilihan warna untuk dekorasi pernikahan.

Dekorasi pernikahan dengan warna yang senada dapat membantumu mengekspresikan suasana yang diinginkan hanya dengan sedikit warna agar tidak terlalu ramai. Gunakan sejumlah pilihan warna pastel yang sering dijumpai, misalnya saja merah muda, biru muda, serta hijau. Namun, jangan asal memilih, warna pastel yang digunakan sebagai dekorasi pernikahan ternyata memiliki arti tersendiri, lho! Yuk, cari tahu arti di balik pemilihan warna pastel untuk dekorasi pernikahan!

  1. Biru

 wm_article_img

Selain sebagai warna dari tokoh kartun Doraemon, warna biru juga identik dengan kalem dan tenang, seperti warna langit dan lautan. Dekorasi pernikahan dengan warna pastel biru muda dapat memberikan kesan yang lembut bagi para tamu undangan. Selain itu, penggunaan warna biru muda juga tidak terlalu mencolok di mata, sehingga memunculkan nuansa yang welcome.

Warna biru pastel merupakan pilihan yang tepat untuk berbagai tema pernikahan, baik outdoor maupun indoor.  Beberapa padanan warna yang bisa digunakan, antara lain biru pirus, teal, dan juga warna hijau. Kain satin dan hiasan pita warna biru masih menjadi favorit untuk tema dekorasi pernikahan warna pastel biru muda.  Pilih warna ini jika kamu menyukai dekorasi pernikahan yang elegan.

  1. Merah muda

Di beberapa budaya, warna merah umumnya identik dengan kegembiraan dan perayaan. Warna ini paling sering terlihat di Indonesia saat perayaan Imlek, di mana warna merah merupakan unsur “yang” atau identik dengan warna api dan matahari. Dengan banyak memasang benda-benda atau dekorasi berwarna merah, diharapkan kebahagiaan dan kehangatan selalu sedia menghampiri.

Jika kamu menyukai warna merah dan ingin memakainya sebagai dekorasi pernikahan, kamu bisa mencoba dekorasi warna pastel dengan paduan warna merah muda. Selain identik dengan kegembiraan dan perayaan, warna merah muda juga menjadi warna yang melambangkan romantisme serta passion di hampir setiap budaya. Saat ini, kamu bisa menemukan banyak sekali contoh dekorasi pernikahan dengan warna pastel merah muda, misalnya saja dekorasi berbentuk hati atau hiasan kain sutra warna merah muda.

  1. Kuning

 wm_article_img

Dekorasi pernikahan warna pastel dengan tema kuning dapat kamu pilih untuk memberikan kesan cerah dan ceria. Warna ini melambangkan optimisme dan jiwa muda. Dekorasi dengan warna kuning cocok dengan tema pernikahan berkonsep outdoor karena warnanya juga yang identik dengan matahari. Padu padankan dengan variasi warna yang senada jika kamu menginginkan gradien warna yang apik. Beberapa paduan warna yang bisa digunakan antara lain gold, tangerine, atau lemon chiffon.

Dengan memilih warna kuning, kamu mendapatkan keuntungan tambahan karena beberapa rangkaian bunga akan tampak semakin menarik dengan tema dekorasi warna kuning. Beberapa bunga yang cocok dengan dekorasi warna kuning antara lain bunga matahari, krisan, dahlia kuning, tulip kuning, mawar kuning, daffodil, serta anggrek.

 

  1. Ungu

 wm_article_img

Selintas apakah yang terpikir ketika membayangkan warna ungu dalam sebuah pesta pernikahan? Jangan salah! Warna ungu memang sering diasosiasikan sebagai warna janda, namun warna ungu muda yang cantik ternyata juga cocok dengan tema dekorasi pernikahan warna pastel. Warna ini dapat menampilkan kesan yang misterius, tetapi juga menggoda.

Warna ungu sendiri mempunyai sejarah yang panjang. Dalam budaya lama sebelum masehi, warna ungu merupakan warna yang hanya boleh digunakan oleh para raja. Pada saat itu, warna ungu hanya bisa didapat dari proses yang lama dan memakan biaya tinggi, yaitu dengan mengekstrak dan mengeringkan kelenjar dari siput laut yang ditemukan di Laut Mediterania.

Sejak dulu, warna ungu kerap diasosiasikan dengan kebijaksanaan dan kekayaan. Saat disandingkan dalam dekorasi pernikahan warna pastel, warna ungu dapat memunculkan kesan bijaksana dan keluhuran. Warna ini cocok untuk kamu yang berpikiran matang dalam pernikahan. Untuk dekorasi pernikahan, warna ungu dapat dipadupadankan dengan warna emas dan perak jika kamu ingin memunculkan kesan megah ala keluarga kerajaan. Namun jika kamu ingin menonjolkan sisi feminim, warna putih dan merah muda merupakan kombinasi yang cocok untuk ungu pastel. Jika kamu sedikit bingung di mana ingin menempatkan warna ungu dalam dekorasi pernikahanmu, kamu bisa mencoba mengganti backdrop dari kain satin warna ungu yang misterius, tetapi tetap terlihat elegan.

Baca juga: 6 Langkah Mewujudkan Dekorasi Pernikahan Unik

Itulah arti di balik beberapa warna pastel yang bisa kamu gunakan dalam dekorasi pernikahan. Di antara warna-warna yang sudah diuraikan di atas, warna apa yang arti tersembunyinya memberimu inspirasi untuk merancang konsep dekorasi pernikahanmu?

Foto: ShaadiSaga, Ferraris Country House, Adelasa, Da Vinci Florist

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...