Pilih Kategori Artikel

10 Desain Altar Pernikahan agar Momen Spesial Kamu Tak Terlupakan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Altar pernikahan, astaga. Altar! Hanya satu kata ini saja dapat membuat fotografer pusing dan membuat kamu, sebagai calon pengantin, tidak kalah pusing. Karena, di luar bentuknya yang besar, altar juga salah satu hal yang paling sering difoto dalam pernikahanmu. Yang nomor satu, sudah jelas kedua pengantin baru, alias kamu dan pasanganmu! Coba dengarkan, deh, suara jepretan kamera fotografer nanti.

Di saat kamu ada di depan altar, pastilah kamu akan mendengar suara klik-klik dari kamera lebih banyak daripada momen lain. Sebab orang berpikir, pada saat kamu dan pasangan di atas altar, itu adalah sebuah waktu spesial yang wajib diabadikan. Waduh! Kalau begitu, kira-kira apa kamu sudah memikirkan mau altar seperti apa untuk pernikahan kalian nanti? Tenang saja, kalau belum, ada beberapa desain yang bisa jadi inspirasi kamu, kok. Dari luar sampai dalam ruangan, semuanya ada!

  1. Desain altar bergaya gereja zaman dulu

 wm_article_img

Desain ini bisa jadi inspirasi untuk kamu yang ingin melakukan pernikahan di ruang terbuka, tapi ingin hiasan yang minimalis dan tetap terkesan religius di saat yang sama. Altar pernikahan yang sangat simpel ini memang cukup berat karena material yang terbuat dari kaca dan kayu, tapi jangan salah, ya!

Ini akan terlihat keren kalau difoto, apalagi kalau ada cahaya yang menembus masuk dari jendelanya! Kamu akan bisa mendapatkan sebuah foto sempurna saat kamu dan pasangan mengikrarkan janji perkawinan hanya dengan altar sederhana seperti ini!

  1. Altar Berhiaskan Lilin

 wm_article_img

Kamu akan melaksanakan pernikahan di tempat yang berkonsep pool wedding? Wow, itu pastilah sangat menakjubkan! Namun, akan lebih menakjubkan lagi kalau kamu dapat memanfaatkan sifat air yang akan memantulkan bayangan untuk memperindah desain altar pernikahan kamu.

Contohnya, seperti altar berhiaskan lilin ini! Karena cahaya lilin, maka bayangan kamu yang terpantul di kolam akan tampak lebih indah. Tentunya, ini juga adalah momen pas bagi fotografer untuk berburu fotomu dan pasangan, membuat kamu akan punya banyak foto yang ciamik dan wajib banget untuk diunggah ke sosial media!

  1. Altar Balon

 wm_article_img

Simpel? Iya. Akan tetapi, kalau kamu bisa memilih tempat yang memiliki warna monoton, maka altar luar ruangan yang hanya berhiaskan balon saja bisa menjadi indah dan menyegarkan, loh! Balon yang warna-warni akan menjadi pemanis bagi kamu dan pasangan yang mengenakan warna hitam dan putih.

Kontras antara warna balon dan pakaian yang kamu kenakan, akan membuat kamu nampak semakin menonjol dan terlihat ceria! Altar pernikahan ini juga bisa kamu buat lebih ramai lagi dengan menambahkan lebih banyak balon atau lebih banyak hiasan. Coba saja, deh!

  1. Altar perapian

 wm_article_img

Perapian barangkali adalah sebuah konsep asing di banyak tempat di Indonesia. Namun, bagi kamu yang tinggal di pegunungan atau, setidaknya, punya cerita antara kamu dan perapian, benda ini dapat kamu gunakan sebagai desain altarmu, rupanya.

Selain bisa menjadi saksi bisu kisahmu, perapian juga bisa menjadi hiasan unik yang akan beda dari pengantin lain, karena belum banyak yang menggunakan hiasan ini.

  1. Altar Lampu

 wm_article_img

Saat kamu sudah mulai bosan dengan desain altar yang mengandalkan bunga, bunga, dan bunga lagi, maka cobalah untuk membuat altar dari… lampu! Iya, lampu yang sederhana saja bahkan cukup, loh, untuk menghias altarmu. Seperti di gambar, hanya dengan modal pohon besar dan lampu, keindahannya sudah lebih dari cukup untuk membuat altar pernikahanmu semakin indah dan berkesan.

Apalagi, nih, untuk kamu yang akan mengadakan pernikahan di luar ruangan pada sore hari. Lampu yang bisa berfungsi sebagai penerangan, dapat kamu gunakan juga untuk hiasan. Kalau mau lebih kreatif, coba buat inisial namamu dan pasangan dengan lampu-lampu!

  1. Altar Serba Putih

 wm_article_img

Kalau tadi kamu sudah punya beberapa contoh altar pernikahan di luar ruangan, sekarang ada beberapa contoh altar untuk dalam ruangan. Salah satunya, ya altar serba putih ini. Untuk menonjolkan nuansa pernikahan dan kesakralan, warna putih tetap jadi salah satu pilihan warna terbaik untuk menghias altar pernikahan.

Bagian terbaiknya, ternyata warna putih biasanya jadi salah satu warna termurah! Akan tetapi, walau bahannya lebih murah daripada warna lain, kalau kamu mendesain dengan sepenuh hati, pastinya pernikahanmu tetap terkesan mahal dan altar pernikahanmu tetap terlihat sama bagusnya saat difoto dengan altar lain!

  1. Altar Bunga

 wm_article_img

Apa, sih, yang lebih ikonik dalam pesta pernikahan selain bunga? Tentunya, belum ada yang mengalahkan pesona bunga sebagai primadona dalam hiasan altar pernikahan. Jadi, tunggu apalagi?

Kamu bisa menghias altar dengan bunga favoritmu yang sekarang tersedia dalam aneka warna. Hiasan bunga yang wangi pun bisa jadi pengharum altarmu sehingga kamu jadi lebih rileks dan siap untuk mengikrarkan janji pernikahan!

  1. Altar Sederhana dengan Pita

 wm_article_img

Altar simpel bukan berarti tidak bagus untuk difoto, ya, guys! Buktinya, walau hanya berhiaskan pita, tapi fotonya tetap terkesan manis dan segar, ‘kan?

Kalau kamu masih merasa hiasannya terlalu sederhana, sebenarnya kamu bisa bereksperimen dengan lebih banyak motif dan pola. Sebab, pita sendiri sangat fleksibel dan bisa kamu bentuk sesuai kemauanmu. Cocok banget, nih, untuk kamu yang ingin melampiaskan sisi kreatif untuk hari sucimu!

  1. Altar A La Abad Pertengahan

 wm_article_img

Kamu yang tergila-gila dengan suasana abad pertengahan, atau barangkali penggemar legenda pedang Excalibur, atau malah penggemar sejarah pasti akan suka dengan model altar pernikahan satu ini! Walau memang cukup menantang juga untuk mencari desain altar pernikahan yang memiliki nuansa persis abad pertengahan, tetapi tidak kalah seru, loh, untuk punya nuansa beda dari yang lain.

Kalau selama ini banyak pernikahan hanya dihiasi bunga saja, kamu bisa naik ke tingkat selanjutnya, mencari cara supaya bunga-bungaan itu bisa nyambung dengan tema abad pertengahan, dan… voila! Selama upacara pernikahan, kamu akan merasa seperti seorang putri dan pangeran yang menikah di abad pertengahan!

  1. Altar Serba Hijau Tanpa Bunga

 wm_article_img

Altar yang ini, ceritanya, bisa untuk inspirasi bagi kamu yang sudah bosan dengan bunga, punya alergi serbuk bunga, atau memang suka nuansa warna hijau. Lihat, deh, hanya dengan warna hijau saja, altar pernikahan kamu bisa jadi oke banget dan indah dipandang. Selain itu, banyaknya dedaunan hijau di altar juga bisa membuat suasana pernikahanmu jadi lebih asri dan sejuk!

Begitulah, guys! Sesungguhnya sepuluh desain yang ada di sini masih sedikit, loh. Di luar sana masih ada banyak desain yang bisa digunakan untuk mempercantik altar pernikahan kamu. Entah berapa budget pernikahan yang kamu miliki, desain yang kamu mau, atau warna kesukaanmu, selama kamu bisa berkreasi, pastinya kamu akan punya altar pernikahan yang indah, terbaik, dan akan disukai baik olehmu atau fotografer. Lagipula, semakin bagus altar kamu, kamu juga akan semakin bangga, dong, apalagi kalau banyak yang memuji!

Foto: Ever After Guide, Love and Lavender, The Knot, Elegant Wedding Invites 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...