Pilih Kategori Artikel

Hal yang Wajib Kamu Ketahui Saat Menyewa Fotografer Pernikahan di Gedung
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Saat ini fotografer pernikahan di gedung banyak dicari karena banyaknya acara pernikahan dalam ruangan. Mengadakan pernikahan di gedung saat ini memang menjadi pilihan yang mudah, karena kita tidak perlu mempersiapkan halaman rumah dan mencari peralatan pendukung.

Untuk mencari fotografer pernikahan yang terbiasa bekerja di dalam ruangan sebenarnya tidak terlalu sulit, karena format pengambilan fotonya cenderung sama, terlebih jika gedung yang digunakan memang sering dipakai sebagai gedung pernikahan. Kamu bisa juga memberikan ide-ide yang menarik tentang hal apa saja yang bisa didokumentasikan. Apabila kamu masih belum punya gambaran mengenai dokumentasimu, barangkali beberapa hal di bawah ini bisa kamu lakukan:

  1. Dokumentasi gedung pernikahan

Salah satu objek bernilai seni tinggi adalah gedung, terlebih jika gedung tersebut memiliki nilai sejarah tertentu. Selain itu, dekorasi dengan tema yang menarik juga akan memberikan sensasi seni tersendiri. Untuk itu kamu bisa mengonsep tema semenarik mungkin. Sehingga, ketika diabadikan melalui fotografi, akan memiliki daya tarik yang indah. Selain itu, teman dan keluargamu juga bisa ikut berfoto di sekitar gedung pernikahan. Untuk itu pastikan kamu menggunakan jasa fotografer pernikahan di gedung yang selalu stand by.

  1. Dokumentasi persiapan pernikahan

Persiapan pernikahan adalah hal yang menarik untuk didokumentasikan agar suatu saat nanti kamu bisa mengenang bagaimana seluruh teman dan keluarga bekerja sama untuk mempersiapkan pernikahanmu. Bagian acara yang bisa didokumentasikan, antara lain ketika persiapan dekorasi, persiapan konsumsi, saat kedua mempelai dirias, dan persiapan dari tim hiburan.

  1. Dokumentasi akad nikah/pemberkatan pernikahan

Salah satu bagian dari acara yang bisa dibilang sakral adalah ketika akad nikah/pemberkatan pernikahan. Bagian ini merupakan inti dari pernikahan karena kamu dan pasanganmu akan dinyatakan resmi menjadi sepasang suami dan istri. Untuk itu, kamu bisa meminta bantuan fotografer pernikahan di gedung pernikahanmu untuk mendokumentasikan dengan baik, jangan sampai ada bagian yang terlewat begitu saja.

  1. Foto bersama setelah akad nikah/pemberkatan pernikahan

Setelah kamu dan pasanganmu resmi menjadi sepasang suami dan istri, acara berikutnya adalah foto bersama dengan keluarga dan teman. Kamu bisa membuat semacam photo booth pernikahan yang menarik sesuai dengan tema yang digunakan. Lokasi yang ideal untuk foto bersama haruslah memiliki penerangan yang cukup, latar belakang yang menarik, dan tempat yang nyaman bagi fotografer pernikahan di gedung untuk mengambil foto sehingga hasil yang didapatkan juga indah dan menarik.

  1. Foto resepsi/pesta pernikahan

Setelah serangkaian acara dilakukan, berikutnya adalah dokumentasi secara candid pada acara resepsi/pesta pernikahan. Pada bagian ini, foto candid dipilih karena terlihat lebih natural dan realistis. Pastikan bagian ini dapat didokumentasikan dengan sempurna oleh fotografer pernikahan di gedung pernikahanmu.

  1. Dokumentasi keseluruhan acara secara sinematik.

Selain dokumentasi dalam bentuk foto, kamu bisa mengenang acara pernikahanmu dengan bentuk video. Kamu bisa merekam seluruh acara mulai dari awal persiapan, saat inti acara pernikahan, dan saat pesta pernikahan. Untuk itu pastikan kamu memilih fotografer pernikahan di gedung yang bisa melayani dokumentasi video, dengan bantuan videografer pastinya.

Beberapa agenda pernikahan di atas dapat menjadi referensi untuk didiskusikan bersama fotografer pernikahan. Namun, kamu juga harus memikirkan terkait kendala yang perlu diwaspadai agar hasil dokumentasi menjadi lebih menarik. Untuk itu, inilah kendala-kendala yang perlu dipersiapkan dengan baik:

wm_article_img 

  1. Sudut foto yang menarik

Setiap gedung memiliki desain arsitektur yang menarik. Jika gedung yang dipilih terlalu polos, kamu bisa memberikan dekorasi yang menarik. Selain itu kamu juga perlu mengatur tata letak peralatan, sehingga ketika diabadikan di foto, tidak terlihat terlalu polos atau terkesan sederhana. Dengan gedung yang sederhana berarti kamu bisa mendesain dengan maksimal. Namun, apabila gedung yang dipilih sudah tertata dan memilik konsep tersendiri, kamu hanya perlu memilih tema yang sesuai agar terlihat bagus dan menarik ketika difoto.

  1. Kondisi pencahayaan yang kurang memadai

Untuk beberapa gedung, terutama yang berbentuk seperti aula dengan atap tinggi, kondisi pencahayaan dirasa kurang memadai. Untuk itu, selain dekorasi kamu juga perlu menambahkan penerangan tambahan. Namun, jika kamu memilih ruangan yang lebih rendah seperti ruangan di hotel, tentunya hal tersebut bukan menjadi masalah.

  1. Hal lain yang tidak terduga

Ketika kamu menggunakan fasilitas umum seperti gedung, terkadang banyak masalah yang tidak bisa diperkirakan sebelumnya. Sebagai contoh dalam kelistrikan dan penerangan, karena gedung yang digunakan sudah sering dipakai banyak orang dan kamu hanya menyewa sesuai hari pernikahan, kamu harus mengecek kembali kondisi gedung sebelum pelaksanaan acara.

Beberapa hal di atas semoga bisa menjadi referensi buat kamu dalam mencari ide mengenai dokumentasi pernikahan. Pastikan kamu sudah mengoordinasikan dengan fotografer pernikahan di gedung sebelum acara pernikahan dimulai. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dan selamat menjalani hidup baru bersama pasanganmu!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...