Pilih Kategori Artikel

Fotografer Pernikahan di Rumah: Simpel, Tapi Wajib Profesional
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Apabila kamu akan menikah dan sedang mencari fotografer pernikahan di rumah, artikel ini akan menjadi referensi yang tepat buat kamu. Sebelumnya perlu diketahui, meski pun kamu mengadakan acara pernikahan di rumah, tapi momen pernikahan tetaplah menjadi hal menarik yang harus didokumentasikan dengan baik.

Kamu bisa menyulap rumah kamu dengan dekorasi yang menarik sehingga acara pernikahanmu akan sangat indah dan bermakna. Apabila kamu memiliki budget pernikahan yang besar, kamu bisa menyewa wedding organizer agar dekorasi dan dokumentasi dapat dikelola dengan baik. Namun, bila kamu merasa bisa mengelola pernikahanmu dan dibantu dengan keluarga serta teman-teman kamu, siapkan dengan matang agar disaat acara pernikahan berlangsung tidak terjadi kendala.

Jika kamu merencanakan untuk melakukan pernikahan di rumah, kamu bisa mendokumentasikan kegiatan mulai dari tunangan hingga acara pernikahan berlangsung, untuk itu kamu memerlukan bantuan fotografer pernikahan di rumah. Untuk mencari fotografer pernikahan yang sesuai, kamu bisa mencari melalui bantuan sosial media maupun hanya mencari di internet. Setelah kamu menemukan fotografer pernikahan yang sesuai, kamu bisa mendiskusikan perihal poin penting yang wajib didokumentasikan dengan baik saat acara pernikahan. Sebagai referensi, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan mulai dari awal tunangan hingga dimulainya acara pernikahan:

  1. Saat Tunangan

wm_article_img

Momen tunangan merupakan awal dari dimulainya komitmen antara dua keluarga untuk menyatukan dua insan melalui sebuah pernikahan. Jika kamu dan pasanganmu sudah merencanakan konsep pertunangan dengan baik, kamu bisa meminta bantuan fotografer pernikahan di rumah mempelai wanita untuk mendokumentasikan momen indah tersebut.

Dalam hal ini, bila kamu ingin menghemat biaya pernikahan, setidaknya mintalah anggota keluargamu untuk mendokumentasikan momen tersebut. Namun jika kamu ingin lebih menarik lagi, kamu juga bisa mendokumentasikan momen tersebut untuk dijadikan video dokumenter yang nantinya bisa ditayangkan pada saat acara pernikahan berlangsung. Untuk itu tidak ada salahnya kamu menyewa fotografer pernikahan di rumah mempelai wanita agar mulai mengumpulkan video dokumentasi dari acara tunangan kamu.

  1. Hari Pernikahan

Ketika hari pernikahan kamu telah tiba, inilah momen pernikahan yang sesungguhnya terjadi. Apabila kamu melakukan pernikahan di rumah, biasanya diawali dengan ritual akad nikah. Di saat ini kamu harus mempercayakan kegiatan dokumentasi kepada fotografer pernikahan di rumah. Ketika acara resepsi telah berlangsung, biasanya dilakukan sesi foto bersama dengan mempelai pria dan wanita.

Seluruh keluarga dan rekan dari kedua mempelai bergantian berfoto. Untuk mengisi acara kamu dapat pula menayangkan hasil dokumentasi dari awal tunangan hingga saat sesi prewedding.

Momen-momen di atas akan sangat menarik jika didokumentasikan dengan rapi dan terstruktur. Meski kamu mengadakan acara pernikahan di rumah, bukan berarti suasana yang terjadi menjadi tidak menarik. Untuk mematangkan konsepnya, kamu bisa melihat referensi dari fotografer pernikahan melalui hasil kerjanya. Namun, perlu diketahui bahwa terdapat kesulitan yang akan dihadapi oleh fotografer pernikahan di rumah, seperti:

  • Sulit mendapatkan sudut foto yang menarik.

Desain rumah biasanya memiliki bentuk yang berbeda-beda. Keunikan dari setiap desain rumah, menambah kesulitan dalam pengambilan sudut foto yang bagus. Apabila rumah kamu dirasa kurang bernilai seni, kamu bisa mendiskusikan dengan vendor fotografer pernikahan di rumah kamu tentunya dengan melihat referensi dari internet. Memang, rumah yang ada di internet akan berbeda dengan layout rumahmu. Akan tetapi, ada beberapa sudut pengambilan yang bisa kamu terapkan. Coba modifikasi sendiri sesuai gayamu, ya!

  • Sulit mendapatkan pencahayaan yang bagus

Salah satu kendala dalam fotografi adalah cahaya yang pas. Jika rumah kamu terletak di dalam gang yang gelap atau tinggal di daerah yang intensitas mataharinya rendah, tentunya akan menyulitkan dalam proses dokumentasi. Untuk itu, kamu dapat menggunakan lighting agar pencahayaannya pas. Hindari penggunaan lampu yang berlebihan, karena akan membuat hasilnya berbayang. Untuk itu kamu juga harus mendekorasikan rumahmu dengan baik agar tidak menyusahkan pekerjaan fotografer pernikahan di rumah.

  • Hal-hal yang sulit diprediksi

Mengadakan pernikahan di rumah tentunya hal-hal yang terjadi akan lebih sulit untuk diprediksi. Berbeda dengan pernikahan di gedung atau di gereja, pernikahan di rumah cenderung memiliki banyak hambatan. Sebagai contoh faktor musim, ketika musim hujan tentu kondisi pencahayaan akan gelap dan dekorasi yang telah disusun juga akan terancam terkena air hujan. Belum lagi, ada bagian-bagian rumah yang mungkin memang tidak kedap air, sehingga fotografer harus berhati-hati. Untuk itu fotografer pernikahan di rumah haruslah cepat dalam menanggapi perubahan tersebut, terlebih apabila sebagian besar lokasi akan berada di luar ruangan.

Beberapa kesulitan di atas perlu kami perhatikan agar nantinya pekerjaan dari fotografer pernikahan di rumah menjadi lebih bagus. Semoga artikel ini bisa membantu, selamat menikah dan selamat menempuh hidup baru bersama pasangan tercinta!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...