Seperti Apakah Gaun Pengantin 2020? Berikut 11 Model Gaun yang Sedang Tren

16 May 2020 | By Wedding Market | 117
gaun pernikahan 2020
Foto: Wed2B

Tahun 2020 sudah berjalan 5 bulan, dan apakah kamu berniat menikah pada tahun ini dengan gaun pengantin 2020 yang begitu spesial? Meskipun pada awal-awal 2020 ini sedang marak wabah Corona kamu tetap bisa merencanakannya untuk nanti kamu lakukan setelah wabah berakhir.

Tren gaun pernikahan 2020 ini banyak sekali modelnya yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi dan rekomendasi supaya kamu dan pasanganmu nantinya tidak kebingungan dalam memilih gaun pengantin yang tepat untuk hari pernikahan.

Karena, gaun pengantin yang tepat akan menjadikan penampilanmu terlihat begitu sempurna walau hanya dalam satu hari dan hanya beberapa jam.Selain itu, akan memberikan kesan mendalam yang membekas di kemudian hari untuk diingat atau saat melihat-lihat dokumentasi. Lalu seperti apa sajakah tren gaun pengantin tahun ini? Yuk, mari disimak!

1. 80’s Dress

Foto: IDN Times

Gaun pengantin tahun 2020 pertama yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi adalah 80’s dress. Jika melihat pada namanya, gaun pengantin ini adalah gaun pengantin klasik pada dekade 80-an, yang terutama terkenal dipakai oleh Putri Diana pada saat dinikahi oleh Pangeran Charles.

Gaun pengantin klasik ini mempunyai ciri khas pada lengan yang berbentuk balon. Kebanyakan gaun pengantin ini berwarna putih dengan motif-motif dan renda-renda seperti tradisi pernikahan di Amerika dan Eropa, dan  berbentuk panjang menjuntai ke belakang.

Ciri khas lain dari 80’s dress yang tren pada 2020 ini adalah adalah kerudung pernikahan atau veil di kepala yang terjuntai ke belakang, dan di atas kepala terdapat aksesoris berupa headpiece yang membuat kamu memakainya serasa seperti putri raja.

2. Corset Wedding Dress Style

Gaun pengantin berikutnya yang sedang menjadi tren pada 2020 ini adalah corset wedding dress style. Pemakaian korset atau pakaian dalam sebagai salah satu gaun pengantin yang tren merupakan pembalikan dari anggapan bahwa gaun pengantin tak harus selalu berbentuk baju.

Kamu pun bisa menggunakan salah satu gaun yang kontemporer ini dengan warna putih yang disertai brokat pada korset tersebut sehingga membuat kamu tampil menawan dan elegan. Desainnya yang off-shoulder juga cocok untuk kamu yang tidak hanya ingin menampilkan bentuk badan yang ramping tetapi juga bahu yang indah dan enak dipandang.

Gaun pengantin dengan desain korset ini mempunyai ciri khas lain berupa bawahan putih mulus yang panjang. Supaya penampilanmu tambah menarik kamu bisa memakaikan aksesoris di kepalamu berupa headpiece, dan tambahkan kalung perak supaya memperindah dirimu.

3. Disco Wedding Dress

Tidak hanya model gaun pengantin dekade 80-an saja yang menjadi tren pada 2020 ini. Gaun lainnya yang juga menjadi tren adalah disco wedding dress yang terinspirasi dari penampilan mode tahun 1970-an yang terlihat glamor dan penuh dengan warna-warna bak di diskotek.

Keglamoran pada gaun ini adalah karena adanya sequin yang melekat di baju. Sequin adalah semacam payet dekoratif dari bahan metalik. Bahan ini yang membuat sequin menjadi tampak berkilau ketika dipakai. Disco wedding dress cocok untuk kamu yang ingin tampil glamor dan memukau di pesta pernikahan yang kamu anggap bak diskotek sehingga akan memberikan kesan yang hidup pada pestamu. 

Supaya salah satu model gaun 2020 ini cocok kamu pakai kamu bisa memadumadankannya dengan atasan yang tidak mencolok supaya sequin yang menjadi pusat keglamoran tidak tenggelam. Selain itu, kamu bisa memakai siluet yang simpel, celana denim skinny, dan sepatu hak tinggi.

Biar tampak lebih berkilau, kamu bisa menggunakan aksesoris lainnya berupa anting panjang berwarna abu-abu yang disesuaikan dengan make-up wajah yang terlihat natural supaya sequin pada gaun tetap menjadi pusat perhatian.

4. Bridal Capes

Gaun pengantin 2020 yang sedang menjadi tren berikutnya adalah bridal capes yang merupakan gaun pengantin dengan tampilan tradisional nan klasik namun terlihat simpel dan kekinian. Gaun pengantin ini cocok sekali dipakai pada pernikahan dengan tema rustic.

Ciri khasnya adalah adanya potongan kain di area pundak yang ditonjolkan untuk membuat tampilan semakin indah saat melekat di tubuh. Bridal capes bisa dipadupadankan dengan renda pada garmen yang semakin menambah kesan keanggunan.

Bahan-bahan pada gaun pengantin ini berupa bahan yang tipis bertatahkan mutiara klasik hingga tulle bermotif bintang-bintang. Bridal capes yang kenyataannya didesain untuk gaun pernikahan di musim panas juga bisa digunakan sebagai gaun pernikahan di musim dingin.

5. Victorian Wedding Dress

Foto: Fashion Dresses

Konsep gaun pengantin klasik sepertinya menjadi tren pada 2020 ini. Tak hanya pada 80’s dress, disco wedding dress, namun juga pada Victorian wedding dress. Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa gaun pengantin kontemporer ini terinspirasi dari gaun pengantin klasik pada zaman Victoria (abad ke-19) di Inggris.

Gaun pengantin ini akan menampilkan kesan yang begitu elegan bak aristokrat Inggris di masa tersebut yang membuatmu kala memakainya benar-benar seperti putri raja atau bangsawan. Hal tersebut ditambah dengan lace berbahan brokat yang mengikat hingga ke leher. 

Penampilanmu pada gaun pengantin klasik ini akan semakin mengagumkan jika dipadukan dengan aksesoris berupa headpiece di kepala seperti mahkota dari perak, dan veil atau kerudung di belakang yang hanya sampai bahu.

6. Short Wedding Dress

Kalau kamu bosan dengan gaun pengantin yang harus melulu panjang dan berkesan ribet saat digunakan untuk berjalan sehingga harus memakai pengiring, kamu bisa menggunakan short wedding dress untuk tampil berbeda.

Gaun pengantin yang seperti namanya ini merupakan gaun pengantin alternatif yang bisa kamu kenakan di hari pernikahan. Gaun pengantin ini juga akan membuatmu bebas bergerak ke mana pun saat resepsi terutama dengan para tamu dan keluarga.

Kamu bisa mengenakan short wedding dress dengan model bodycon berbahan brokat apabila kamu ingin tampil seksi alias tidak hanya cantik. Kain lain yang bisa kamu pakai adalah tulle, satin, dan sifon, dengan banyak pilihan siluet.

Namun, untuk konteks Indonesia yang masih memegang adat sopan santun secara kuat, pemakaian gaun pengantin ini sebaiknya disesuaikan dengan rok yang jangan terlalu pendek, gaun tidak terlalu terbuka, dan memakai lengan panjang.

7. Layering Wedding Dress

Bagi kamu yang menginginkan tampilan gaun tidak harus selalu atasan saja yang penuh dengan motif dan pernak-pernik, kamu bisa memilih layering wedding dress sebagai salah satu gaun pengantin 2020 yang sedang tren.

Seperti namanya gaun pengantin ini mengkhususkan pada bawahan berupa rok panjang yang terdiri dari berbagai layer atau lapisan dimulai dari bagian pinggang. Kesan yang kamu dapatkan ketika memakai gaun ini adalah kesan gaun yang terlihat berkembang. Karena pada bagian atasmu polos, kamu bisa memakai gaun yang memperlihatkan punggungmu.

8. Airy

Buat kamu yang menginginkan gaun pengantin yang ringan pada tahun ini, airy bisa menjadi gaun pernikahan yang akan kamu pakai pada resepsimu. Gaun yang cocok untuk cuaca tropis ini terbuat dari bahan-bahan kain seperti tulle dan organza yang menampilkan kesan menawan tanpa membuat tubuh menjadi padat.

Seperti halnya Short Wedding Dress, Airy juga diperuntukkan bagi kamu yang aktif bergerak pada saat resepsi, yang ingin berdansa dengan leluasa tanpa harus menginjaj gaun atau merasa berat karena menggunakan gaun yang panjang.

9. Floral Print Dress

Floral atau sesuatu yang bergambar bunga-bunga juga menjadi gaun pengantin 2020 yang bisa kamu pakai pada hari pernikahan. Corak floral yang dipakai adalah corak yang berani dan menonjol, baik dari segi warna, desain maupun ukuran.

Model Gaun pengantin ini juga gemar menonjolkan permainan warna pada gaun pengantin klasik berwarna putih, dan berlaku untuk warna-warna berani maupun pastel, dengan siluet tekstur edgy, 3D embroidery ataupun oversized.

10. Ruffle and Tulle Wedding Dress

Gaun pernikahan pada 2020 juga akan masih diisi dengan gaun bercorak ruffle atau kerutan yang mempunyai ciri khas berumbai dengan detail yang super feminin apalagi jika corak itu ada pada rok sehingga menambah dimensi pada gaun pengantin yang bertipe mermaid dress.

Corak ruflle ini kemudian dipadupadankan dengan kain berbahan tulle yang semakin membuat gaun menjadi terlihat mewah dan sempurna. Hal itu bisa kamu tambahkan lagi dengan model off-shoulder untuk menambah kepercayaan dirimu. Gaun ini cocok kamu pakai pada pernikahan yang bertema rustic dan kasual.

11. Coat Dress

Gaun pengantin 2020 terakhir yang sedang tren dan bisa kamu pakai untuk hari pernikahanmu adalah coat dress. Seperti namanya gaun pengantin yang satu ini memadukan bodycon sebagai gaun utama dengan jaket.

Penambahan jaket sebagai pelengkap pada gaun pengantin ini akan memberikan kesan yang elegan, mewah, nyaman, dan semakin menambah kecantikan dan keanggunan pada dirimu. Jaket yang kamu pakai itu akan terlihat menonjol dengan menjuntai panjang ke bawah sehingga gaun bodyconmu yang polos akan tertutupi.

Jaket yang kamu pakai pada gaun pengantin ini bisa dimasukkan berbagai aksen atau motif sehingga semakin menegaskan kehadirannya. Bahan-bahannya pun bisa berupa fur, taffeta, tulle, organza, dan sifon, serta bulu. Kamu bisa memakai model gaun pengantin pada saat pernikahanmu digelar di musim dingin.

Itulah 11 gaun pengantin 2020 yang sedang tren, dan bisa kamu jadikan inspirasi untuk dikenakan di hari pernikahan. Kamu tinggal memilihnya sesuai dengan seleramu, manakah yang cocok dengan dirimu. Selain itu, kamu harus mempertimbangkan hal lain, yaitu bujet atau dana yang kamu punya.

Apabila dana yang kamu punya terbatas, sebaiknya pilihlah model yang sedang tren sesuai dengan danamu. Sebab, sayang sekali jika kamu memaksakan diri membeli gaun pengantin yang tidak sesuai dengan dana yang kamu punya sehingga hal tersebut malah akan menambah pengeluaran yang tidak perlu.

Pernikahan itu sendiri sebenarnya bukan hanya masalah gaun pengantin, namun juga menyangkut hal lain seperti dekorasi, catering, tamu undangan, dan tempat pelaksanaan pernikahan. Selain itu, ongkos untuk penghulu, fotografer, dan videografer.

Mempercantik diri dengan gaun pengantin 2020 yang sedang tren boleh saja asal semua bisa dilakukan secara adil dan berimbang sehingga pengeluaran tidak menonjol pada salah satu aspek saja. 

Untuk gaun pengantin yang tren tahun ini kita doakan semoga wabah Corona segera berakhir sehingga kamu bisa segera melaksanakan pernikahan yang tertunda dengan gaun tersebut. Supaya kamu bisa mendapatkan gaun pengantin yang sedang tren tahun ini, dan sesuai kamu bisa melihatnya di vendor gaun pengantin Wedding Market. Klik aja ya  di sini! 


Artikel Terkait



Temukan Vendor Untuk Pernikahan