Pilih Kategori Artikel

Gaun Pengantin Brokat Membuat Kamu Tampil Mewah dengan Desain Simple
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sekarang ini kain untuk membuat gaun pernikahan sangat beragam, salah satunya adalah gaun pengantin brokat yang banyak dipilih oleh perancang busana dengan berbagai alasan khusus. Brokat sendiri merupakan kain yang ditenun tebal yang memiliki struktur timbul dengan motif tertentu yang kemudian dijahit dan dijadikan berbagai produk seperti gorden, jubah, hingga gaun pengantin.

Dulu, kain brokat ditenun dengan sangat hati-hati menggunakan alat tenun tradisional sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuatnya. Namun semakin berkembangnya zaman, ada alat tenun yang lebih modern sehingga bisa menciptakan kain dengan lebih cepat dan memiliki bermacam motif. Dengan adanya motif timbul seperti floral dan awan, kain brokat menjadi salah satu kain yang cukup laris di pasaran karena tanpa menambah banyak hiasan pun gaun sudah siap pakai dan tampak menarik.

Biasanya, tenunan brokat memiliki warna yang kontras dan berbeda dengan kain yang menjadi latar belakang, tapi tidak sulit juga menemukan kain brokat yang tenunannya memiliki warna yang sama dengan kain yang menjadi latar belakangnya. Benang yang digunakan biasanya benang berwarna metalic yang cerah karena brokat dianggap sebagai kain yang mahal. Selain itu, kelebihan menggunakan gaun pengantin brokat tidak hanya dari segi motif yang timbul dan tampak mewah saja. Walau kainnya agak sedikit kaku, brokat justru lebih ringan dibanding satin dan merupakan kain yang tebal, sehingga cocok sebagai bahan gaun pengantin yang akan diadakan di musim dingin.

Menarik bukan mengenal lebih dekat kain brokat ini? Saatnya kini Anda melihat referensi gaun pengantin brokat dari kami! Coba tengok 6 desain ini, tampak mewah dengan desain simple dan modern.

1. Gaun Pengantin Ball Gown

 wm_article_img

Menjadi pusat perhatian di hari pernikahan adalah tugas Anda sebagai pengantin perempuan. Untuk itu, Anda wajib mengenakan gaun pernikahan yang menawan dan lebih mengagumkan dari gaun yang dikenakan tamu yang hadir. Apalagi jika pernikahan Anda akan digelar secara besar-besaran di gedung atau hotel yang berkonsep formal, gaun yang bisa menarik perhatian menjadi sesuatu yang penting.

Coba pilih desain ball gown yang ketat pada bagian pinggang dan mengembang di pinggul hingga bawah sebagai desain gaun Anda. Menggunakan gaun pengantin brokat bermodel lebar layaknya gaun pernikahan dari keluarga bangsawan akan menambahkan efek dramatis ketika Anda berjalan menuju pelaminan bersama lelaki yang sudah sah jadi suami Anda. Menggunakan kain brokat, Anda tidak perlu menambah hiasan seperti mutiara atau payet karena dengan detail brokatnya saja sudah menjadikan gaun Anda tampak istimewa.

2. Gaun Pengantin Off The Shoulder

 wm_article_img

Gaun pengantin off the shoulder adalah salah satu desain gaun paling populer abad ini. Gaun yang menunjukkan bahu menjadi definisi baru untuk gaun yang elegan dan feminin. Gaun ini sangat tepat dipilih oleh Anda yang memiliki bahu pendek karena dapat menambah kesan lebih lebar.

Jika Anda ingin mengusung konsep pernikahan klasik dengan gaun model off the shoulder ini, Anda bisa memilih gaun pengantin brokat warna putih gading atau krem sehingga tampak terasa vintage. Gelung rambut dan hiasi dengan aksesori bunga, dengan begitu garis leher yang menambah nilai plus kecantikan diri Anda akan semakin jelas terlihat.

3. Gaun Pengantin Pendek Asimetris

 wm_article_img

Apakah Anda seorang perempuan mungil yang ingin memiliki gaun pernikahan dan bisa memberikan efek tinggi? Bagaimana dengan gaun pernikahan pendek model asimetris dengan bahan brokat? Pendek yang dimaksud bukan gaun pengantin yang mini dan serba terbuka, ya! Gaun pendek asimetris adalah gaun yang panjangnya berbeda antara tampak depan gaun dengan bagian belakangnya. Jika tampak depan gaun Anda memiliki panjang selutut, bagian belakang gaun pengantin brokat Anda akan lebih panjang beberapa centimeter.

Atau, Anda juga bisa memberi kesan lebih jenjang dengan menambahkan ikatan atau kerutan di gaun pernikahan yang Anda kenakan. Sebisa mungkin ikat pinggang yang dipakai juga harus menarik. Misal, ikat pinggang yang terdiri dari mutiara atau payet yang berderet dengan warna senada dengan gaun, sehingga bisa sekalian menjadi hiasan bagi gaun Anda.

4. Gaun Pengantin Berkerah Ttinggi

 wm_article_img

Setiap perempuan berhak menentukan seperti apa desain gaun pernikahan yang mereka inginkan, termasuk Anda. Jika Anda ingin tampil santun alih-alih sexy dan terbuka layaknya perempuan lain, Anda bisa mewujudkannya dengan gaun pengantin brokat yang didesain A-line dengan lengan panjang ¾  dan memiliki kerah tinggi yang tegak. Karena kain yang Anda pilih sudah bermotif, hiasan yang berlebihan justru akan membuat penampilan tampak norak.

Hilangkan keinginan menghiasi gaun brokat Anda dengan bordiran warna emas atau malah batu permata, hiasi saja dengan kancing warna senada di bagian tengah dada, dengan begitu Anda sudah tampil menawan menggunakan model gaun simple. Karena gaun ini cukup panjang dan memiliki bagian leher yang tinggi, Anda juga bisa menggunakannya sebagai model gaun pernikahan berhijab. Buat dengan lengan panjang dan Anda tinggal mengenakan kerudung yang rapi.

5. Gaun Pengantin Desain Crop

 wm_article_img

Mari berkenalan dengan gaun pengantin brokat yang didesain crop! Gaun ini berbeda dari gaun lainnya yang merupakan terusan panjang dari atasan hingga rok. Gaun yang satu ini sangat unik karena bagian atasan dan bawahan terdiri dari dua bagian terpisa sehingga memperlihatkan sedikit bagian perut Anda. Namun, jika Anda ingin gaun model crop yang tidak menampakkan bagian perut, buat bagian bawah dari atasan gaun yang sedikit lebih panjang sehingga menutupi bagian yang tadinya terlihat sedikit terbuka.

Jika Anda ingin berkreasi dengan gaun pernikahan yang akan Anda kenakan, padukan dua warna yang akan digunakan pada gaun ini. Misalnya saja atasan dengan warna putih bersih dan rok dengan warna krem atau coklat susu tentu bisa menjadi perpaduan yang menarik. Memadukan dengan kain jenis lain pun tidak masalah, misalnya saja atasan berbahan brokat yang dipadukan dengan bawahan berbahan tulle

6. Gaun Pengantin Ekor

 wm_article_img

Siapa bilang menggunakan bahan brokat akan membuat gaun yang digunakan tidak bisa diberi ekor karena berat? Salah, gaun pengantin brokat pun tetap bisa ditambahi dengan ekor. Umumnya, ekor yang digunakan di gaun pengantin brokat berupa ekor pasangan atau panel yang dipasang di bagian pinggang dan bisa dilepas serta dipasang sendiri atau ekor yang langsung dari gaun mulai dari ekor chapel atau cathedral. Gaun yang bisa ditambahi dengan ekor umumnya gaun A-line, empire line, dan mermaid. Anda bisa memilih desain yang paling sesuai untuk bentuk tubuh Anda.

Hebat, ya, ternyata kain brokat bisa dijadikan berbagai desain gaun pengantin brokat yang mewah tanpa perlu banyak hiasan pada bagian gaun itu sendiri. Memang pada dasarnya, kain brokat adalah kain yang halus dan mewah, sehingga begitu dijadikan gaun oleh para vendor gaun pengantin, tentu hasilnya tidak akan mengecewakan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...