Pilih Kategori Artikel

Mengenakan Gaun Pengantin Hitam? Siapa Takut!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Belum banyak pernikahan di Indonesia yang pengantinnya mengenakan gaun pengantin hitam. Stigma bahwa warna hitam adalah warna duka masih erat pada kalangan masyarakat kita dan tentu ini membatasi kreativitas dan keinginan mereka yang menginginkan memiliki konsep pernikahan dalam warna hitam.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, gaun pengantin tersedia dalam berbagai warna dan walau warna putih masih mendominasi untuk sebagian besar pernikahan. Sementara itu, gaun pengantin hitam masih dianggap sebagai warna yang asing dan menakutkan apabila dikenakan oleh pengantin perempuan. Padahal, warna hanyalah warna bukan?

Warna putih pun tidak selalu melambangkan kemurnian, seperti dalam budaya Korea bahwa warna putih melambangkan aib dan dalam budaya Cina, warna putih melambangkan kematian. Semua, tergantung dalam sudut pandang setiap orang. Jika memang Anda menginginkan gaun pernikahan hitam, tidak masalah untuk mengenakannya dalam hari bahagia Anda.

Arti Mengesankan dari Gaun Pengantin Hitam

wm_article_img

Jauh dari kesan menakutkan, warna hitam dalam dunia fashion justru memiliki arti yang mengesankan.  Pakaian dengan warna hitam melambangkan keanggunan dan classy. Selain itu, pakaian dengan warna hitam juga melambangkan kekuatan, misteri, sexy, dan formalitas. Sangat menarik bukan mengetahui makna lain dalam warna hitam?

Jangan ragu untuk keluar dari zona nyaman jika Anda menginginkannya. Anda bisa mengenakan gaun warna apapun selain putih asalkan memang itu yang Anda inginkan. Hari pernikahan akan menjadi hari bahagia dan bersejarah, sangat disayangkan apabila Anda meninggalkan cita-cita Anda mengenakan gaun pengantin hitam hanya karena menuruti perkataan orang lain. Arti sebuah warna pun bergantung pada sudut pandang orang yang pastinya berbeda-beda, jika Anda meyakini bahwa gaun hitam adalah sebuah warna yang sama menyenangkan dan menenangkannya dengan warna putih, maka pilihlah!

Sebelum tahun 1840, gaun pernikahan warna hitam sangat umum digunakan oleh perempuan-perempuan, sampai akhirnya Ratu Victoria mengenakan gaun pengantin putih dan membuat semua orang dari kalangan atas bersikeras memilih gaun pengantin putih. 

Dalam sejarah  Gereja Katolik Roma, diizinkan mengenakan gaun pengantin hitam karena ini melambangkan perjanjian dalam pernikahan yang berbunyi “’til death do us part” atau yang berarti kesetiaan. Indah bukan?

Warna hitam bisa dibilang adalah warna netral dimana semua orang akan tampak mengesankan dengan warna tersebut. Baik mereka yang bertubuh kurus, gemuk, pria, wanita, tua dan muda tidak pernah gagal dengan warna hitam.

Supaya Anda kian teryakinkan untuk memilih gaun yang sesuai keinginan Anda, yaitu warna hitam, kami memberikan top 5 desain gaun pengantin hitam untuk referensi Anda.

  • Tampak misterius tapi menakjubkan dengan gaun ball gown hitam

 wm_article_img

Misterius adalah salah satu kesan yang akan Anda rasakan ketika mengenakan pakaian berwarna hitam, dan itu adalah sesuatu hal yang unik dimana Anda membuat semua tamu undangan penasaran dengan gaun pernikahan Anda yang hitam.

Jika Anda ingin menambahkan kesan mewah pada gaun pengantin Anda, Anda bisa memilih tipe gaun ball gown dengan kerah sweetheart tanpa lengan. Minta penyedia gaun pengantin Anda untuk menaburi dengan kristal atau dengan payet putih sehingga akan membuatnya tampak bercahaya.

Jangan lupakan dengan aksesoris berupa wedding veil yang panjangnya bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan keinginan. Dengan begitu, mata semua tamu akan selalu tertuju pada Anda.

  • Gaun hitam minimalis yang anggun

 wm_article_img

Apakah Anda adalah seseorang yang tomboy dan sedang mencari referensi gaun pengantin hitam yang memukau tapi tidak memiliki banyak detail nan minimalis?

Bagaimana dengan gaun hitam tipe A-line yang memiliki potongan surplice neck sehingga membuat leher Anda tampak lebih panjang. Anda bisa memilih gaun pengantin lengan panjang atau lengan batwing yang lebih bisa membuat Anda lebih leluasa bergerak. 

  • Gaun pengantin hitam tatto yang akan membuat tamu terpana kepada Anda

 wm_article_img

Sedang jadi trend, gaun pengantin dengan model tattoo yang membuat Anda tampak elegan. Menggunakan kain tile dengan renda membuat efek badan Anda seperti memiliki tattoo padahal itu merupakan gaun pengantin Anda.

Efek tattoo pada gaun pengantin bisa diimplementasikan pada berbagai bagian tubuh seperti punggung, leher, atau lengan. Anda bisa mengusung konsep gothic pada gaun pengantin hitam Anda jika memilih gaun pengantin dengan model tattoo ini.

  • Memadukan hitam dan putih dalam satu gaun pengantin

 wm_article_img

Tidak harus full hitam, menjadikan warna hitam sebagai tambahan atau hiasan dalam gaun pengantin putih Anda pun patut dipikirkan.  Misalkan Anda menginginkan sebuah gaun ball gown putih, jadikan kain tulle hitam sebagai rumbai yang menutupi gaun pengantin Anda.

Atau Anda bisa memasang renda hitam pada bagian leher hingga lengan gaun sehingga gaun putih Anda tidak terlalu polos. Jika Anda menginginkan sebaliknya, warna hitam lebih dominan daripada warna putih pada gaun Anda pun bisa Anda minta pada vendor gaun pengantin Anda.

  • Ombre gaun pengantin hitam dengan merah yang mewah

 wm_article_img

Anda mungkin sudah terbiasa mendengar kata ombre dalam dunia make up, lalu bagaimana dengan ombre pada gaun pengantin? Sangat bisa dan Anda patut mencobanya. Anda bisa request dengan atasan gaun warna hitam dan semakin kebawah semakin berwarna merah.

Kenapa merah? Karena perpaduan warna merah dan hitam adalah warna yang sangat berani dan membuat Anda seperti bunga mawar yang sedang mekar-mekarnya! Apalagi jika Anda memilih rok dengan desain frothy yang seolah seperti kelopak bunga. Terlebih, ombre dua warna ini cocok digunakan untuk jenis kulit apapun, baik kulit gelap maupun kulit terang.

Baca juga: 20 Inspirasi Gaun Pengantin Simple nan Elegan yang Sedang Trend

Ada banyak sekali referensi gaun pengantin hitam yang mengesankan dan bisa Anda sontek, bukan? Tanpa memberikan kesan menakutkan, gaun-gaun di atas tadi justru tampak classy dan elegan. Semakin yakin untuk mewujudkan mimpi gaun pengantin hitam, bukan?

Foto: Pinterest, GreenWeddingShoes, Axioo, Fashjourney, WeddingDressGuide

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...