Pilih Kategori Artikel

16 Warna Gaun Pengantin Muslimah Syar’i untuk Inspirasimu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Warna merupakan hal yang begitu penting dalam pernikahan karena warna melambangkan makna yang tersirat dari sebuah resepsi pernikahan yang digelar. Kebanyakan orang akan memilih warna yang cerah pada resepsinya karena melambangkan kebahagiaan dan keceriaan. Begitu juga dengan warna pada gaun pengantin muslimah syar’i.

Gaun pengantin muslimah dengan model ini gaun pernikahan yang memang dirancang sesuai dengan syariat Islam. Ciri khasnya adalah harus tertutup seluruhnya supaya aurat tidak terlihat dari kepala hingga ujung kaki. Dengan demikian yang terlihat hanyalah muka sang mempelai.

Selain itu, busana pernikahan ini juga tidak boleh memperlihatkan lekuk tubuh sehingga sangat tidak dianjurkan sama sekali memakai busana yang memperlihatkan bentuk tubuh. Karena itu, model-model gaun pengantin yang terbuka seperti strapless, off shoulder, dan yang memperlihatkan bagian punggung sangat dilarang.

Gaun ini karena itu sangatlah longgar, mempunyai lengan panjang, mempunyai dalaman yang tebal, tidak tembus pandang untuk renda, dan intinya dada sang mempelai benar-benar harus tertutupi oleh jilbab yang dikenakan di kepala.

Model gaun yang cocok dengan pengantin muslimah adalah model longgar seperti ball gown, A-line, dan ruffle. Penampilan yang demikian wajib bagi muslimah yang tetap ingin menjaga kehormatannya dari pandangan-pandangan lelaki yang bukan mahramnya.

Meski terlihat longgar, gaun pengantin muslimah dengan model ini bisa dipakaikan dengan beragam warna supaya tidak terlihat sepi dan terlalu sederhana. Warna-warna yang dipakaikan tersebut juga akan memberi kesan dan makna bagi muslimah yang memakainya. Di bawah ini adalah warna-warna yang bisa menjadi inspirasimu sebagai muslimah di hari pernikahan.

1. Merah dan Hitam

wm_article_img
Foto: IDN Times

Warna gaun pengantin muslimah syar’i pertama yang bisa dipakaikan pada busana pernikahanmu adalah warna merah dan hitam. Warna merah yang merupakan warna yang banyak digunakan di negara-negara di Asia seperti India dan Cina adalah warna yang melambangkan keberanian, keceriaan, semangat, kebahagiaan, dan keberuntungan.

Sedangkan warna hitam adalah warna yang melambangkan kebijaksanaan dan kewibawaan, serta kehormatan. Akan tetapi banyak juga yang mengartikan warna ini sebagai warna berkabung sehingga sangat dihindari pemakaiannya.

Namun kamu sendiri tidak perlu khawatir mengenai makna warna hitam tersebut. Justru dengan memadukan dua warna yang kontras tersebut akan memberikan kesan yang tidak hanya berani, anggun, namun juga akan memberikan kesan yang elegan pada gaun pengantin muslimahmu. Supaya lebih pas, gunakanlah warna merah marun yang bisa menyatu dengan hitam.

2. Pink Gold

Warna kedua yang bisa kamu kenakan pada gaun pengantin muslimahmu adalah warna pink gold. Warna dari salah satu warna pink atau merah muda ini akan memberikan makna berupa keromantisan, feminin, sentimentil, dan menyenangkan, dan warna ini sesuai dengan warna yang melekat pada wanita pada umumnya.

Tak hanya, itu pink gold juga akan memberikanmu kesan yang mewah dan seperti putri raja meski kamu tampil secara syar’i. Hal itu karena bentuk gaunnya yang A-Line, dan mempunyai banyak ornamen dan hiasan. Yang terpenting adalah adanya kain yang dapat menutup dadamu secara keseluruhan.

3. Biru Muda

Warna biru muda juga dapat kamu jadikan inspirasi dan kamu terapkan pada gaun pengantin muslimah syar’i mu itu. Warna yang merupakan perpaduan warna biru dan putih serta termasuk dalam warna pastel itu memberikan makna dapat menenangkan emosi, mengisi kembali semangat, dan menyegarkan tingkat energi yang habis, serta membantu berpikir positif.

Kesan yang kamu dapatkan dengan memakai gaun berwarna biru muda adalah kamu dapat terlihat sederhana dan apa adanya. Namun, di sisi lain kamu akan tetap terlihat elegan apalagi jika memakai kerudung putih. Orang-orang yang melihatmu akan mendapatkan yang begitu positif dengan memakai warna ini.

4. Coklat Muda

Warna coklat merupakan warna yang sering kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari warna kulit, kayu, dan minuman. Warna yang disimbolkan dengan bumi ini juga mempunyai beberapa jenis, salah satunya coklat muda.

Coklat muda merupakan salah satu warna nude, yaitu warna yang mendekati warna kulit, dan sering digunakan produk kosmetik untuk make up. Akan tetapi, belakangan warna ini juga sering digunakan untuk fashion terutama pada gaun pengantin.

Coklat muda yang kamu kenakan pada gaun syar’i mu itu akan bermakna kamu mempunyai kesan yang ramah dan mudah didekati, serta dapat bersikap jujur dan tulus. Warna ini cocok untuk kamu yang tetap ingin menampilkan kesan yang ramah saat hari pernikahan. Supaya tidak terlalu sepi, kamu bisa menggunakan headpiece pada hijabmu.

5. Putih

Putih merupakan warna yang sudah begitu umum untuk gaun pernikahan. Mayoritas orang di seluruh dunia akan memakai warna ini dalam model gaun apa pun karena makna yang terkandung di dalamnya, yaitu kesucian, ketulusan, dan suka cita.

Warna yang populer sejak zaman Ratu Victoria di Inggris pada akhir abad ke-19 ini bisa kamu terapkan pada gaun pengantin muslimahmu untuk menunjukkan hati yang bersih dan suci, serta tulus saat hari pernikahan. Kamu juga bisa memadukannya dengan berbagai macam aksesoris seperti headpiece pada hijabmu untuk mempertegas kecantikanmu dalam suasana yang syar’i.

6. Krem

Warna lainnya yang bisa kamu pilih dan terapkan pada gaun pengantin muslimahmu adalah warna krem. Warna ini adalah warna yang merupakan perpaduan dari warna kuning dan putih, dan termasuk dalam warna cerah atau warna pastel.

Warna krem yang kamu gunakan pada gaunmu akan memberikan kesan yang kalem dan manis, sehingga akan semakin mempercantik tampilanmu. Warna ini merupakan warna yang juga dapat memberikan kesan yang lembut serta dapat memberikan suasana yang tenang dan nyaman.

7. Hijau

Memakai gaun pengantin muslimah syari’ dengan warna hijau juga merupakan ide yang bisa kamu terapkan pada hari pernikahan. Warna hijau merupakan salah satu warna dasar yang dapat memberikan ketenangan, kesejukan, dan kesuburan.

Selain itu, warna hijau juga merupakan warna yang identik dengan ajaran Islam sebagai agama yang membawa kesejukan dan kedamaian. Kamu bisa memadukan warna tumbuhan ini dengan warna emas untuk memberikan kesan yang juga elegan dan berwibawa.

8. Turqoise

wm_article_img
Foto: Pinterest

Warna ini merupakan salah satu warna yang juga populer digunakan pada gaun pernikahan muslimah yang syar’i. Berasal dari bahasa Prancis, Turqoise, yang berarti Turki, warna ini memang berasal dari Turki terutama merujuk pada sebuah batu pirus yang diimpor Prancis dari negara tersebut pada abad ke-17.

Turqoise merupakan perpaduan warna biru dan hijau dengan sedikit sentuhan warna abu-abu. Karena perpaduan warna tersebut, banyak sekali makna yang dikesankan dari warna ini, yaitu memancarkan kedamaian, ketenangan, dan keteduhan. Kemudian memberi keseminbangan dan pertumbuhan serta dapat mengesankan penuh energi, dan dapat menenangkan sistem saraf.

Dengan memakai warna ini kamu pun juga dapat meningkatkan rasa percaya dirimu di depan para tamu undangan saat hari pernikahan sehingga kamu tidak akan gugup kala melangkah menuju altar pelaminan bersama pasanganmu.

9. Magenta

Selain warna-warna dasar yang sering digunakan pada gaun pengantin, kamu juga bisa menerapkan warna magenta untuk kamu yang ingin tampil berbeda. Warna ini sendiri merupakan warna yang keunguan-merah atau kemerahan-ungu atau mauvish. 

Magenta merupakan warna yang terinspirasi dari sebuah pertempuran di Magenta, Italia, antara pasukan Prancis dan Austria pada 1859. Dalam pertempuran yang dimenangkan Prancis itu, warna tersebut muncul dari darah para prajurit yang mengenai seragam prajurit yang berwarna biru dan ungu.

Magenta merupakan warna yang melambangkan keharmonisan dan keseimbangan secara universal, serta mempromosikan kasih sayang, dukungan, dan kebaikan, serta mendorong rasa hormat dan kepuasan pada yang menggunakannya.

Apabila kamu memakai warna yang satu ini, kamu akan mendapatkan kesan yang tidak hanya anggun, tetapi juga feminin serta keeleganan pada dirimu. Warna ini juga cocok untuk kamu yang ingin menyebarkan kebahagiaan pada hari pernikahanmu.

10. Dusty Pink

Warna pink atau merah muda itu banyak sekali jenisnya untuk kamu terapkan pada gaun pernikahan muslimah syar’i di hari pernikahanmu. Salah satunya adalah dusty pink yang juga populer untuk dikenakan.

Dusty pink adalah salah satu varian warna pink yang mempunyai ciri-ciri kusam dan pucat dengan warna yang kekuningan. Warna pink ini mempunyai warna yang lebih merah daripada warna pink lainnya.

Warna ini menyimbolkan warna yang sentimentil selain romantis. Cocok untuk kamu yang ingin tampil ceria namun juga ingin sesuatu yang begitu berkesan dan menyentuh sehingga akan kamu ingat terus sepanjang masa.

11. Kuning

Gaun pengantin muslimah syar’i dengan warna kuning juga bisa kamu terapkan pada hari pernikahanmu. Salah satu warna dasar yang mencolok ini cocok untuk kamu yang ingin menjadi pusat perhatian pada hari pernikahanmu.

Di Indonesia, warna kuning sendiri kebanyakan diartikan sebagai warna duka cita sehingga banyak sekali muslimah yang jarang memakai warna ini. Padahal, warna kuning sesungguhnya merupakan warna yang melambangkan kehangatan dan rasa bahagia, serta hasrat untuk selalu bermain.

Dengan kata lain, warna kuning merupakan warna yang mengandung keoptimisan, keceriaan, dan semangat. Di dalam budaya Melayu, warna kuning merupakan warna kebesaran yang mengandung makna kemewahan dan keagungan.

12. Emas

Selain warna kuning yang mengandung makna kemewahan, warna dengan makna serupa yang bisa kamu gunakan adalah warna emas. Warna yang identik dengan logam dan perhiasan ini bisa juga kamu terapkan pada gaun pengantin muslimahmu.

Warna emas selain memberikan makna kemewahan, juga akan memberikan kesan yang elegan dan glamor. Tentu saja warna ini cocok bagi kamu yang tidak ingin melewatkan begitu saja momen pernikahan yang hanya ada dalam satu waktu.

13. Oranye

Warna oranye merupakan warna yang memang sangat jarang digunakan dalam gaun pernikahan karena kurang populer. Padahal warna percampuran merah dan oranye ini mempunyai banyak makna yang tidak sembarangan seperti kesan hangat dan bersemangat, serta merupakan simbol dari petualangan.

Selain itu, warna oranye mempunyai makna optimisme, percaya diri, dan kemampuan bersosialiasi. Warna ini juga memberikan efek kehangatan. Cocok untuk kamu yang pada hari pernikahan tetap ingin bergaul secara leluasa pada tamu dan kerabat, dan menggunakan warna oranye bisa kamu jadikan sebagai inspirasi yang tidak biasanya.

14. Abu-Abu

Warna gaun pengantin muslimah syar’i tidak melulu harus berwarna cerah, namun juga bisa berwarna netral seperti abu-abu. Warna perpaduan hitam dan putih merupakan warna yang bisa juga kamu jadikan sebagai sebuah inspirasi untuk hari pernikahanmu. 

Makna yang didapat dari warna ini adalah ketenangan, keteduhan, keeleganan, kemandirian, keseriusan, kestabilan, dan bisa memberikan kesan yang bertanggung jawab. Abu-abu pun bisa kamu kombinasikan dengan berbagai macam warna lain, baik warna terang maupun gelap karena tidak menimbulkan warna yang kontras.

Kamu yang menggunakan gaun pengantin dengan warna netral ini akan mendapatkan kesan yang tidak hanya tenang, tetapi juga elegan. Warna abu-abu juga akan memberikan kesan yang ekslusif.

15. Ungu

Warna ungu merupakan salah satu warna yang juga bisa kamu terapkan pada gaun pengantin muslimahmu di hari pernikahan. Warna ini juga warna yang memang jarang digunakan karena ada anggapan umum yang berlaku di masyarakat, yaitu warna tersebut merupakan warna janda, dan jika yang memakai warna tersebut pada hari pernikahan akan menjadi janda setelahnya.

Padahal, anggapan tersebut tidak benar adanya, dan hanya merupakan isapan jempol. Jika diperhatikan warna ungu sebenarnya adalah warna yang punya beragam makna, yaitu makna kemakmuran dan kemuliaan, serta juga dapat memberikan makna yang eksotis.

Selain itu, ungu adalah warna yang dapat memberikan inspirasi, merncerahkan, mengangkat, dan mendorong. Warna ini cocok bagi kamu yang di hari pernikahan tidak hanya ingin menyebarkan kebahagiaan, tetapi ingin juga memberikan inspirasi kepada para tamu undangan terutama yang belum berumah tangga atau berpasangan untuk bisa menyusulmu.

16. Hitam

wm_article_img
Foto: Dream

Warna terakhir untuk gaun pengantin muslimah syar’i yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi adalah warna hitam, warna dasar yang terlihat gelap dan mencolok. Warna ini memang salah satu warna yang jarang digunakan dalam gaun pengantin karena memiliki arti yang negatif, yaitu sebagai warna berkabung.

Padahal, jika ditelisik lebih dalam hitam sesungguhnya adalah warna yang melambangkan keanggunan, ketegasan, juga keeleganan. Selain itu, hitam melambangkan kemakmuran, kepercayaan diri, maskulinitas, dramatis, dan kemisteriusan.

Hitam sendiri merupakan warna gelap sederhana yang dianjurkan sesuai dengan syariat Islam supaya menghindari fitnah. Karena memakai warna pakaian berwarna-warni dikhawatirkan akan menimbulkan banyak perhatian.

Warna hitam sendiri juga sudah menjadi tren belakangan ini pada banyak model gaun pengantin terutama gaun pengantin muslimah sehingga kamu yang memakainya juga tidak perlu khawatir akan anggapan hitam adalah warna negatif, dan cocok untuk kamu yang benar-benar ingin tampil sesuai dengan syariat.

Itulah warna-warna di  atas yang bisa kamu terapkan pada gaun pengantin muslimah syar’i di hari pernikahanmu supaya kamu benar-benar bisa tampil sesuai dengan syariat Islam. Sebenarnya tidak ada ketentuan warna yang harus digunakan, asalkan kamu tetap tampil sopan dan menutup aurat.

Selain mengenakan gaun yang juga syar’i, kamu juga harus memperhatikan hal-hal lain yang juga syar’i seperti tampilan tata rias wajah atau make-up yang tidak berlebihan, serta memakai aksesoris yang seadanya saja.

Selain itu, kamu harus memperhatikan bentuk tubuhmu dengan warna yang digunakan. Apabila kamu berkulit gelap usahakan memakai gaun yang berwarna terang supaya kulit gelapmu tidak tenggelam. Lalu apabila kamu berkulit sawo matang, pilihlah warna yang bernuansa pastel sehingga kulit sawo matangmu akan bercahaya.

Apabila kamu bertubuh gemuk, pilihlah warna-warna yang gelap seperti hitam yang akan membuatmu terlihat kurus, dan apabila kamu kurus jangan memakai warna gelap karena itu akan semakin menegaskan tubuh kurusmu.

Untuk gaun pengantin muslimah yang syar’i ini kamu bisa menemukan banyak pilihannya di vendor gaun pengantin Wedding Market yang menyediakan banyak pilihanmu untuk mengenakan gaun. Klik aja di sini!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...