Pilih Kategori Artikel

Indahnya Gaun Pengantin Ratu Inggris dan Keluarga Kerajaan Lainnya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernahkah Anda mencari tahu mengenai gaun pengantin Ratu Inggris saat ini, yaitu Ratu Elizabeth? Pastinya mewah dan menakjubkan. Namun, tidak hanya Queen Elizabeth saja yang memiliki gaun pengantin istimewa. Hampir semua pernikahan di Kerajaan Inggris menggunakan gaun pernikahan yang istimewa dan sayang bila kita tidak mengulik lebih jauh.

Tidak hanya perkara harta dan kemewahan, hampir semua gaun pernikahan yang pernah digunakan oleh bangsawan Inggris selalu jadi trend setter dan menginspirasi perempuan lainnya. Untuk menambah wawasan sembari cari inspirasi gaun pernikahan, mari kita mengulik gaun pernikahan yang pernah digunakan oleh keluarga kerajaan Inggris! 

  • Gaun pernikahan Ratu Elizabeth II

 wm_article_img

Di pernikahannya dengan Philip Mountbatten pada 20 November 1947  di Westminster Abbey, Ratu Elizabeth II mengenakan gaun rancangan dari Norman Hartnell. Gaun legendaris ini dibuat oleh tiga ratus lima puluh wanita dengan jangka waktu tujuh minggu.

Pernikahan yang digelar setelah berakhirnya perang dunia kedua tersebut memiliki gaun yang unik karena dibeli dengan kupon. Ya, pada masa itu kepemilikan kain masih dibatasi, termasuk untuk keluarga kerajaan sehingga untuk melengkapi gaun pernikahannya, Ratu Elizabeth II membeli kain dengan dua ratus kupon.

Gaun pengantin ratu Inggris ini berbahan sutra gading, dihasi dengan bordiran bunga rumit, kristal dan juga sepuluh ribu mutiara. Hebatnya lagi, ekor gaun pengantin Ratu Elizabeth II memiliki panjang mencapai 15 kaki yang dihiasi dengan bordir bintang. Sang perancang gaun pernikahan, Norman Hartnell mengklaim bahwa gaun pernikahan sang ratu adalah gaun tercantik yang pernah dia buat.

  • Gaun pernikahan Putri Margaret

 wm_article_img

Menggelar pernikahan pada tanggal 6 Mei 1960 di Westminster Abbey, Putri Margaret tampak mengagumkan dengan gaunnya yang mengembang elok. Putri Margaret adalah putri termuda dari King George dan Ratu Elizabeth dengan urutan pewaris tahta kedua. Walau pernikahannya dengan seorang fotografer Antony Armstrong-Jones tidak bertahan lama, gaun pernikahannya yang sempurna tetap patut dikenang.

Walau beberapa kritikus fashion saat itu mengatakan bahwa gaun yang digunakan oleh Putri Margaret adalah gaun yang sederhana untuk pernikahan kerajaan, tapi gaun ini justru tampak elegan dan santun. Gaun ball gown lengan panjang yang terbuat dari sutra organza ini juga didesain oleh desainer gaun pengantin ratu inggris yaitu Ratu Elizabeth II. Walau dikatakan sederhana, nyatanya gaun Putri Margaret ini memakan lebih dari 30 meter kain sutra organza!

  • Gaun Pengantin Putri Anne

 wm_article_img

Putri Anne adalah satu-satunya anak perempuan dari Ratu Elizabeth II yang terkenal gemar melakukan berbagai kegiatan amal. Pada pernikahan pertamanya dengan Mark Phillips, Putri Anne mengenakan gaun pengantin yang sederhana tapi tidak menutupi keanggunannya sebagai seorang putri raja.

Gaun yang digunakan oleh putri yang bergelar Royal Princess ini adalah gaun yang didesain oleh Mauren Bakeer. Walau sederhana, tapi gaun tersebut sangat unik pada bagian tangannya. Lengan gaun Putri Anne adalah bentuk medieval lurus yang kemudian longgar dengan bentuk segitiga yang memudahkan untuk bergerak yang unik dan dikombinasikan dengan kerah tinggi yang semakin menunjukkan keanggunan soosk Putri Anne. Walau sederhana, gaun Putri Anne tidak kalah cantik dengan gaun pengantin ratu inggris lainnya.

  • Gaun pengantin Lady Diana saat menikah dengan Pangeran Charles

 wm_article_img

Tidak ada yang tidak tahu tentang Lady Diana. Perempuan berparas cantik ini digadang-gadang memiliki the most iconic wedding dress all time ketika pernikahannya dengan Pangeran Charles pada 29 Juli 1981 lalu. Walau pernikahan yang dibina keduanya tidak berjalan lama, setidaknya kita bisa mengingat indahnya gaun Lady Diana sebagai kenangan manis.

Gaun tersebut dibuat dari kain sutra gading dan renda antik dengan ekor gaun sepanjang dua puluh lima kaki! Dan tahukah Anda bahwa gaun Lady Diana yang dirancang oleh David dan Elizabeth Emanuel ini dihiasi dengan sulaman tangan, sepuluh ribu mutiara, dan payet? Kemegahannya tidak sampai disitu saja, wedding veil yang dikenakan saja terbuat dari kain tulle setebal seratus lima puluh tiga yard.

  • Gaun pengantin Sarah Ferguson saat menikah dengan Pangeran Andrew

 wm_article_img

Menikah dengan salah satu pangeran inggris membuat gaun pengantin Sarah Ferguson wajib tampak mengesankan. Di pernikahan yang digelar pada 23 Juli 1986 tersebut, gaun pengantin Sarah Ferguson dirancang oleh Lindka Cierach, dibuat dari satin gading dengan hiasan berbagai simbol. Seperti simbol hati yang memiliki arti romansa, jangkar dan ombak yang melambangkan latar belakang keluarga Pangeran Andrew, serta lebah dan bunga onak yang melambangkan keluarga dari Sarah Ferguson.

Gaun milik Sarah Ferguson tidak mau kalah dengan gaun pengantin ratu inggris karena di ekor gaun yang sepanjang tujuh belas meter ini terdapat manik-manik perak yang dibentuk huruf A dan S.

  • Gaun pengantin Camelia Parker saat menikah dengan Pangeran Charles

 wm_article_img

Walau menjadi pernikahan kedua untuk Pangeran Charles, gaun pengantin yang digunakan oleh Camelia Parker tetap mencuri perhatian. Memilih untuk tidak menggunakan gaun putih selayaknya gaun pengantin pada umumnya, Camelia Parker justru menggunakan gaun sifon biru yang dilapisi dengan mantel warna senada dengan hiasan sulaman emas.

Penampilan Camelia Parker semakin dramatis dengan hiasan bulu-bulu berwarna emas di atas rambutnya. Kabarnya, Camelia memang hanya menginginkan gaun bersih dengan detail halus di hari pernikahannya.

  • Gaun pengantin Kate Middleton saat pernikahannya dengan Pangeran William

 wm_article_img

Gaun pengantin fenomenal yang mungkin tidak akan dilupakan adalah gaun pernikahan Kate Middleton saat menikah dengan Pangeran William. Gaun yang dirancang oleh desainer terkenal Sarah Burton tersebut mewujudkan keinginan Kate yang ingin menggabungkan tradisional dan modernitas dalam satu gaun.

Hal ini bisa dilihat dengan adanya korset yang terinspirasi dari gaun pengantin Ratu Inggris Victoria dengan lima puluh delapan kancing di belakangnya. Ekor gaunnya sendiri mencapai panjang dua koma tujuh meter dan dihiasi dengan detail broklat dan renda yang disulam tangan. Hiasan untuk bagian gaunnya sendiri adalah renda Chantilly untuk lengan panjang dan detail mawar, histles, daffodil, dan shamrock yang merupakan empat pola khas Inggris yang dirajut pada badan gaunnya.

  • Gaun pengantin Meghan Marklen saat pernikahannya dengan Pangeran Harry

 wm_article_img

Gaun pernikahan yang kini sedang jadi trend adalah gaun yang terinspirasi dari gaun pernikahan Meghan Markle. Walau pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry sudah terjadi 19 Mei 2018 silam, gaun ini masih banyak disontek oleh perempuan-perempuan di berbagai belahan dunia sebagai gaun pernikahan mereka.

Gaun yang dirancang oleh Clare Waight Keller tersebut dibuat dari sutra dengan desain simple bout neck dengan lengan panjang yang sempurna untuk tubuh Meghan. Walau tampak polos tanpa hiasan renda, ada sebuah potongan dari gaun biru yang digunakan oleh Meghan pada kencan pertamanya dengan Pangeran Harry. Sangat menarik bukan?

Wedding veil yang dikenakan adalah veil dengan panjang enam belas kaki dan dihiasi dengan berbagai sulaman bunga pada ujungnya. Kabarnya, kerudung pernikahan ini justru membutuhkan waktu penyulaman lebih lama daripada penyulaman gaunnya sendiri, yaitu lima ratus jam. Tidak mengherankan bila gaun Meghan Markle sangat elegan dan menakjubkan, ya?

Tulisan di atas membuktikan bahwa tidak hanya gaun pengantin Ratu Inggris saja yang mewah dan istimewa, gaun dari pernikahan keluarga kerajaan yang lain pun tidak kalah menawan. Jika nanti Anda akan menikah, mana sekiranya yang ingin Anda sontek untuk gaun pernikahan Anda? 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...