Indahnya Gaun Pengantin Ratu Inggris dan Keluarga Kerajaan Lainnya

16 Sep 2019 | By Wedding Market | 744
Indahnya Gaun Pengantin Ratu Inggris dan Keluarga Kerajaan Lainnya

Pernahkah Anda mencari tahu mengenai gaun pengantin Ratu Inggris saat ini, yaitu Ratu Elizabeth? Pastinya mewah dan menakjubkan. Namun, tidak hanya Queen Elizabeth saja yang memiliki gaun pengantin istimewa. Hampir semua pernikahan di Kerajaan Inggris menggunakan gaun pernikahan yang istimewa dan sayang bila kita tidak mengulik lebih jauh.

Tidak hanya perkara harta dan kemewahan, hampir semua gaun pernikahan yang pernah digunakan oleh bangsawan Inggris selalu jadi trend setter dan menginspirasi perempuan lainnya. Untuk menambah wawasan sembari cari inspirasi gaun pernikahan, mari kita mengulik gaun pernikahan yang pernah digunakan oleh keluarga kerajaan Inggris! 

  • Gaun pernikahan Ratu Elizabeth II

 

Di pernikahannya dengan Philip Mountbatten pada 20 November 1947  di Westminster Abbey, Ratu Elizabeth II mengenakan gaun rancangan dari Norman Hartnell. Gaun legendaris ini dibuat oleh tiga ratus lima puluh wanita dengan jangka waktu tujuh minggu.

Pernikahan yang digelar setelah berakhirnya perang dunia kedua tersebut memiliki gaun yang unik karena dibeli dengan kupon. Ya, pada masa itu kepemilikan kain masih dibatasi, termasuk untuk keluarga kerajaan sehingga untuk melengkapi gaun pernikahannya, Ratu Elizabeth II membeli kain dengan dua ratus kupon.

Gaun pengantin ratu Inggris ini berbahan sutra gading, dihasi dengan bordiran bunga rumit, kristal dan juga sepuluh ribu mutiara. Hebatnya lagi, ekor gaun pengantin Ratu Elizabeth II memiliki panjang mencapai 15 kaki yang dihiasi dengan bordir bintang. Sang perancang gaun pernikahan, Norman Hartnell mengklaim bahwa gaun pernikahan sang ratu adalah gaun tercantik yang pernah dia buat.

  • Gaun pernikahan Putri Margaret

 

Menggelar pernikahan pada tanggal 6 Mei 1960 di Westminster Abbey, Putri Margaret tampak mengagumkan dengan gaunnya yang mengembang elok. Putri Margaret adalah putri termuda dari King George dan Ratu Elizabeth dengan urutan pewaris tahta kedua. Walau pernikahannya dengan seorang fotografer Antony Armstrong-Jones tidak bertahan lama, gaun pernikahannya yang sempurna tetap patut dikenang.

Walau beberapa kritikus fashion saat itu mengatakan bahwa gaun yang digunakan oleh Putri Margaret adalah gaun yang sederhana untuk pernikahan kerajaan, tapi gaun ini justru tampak elegan dan santun. Gaun ball gown lengan panjang yang terbuat dari sutra organza ini juga didesain oleh desainer gaun pengantin ratu inggris yaitu Ratu Elizabeth II. Walau dikatakan sederhana, nyatanya gaun Putri Margaret ini memakan lebih dari 30 meter kain sutra organza!

  • Gaun Pengantin Putri Anne

 

Putri Anne adalah satu-satunya anak perempuan dari Ratu Elizabeth II yang terkenal gemar melakukan berbagai kegiatan amal. Pada pernikahan pertamanya dengan Mark Phillips, Putri Anne mengenakan gaun pengantin yang sederhana tapi tidak menutupi keanggunannya sebagai seorang putri raja.

Gaun yang digunakan oleh putri yang bergelar Royal Princess ini adalah gaun yang didesain oleh Mauren Bakeer. Walau sederhana, tapi gaun tersebut sangat unik pada bagian tangannya. Lengan gaun Putri Anne adalah bentuk medieval lurus yang kemudian longgar dengan bentuk segitiga yang memudahkan untuk bergerak yang unik dan dikombinasikan dengan kerah tinggi yang semakin menunjukkan keanggunan soosk Putri Anne. Walau sederhana, gaun Putri Anne tidak kalah cantik dengan gaun pengantin ratu inggris lainnya.

  • Gaun pengantin Lady Diana saat menikah dengan Pangeran Charles

 

Tidak ada yang tidak tahu tentang Lady Diana. Perempuan berparas cantik ini digadang-gadang memiliki the most iconic wedding dress all time ketika pernikahannya dengan Pangeran Charles pada 29 Juli 1981 lalu. Walau pernikahan yang dibina keduanya tidak berjalan lama, setidaknya kita bisa mengingat indahnya gaun Lady Diana sebagai kenangan manis.

Gaun tersebut dibuat dari kain sutra gading dan renda antik dengan ekor gaun sepanjang dua puluh lima kaki! Dan tahukah Anda bahwa gaun Lady Diana yang dirancang oleh David dan Elizabeth Emanuel ini dihiasi dengan sulaman tangan, sepuluh ribu mutiara, dan payet? Kemegahannya tidak sampai disitu saja, wedding veil yang dikenakan saja terbuat dari kain tulle setebal seratus lima puluh tiga yard.

  • Gaun pengantin Sarah Ferguson saat menikah dengan Pangeran Andrew