Pilih Kategori Artikel

Do and Don’t Saat Memilih Gaun Pengantin Syari
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Semakin berkembangnya zaman, menemukan gaun pengantin syari bukanlah sesuatu yang sulit. Ada banyak pengantin muda yang tergerak merancang gaun pengantin sesuai dengan ketentuan agama, tetapi tetap menawan secara visual. Gaun pengantin memang akan menjadikan Anda ratu dalam sehari.

Walau begitu, Anda tetap perlu berhati-hati saat memilihnya agar tidak menyalahi aturan agama. Sebagai muslimah yang baik, gaun pengantin pilihan Anda tidak hanya wajib panjang dan dilengkapi hijab saja, ada banyak peraturan lain yang setidaknya perlu Anda pertimbangkan.

Yuk, perhatikan do and don’t saat memilih gaun pengantin syari melalui ulasan di bawah ini. Memilih gaun pengantin pun wajib melibatkan ketentuan agama, bukan?

  1. Katakan don’t untuk gaun pengantin yang terlalu memperlihatkan lekuk tubuh

Anda pasti paham bahwa dalam Islam dilarang untuk mengenakan pakaian ketat yang dapat memperlihatkan lekuk tubuh secara jelas. Anda juga perlu mengingat hal tersebut saat akan memilih gaun pengantin. Sekalipun Anda sangat ingin mengenakan suatu gaun yang mungkin Anda temukan di sebuah toko, jika gaun tersebut sangat ketat menempel di tubuh Anda, jangan pilih gaun tersebut!

Dalam Islam, larangan untuk mengenakan pakaian ketat sangatlah jelas. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Dua orang dari penghuni neraka yang belum aku pernah melihatnya, (pertama) seorang kaum yang memegang cambuk seperti ekor sapi dengannya, mereka memukuli manusia dan (kedua) kaum wanita yang berpakaian, tetapi telanjang, berjalan berlenggok-lenggok, kepala mereka laksana punuk onta miring …”.

  1. Ada banyak gaun pengantin syari yang tidak ketat tapi tetap istimewa

Jangan sedih dan merasa bahwa aturan Islam membatasi pilihan gaun pengantin syari yang bisa Anda kenakan. Faktanya, Anda dapat selalu menemukan gaun pengantin berlengan panjang yang longgar pada badan Anda, tetapi dalam saat bersamaan juga tetap terasa modis. Anda bisa memilih gaun model empire yang memiliki kerutan di bawah dada dan roknya longgar jatuh ke bawah. Anda bisa meminta pada penjahit gaun pengantin Anda untuk tidak membuat kerutan yang terlalu mengikat tubuh jika ingin membuat gaun empire Anda tetap syari.

Selain gaun dengan desain empire, Anda juga bisa membuat gaun pengantin syari yang terinspirasi dari kaftan atau pakaian yang longgar dengan lengan panjang tak kalah longgar.   

  1. Jangan lupa, gaun pengantin syari adalah yang menutup lekuk dada

Salah satu pertimbangan dalam memilih gaun pengantin yang syari adalah lekukan dada yang harus tertutup. Untuk mendapatkan gaun semacam ini, ada banyak cara bisa dilakukan. Anda bisa menggunakan hijab panjang yang menjuntai ke bawah menutup dada, bisa juga dengan cape yang tergantung pada bahu dengan panjang yang hanya mencapai dada sementara bagian belakangnya bisa Anda buat seperti jubah panjang. Tidak hanya syar’i, penampilan Anda juga pasti akan sangat mengagumkan!

Selain dengan hijab panjang serta cape, Anda juga bisa memilih gaun model sabrina. Memang pada umumnya gaun sabrina memiliki potongan di bagian bahu yang terbuka sementara di bagian lengan berputar pada lengan dan dada. Namun, Anda tidak perlu membuat bagian terbuka pada bahu, cukup tambahkan kain melingkar ala Sabrina saja pada bagian dada dan lengan.

  1. Gaun pengantin Anda tidak perlu mewah, yang penting indah

Anda pastinya sering mendengar beberapa calon pengantin di luar sana menghabiskan biaya yang luar biasa wah untuk gaun pengantin mereka. Anda tidak perlu melakukan hal yang sama. Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, Allah melarang kita untuk boros atau menghambur-hamburkan uang.

Sekalipun Anda sanggup memiliki gaun pengantin syari berhias ratusan Swarovski atau gaun bertabur emas di sana-sini, ada baiknya Anda memilih gaun pengantin yang sederhana, tapi tetap terlihat indah. Definisi sederhana tidak harus tanpa hiasan atau gaun polos saja, Anda bisa menghias gaun pengantin syari Anda dengan payet, renda, bordir, atau dengan perpaduan warna yang justru menambah elegan penampilan. Toh, bukankah lebih baik uang yang disiapkan untuk memiliki gaun pengantin mewah disimpan untuk mempersiapkan kehidupan pascapernikahan?

  1. Tidak memilih kain yang tembus pandang

Sama halnya dengan memilih menggunakan gaun pengantin yang ketat, menggunakan kain yang tembus pandang sebagai bahan untuk gaun pengantin Anda sebaiknya dihindari. Kain yang tembus pandang dan tipis dapat membuat lekuk tubuh Anda terlihat.

Untuk jenis kain yang cocok Anda gunakan, Anda bisa menggunakan bahan yang tidak tembus pandang seperti sutra atau velvet.  Meski tebal, kedua bahan ini tetap cantik untuk dijadikan bahan gaun pengantin sesuai keinginan Anda.

Baca juga: Inspirasi Gaun Bridesmaid Muslimah yang Syar'i

Memilih desain gaun pengantin syari ternyata tidak sulit, kan? Setelah membaca ulasan di atas, semoga Anda bisa menemukan gaun yang tidak hanya indah, tetapi juga sesuai dengan ajaran agama.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...