Pilih Kategori Artikel

Pernikahan Bernuansa Jawa Lebih Sakral di Gedung Pernikahan Adat Jawa
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Gedung pernikahan adat Jawa tentunya akan kamu pergunakan untuk menyelenggarakan pernikahanmu yang ingin menggunakan upacara adat Jawa. Agar prosesi pernikahan adat Jawa kamu berjalan lancar serta hikmat tentunya kamu harus benar-benar dapat mempersiapkan segala kebutuhanmu yang mendukung upacara adatnya. Kamu harus siap karena memang untuk mendukung upacara pernikahan menggunakan adat Jawa banyak hal yang sudah harus kamu persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

Persiapan yang harus kamu lakukan meliputi mencari hari baik, perias khusus untuk pengantin Jawa, busana sampai menentukan lokasi gedung pernikahan adat Jawa yang representative tentunya. Khusus untuk gedungnya, ada baiknya kamu dan pasangan mulai mencari-cari gedung pernikahan yang mempunyai gaya arsitektur tradisional Jawa. Hal ini tentunya akan dapat membuat hari pernikahan kamu menjadi mempunyai daya tariknya tersendiri dan akan berkesan lebih sakral.

Bila kamu memang menggunakan gedung pernikahan adat Jawa ini maka kamu tidak memerlukan banyak dekorasi tambahan bernuansa Jawa lagi karena gedungnya sendiri memang sudah mempunyai desain arsitektur yang luar biasa indah. Di dalam gedung bernuansa Jawa tentunya akan dilengkapi dengan pajangan-pajangan yang akan bernafaskan etnik Jawa yang pastinya akan dapat menambahkan keunikan konsep pernikahanmu kelak.

Akan tetapi biasanya menyelenggarakan pernikahan adat Jawa ini akan memakan biaya yang lumayan tidak murah dan biasanya biaya menyelenggarakan acara pernikahan adat Jawa ini tidak harus menjadi tanggung jawab kamu seutuhnya. Jadi pada intinya keluargamu dan pasangan haruslah mencari kata sepakat mengenai biaya ini. Jika mengenai biaya ini sudah mencapai kata sepakat, demi untuk meringankan biaya maka sangatlah tepat jika kamu dapat menggunakan gedung pernikahan ada Jawa langsung sehingga kamu dapat lebih berhemat tetapi upacara adat Jawa tetap dapat berjalan dengan baik dan sakral.

Beberapa gedung pernikahan adat Jawa ini dapat kamu jadikan referensi sebagai tempat untuk menyelenggarakan acara pernikahan kamu dengan menggunakan adat Jawa, seperti:

1. Pendopo Kemang Yang Kental Dengan Nuansa Jawa

 wm_article_img

Pasti kamu akan jatuh hati bila sudah melihat langsung bangunan Pendopo Kemang ini. Kamu tidak akan salah pilih untuk menggunakan bangunan ini karena bangunan ini sangat kental dengan suasana tradisional Jawa dan pasti akan sangat mendukung acara pernikahan kamu. Pendopo Kemang ini mempunyai lokasi yang strategis dan prestigious yaitu di daerah Kemang.

Jika kamu menggunakan gedung pernikahan adat Jawa ini maka selain menggunakan bagian dalam gedungnya kamu juga dapat memanfaatkan bagian luarnya yang juga kental akan nuansa Jawanya jika tamu yang kamu undang cukup banyak. Biaya sewa gedung Pendopo Kemang ini juga dapat disesuaikan dengan jumlah tamu yang akan kamu undang yaitu kisaran 50 juta hingga 150 juta Rupiah dengan daya tampung sekitar 200 hingga 800 orang. Kamu tidak perlu bingung lagi untuk mendesain interior gedung ini karena gedungnya sendiri sudah sangat kental dengan interior bernuansa Jawa. Bila kamu juga menginginkan menu makanan dan minuman khas Jawa, kamu juga bisa memesannya langsung melalui rekanan vendor catering-nya yang ada.

2. Rumah Sarwono Cocok Untuk Pesta Pribadi

 wm_article_img

Tentunya sebagai bangsa yang berbudaya kita semua harus dapat menjaga warisan budaya bangsa. Gedung pernikahan adat Jawa bernama Rumah Sarwono ini memang mempunyai konsep bangunan yang unik dimana bentuk rumahnya sudah menyerupai rumah joglo selain itu bagian aula serta tamannya sangat kental dengan unsur Jawa. Gedung ini memang mempunyai fasilitas dua rumah joglo dimana terdapat bagian penghubung diantara kedua rumah tersebut.

Rumah Sarwono ini dapat menampung tamu kamu hingga 1000 orang dengan harga sewanya yang masih bisa dinegosiakikan. Bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 2008 ini mempunyai sudut-sudut rumah yang akan mengingatkan kamu akan budaya tradisional Jawa serta dekorasi ruangannya yang memang sangat mendukung sehingga kamu akan terasa layaknya berada di Kota Jogja!

3. The Roemah 7a Prewedding Bisa, Pernikahan Juga Bisa

 wm_article_img

Kamu pasti akan berdecak kagum dengan keindahan gedung pernikahan adat Jawa bernama unik ini yaitu The Roemah 7a ini. Ternyata selain cocok untuk tempat mengadakan pernikahan adat Jawa lokasi ini juga antri oleh pasangan yang ingin melakukan pemotretan prewedding mereka. Di dalam ruangannya ternyata banyak sudut-sudut yang mempunyai tema vintage karena dilengkapi dengan pajangan-pajangan bertema jaman dahulu seperti sofa yang bernuansa retro, alat pemutar film jaman dahulu hingga beberapa vespa berukuran mini dengan berbagai warna yang ceria.

Jika kamu berminat menggunakan The Roemah 7a ini cukup murah saja hanya kisaran 20 juta Rupiah saja untuk selama penggunaan empat jam. Kalau kamu mempunyai cukup banyak tamu maka kamu juga bisa menggunakan seluruh area rumah ini yang bisa menampung hingga 600 orang.

4. Plataran Cilandak Langganan Para Selebriti

 wm_article_img

Kamu mau membuat pesta pernikahan menggunakan adat Jawa ala selebriti, inilah tempatnya gedung pernikahan adat Jawa Plataran Cilandak. Gedung pernikahan adat Jawa ini mempunyai gaya arsitektur bernuansa campuran antara Jawa klasik dan Bali. Istimewanya disini kamu bisa menggunakan seluruh area plataran di dalam maupun di luarnya yang mempunyai kolam renang. Kamu juga bisa lebih leluasa untuk menambahkan pernak-pernik bernuansa Jawa untuk mempercantik dekorasi pernikahan kamu.

Memang tempat ini sangat cocok kalau kamu ingin mengadakan private party walaupun gedung ini dapat menampung hingga 600 orang. Dengan harga sewa di kisaran 45 juta kamu juga bisa memanjakan para tamu dengan aroma kayu segar yang berasal dari kayu pendopo dan gazebonya.

5. Omah Pawon Yang Asri Bagai Berada Di Desa

 wm_article_img

Kamu yang memang ingin menyelenggarakan pernikahan menggunakan adat Jawa maka gedung pernikahan adat Jawa bernama Omah Pawon ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Tempatnya yang strategis di daerah Ampera sangatlah mudah untuk dijangkau. Keistimewaan gedung pernikahan adat Jawa ini adalah selain suasananya yang asri seperti di pedesaaan Jawa, para tamu akan dimanjakan lidahnya dengan sajian makanan khas nusantara yang disajikan dengan sentuhan resto. Konsep bangunan Omah Pawon yang dapat menampung tamu hingga 1.000 orang ini memang sangatlah khas Jawa, karena terdapat dua buah pendopo sehingga kamu dapat melebarkan pestanya ke sisi luar yang berupa taman. Pastinya pesta pernikahanmu akan bertambah romantis dalam balutan nuansa Jawa yang kental.

Memang untuk melakukan pernikahan dengan adat Jawa kamu haruslah dapat menjalankan prosesi yang panjang tetapi bermakna dalam. Tentunya prosesi ini akan bertambah lengkap jika kamu dapat melaksanakanya di tempat yang tepat yaitu di gedung pernikahan adat Jawa yang memang mempunyai selain interior juga suasana yang sangat Jawa sekali.

Foto: Onikah, Swara Tunaiku, Benbernavita, Denah Lokasi, Inclovermag, Jane Diaries

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...