Pilih Kategori Artikel

Berapa Harga Katering Pernikahan dengan Konsep Elegan?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Menyelenggarakan sebuah pernikahan dengan konsep elegan memang selalu bisa dipastikan bahwa anggaran untuk harga katering pernikahan-nya sendiri bisa mencapai puluhan juta. Mungkinkah ada cara untuk mendapatkan katering pernikahan yang terjangkau dan tidak akan membuat kantong jebol?

Ladies, salah satu tradisi yang masih dipegang dan tidak mungkin dihilangkan dalam pernikahan di Asia adalah makan bersama dengan seluruh kerabat, teman, tetangga hingga para kenalan. Hal ini yang menjadikan para pasangan dengan kewarganegaraan yang berbeda (barat terutama) akan menjadikannya masalah besar. Makin banyak yang diundang, maka makin meriah acara yang berlangsung dan tentunya makin besar anggaran yang harus dipersiapkan.

Kamu harus pahami bahwa jika anggaran yang kamu dan pasanganmu tetapkan terlalu besar, biaya-biaya keperluan lainnya akan terlantar. Salah satu kiat pasti untuk mengontrol biaya katering pernikahan adalah dengan menetapkan konsep pernikahan yang akan kamu adakan terlebih dahulu. Disini, konsep elegan lebih membantu untuk menyiasati biaya katering pernikahan yang harus kamu keluarkan.

Jika kamu membaca berbagai situs yang membicarakan cara menghitung katering pernikahan, mereka akan memberikan sebuah rumus dimana jumlah undangan dikalikan dua (1 undangan x 2 orang). Rumus ini tidaklah salah, karena itu berarti yang mengontrol besar atau kecil anggaran konsumsi dan mencari harga katering pernikahan yang sesuai adalah perkiraan jumlah tamu yang akan hadir dari 1 undangan adalah 2 orang.

Tetapi, rumus ini tentunya memiliki kelemahan atau tidak berlaku jika hasil dari 1 undangan lebih dari 2 orang. Melihat adat dan tradisi orang Indonesia sendiri dimana 1 undangan mampu mengundang 1 keluarga, ada kemungkinan besar dimana kamu akan berakhir dengan menu-menu tertentu yang tidak tersentuh atau bahkan kekurangan, terutama jika kamu memakai sistem prasmanan.

Tips Mendapatkan Harga Katering Pernikahan yang Bersahabat

wm_article_img

Lalu, apa rumus yang tepat untuk mendapatkan harga katering pernikahan yang benar jika menyelenggarakan pernikahan berkonsep elegan? Ada dua faktor yang menjadi kunci untuk mengontrol berapa biaya katering yang akan kamu dan pasanganmu tetapkan dan keluarkan, yaitu menetapkan jumlah tamu yang akan hadir dan mengeliminasi sistem prasmanan dan menggantikannya dengan sistem full-serving.

  • Mengalternasi Sistem Prasmanan

Mendapatkan harga katering pernikahan yang ideal dari penetapan jumlah tamu akan sangat membantu, terutama jika kamu menyediakan kursi dan meja untuk menghitung berapa banyak tamu undangan yang harus hadir. Hal ini bisa dibantu dengan menetapkan siapa yang benar-benar hadir pada nama kartu undangan dan sistem RSVP dimana bisa bernegosiasi dengan tamu secara langsung. Ingat, standing party dan prasmanan akan mengundang ledakan tamu undangan dan derita tak bertepi untuk bagian dapur. Tidak apa-apa jika mengundang sedikit dan RSVP, tidak perlu merasa tidak enak hati pada mereka yang tidak kamu undang seperti misalkan satpam perumahan kamu atau kenalan salon langgananmu, toh, kamu dan pasanganmu masih harus mengurus banyak hal untuk kelancaran seluruh acara pada pernikahan kalian.

  • Mengadakan Sistem Full-Serving

Sistem full-serving atau dilayani akan sangat membantu untuk mengontrol biaya konsumsi. Harga katering pernikahan tidak akan tinggi jika menu yang dihidangkan sudah memiliki 3 jenis panganan, mulai dari makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup. Lebih lagi, pada tiap meja sudah disediakan segelas air mineral yang akan terlebih dahulu membantu mengenyangkan. Sistem ini masih dilangsungkan pada pernikahan-pernikahan di luar ibukota, dimana para tamu undangan akan dijamu dengan makanan dan minuman pada saat yang bersamaan, sehingga jarang sekali ada yang tidak kebagian salah satu menu. Jika ada tamu yang datang terlambat dan acara makan-makan sudah selesai, biasanya tamu tersebut hanya dilayani dengan menu utama saja, karena makanan pembuka disesuaikan pada jumlah tamu yang sudah hadir saat akan disajikan, sedangkan untuk makanan penutup biasanya terdapat stall atau meja-meja yang menyiapkannya secara terpisah untuk dinikmati berkali-kali sambil para tamu berbincang satu sama lain.

  • Menyiasati Stall dan Prasmanan

Jika kamu merasa terbebani oleh biaya konsumsi, harga katering pernikahan bisa kamu siasati dengan tidak menyediakan terlalu banyak stall atau pondok-pondok kecil makanan dan meniadakan prasmanan. Dengan begitu, biaya untuk dekorasi pernikahan konsep elegan bisa dimaksimalkan bahkan tanpa meja dan kursi untuk para tamu undangan. Makin banyak jenis makanan atau menu yang ingin kamu sediakan, maka akan semakin tinggi biayanya, terutama jika makanan kecil atau jajanan pasar juga kamu sediakan.

Pilih menu-menu yang memang ingin kamu makan pada acara-acara besar semacam pernikahan jika kamu berlaku seperti seorang tamu undangan. Di antara semur daging sapi, bakso dan sup ayam, mana yang akan kamu lebih inginkan? Yang sudah pasti perlu kamu catat saat memilih menu adalah mengurangi jumlah nasi putih, jika kamu menyediakan makanan di pondok atau stall. Mereka akan mendatangi stall terlebih dahulu daripada prasmanan karena merasa bahwa makanan di pondok-pondok yang kamu sediakan lebih beragam dan tidak terlalu berat. Lagipula, kalau pun mereka memilih makanan berat, mie dan sup akan lebih laku daripada nasi.

Jumlah makanan pada setiap pondok tidak harus menghitung bahwa setiap kepala akan makan 2 atau lebih, ladies. Justru lebih baik jika disesuaikan saja jumlahnya dengan jumlah tamu undangan yang akan hadir. Jika makanan pada pondokan itu habis, maka para tamu akan sendirinya bergeser pada pondokan yang lain sehingga setiap pondokan akan mendapatkan jumlah massa yang sama. Kamu hanya perlu memastikan bahwa untuk jenis makanan penutup harus diperbanyak karena biasanya dessert selalu menjadi scene stealer diberbagai acara apa pun.

Menyiasati biaya konsumsi yang dikeluarkan tidaklah sesulit itu. Harga katering pernikahan pada agen-agen penyelenggara (akan sangat membantu jika kamu memiliki koneksi berupa restoran langganan) tidaklah setinggi yang kamu bayangkan jika kamu menentukan konsep pernikahan yang tepat.

Konsep pernikahan elegan tidak harus memiliki menu yang elite, bisa saja kamu membuat kontras menarik dimana perpaduan atau fusion antara makanan barat dan Asia. Hal ini akan membuat acara ramah tamah akan berjalan lebih lancar karena para tamu menemukan menu-menu familiar yang membuat mereka tidak kaget atau enggan mencoba.

Pernikahan adalah momen yang sangat sakral dan penting dalam perjalanan hidup. Menyesuaikan anggaran dengan harga katering pernikahan memang memusingkan, tapi asalkan kamu tidak sampai kekurangan, maka acara akan berjalan dengan lancar. Ingat, menyesuaikan bukan berarti penghematan besar-besaran sampai-sampai tidak semua tamu undangan kebagian.

Pastikan konsep pesta pernikahan elegan yang kamu adakan tidak perlu mengorbankan satu pun bagian dalam perencanaan acara kamu seperti pilihan gedung atau pun guest band. Makanan merupakan bagian krusial selain dekorasi. Tamu pulang dengan perut kenyang dan senyum lebar merupakan satu-satunya bukti bahwa pesta pernikahan kamu dan pasanganmu akan dikenang sepanjang waktu.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...