Pilih Kategori Artikel

Aneka Jajanan Pasar: Pilihan Dalam Catering Pernikahan. Kenapa Tidak?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pada umumnya, jajanan pasar sering dijumpai dan diperjual belikan di pasar tradisional. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, jajanan pasar kini menjadi populer, bahkan kini tersedia jajanan pasar dalam catering pernikahan.

Kini, jajanan pasar bisa kamu dijumpai dan diperjual belikan di supermarket, mall-mall, bahkan di hotel tidak malu-malu menyajikan jajanan pasar di acara-acara tertentu seperti acara pesta pernikahan.

Jajanan pasar memang memiliki cita rasa tersendiri, serta keunikan bentuk tekstur dan rasa membuat jajanan pasar ini semakin disukai oleh para penggemarnya. Sehingga sebagian besar yang ingin menggelar pesta pernikahan, tak ada salahnya untuk menyajikan menu jajanan pasar di pesta pernikahanmu.

Nah, inilah beberapa jajanan pasar catering pernikahan yang bisa kamu sajikan di pesta pernikahanmu. Apa sajakah itu? Simak baik-baik, ya.

1. Klepon

Jajanan pasar catering pernikahan ini merupakan jajanan pasar yang memiliki ciri khas berwarna hijau berbentuk bulat-bulat kecil. Di dalamnya berisi gula merah dan ditaburi dengan parutan kelapa.

Gula merah yang terdapat di dalam klepon ini mampu memberikan rasa yang mengejutkan dengan sensasi rasa manisnya gula. Jajanan pasar ini mirip dengan onde-onde. Tentunya sebagian besar orang tidak asing dengan bentuknya yang bulat dan di dalamnya berisi kacang hijau dan wijen di luarnya.

2. Lemper

Inilah jajanan pasar catering pernikahan kedua yang bisa kamu sajikan nanti. Lemper ini dikemas menggunakan daun pisang, sehingga cita rasa jajanan pasar lemper memiliki kekhasan tersendiri.

Lemper merupakan jajanan pasar yang terbuat dari bahan ketan dan didalamnya berisi abon atau daging yang dicincang-cincang.

Lemper sering dijadikan sebagai menu favorit dalam snack box di antara kue-kue tradisional lainnya. Prose pembuatan lemper mencakup persiapan mencincang daging ayam dan menanak ketan seperti menanak nasi (bisa ditambah dengan santan).

Dalam variasi pembuatan lemper ini sekarang sudah berubah terutama yang dikomersilkan yaitu setelah ketan masak dan diisi dengan cincangan daging ayam. Besar ukurannya bisa disesuaikan dengan ukuran yang ditentukan.

Setelah itu kemudian digulung dengan pembungkus plastik rangkap dua bersilangan. Terakhir, isolasi dengan isolasi transparan tanpa melalui proses pengukusan dan langsung dijual. Hal ini dilakukan untuk menghemat waktu dan biaya.

Lemper ternyata memilih variasi yang beragam. Ada yang menggunakan pelapis krep (crepe) terbuat dari tepung, bumbu dan telur kemudian digoreng dikenal sebagai semar mendem. Biasanya, sebagian besar orang mengenal arem-arem yang menggunakan nasi alih-alih ketan.

3. Gethuk

Gethuk merupakan jajanan pasar catering pernikahan yang terbuat dari singkong atau ketela pohon. Gethuk adalah makanan ringan yang bisa dengan mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Umumnya, gethuk ini memiliki rasa manis dan gurih yang khas. Adapula gethuk ini memiliki tekstur yang cukup lembut dengan tampilan yang menarik hati.

Gethuk yang terbuat dari singkong memiliki makna kesederhanaan. Jajanan pasar ini sangat berarti untuk kehidupan sehari-hari. Dengan mengajarkan kalian agar senantiasa mensyukuri apa yang masih kita punya.

Jajanan pasar ini juga mengajarkan kalian semua untuk senantiasa berinovasi dengan berbagai hal sederhana di sekitar kita agar menjadikannya sesuatu yang lebih bermanfaat, menarik dan disukai.

Seiring dengan perkembangan zaman, olahan dan bentuk gethuk pun sudah bervariasi. Salah satu gethuk yang paling populer dengan penampilan dan rasa yang lezat adalah gethuk Lindri. Tentunya, gethuk Lindri ini sudah sngat familiar, kan?

4. Kue Dadar Gulung

Siapa yang tidak tahu dengan jajanan pasar yang satu ini? Kue Dadar Gulung ini kerap kali dijadikan sebagai salah pilihan menu sajian di pesta pernikahan.

Dadar gulung merupakan salah satu makanan tradisional indonesia yang berasal dari pulau Jawa. Dadar gulung sendiri dibuat dari tepung beras dan pandan yang di  gulung sehingga membentuk lembaran tipis berwarna hijau, kemudian digulung dan diisi dengan parutan kelapa manis (parutan kelapa yang dicampur dengan gula).

Menurut jenis kue modern, kue dadar gulung ini sendiri termasuk dalam kategori pancake sehingga bisa dadar gulung sendiri bisa diartikan sebagai "roll pancake".

5. Nagasari

Jajanan pasar catering pernikahan yang satu ini sering kali ditemukan dalam acara apapun, terutama pesta pernikahan. Dalam proses pembuatannya pun seperti pada umumnya. Tepung beras dan santan merupakah salah satu bahan utama untuk membuat nagasari.

Isian pisang dan penggunaan daun pisang sebagai bungkusnya pun membuat sebagian orang yang melihat akan sangat tergoda. Sensasi rasa manis dan gurih tepung yang dikeluarkan, maka dijamin membuat kamu bakal ketagihan, lho.

Itulah ulasan mengenai jajann pasar catering pernikahan yang siap untuk kamu sajikan di pesta pernikahanmu. Kamu menyukai beberapa jajanan pasar di atas, kan?

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...