Pilih Kategori Artikel

Ingin Memilih Kebaya Pengantin Brokat? Yuk, Kenali Dulu Jenis-Jenisnya!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Kebaya pengantin brokat merupakan salah satu jenis kebaya pengantin yang paling sering digunakan. Seperti yang diketahui, pemilihan bahan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam memilih kebaya untuk pernikahan. Dalam proses pemilihan bahan, biasanya calon pengantin akan dihadapkan pada banyaknya jenis ragam dan pilihan bahan, mulai dari brokat, satin, batik dan kain jenis lainnya. Bahan brokat sendiri merupakan salah satu jenis yang paling umum digunakan dalam pembuatan kebaya pengantin.

Bahan brokat sendiri mudah dikenali dari bentuknya yang khas. Jika kamu memutuskan untuk menjahit kebaya pengantin, maka proses pencarian dan pemilihan bahan akan cukup menyita waktu dan perhatian. Bahan brokat sendiri sudah sangat banyak dijual di butik atau toko-toko kain. Dalam proses pemilihan kebaya pengantin brokat, bahan brokat yang digunakan haruslah nyaman digunakan dan tentunya cocok untuk si pemakainya. Aspek yang harus diperhatikan antara lain adalah kenyamanan bahan brokat, warna dan juga motifnya. Nah, untuk memastikan agar tidak salah memilih, ada baiknya perhatikan informasi mengenai jenis-jenis kain brokat berikut ini:

  1. Brokat Perancis

Bahan brokat Perancis atau yang lebih dikenal dengan nama French Lace adalah jenis kain brokat yang terkenal memiliki kualitas yang paling baik diantara jenis brokat lainnya. Jika ingin mencari jenis brokat yang paling nyaman digunakan, mungkin brokat Perancis adalah jawabannya. Alasan utama bahan ini sangat nyaman adalah karena memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga tidak akan menimbulkan rasa panas dan gatal bagi pemakainya. Jika kamu cenderung memiliki kulit sensitif, ada baiknya pilihlah bahan ini sebagai bahan utama pembuatan kebaya pengantin brokatmu.

Karena kenyamanan yang ditawarkan dan kualitasnya yang baik, tentunya harga kain brokat ini terkenal paling mahal dibandingkan jenis lainnya. Kebaya pengantin yang terbuat dari brokat jenis ini juga sangat cantik digunakan, terutama jika dibuat membentuk pas badan.

  1. Brokat Semi Perancis

Jenis brokat yang satu ini memiliki tekstur yang mirip dengan brokat Perancis, hanya saja lebih kaku. Oleh sebab itu, brokat jenis ini biasanya disebut tiruan atau brokat Perancis KW. Meski begitu, banyak perancang kebaya pengantin yang memilih menggunakan brokat jenis ini sebagai alternatif pengganti brokat Perancis. Alasannya adalah, teksturnya yang lebih kaku membuatnya lebih mudah untuk dijahit dan dibentuk. Selain itu, harganya cenderung lebih murah dibandingkan dengan brokat Perancis. Ada baiknya, dalam memilih bahan kamu bisa mencobanya terlebih dahulu sehingga memiliki gambaran apakah bahan seperti ini cocok untuk jenis kulit dan ukuran tubuhmu. Perhatikan juga desain kebaya pengantin brokat yang akan digunakan. Ada beberapa model yang lebih baik menggunakan bahan brokat yang lemas, tapi ada juga model yang lebih bagus menggunakan bahan yang lebih kaku.

  1. Brokat Prada

Jenis brokat ini biasanya paling sering direkomendasikan oleh banyak perancang busana karena teksturnya yang sangat mudah dibentuk menjadi berbagai model dan jenis. Bahan brokat ini cenderung cocok dibentuk dengan potongan apa saja. Kebaya pengantin brokat dengan jenis ini sangat cantik dan elegan untuk digunakan dan biasanya dikenal sangat nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama. Ciri khas kebaya pengantin brokat prada adalah teksturnya yang berupa motif timbul halus dan tidak kasar. Untuk harganya, kebaya pengantin brokat prada cenderung bervariasi, tergantung dari kualitas dan ketersediaan di pasaran. Semakin tinggi kualitas dan semakin langka jenis bahan, maka tentunya harga akan semakin tinggi.

  1. Brokat Jepang

Bagi para penggelut dunia tekstil dan perancang busana biasanya mengenal jenis brokat Jepang ini sebagai opsi lain dari brokat semi Perancis. Kain jenis ini cenderung memiliki tekstur yang lembut meski sintetisnya lebih terlihat dan terasa. Motif yang dimiliki oleh brokat jenis ini juga sudah sangat beragam. Meski bersaing dengan brokat semi Perancis, preferensi dan selera tetap bergantung pada masing-masing calon pengantin dalam menentukan bahan mana yang lebih cocok sebagai bahan kebaya pengantin brokat mereka.

  1. Brokat Itali

Jenis kain brokat Itali umumnya sangat mudah dikenali karena perbedaan yang cukup kontras dengan jenis brokat lainnya. Jika memilih kain brokat Itali, maka kamu tidak perlu lagi memusingkan tambahan bordir dan payet yang harus digunakan, karena bahan ini sudah dilengkapi dengan brokat dan payet. Kamu bisa memilih apakah menginginkan kain yang bordir dan payet yang ramai atau yang sederhana. Harga kain brokat Itali inipun dipengaruhi oleh tingkat kerapatan dan kepadatan bordir dan payet yang terpasang. Yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya pilihlah kain brokat Itali dengan bordir dan payet yang terpasang kuat sehingga tidak mudah lepas saat digunakan.

  1. Brokat Biasa

Jenis brokat biasa adalah jenis yang paling banyak dicari oleh banyak calon pengantin saat berkunjung ke toko bahan. Alasan paling mendasar adalah jenis kain ini adalah yang paling murah diantara jenis kain brokat biasa. Karena itulah, pemilihan jenis kain brokat biasa ini akhirnya dipakai sebagai bahan kebaya untuk sanak saudara atau kebaya untuk bridesmaid. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika jenis brokat ini tetap digunakan sebagai bahan kebaya pengantin karena bergantung pada selera dan keinginan tiap-tiap calon pengantin. Pastikan kamu memilih motif dan warna yang sesuai denganmu, sehingga kamu tetap terlihat cantik dan elegan.

Apapun jenis bahan yang digunakan sebagai bahan kebaya pengantin brokat yang diinginkan tidaklah menjadi masalah selama tetap cantik dan nyaman digunakan. Yang terpenting, diskusikanlah jenis bahan brokat mana yang paling sesuai dan cocok untukmu dengan para ahlinya, seperti perancang busana atau pemilik butik untuk menghindari salah pemilihan jenis bahan. Kesalahan pemilihan bahan kebaya pengantin brokat bisa menjadi fatal karena akan sangat mengganggu dan tidak nyaman saat digunakan dan merusak mood di hari bahagiamu.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...