Pilih Kategori Artikel

Pelajari Konsep Pernikahan Sebelum Melakukan Perencanaan Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Konsep pernikahan adalah sebuah rancangan yang dibuat untuk mempermudah para calon mempelai dalam melakukan persiapan pernikahan. Sebuah pesta pernikahan, harus dimulai dengan sebuah konsep yang jelas. Tanpa adanya konsep, kamu akan kesulitan dalam melakukan persiapan pernikahan karena bingung harus mengerjakan yang mana lebih dulu dan yang mana yang belakangan.

Seperti apa konsep pernikahan itu? Bagaimana cara membuatnya? Tidak heran kalau kamu masih buta tentang hal ini, namanya juga masih baru akan menikah!  That’s why, di sini, kami akan membantu kamu menyusun bagan konsep pernikahan. Yuk, disimak!

Bagan Konsep Pernikahan Berdasarkan Tema

wm_article_img

Tentunya, saat memutuskan untuk mengadakan pesta pernikahan, kamu harus punya tema pernikahan. Tema untuk pernikahan ini terbagi menjadi 3 jenis: tradisional, modern, dan semitradisional.

  1. Tema Pernikahan Tradisional

Acara pernikahan yang menggunakan tema tradisional punya konsep pernikahan yang terpusat pada salah 1 adat. Tema pernikahan tradisional ini biasanya selalu digunakan oleh calon mempelai yang memang punya latar belakang budaya yang kuat dan kental, seperti Sunda, Batak, Betawi, India, Arab, Bali, dan beberapa lainnya. Ada hal-hal yang wajib kamu perhatikan saat memilih menggunakan konsep pernikahan tradisional ini.

  • Libatkan keluarga besar dalam panitia penyelenggaraan acara.
  • Libatkan orang yang dituakan dalam keluargamu dalam menyusun konsep acara
  • Buatlah daftar acara adat yang kamu akan gunakan secara lengkap dan detail (misalnya, midodareni, mapacik, dan lainnya), tuliskan juga biaya-biaya yang dibutuhkan untuk setiap acara
  • Carilah wedding planner atau wedding organizer yang benar-benar memahami budaya yang akan kamu angkat dalam acaramu
  • Carilah MUA yang mengerti betul tentang pakem-pakem yang ada dalam budaya yang jadi konsep pernikahanmu
  • Pastikan pakaian pengantin yang kamu dan pasangan gunakan sudah sesuai dengan ketentuan dari adat dan budaya tersebut
  • Usahakan suvenir dan undangan yang digunakan sesuai dengan konsep pernikahan adat yang kamu pakai
  • Pastikan pembawa acara yang kamu pilih mengerti betul tentang adat yang jadi tema pernikahanmu

Jika kamu sudah matang memilih konsep pernikahan adat, kamu harus benar-benar mendiskusikan segalanya dengan orang tua dan keluargamu. Mereka tentunya lebih mengerti segala sesuatu tentang budaya tersebut daripada kamu yang masih muda, bukan? Jika tidak didiskusikan, khawatirnya akan terjadi kesalahpahaman. Apalagi untuk adat-adat yang keras, bisa-bisa jadi masalah kalau kamu salah menerapkannya.

  1. Tema Pernikahan Modern

Acara pernikahan yang menggunakan tema modern ini biasanya punya konsep pernikahan yang lebih luas dan tidak ada unsur budayanya, seperti pernikahan ala putri negeri dongeng, pernikahan rustic dengan unsur alam, pernikahan dengan tema serial televisi atau buku favorit, pernikahan dengan tema warna, dan yang lainnya. Konsep pernikahan modern juga bisa kamu buat sendiri berdasarkan impian dan anganmu!

Jika kamu memilih untuk membuat konsep pernikahan modern, kamu harus pastikan dulu seperti apa konsep yang kamu inginkan. Baiknya, kamu punya contoh-contohnya untuk ditunjukan pada vendor-vendormu. Dengan adanya contoh dan penjelasan yang jelas, vendormu jadi bisa benar-benar memahami konsep seperti apa yang kamu inginkan. Nah, untuk mewujudkan pernikahan modern impianmu, perhatikan hal-hal beriku ini!

  • Diskusikan model pesta seperti apa yang kamu inginkan dengan pasangan dan keluargamu
  • Jika keluargamu terlibat dalam panitia acara, pastikan mereka benar-benar mengerti kemauanmu seperti apa
  • Gunakan jasa wedding planner atau wedding organizer
  • Bersama dengan WO atau WP, diskusikan konsep pernikahan impianmu dan minta bantuan mereka untuk membuat list kebutuhan berdasarkan skala prioritas
  • Pastikan vendor dekorasimu benar-benar mengerti kemauanmu, dekorasi jadi titik utamanya loh!
  • Pastikan kamu mendapat gaun pengantin yang sesuai dengan konsepmu
  • Usahakan undangan dan suvenir juga senada dengan tema pernikahan pilihanmu
  • Jika perlu, sesuaikan makanan yang disajikan di pestamu dengan konsep pernikahan impianmu
  • Jika punya budget, buatlah kue pernikahan yang benar-benar menunjukan inti dari tema pernikahanmu. Misalnya kamu mengambil tema Dsney Princess, sediakan kue pernikahan berbentuk kerajaan atau kastil di acara pernikahanmu!
  • Jika perlu, mintalah tamu undanganmu untuk menggunakan dresscode ke acara pernikahanmu
  • Pastikan kamu punya seseorang yang mengerti betul mengenai konsep pernikahan yang kamu inginkan tersebut, sehingga kamu bisa mengajak berdiskusi.

Saat memilih menggunakan konsep pernikahan modern, kamu harus pastikan orang-orang yang terlibat dalam perencanaan dan persiapan pernikahanmu mengerti betul konsep seperti apa yang kamu inginkan. Jangan sampai mereka salah paham! Karena itulah baiknya kamu berikan gambar-gambar sebagai contoh. Hal tersebut dapat meminimalkan kemungkinan terjadi kesalahpahaman.

Pada konsep pernikahan modern, kamu juga bisa merencanakan pernikahan-pernikahan unik seperti melangsungkan akad nikah di atas delman, menyelenggarakan resepsi pernikahan tanpa menggunakan gaun, menjadikan area pesta pernikahan bazar makanan gratis, dan lainnya!

  1. Tema Pernikahan Semitradisional

Acara pernikahan yang menggunakan tema semitradisional ini adalah pernikahan dengan konsep yang menggabungkan antara konsep modern dan tradisional yang dimodifikasi. Konsep pernikahan semitradisional ini memasukan unsur budaya, tetapi membuatnya lebih modern. Para mempelai yang memilih konsep ini biasanya punya latar belakang budaya yang kuat, tetapi tidak ingin menyelenggarakan acara yang bertele-tele dan ribet. Jadilah mereka menyatukan antara konsep tradisional dan modern. Contoh-contoh modifikasi yang biasanya dilakukan pada pernikahan semitradisional adalah:

  • Prosesi pernikahan adat tidak dilakukan semuanya, hanya dipilih yang perlu saja
  • Pakaian pengantin seringnya sesuai dengan adat, tetapi ada juga yang membuatnya lebih modern
  • Pelaminan biasanya dirancang sesuai dengan adat
  • Dekorasi pernikahan dimodifikasikan antara adat dan modern

Saat melakukan modifikasi konsep pernikahan adat, pastikan kamu sudah diskusikan dengan keluarga dan orang-orang yang mengerti betul tentang adatmu. Jangan sampai nantinya malah ada yang protes karena ada hal-hal yang menurut mereka harus dilakukan, tetapi tidak dilakukan. Atau, jangan sampai kamu membuat modifikasi yang malah dianggap mempermalukan budayamu.

Bagan Konsep Pernikahan Berdasarkan Tempat

wm_article_img

Mengadakan pesta pernikahan, tentu butuh tempat. Tempat pernikahan harus jadi hal yang kamu pertimbangkan matang-matang dari jauh-jauh hari. Tempat untuk acara pernikahan ini terbagi menjadi 2: indoor and outdoor.

  1. Indoor

Acara pernikahan yang dilangsungkan indoor adalah acara pernikahan yang lokasinya berada di dalam ruangan, seperti di gedung pernikahan, hotel, tempat ibadah, rumah, atau gedung serbaguna.

  • Pernikahan di gedung

Gedung, adalah tempat paling favorit untuk melangsungkan pesta pernikahan. Kamu pasti sudah sering melihat gedung-gedung yang memang disewakan khusus untuk menggelar acara-acara, seperti pernikahan. Di gedung, biasanya sudah ada ketentuan khusus, misalnya posisi pelaminannya dimana, posisi pengisi acaranya dimana, meja catering dan lainnya juga biasanya sudah ada spot khususnya. Selain itu, saat menyelenggarakan pesta pernikahan di gedung, kamu tidak perlu lagi menyewa tenda, kursi, sound system, dan kebutuhan pernikahan umum lainnya, karena biasanya sudah disediakan di sana. Kamu juga tidak perlu lagi menyiapkan orang-orang yang bertanggung jawab untuk kebersihan, keamanan, dan parkir. Juga, kamu tidak perlu repot-repot membersihkan gedung saat selesai acara. Semuanya sudah ada yang mengurus. Mengadakan acara pernikahan di gedung memang lebih praktis daripada di rumah atau hotel.

Namun, ada juga hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih melangsungkan pesta pernikahan di gedung. Pertama, tanyakan pada pihak pengurus gedung, dengan biaya yang kamu bayarkan fasilitas apa saja yang kamu dapatkan dan yang tidak kamu dapatkan. Kedua,  tanyakan apakah ada biaya tambahan yang perlu kamu bayarkan jika pada waktu yang ditentukan, acara belum selesai. Jika ada biaya tambahan, tanyakan berapa jumlahnya.  Ketiga, pastikan gedung tersebut punya 2 toilet dan pastikan ada yang menjaga kebersihan toilet. Kalau perlu, berikan tip pada orang yang bertanggung jawab agar mereka selalu menjaga kebersihan toilet tersebut. Keempat, pastikan gedung punya mushola dan ruang make up. Kelima, tanyakan berapa uang muka yang harus kamu bayarkan dan kapan kamu harus melunasinya. Jangan sampai kamu lalai akan hal-hal tersebut saat memilih konsep pernikahan di gedung ya.

  • Pernikahan di rumah

Orang-orang biasanya memilih melangsungkan pesta pernikahan di rumah karena biayanya relatif lebih murah daripada menyelenggarakan pernikahan di gedung atau hotel. Namun, melangsungkan pernikahan di rumah pun butuh banyak pertimbangan karena rumah ya rumah, tempat tinggal. Itu artinya kamu harus menyulap rumahmu sehingga jadi memadai untuk jadi tempat pesta. Kamu perlu sewa tenda, kursi, dan lain-lainnya. Yang membuat biaya pernikahan di rumah lebih hemat adalah (1) dekorasinya tidak semegah di gedung, (2) bisa memasak sendiri atau menyewa juru masak dan tidak perlu pakai vendor catering, (3) tidak harus membayar sewa tempat atau gedung, dan (4) tidak ada batas waktu.

Namun, ada juga hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih konsep pernikahan indoor di rumah. Pertama, pastikan rumah tempat akan diadakan pesta tidak berada di pinggir jalan, ini akan menyebabkan macet dan bising. Kedua, pastikan kamu menyediakan tempat parkir yang cukup. Ketiga, pastikan rumahmu tidak sulit dijangkau dan ditemui. Keempat, sediakan tempat khusus untuk menyimpan makanan pesta. Kelima, sewa jasa orang untuk mengatur parkir dan keamanan, juga kebersihan. Keenam, perhatikan sirkulasi udara. Jangan sampai tamu-tamu undangan kepanasan berada di dalam lokasi pesta. Ketujuh, siapkan kamar khusus untuk menyimpan segala barang berharga, kunci dan jangan biarkan orang lain masuk. Jangan lupa perhatikan hal-hal tersebut saat memilih melangsungkan pernikahan di rumah ya, terutama tentang kamar khusus untuk menyimpan barang berharga! Jika lalai, bisa-bisa ada barang-barang yang hilang loh.

  • Pernikahan di gelanggang olahraga

Satu alasan kenapa orang memilih melangsungkan pernikahan di gelanggang olahraga adalah karena tempat ini sangat luas dan bisa menampung sangat banyak orang! Juga, walaupun tempatnya luas, harga sewanya relatif lebih murah daripada gedung atau hotel. Jika kamu berencana mengundang ribuan orang saat acara pernikahanmu, ide bagus sekali untuk memilih lokasi pernikahan di sini. Namun, ada juga hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih gelanggang olahraga jadi lokasi pernikahanmu, seperti: (1) gelanggang olahraga biasanya punya langit-langit yang sangat tinggi, jika menurutmu langit-langit tersebut tidak enak dipandang dan merusak konsep pernikahanmu, coba tutupi dengan tenda atau diskusikan dengan vendor dekorasimu, (2) beri petunjuk arah, dimana lokasi toilet, mushola, dan yang lainnya, (3) gelanggang olahraga baisanya punya banyak pintu keluar, jika dirasa kurang aman, pastikan pintu yang dipakai keluar dan masuk hanya 2 saja, yang lainnya dikunci, dan (4) pastikan kamu memaksimalkan konsep pernikahanmu karena lokasi pernikahanmu sangat besar! Itu dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ya! Pay attention, terutama pada petunjuk jalan dan pintu-pintu ya!

  • Pernikahan di tempat ibadah

Tidak jarang acara akad nikah atau pemberkatan diadakan di tempat ibadah, seperti masjid atau gereja. Karena tempat ibadah adalah tempat yang sakral dan bukan tempat untuk berpesta, ada hal-hal yang wajib kamu perhatikan saat memilih konsep pernikahan di tempat ibadah, seperti: (1) hindari hiburan-hiburan yang tidak sesuai, misalnya menyewa band untuk acara akad nikah di masjid, (2) perhatikan kebersihan tempat ibadah, jika ada batas suci, pastikan tamu-tamu undanganmu tidak melanggar batas tersebut, (3) tanyakan pada pengurus tempat ibadah hal-hal apa yang perlu kamu perhatikan lainnya. Tempat ibadah itu tempat suci, jangan sampai kamu membuat pesta yang menyalahi aturan tempat ibadah tersebut ya.

  1. Outdoor

Acara pernikahan yang diselenggarakan outdoor adalah acara pernikahan yang berlangsung di luar ruangan, seperti taman, pantai, kebun, halaman rumah, kolam renang, halaman rumah, atau lapangan. Banyak hal yang perlu diperhatikan saat memilih konsep pernikahan outdoor dan yang utama adalah perkiraan cuaca. Sedia payung sebelum hujan. Kamu perlu antisipasi akan datangnya hujan atau angin ribut. Kedua hal tersebut bisa mengacaukan pesta pernikahanmu!

  • Pernikahan di taman

Orang-orang yang memilih mengadakan pesta pernikahan di taman biasanya punya konsep pernikahan rustic. Taman yang banyak rumput dan pepohonan tentunya mendukung dekorasi untuk pernikahan bernuansa alam, bukan? Hal tersebut juga dapat meminimalisir biaya untuk dekorasi. Selain itu, taman biasanya lokasinya mudah dijangkau. Ini akan sangat mempermudah tamu undangan. Namun, ada juga kekurangan taman sebagai lokasi pernikahan, seperti akses toilet dan besarnya peluang masuknya tamu-tamu tidak diundang.

  • Pernikahan di kebun

Pernikahan di kebun ini maksudnya bukan mengadakan pernikahan di kebun-kebun ya, tetapi melangsungkan pernikahan dengan tema pesta kebun. Dekorasi untuk pesta kebun tentunya harus terlihat ceria, santai, dan bernuansa piknik. Pesta kebun biasanya tidak membutuhkan banyak kursi, karena para tamu bisa memilih spot sendiri untuk mengobrol atau menikmati hidangan pesta. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat menyelenggarakan pesta kebun adalah (1) pastikan konsep pernikahan pesta kebunnya terealisasikan dengan baik, (2) perhatikan lokasi toilet dan tempat ibadah, dan (3) jangan melangsungkan acara di malam hari.

  • Pernikahan di kolam renang

Pasangan-pasangan yang memilih menggelar pesta pernikahan di area kolam renang biasanya mereka yang punya jiwa romantis. Biasanya konsep pernikahan di kolam renang dibuat elegan dan modern, juga dilaksanakan di malam hari. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih kolam renang jadi lokasi pesta pernikahan adalah (1) jangan mengundang banyak tamu, karena daya tampung lokasinya baisanya minim dan konsep pernikahanmu akan jadi kurang oke jika terlalu banyak orang, (2) jangan memilih tema pernikahan yang rumit dan berat, pilihlah tema yang romantis, cute, manis, atau unik, dan (3) pastikan kamu mengoptimalkan fungsi ruang tertutup atau aula yang biasanya ada di sekitar kolam renang.

  • Pernikahan di pantai

Berbeda dengan konsep pernikahan di kolam renang yang membangun kesan romantis dan mewah, pesta pernikahan yang dilangsungkan di pantai punya kesan bebas dan santai. Pada pesta pernikahan di pantai, kamu tidak perlu membuat dekorasi yang mewah dan ramai, karena ciri khas pesta pantai adalah sederhana dan santai. Selain itu, para tamu juga dapat menikmati indahnya pemandangan alam sambil menikmati hidangan yang kamu sediakan. Pesta pantai ini pasti tidak terlupakan! Walaupun begitu, ada juga hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam menggelar pernikahan di pantai, (1) siapkan sarana toilet dan tempat ibadah, (2) jangan gunakan dekorasi yang berat-berat, (3) sediakan tempat berteduh, jangan sampai tamu-tamu protes karena kepanasan, (4) sediakan kursi yang cukup, (5) jangan melangsungkan pesta di malam hari, di saat laut pasang, dan (5) pikirkan mengenai jarak tempuh para tamu undangan untuk sampai ke lokasi acaramu.

Di antara seluruh hal yang harus diperhatikan dalam menyelenggarakan pesta pernikahan outdoor, hal utama yang harus kamu perhatikan adalah soal cuaca. Jangan sampai menyelenggarakan pernikahan di musim hujan. Dan, walaupun tidak musim hujan, kamu harus selalu antisipasi bila tiba-tiba turun hujan atau ada angin kencang. Kemudian, masalah toilet dan tempat ibadah juga jangan sampai terlupakan ya!

Bagan Konsep Pernikahan Berdasarkan Anggaran

wm_article_img

Dalam menyelenggarakan pesta pernikahan, anggaran jadi penentu segalanya. Acara yang kamu adakan tentulah harus sesuai dengan anggaran yang kamu punya. Konsep pernikahan berdasarkan anggaran ini dibagi jadi 3: sederhana, standar, dan mewah.

1. Konsep pernikahan sederhana

Tidak hanya ingin menghemat biaya pernikahan, ada berbagai alasan orang memilih menyelenggarakan pernikahan secara sederhana, misalnya karena ada pekerjaan atau urusan yang tidak dapat ditunda, sedikitnya waktu persiapan pernikahan, keluarga kedua calon mempelai tinggal di kota yang berjauhan, dan masalah kesehatan.

Pada konsep pernikahan sederhana biasanya para mempelai hanya melakukan akad nikah atau pemberkatan saja dengan pesta kecil-kecilan (atau bahkan tidak pakai pesta) dan hanya mengundang kerabat atau orang-orang terdekat saja. Biaya yang dikeluarkan untuk konsep pernikahan sederhana tentunya jauh lebih hemat dari konsep pernikahan lainnya.

2. Konsep pernikahan standar

Mengapa diberi nama “konsep standar?” Karena konsep pernikahan inilah yang paling sering dipilih oleh masyarakat. Mengadakan akad nikah disusul dengan pesta resepsi. Jumlah undangannya pun rata-rata 500 sampai 1000 undangan saja.

Namanya boleh saja “konsep standar,” tetapi kamu bisa membuat pesta pernikahanmu jadi tidak standar dan berkesan. Bagaimana caranya? Buatlah tema dan konsep yang kuat dan unik!

3. Konsep pernikahan mewah

Pesta pernikahan mewah ini biasanya memang diselenggarakan oleh orang-orang yang punya kedudukan tinggi. Pesta mewah biasanya dilangsungkan di lokasi yang luas, tetapi bergengsi dan mewah. Tamu undangannya pun ribuan orang. Wedding organizer dan segala vendornya benar-benar dipilih yang sebagus mungkin, tidak peduli berapa harganya. Biasanya pesta pernikahan mewah ini dihadiri oleh orang-orang penting, sehingga penting untuk mengoptimalkan masalah keamanannya.

Itu dia konsep pernikahan berdasarkan tema, lokasi, dan budget pernikahan yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan menggelar pesta pernikahan. Baca dengan teliti untuk kelancaran acara pernikahanmu nanti ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...