Seperti Apa Kriteria Vendor Catering Pernikahan yang Berkualitas?

26 Mar 2020 | By Wedding Market | 9
Seperti Apa Kriteria Vendor Catering Pernikahan yang Berkualitas
Foto: Umma

Pada dasarnya, memilih kriteria vendor catering pernikahan termasuk salah satu hal yang krusial. Pasalnya, jika kamu dan pasangan hanya fokus pada harga yang ditawarkan oleh pihak vendor. Belum tentu kualitas lain seperti rasa, higienitas, ataupun kondisi makanan akan sesuai dengan ekspektasi kamu.

Dalam hal memilih vendor catering pernikahan, kamu dan pasangan perlu memikirkan secara matang. Jangan sampai munculnya rasa malu terhadap tamu undangan yang hadir dikarenakan  ketersediaan menu hidangan yang mengecewakan.

Jadi, kamu bingung memilih vendor catering pernikahan mana yang paling baik? Tenang saja, ladies. sebelum menentukan vendor catering pernikahan mana yang akan kamu pilih nanti untuk hari pernikahanmu.

Kamu dan pasangan harus lebih dulu mengenai seperti apa kriteria vendor catering pernikahan yang berkualitas. Disaranakan agar kamu tidak salah dalam memilih. Kalau kamu mengalami sebuah kesalahan ketika memilih vendor catering pernikahan di hari pernikahanmu. Bisa-bisa membuat acara pesta pernikahan yang kamu gelar itu berubah menjadi berantakan.

Inilah 7 kriteria vendor catering pernikahan yang berkualitas. Sangat direkomendasi untuk kamu yang sedang mencari vendor untuk menyajikan beberapa hidangan menu makanan pada para tamu undangan di pestamu.


Kriteria 1: Masakannya melahirkan rasa enak dan lezat

Kriteria vendor catering pernikahan yang pertama yaitu masakannya mampu melahirkan rasa yang enak dan lezat. Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk memastikan hal tersebut dengan cara mencicipi rasa masakannya.

Jika lidah kamu sedang berdecap dan mampu menikmati kelezatannya, maka masukkan vendor tersebut ke dalam daftar pilihanmu. Tetapi, kalau ternyata rasa masakannya kurang enak, abaikan saja secara baik-baik. Kalau lidah kamu saja tidak cocok, bagaimana dengan respon lidah dari para tamu undangan? Kemungkinan besar pun sama ya, ladies.

Kamu bisa melakukan survey dengan cara mendatangi berbagai macam acara yang bisa kamu hadiri. Misalnya, ketika kamu menghadiri kondangan di resepsi pernikahan kerabat dan ternyata hidangannya lezat. Kamu pun bisa minta kartu nama mengenai vendor catering tersebut. Namun, bisa juga kamu datangi test food yang dibuka secara umum pada vendor tertentu.

Bisa juga kamu memesan catering pada tempat makanan langganan yang biasa kamu kunjungi. Biasanya, restoran, rumah makan juga melayani pesanan untuk acara pesta pernikahan, lho. ini merupakan salah satu cara yang paling direkomendasikan.

Disebabkan rasa masakan yang diciptakan oleh sebuah restoran atau tempat makan pun relatif lebih stabil, tidak berubah-ubah. Soalnya, menu hidangan yang dimasak oleh koki pada tiap hari bekerja memasak dengan menu makanan yang sama.

Kriteria 2: Sudah banyak direkomendasikan orang-orang

Vendor catering pernikahan yang sudah direkomendasikan oleh banyak orang. Biasanya, sudah memenuhi kriteria vendor catering pernikahan yang berkualitas. Rasa menu makanan yang diciptakan pun enak dan lezat, harga yang ditawarkan pun murah, serta pelayanannya memuaskan serta profesional.

Caranya, yaitu kamu perlu menanyakan pada pelanggan atau orang-orang yang pernah pesan di sana. Atau bisa juga dengan cari informasi usaha vendor catering yang bersangkutan di sosial media atau di internet.

Caranya, dengan kamu mengetik nama vendor catering pernikahan tersebut dan nama kota di mana catering tersebut berada di pencarian. Atau bisa juga kamu sertai kata memuaskan atau mengecewakan. Salah satu contohnya, seperti  “Apakah vendor catering pernikahan Q memuaskan atau tidak?” atau bisa saja pertanyaan lainnya yang menjerumus ke situ, ya.

Dari hasil pencarian tersebut, kamu bisa melihat beberapa review dari pelanggan. Apakah hasil review-nya banyak yang merasa puas atau malah sebaliknya, kecewa berat. Yap, walaupun kamu menerapkan dengan cara yang ini tidak bisa menjamin 100% untuk mengukur kualitas vendor catering pernikahan tersebut benar-benar bagus. Setidaknya itu bisa kamu jadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam memilih vendor catering pernikahan yang berkualitas.

Kriteria 3: Sudah memiliki nama dan berpengalaman

Biasanya, usaha yang sudah lama berdiri dan terkenal justru memiliki kualitas vendor catering pernikahan yang cukup memadai. Eits, bukan berarti usaha catering yang baru merintis seumur jagung pun tidak berkualitas, lho. ternyata banyak juga pendatang baru di dunia bisnis catering pernikahan yang sudah dikelola secara profesional. Tentunya, tidak kalah mengenai mutu masakan serta pelayanan prima yang diterapkan.

Beda halnya dari segi pengalaman, setidaknya vendor tersebut sudah tidak diragukan lagi ketika sedang menerima pesanan dari sang pelanggan. Sehingga, kalau kamu terjadi sedikit masalah, mereka akan cepat tanggap untuk mengendalikan keadaan.

Seperti misalnya, ketika  tamu undangan yang hadir di acara pesta pernikahan tenyata melebihi perkiraan. Tentunya, kamu sebagai tuan rumah pasti panik mendadak dan langsung memesan menu hidangan kembali.

Kalau sang vendor catering pernikahan pemula mungkin akan bingung untuk menghadapi situasi seperti ini. Kan masak itu butuh proses, tak mungkin sekejap semua menu hidangan pun siap disajikan.

Namun sangat berbeda jika sang vendor sudah berpengalaman, itu bisa diatur. Dengan memanfaatkan relasi bisnisnya, mereka akan cepat memenuhi permintaan dadakan. Dengal hal tersebut, akan memberikan rasa yang tenang dan nyaman pada dirimu dan pasangan.

Kriteria 4: Pelayanan yang cukup baik dan memuaskan

Inilah kriteria vendor catering pernikahan yang sangat penting. Sebuah pelayanan yang memuaskan itu harus memenuhi 4 syarat utama. Yaitu kecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyamanan. 4 hal inilah yang diharapkan setiap pasangan calon pengantin terhadap vendor tersebut.

Inilah cara gampang yang bisa kamu coba untuk menilai apakah pelayanan dari vendor tersebut baik atau tidak, kamu pun bisa mengetesnya sejak awal. Cobalah untuk mendatangi ke kantornya, atau hubungi melalui telepon atau whatsApp. Kemudian pura-pura jadi calon pelanggan yang super cerewet, seperti apa respon yang kamu terima.

Jadi, bagi para pengelola vendor catering pernikahan, harus memiliki sifat yang sabar dan ramah. Jangan mudah terpancing emosi dengan calon konsumen yang cerewet, menanyakan hal yang sudah dijelaskan secara berulang-ulang atau hal menjengkelkan lain.

Kriteria 5: Berani memberi garansi dan kompensasi

Kriteria vendor catering pernikahan yang berkualitas itu berani untuk memberikan garansi dan kompensasi jika tidak sesuai perjanjikan. Seperti misalnya, sisa pembayaran tidak perlu dibayar jika ternyata menu hidangan makanan yang dikirim tidak tepat waktu.

Jaminan uang kembali jika ternyata jenis masakan yang dikirim tidak sesuai pesanan. Serta menanggung biaya pengobatan jika masakannya menyebabkan keracunan pada tamu undangan.

Kalau vendor tersebut berani memberi jaminan seperti ini layak untuk diperhitungkan sebagai pilihan utamamu. Sang vendor pasti akan berusaha menyajikan menu yang terbaik. Sebab kalau tidak, mereka akan mengalami kerugian untuk membayar kompensasi atas keteledorannya.

Kalaupun ternyata hal buruk itu terjadi, mereka juga akan berpikir 1000 kali untuk mengingkari.

Kriteria 6: Memiliki banyak variasi menu hidangan masakan

Variasi menu hidangan yang disediakan akan memberikan pelanggan mempunyai banyak pilihan sesuai dengan selera. Ada pula beberapa kategori yang bisa kamu pilih.

Beberapa vendor catering pernikahan yang besar di Jakarta, Surabaya, Bandung, biasanya mempunyai menu hidangan andalan tersendiri.

Tapi, mereka juga akan menyediakan menu catering yang khas dari berbagai daerah atau negara secara lengkap. Ini untuk mengakomodasi keinginan semua orang dari berbagai golongan. Sehingga, mereka bisa menyelundup pangsa pasar yang lebih luas.

Kriteria 7: Menggunakan bahan berkualitas sesuai standart kesehatan

Kriteria vendor catering pernikahan yang berkualitas, pastinya akan memasak dengan bahan makanan yang memenuhi standart kesehatan. Mulai dari beras, sayur, daging, telur, ikan dan bumbu untuk meracik hidangan yang mengedepankan aspek gizi dan kualitas.

Peralatan masak yang digunakan seperti kompor, wajan, dandang, piring, sendok harus terbuat dari bahan yang tidak mudah terkontaminasi dengan makanan. Jadi, hidangan yang dihasilkan pun benar-benar higienis dan terjaga kebersihannya.

Nah, itu beberapa ulasan mengenai kriteria vendor catering pernikahan yang berkualitas. Ketujuh kriteria tersebut bisa kamu jadikan sebagai salah satu tolak ukur dalam memilih vendor yang memiliki kualitas bagus.

Namun, ini akan berdampak pada mutu yang berpengaruh terhadap harga. Pastinya, kamu sebagai calon pengantin, ingin mendapatkan harga murah tapi bermutu tinggi, kan?

Semoga info dan tips yang sudah dijabarkan dalam artikel ini bermanfaat. Dapat memberikan solusi untuk kamu sebagai calon pelanggan dalam memilih dan menentukan vendor catering pernikahan yang bagus. Apakah kamu bingung mencari vendor catering? Yuk cari di Wedding Market, klik disini ya!


Artikel Terkait