Pilih Kategori Artikel

Kue Pernikahan dari Jajanan Tradisional, Kue Unik Khusus untuk Kamu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Kehadiran kue pernikahan menjadi pelengkap dalam pesta pernikahan. Kue ini merupakan simbol sebuah kehidupan baru yang akan ditempuh mempelai berdua. Lambang tingkatan kehidupan yang lebih tinggi serta harapan kesuburan mempelai berdua agar segera memperoleh keturunan. Wajar saja kehadirannya selalu dinantikan dan dipersiapkan dengan sangat matang beriringan dengan doa-doa dan harapan yang menyertainya. Tapi, bagaimana jadinya kalau kamu membuat kue pernikahan dari jajanan tradisional?

Tradisi pernikahan yang menggunakan kue ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Budaya yang bermula di Benua Eropa ini, kini sudah menjadi tradisi yang tak terlupa juga di Indonesia. Kue pernikahan sendiri pada dasarnya terbuat dari kue tart seperti yang kamu sering jumpai di pesta ulang tahun juga, dear. Tapi bentuknya tentu saja berbeda. Kue pernikahan seringkali memiliki desain yang lebih elegan. Ditambah dengan hiasan patung di atasnya. Kuepun umumnya bertingkat sebanyak 3 susun. Namun, ada juga yang susunannya ditambah menjadi lebih tinggi. Ada makna tersendiri di setiap ketinggiannya.

Desain kue pernikahan  biasanya satu tema dengan pesta pernikahan. Warna-warna yang dipilih juga senada dengan dekorasi gedung dan gaun sang mempelai. Penampilannya yang menawan, membuat sang kue sayang untuk dipotong.  

Kali ini, kami akan memberikan referensi untuk kamu yang sedang mempersiapkan pesta pernikahannya. Kue pernikahan yang unik dari jajanan tradisional. Cocok untuk kamu yang bosan dengan kue tart. Terlebih lagi jika kamu menyukai jajanan tradisional. Beberapa jajanan tradisional yang bisa kamu jadikan kue pernikahan ada di bawah ini.

1. Kue putu

wm_article_img

Jajanan tradisional yang satu ini lebih sering kita jumpai berkeliling kerumah-rumah dengan suara uapnya yang khas. Kue putu berbentuk tabung terbuat dari tepung beras dan berisi gula merah. Biasanya warna kue ini yaitu hijau dan putih. Kue ini cukup kuat untuk dibentuk bersusun. Agar lebih kuat, disarankan mengurangi jumlah gula merah yang diberikan sebagai isian. Pasalnya, gula merah yang meleleh bisa membuat bagian isi menjadi agak berongga. Aktris kenamaan Indonesia, Dian Sastrowardoyo juga menghadirkan kue putu dalam pesta pernikahannya, lho. Jadi, nggak perlu ragu untuk memilih kue yang satu ini.

2. Klepon

wm_article_img

Klepon ini masih satu keluarga dengan kue putu. Nama jajanan klepon ini mulanya berasal dari Jawa. Di pulau lain seperti Sumatra, klepon ini lebih sering disebut sebagai onde-onde. Terbuat dari tepung beras berisi gula merah, klepon dibentuk bulat-bulat kemudian direbus. Setelah direbus klepon dibalurkan dengan parutan kelapa. Umumnya klepon berwarna hijau atau putih. Isian klepon juga bisa kamu ganti dengan yang lain, seperti selai nanas, coklat dan keju. Namun, jika ingin tetap mempertahankan ciri khas kue tradisional tersebut, kamu tak perlu mengganti isiannya. Bentuknya bulat nan imut ini bisa disusun menjadi kue pernikahan. Dengan sedikit hiasan, tampilan kue ini akan semakin cantik.

3. Getuk lindri

Getuk merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari singkong yang dihaluskan. Rasanya manis dan legit ketika digigit. Jajanan ini mungkin sering kamu jumpai di pasar. Bentuknya seperti ular yang melingkar-lingkar kemudian dibentuk dengan ukuran yang cukup untuk prosi sekali makan. Tak perlu risau dengan warna getuk yang cenderung kuning pucat itu. Kamu bisa ubah warnanya sesuai dengan warna yang kamu sukai. Dengan menggunakan pewarna makanan tentunya. Tekstur getuk lindri yang padat, membuatnya cocok untuk disusun membentuk kue pernikahan. Kamu juga bisa menambahkan hiasan di kue getuk lindri tersebut. 


4. Kue mangkok

Kue mangkok ini memiliki bentuk yang mirip dengan roti kukus namun bahan pembuatnya berbeda. Terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan tapai singkong, kue mangkok dikukus hingga matang. Kue yang mekar dan merekah seperti bunga, cocok dijadikan pajangan dan susunan dalam kue pernikahan. Ada banyak warna yang tersedia dari kue mangkok ini di antaranya yaitu merah, hijau, putih dan coklat. Kue mangkok bisa disusun secara melingkar. Sebaiknya, kue mangkok tidak ditumpuk karena rekahan bunganya akan membuat kue mangkok tidak kuat jika harus ditumpuk.

5. Kue cubit

Kue lain yang bisa dijadikan kue pernikahan yaitu kue cubit. Kue ini sempat viral beberapa waktu yang lalu dengan berbagai kreasinya yang unik. Jajanan ini biasanya muncul di depan sekolahan. Kue unik dengan bahan utama susu dan tepung terigu ini memang memiliki banyak penggemar. Seperti namanya, kue ini dicubit untuk mengeluarkannya dari cetakan. Kue cubit bisa menjadi alternatif jajanan tradisional dengan kreasi baru. Kamu bisa mencoba varian rasa vanila, greentea, dan coklat untuk kue pernikahanmu. Warna yang dihasilkan juga bisa kamu sesuaikan dengan tema pernikahanmu. Tambahkan sedikit hiasan dengan taburan meses, choco chip, kismis dan gula halus di berbagai sisi dan kue ini siap menghiasi pesta pernikahanmu.

Itu tadi beberapa jajanan tradisional yang bisa kamu kreasikan sebagai kue pernikahan. Kebosanan terhadap kue tart yang biasa, bisa kamu atasi dengan kreasi kue ini. Apabila kamu menyukai beberapa jenis kue, kamu juga bisa menggabungkan beberapa jenis jajanan tradisional dalam satu kue. Yang paling penting, sesuaikan warnanya dengan tema, dekorasi, dan gaun pernikahanmu. Sentuhan hiasan yang kamu berikan dalam kue ini juga harus cukup. Tidak boleh kekurangan dan tidak boleh berlebihan. Kemampuan kreatifitasmu akan diuji dalam membuat konsep pernikahanmu ini, dear.

Tekstur dari jajanan tadisional memang tidak sekuat kue tart atau semacamnya. Apabila kamu ingin membuat beberapa tingkatan dengan menggunakan kue-kue tradisional ini, kamu bisa menyiapkan tempat kue yang memang sudah bertingkat-tingkat. Dengan begitu, risiko ambruknya kue dari jajanan tradisional ini dapat diminimalisir. Seusai prosesi potong kue, kamu bisa memberikan beberapa bagian dari kue jajanan tradisional ini kepada orang tersayang. Bisa kepada mempelai berdua, orang tua serta anggota keluarga yang lain. Usai prosesi tersebut, kue ini juga bisa dihidangkan untuk pada tamu yang hadir. 

Jika kamu suka membuat jajanan tradisional sendiri, kamu juga bisa mempraktekkannya dalam pembuatan kue ini. Tentunya kue ini akan terasa lebih spesial di acara spesialmu ini. Sudah siap mencoba kue pernikahan dari jajanan tradisional ini? Masukkan ke wish list kamu, dear.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...