Pilih Kategori Artikel

7 Macam Seserahan Pernikahan Yang Biasa Berikan Untuk Calon Pengantin
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pada acara pernikahan atau lamaran, biasanya calon mempelai pria memberikan seserahan untuk acara pernikahan. Apakah kamu sudah tahu apa itu seserahan pernikahan dan apa saja macam-macam seserahan untuk calon pengantin?

Seserahan pernikahan ini adalah pemberian dari pihak pengantin pria kepada pihak pengantin wanita sebagai bentuk suatu penghormatan. Pemberian seserahan sendiri bukan hanya sekedar ungkapan cinta tetapi bisa dibilang sebagai simbol keseriusan mempelai pria untuk bertanggung jawab dan setia pada calon mempelainya.

Begitu banyak wujud barang untuk bisa diberikan sebagai hantaran pernikahan. Adapun isi dan bentuknya bisa tergantuk banyak faktor seperti adat istiadat, Kemampuan pihak pria, dan mempertibangkan permintaan pengantin wanita. Memberikan seserahan pernikahan yang bagus dan menarik juga bisa menjadi simbol keseriusan kamu. Untuk itu, berikut ini macam-macam seserahan pernikahan yang mungkin cocok untuk di berikan kepada calon pasanganmu.

  1. Seperangkat alat sholat

Bagi calon mempelai muslim, seperangkat alat sholat merupakan seserahan yang bisanya wajib diberikan. Isi dari seserahan indi antara lain, mukena, sajadah, tasbih dan Al-Quran. Seserahan ini memiliki makna yang besar yaitu kedua belah mempelai harus menegakan tiang agama salah satunya adalah sholat. Seserahan semacam ini juga dapat menjadi pengingat mempelai kepada sang pencipta.

  1. Perhiasan

Perhiasan merupakan salah satu barang yang wajib diberikan kepada calon mempelai wanita. Perhiasan ini bisa berupa cincin, kalung, liontin, anting, atau gelang yang akan diberikan mempelai pria kepada calon mempelai wanita. Untuk besaran dari perhiasan yang akan diberikan ini biasanya tergantung dengan kemampuan mempelai pria. Perhiasan ini biasanya haruslah berkilau dan bersinar agar sang mempelai wanita terlihat cantik dan selalu berkilau di sepanjang kehidupanya kelak.

  1. Satu set busana wanita

Bagi adat daerah tertentu, memberikan satu set busana pakaian merupakan sesuatu yang bisa dilakukan. Salah satu contohnya adalah adat jawa. Biasanya busana putri adat jawa adalah busana kebaya dan bahan kain jarik dengan berbagai motif batik. Tidak hanya pakaian daerah banyak juga yang meberikan seserahan seperti baju kerja, baju pesta, hingga pakaian dalam wanita.

  1. Peralatan make-up

Peralatan make-up bisa menjadi pilihan untuk dibawa sebagai seserahan. Dengan memberikan peratan make-up ini diartikan bahwa pengantin pria bersedia menyediakan perawatan tubuh bagi calon istrinya. Biasanya selain peralatan make-up mencangkup juga barang-barang yang bisa membantu merawat tubuh seperti sabun, shampoo, body scryp, body lotion, dan barang yang bisa mempercantik calon mempelai wanita.

  1. Buah-buahan

Buah- buahan biasanya menjadi barang yang dibawa untuk menjadi barang seserahan. Mungkin bagi kebanyakan orang berpikir bahwa buah-buahan hanya menjadi pelengkap saja. Tetapi buah-buahan menjadi seserahan yang bisa menjadi simbol agar kedua pasangan yang menikah kelak bisa berbuah berkah bagi keluarga mereka nantinya. Biasanya buah yang disiapkan adalah, anggur, apel, pisang, jeruk dan buah lainya.

  1. Satu set cincin

Memberikan cincin kepada calon mempelai wanita merupakan hal yang wajib dilakukan. Kamu harus membeli satu pasang cincin. Satu untuk mempelai pria dan satunya lagi bagi mempelai wanita. pemakain cincin di kedua belah pihak pengantin memberikan arti agar ikatan hubungan cinta terus abadi. biasanya bahan cincin terbuat dari emas, monel, kuningan, berlian atau bahan lainya yang berharga.

  1. Makanan Tradisional

Makanan biasanya di jadikan pilihan untuk dibawa ke acara seserahan. Contihnya adalah adat betawi yang memberikan roti buaya sebagi seserahan kepada pihak wanita. Makanan tradisional ini dipilih karena memiliki arti tersendiri.

Nah, itu merupakan macam-macam seserahan pernikahan yang bisa kamu pertimbangkan untuk kamu berikan kepada calon mempelai wanitamu kelak. Selain itu menetapkan niat dan secara ikhlas menjalani rumah tangga bisa menjadi salah satu hal yang kamu lakukan agar pernikahanmu kelak menjadi bahagia dan berkah.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...