Apasih Perbedaan Makeup tradisional dengan Internasional? Simak Yuk!

February 13, 2020 | By Wedding Market | 29


Apasih Perbedaan Makeup tradisional dengan Internasional
Foto: Bennu Sorumba

Mencari makeup dalam pernikahan tentunya merupakan salah satu yang penting, dalam hal penting tersebut makeup dibagi kembali menjadi makeup tradisional dan makeup internasional. Pernikahan hanya dilakukan sekali dalam seumur hidup bagi setiap pasangan yang sudah siap dengan pilihannya untuk menempuh hidup bersama tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Sudah dari jauh-jauh hari pasti calon pengantin wanita sudah mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan acara pernikahannya nanti yaitu berupa gaun pengantin. Eits, bukan hanya gaun saja, makeup juga termasuk dalam elemen penting bagi calon pengantin wanita agar nampak terlihat cantik yang tak seperti pada hari-hari biasanya. Pengaplikasian riasan yang tepat itu akan terlihat sang pengantin seperti ratu pada hari itu.

Pada zaman modern yang sudah berkembang ini, tren makeup datang silih berganti sesuai dengan musimnya, hanya saja yang perlu kamu tahu bahwa tradisional makeup kini di buru oleh calon pengantin.

Jika kamu sedang mencari-cari inspirasi makeup yang akan dipilih nanti pada hari pernikahanmu, tidak usah bingung karena kami mempunyai beberapa tips dan trik yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk menentukan seperti apa jenis makeup yang akan kamu pilih, lho!

Penggunaan Warna Nude


Saat ini, warna nude dijadikan sebagai salah satu warna yang sedang digandrungi oleh para makeup pengantin.

Nah, Untuk kamu yang masih ragu-ragu dalam menentukan seperti apa nuansa riasan untuk pernikahan, maka palet nude merupakan pilihan yang sangat aman. Bahkan, ada sebuah istilah, “You can never go wrong with nude.” Yang perlu kamu ketahui bahwa aksen nude dapat memberikan kesan modern serta dapat memancarkan kecantikan sang pengantin terlihat lebih natural.

Pada tradisional makeup, dalam pemakaian lipstik berwarna nude akan memberikan kesan modern dan kamu nampak terlihat segar. Namun, bagi calon pengantin yang tidak ingin nampak ekstra tradisional, kamu bisa juga memilih pemulas bibir bernada hangat seperti kelir coklat atau earth tone. Nah, ada solusinya, kan?

Demikian hal nya dalam permainan riasan mata pada pengantin tradisional. Jika kamu ingin ‘menaklukkan’ kesan tradisional yang nampak terlalu tegas, kamu bisa memberikan olesan eyeshadow berpalet natural yang dijadikan sebuah pilihan, namun dengan catatan yaitu tidak meninggalkan pakem-pakem dalam tata rias adat. Dan juga ternyata warna bold juga masih digemari untuk riasan tradisional, lho!. Dalam pemilihan lipstik berwarna merah dan eye shadow blok yang menyesuaikan dengan warna busana pengantin yang kamu kenakan itu ternyata masih menjadi tren saat ini.

Agar kamu saat menggunakan eye shadow sesuai warna busana dan juga tidak terlihat berlebihan, kamu bisa mengombinasikan eye shadow tersebut dengan warna putih atau beige yang dapat memberikan aksen gradasi yang lebih lembut untuk dipandang. Praktis, kan?

Seharusnya, warna terang diaplikasikan pada bagian dalam kelopak mata kamu, sedangkan warna tergelap diaplikasikan pada sudut terluar mata untuk dapat memberikan kontur tegas pada mata. Jangan lupa untuk kamu bubuhkan highlight pada bagian sudut dalam agar mata terlihat lebih ‘terbuka’.

Sementara itu, makeup pengantin gaya internasional juga cenderung lebih mudah dan fleksibel untuk diaplikasikan. Kebanyakan calon pengantin saat ini ingin terlihat senatural mungkin dengan riasannya untuk mengimbangi gaun pengantin modern yang mereka pakai.

Satu hal yang dapat dijadikan sebagai acuan adalah warna kulit. Memiliki kulit terang lebih baik menggunakan palet dingin untuk riasan dan juga sebaliknya dan kamu yang memiliki kulit gelap disarankan untuk memakai palet warna hangat. Adapun, kulit kuning lebih netral dan bisa memakai palet apapun.

Tren Modifikasi

Secara terpisah, tren makeup pengantin tradisional saat ini lebih didominasi oleh gaya yang sudah dimodifikasikan. Sekarang, di Indonesia sudah lebih banyak wanita muslim yang berkerudung, maka dari itu yang sedang sangat berkembang saat ini ialah makeup pengantin tradisional muslim modifikasi.

Tren ini menjadikan pemakaian kerudung bukan sebagai kendala untuk tampil dengan tema tradisional pada hari pernikahan. nyatanya, wanita berkerudung pada era sekarang ini bisa tetap menggunakan gaya tradisional seperti paes Solo atau paes Jogja. Dalam pemilihan tema makeup pengantin tradisional, dominan permintaan yang paling banyak adalah paes Jogja. Dapat memberikan sentuhan modern pada paes, salah satu triknya ialah berupa membuka pakem alis bercabang atau yang lebih dikenal dengan menjangan ranggah.

Warna lipstik yang digunakan dalam makeup tradisional pengantin saat ini juga tidak selalu didominasi dengan penggunaan warna merah. Dengan kamu memilih pilihan warna pink yang lembut dengan menonjolkan riasan mata adalah yang paling diminati saat ini para kaum wanita.

Teruntuk makeup internasional pengantin, bahwa inspirasi gaya yang banyak digandrungi berupa a la Eropa yang terlihat lebih simpel. Saat ini, semakin banyak calon pengantin yang memilih gaun internasional yang mengandung potongan minimalis. Karena kebanyakan dari kaum wanita sekarang tidak mau ribet namun masih bisa untuk terlihat cantik nan elegan. Betul, kan girls?

Beriringan dengan tren itu, makeup pengantin internasional pun mulai bergeser ke arah makeup yang ringan tetapi tetap sempurna (flawless). Makeup yang sangat netral itu dapat dipadu padankan dengan gaya rambut yang dibuat sedemikian rupa simpel, seperti messy bun, yang terlihat elegan namun tetap natural. Tren yang seperti itu menggunakan tiara berbahan logam sepertinya sudah mulai ditinggalkan. Namun, sekarang sudah beralih hiasan kepala yang untuk makeup pengantin internasional ini berupa bunga segar yang disematkan di antara tatanan rambut atau dibentuk menyerupai mahkota.

Ada pula, gaya yang lebih digemari untuk makeup internasional adalah glowing complexion makeup, yaitu dengan membuat wajah pengantin terlihat segar melalui aplikasi alas bedak dengan hasil akhir terlihat berkilau layaknya satin. “Riasan mata dan bibir soft paling banyak diminati.”

Girls, memang diantara makeup tradisional dan makeup internasional tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Memang kalau tradisional memiliki kesan yang medok karena sesuai dengan konsep pernikahan adat yang dipilih di mana dalam menggelar sebuah acara pesta pernikahan butuh waktu yang cukup lama karena banyak sekali susunan acara. Makanya makeup dibuat sebegitu tebal agar tahan lama.

Jadi seperti yang sudah dipaparkan di atas mengenai apasih perbedaan makeup tradisional dengan makeup internasional. Banyak sekali yang perlu kamu ketahui terkait keduanya agar kamu bisa memilih diantara keduanya untuk kamu kenakan nanti pada saat hari bahagiamu. Memang tentang hal ini sangat sensitif, karena pasti setiap calon pengantin wanita ingin terlihat cantik di hadapan para tamu undangan. Ada satu hal yang harus kamu pahami ialah makeup yang akan kamu pilih harus sesuai tema dan konsep pernikahan kamu nanti, ya.


Artikel Terkait