Pilih Kategori Artikel

Pilihan Makeup Tradisional Dayak, Menawan ala Wanita Daerah
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Orang asli Kalimantan pasti sudah tidak asing dengan tampilan makeup tradisional Dayak ketika menghadiri berbagai acara. Salah satu gelaran acara yang kental dengan riasan tradisional khas Dayak adalah hari pernikahan. Kedua mempelai menggunakan pakaian hingga riasan khas suku Dayak.

Kekayaan suku bangsa di Indonesia berdampak pada banyak hal, diantaranya pakaian adat, tradisi dalam bermasyarakat, dan banyak hal lainnya. Dalam satu pulau saja kita bisa menemukan banyak sekali keberagaman suku bangsa. Tidak heran jika Indonesia menjadi negara kaya akan keberagaman.

Dayak memiliki makna pedalaman, tidak aneh jika orang-oran Dayak identik dengan kesan orang-orang yang jauh dari peradaban. Namun, istilah tersebut agaknya tidak pakem menjadikan tolak ukur orang-orang Dayak tidak maju. Banyak orang kalimantan yang sukses di segala Bidang.

Berbagga diri sebagai orang kalimantan membuat look makeup tradisional Dayak digunakan saat menggelar hari pernikahan. Dayak merupakan kekayaan yang dimiliki Indonesia, dimana dulunya asal-usul suku ini mengadaptasi tradisi dan kebiasaan orang-orang di Mongolia yang ke kalimantan.

Riasan Wajah khas Dayak

Setiap daerah lekat dengan kekayaan budaya, termasuk dari segi tata rias pengantin atau hal lainnya. Hal sama yang menjadi bentuk kekayaan adalah pulasan makeup tradisional Dayak asal Kalimantan. Ketika memandang pengantin wanita, kamu akan memperhatikan titik-titik putih di bawah mata.

Lebih tepatnya titik putih ini memenuhi tulang pipi setiap wanita Dayak. Tidak ada cara khusus jika kamu ingin menerapkannya di hari bahagia. Kamu bisa menggunakan foundation yang memanfaatkan alat bantu kuas dengan posisi lekatan foundation yang sesuai dengan ketentuan adat.

Pada perempuan Dayak akan dipakaikan anting bernuansa bulu-bulu untuk menambah kesan cantik yang elegan dan berkelas ala sukunya. Bentuk anting seperti ini sepertinya menjadi mode dalam berdandan di era modern. Tidak sedikit perempuan menyukai mengenakan anting bernuansa bulu.

Yang menjadi khas dari makeup tradisional Dayak lainnya adalah pulasan lipstik berwarna terang atau berwarna kalem. Pemilihan warna lipstik ini harus mempertimbangkan banyak hal, bisa karena warna kulit, warna pakaian, konsep keseluruhan makeup, dan masih banyak lagi pertimbangan lainnya.

Cantik ala Wanita Dayak

wm_article_img

Meskipun memiliki makna pedalaman, namun suku Dayak terkenal memiliki banyak perempuan menawan di tanahnya. Hal tersebut sama sekali bukan berhubungan dengan hal magis atau berbagai spekulasi aneh lain. Ada pembuktian ilmiah kenapa wanita dayak bisa tampil menawan setiap saat.

Wajah perempuan Dayak tidak membutuhkan usaha lebih banyak saat diterapkan makeup tradisional Dayak. Pasalnya kulit yang mulus alami merupakan bukti nyata dari penggunaan beras sebagai perawatan diri tradisional. Orang Dayak menyebutkannya sebagai pupur, beras tumbuk di wajah.

Semua orang agaknya sepakat bahwa definisi cantik pada diri perempuan bukan hanya menyoal wajah yang menawan. Lebih dari itu, sikap santun juga menjadi nilai tambah seseorang dikatakan cantik. Suku Dayak menganggap sopan santun adalah sesuatu yang sakral di dalam kehidupan.

Orang Dayak percaya bahwa bersikap tidak baik terhadap orang tua akan dikenai bala atau malapetaka. Istilah yang terkenal kita ketahui di masa sekarang ini adalah ketulah. Hal ini yang menjadi alasan suku Dayak berpegang teguh pada prinsip kesopanan dalam menjalani kehidupan.

Busana Pernikahan Suku Dayak

Kalimantan memiliki suku bangsa bernama Dayak Ngaju. Suku ini memiliki kekayaan pakaian, mulai dari pakaian adat dan pakaian pernikahan. Yang unik, konon pakaian pernikahan Dayak dulunya sangat sederhana. Kian kemari, tampilan pakaian pernikahan menjadi semakin beragam tanpa mengurangi makna.

Bukan hanya menyoal pakaian adat untuk wanita, pakaian pria juga mengalami banyak perkembangan. Hal ini membuat makeup tradisional Dayak yang dipulaskan akan lebih tampil maksimal karena dukungan baju yang juga maksimal. Terutama tentunya di hari pernikahan.

Kini mempelai wanita dan pria bisa tampil menawan dengan pemilihan busana berwarna merah terang. Hiasan dari kepala hingga kaki akan semakin menegaskan tampilan diri sebagai anak suku Dayak ke khalayak ramai. Nantinya berbagai tradisi di hari pernikahan akan dilalui kedua mempelai pengantin. 

Pulasan makeup tradisional Dayak juga didukung dengan adanya hiasan di kepala yang berbeda dengan adat istiadat lain. Sementara itu penggunaan Melati menjuntai di satu sisi dan tidak terdapat mahkota di kepala mempelai wanita. Modifikasi tampilan pengantin Dayak sudah banyak bisa dilihat saat ini. 

Baju Adat Dayak

Mempelai pria tidak kalah menjadi pusat perhatian di hari pernikahan dengan polesan makeup tradisional  yang menawan. Mulai dari kostum pernikahan, mempelai pria Dayak lekat dengan baju kustim dan berbagai aksesoris lainnya. Terdapat topi berbulu atau setorong pada kepala mempelai pria. Selesai mengenakan baju tradisional tersebut, baik mempelai pria maupun wanita akan sama-sama menggunakan baju adat sakai khas Dayak. Berbagai hal yang lekat pada mempelai wanita adalah kebaya, tapeh badong, batik, sanggul dan berbagai riasannya. Semua sarat akan makna tentang kehidupan. 

Pakem terhadap kebiasaan berbusana khas di hari pernikahan tidak begitu kental setelah zaman bergeser semakin modern. Tidak sedikit orang Kalimantan yang menikah dengan tetap mempertahankan suku Dayak, namun dimodifikasi. Baik itu dari segi pakaian atau hiasan lainnya. Cita rasa etnik akan muncul ketika kamu mendatangi acara pernikahan suku Dayak. Kesan menawan bukan hanya karena pemilihan pakaian yang unik, namun juga karena berbagai aksesoris yang dipilih, mulai dari kalung, gelang, dan juga anting. Semuanya seragam menunjukan kekayaan Dayak. 

Makeup tradisional nyatanya masih banyak diminati hingga saat ini, bahkan untuk acara pernikahan yang sakral. Namun, menemukan vendor makeup tradisional bukanlah hal yang mudah. WeddingMarket menyediakan untuk kamu direktori khusus untuk para vendor Tradisional Makeup. Yuk, klik disini

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...