Pilih Kategori Artikel

Sebelum Menentukan Budget Pernikahan, Perhatikan Hal-Hal Ini!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Budget pernikahan adalah hal pertama yang perlu dipikirkan sebelum menentukan tema dan konsep pernikahan. Percuma menentukan tema dan konsep tetapi ujung-ujungnya tidak punya cukup uang untuk merealisasikannya, bukan? Setiap orang punya impiannya masing-masing untuk wedding party-nya, tetapi pada kenyataannya semuanya tergantung pada budget yang ada. Berimpian tentang pesta pernikahan tidak salah, yang penting jangan sampai impian itu jadi membuatmu patah semangat dan kecewa saat tidak dapat terwujud.

Saat memutuskan untuk menikah, kamu dan pasangan harus benar-benar membicarakan soal budget, jangan ada yang ditutup-tutupi. Hal yang disembunyikan atau tidak dibicarakan sebelumnya, bisa jadi masalah nantinya untuk kamu dan pasangan. Nah, sebelum menentukan budget pernikahan kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut ini!

Sebelum menikah, hal pertama yang harus kamu dan pasangan pastikan adalah mengenai utang. Jika kamu punya utang sebelum pernikahan kalian, beri tahu pada pasanganmu. Begitu juga sebaliknya, pasanganmu pun harus memberitahukanmu jika ia masih punya utang. Jangan sampai setelah menikah, ketahuan, dan jadi masalah.

Mungkin kamu atau pasangan tidak berniat menyembunyikannya, tetapi kalian hanya tidak ingat untuk memberi tahu satu sama lain. Karena itulah penting bagi para pasangan yang akan menikah untuk baca artikel ini. Masalah utang itu bukan perkara kecil, perceraian bahkan bisa terjadi karena utang.

Selain utang, jujurlah satu sama lain mengenai pendapatan masing-masing dan kewajiban yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Jangan sampai kamu atau pasanganmu hanya memberitahukan pemasukan yang nilai besar tanpa memberi tahu tanggungan yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Ini juga bisa jadi masalah nantinya!

Ketiga, saling terbuka tentang uang yang masing-masing dapat keluarkan untuk dijadikan budget pernikahan. Beri tahu juga berapa uang yang diberikan orang tua untuk menambah biaya pernikahan.

Keempat, jangan lupa sisihkan dana untuk bulan madu. Dibandingkan menghabiskan budget untuk acara wedding party, bukankah lebih baik digunakan untuk biaya honeymoon? Pesta pernikahan hanya berlangsung 1 hari saja, selesai itu sudah tidak ada lagi yang tersisa. Namun, honeymoon dapat membangun kemesraan dan keintiman kamu dan pasangan untuk kedepannya!

Kelima, perhatikan kalau kamu dan pasangan punya kehidupan setelah pesta pernikahan berlangsung. Jangan habiskan semua uang untuk budget pernikahan, sisihkan uang untuk kehidupan setelah pernikahan.

Setelah 5 hal tersebut sudah kamu dan pasangan lakukan, barulah kalian dapat menentukan perkiraan budget pernikahan.

  • Pastikan dari mana sumber budget pernikahan

Sumber budget pernikahan tentu tidak hanya dari uang pasangan kamu saja. Sumber budget pernikahan juga bisa berasal dari tempat-tempat lain, misalnya uang kamu, sumbangan dari orang tua pasanganmu, sumbangan dari orang tua kamu, atau bahkan tabungan kalian bersama. Sumber budget pernikahan sebetulnya bisa juga berasal dari credit card, Pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau pinjaman dari bank.

Namun, tidak baik jika membuat pesta dari uang utang, bukan? Pesta pernikahan hanya berlangsung sehari saja, dan kamu bersama pasangan masih punya kehidupan setelahnya. Jangan sampai kehidupan kalian jadi tidak nyaman dan tentram hanya karena dikejar-kejar utang!

  • Tentukan konsep dan tema pernikahan

Setelah sudah memiliki perkiraan untuk budget pernikahan, menentukan konsep dan tema pernikahan pun jadi lebih mudah. Kamu dan pasangan tinggal menentukan tema pernikahan berdasarkan apa yang akan kalian jadikan tema pernikahan kalian, apakah tema berdasarkan latar belakang budaya, venue pernikahan, warna, atau musim.

Setelah tema dan konsep ditentukan, catat hal-hal apa saja yang akan ada di acara pernikahan kamu. Jangan lupa cek biaya-biayanya, dari harga sewa gedung hingga vendor pernikahan. Setelah semuanya selesai, kamu jadi bisa benar-benar menentukan budget pernikahan.

  • Tentukan Budget Pernikahan

Setelah kamu sudah tahu pernikahan seperti apa yang akan kamu helat, juga sudah punya perkiraan biaya gedung, vendor dekorasi, gaun pernikahan, catering, dan lain-lainnya, kamu sekarang bisa menentukan budget yang sesungguhnya. Setelah budget ditentukan, barulah kamu pastikan segala-galanya. Pastikan gedung mana yang akan kamu jadikan tempat berlangsungnya acara pernikahanmu.

Jika menggunakan wedding planner, pastikan wedding planner mana yang jadi pilihanmu, jangan lupa pastikan biayanya. Pastikan juga budget kamu cukup untuk membeli, menyewa, atau menjahit wedding dress. Dahulukan hal-hal yang penting lebih dulu. Jika seluruh hal penting sudah ter-cover, barulah beralih ke hal-hal pelengkap. Jika budget pernikahan sudah mepet, coret hal-hal yang tidak perlu dalam daftarmu.

Baca juga: Budget Terbatas? Yuk Intip Tips Membuat Dekorasi Pernikahan Minimalis

Itu dia hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menentukan budget pernikahan. Jangan memaksakan pesta pernikahan yang tidak sesuai dengan dana yang kamu dan pasangan miliki. Jangan sampai kalian harus berhutang hanya karena ingin pesta yang meriah. Jangan sampai juga kamu dan pasangan bertengkar hanya karena pesta pernikahan yang tidak sesuai ekspektasi. Gelar pesta pernikahan semampu kalian. Budget kecil tidak berarti tidak bisa membuat pesta yang menyenangkan dan berkesan. Selamat mempersiapkan hari pernikahan!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...