Pilih Kategori Artikel

Bagaimana Cara Menentukan Tema Pernikahan?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Membicarakan tentang tema pernikahan bukanlah hal yang enteng. Setiap pernikahan pasti harus ada temanya. Tema pernikahan akan jadi suatu hal yang paling menonjol di acara pernikahanmu. Karena itulah kamu tidak boleh menggampangkan persoalan tema pernikahan.

Tema pernikahan juga bukan sebuah hal yang dapat kamu tentukan sendiri, kamu perlu berdiskusi dengan pasanganmu, keluargamu, dan keluarga pasanganmu sampai dapat kesepakatan bersama. Lain ceritanya jika semuanya menyerahkan padamu untuk penentuan tema pernikahan, semuanya jadi ada di tanganmu.

Bagaimana ya cara menentukan tema pernikahan? Nah, ini dia cara menentukan tema pernikahan yang perlu kamu ketahui!

Menentukan Tema Pernikahan Berdasarkan Kebudayaan

Hal yang satu ini tentu sudah tidak asing, bukan? Kamu tentu sering mengunjungi pesta pernikahan yang menggunakan tema pernikahan adat. Tema pernikahan adat yang sering sekali dijumpai adalah adat Jawa, Betawi, Palembang, Batak, Bali, dan Timur Tengah. Pasangan mempelai yang salah satu, atau keduanya, punya latar belakang adat yang kuat selalu mengambil tema pernikahan berdasarkan adat mereka.

Acara pernikahan yang mengikuti tema berdasarkan kebudayaan ini umumnya melewati prosesi-prosesi yang rumit! Tidak hanya pada hari H, pernikahan adat biasanya punya rentetan acara yang harus dilaksanakan bahkan sebelum acara pernikahan berlangsung. Bukan hanya 1 atau 2 prosesi saja, bahkan ada yang sampai lebih dari 10 prosesi pernikahan. Apa menurut kamu memusingkan? Memang iya, tetapi itu semua punya makna masing-masing, dan maknanya, tidak jarang, sangat dalam loh. Lagi pula, acara pernikahan itu hanya sekali dalam seumur hidup, tidak ada salahnya untuk menjalankan adat budayamu di acara pernikahan, bukan? Kalau tidak saat itu, kapan lagi?

Nah, jika kamu atau pasangan punya latar belakang budaya yang kuat, tidak perlu pikir panjang lagi, gunakan pernikahan adat dari daerah tersebut sebagai tema pernikahan kalian! Banyak wedding planner yang bisa membantu kalian. Tema pernikahan adat benar-benar khas, dari pakaian pengantin, dekorasi, hingga makanannya pun akan menonjolkan adat tersebut. Orang-orang yang menghadiri pernikahanmu dan pasangan pasti tidak sabar mencicipi hidangan khas daerah yang kalian akan sebagai tema pernikahan! Oh ya, 1 hal yang jadi poin penting, acara pernikahan adat ini cenderung memakan biaya yang sangat besar. Jadi, pastikan kamu dan pasangan punya cukup budget ya.

Menentukan Tema Pernikahan Berdasarkan Tempat Acara Dilangsungkan

Jika kamu dan pasangan tidak punya latar belakang adat yang kuat atau kamu memang tidak ingin melangsungkan acara pernikahan bertemakan budaya dengan alasan tertentu, kamu bisa memilih tema pernikahan berdasarkan venue pernikahan yang kamu pilih. Acara pernikahan bisa dilangsungkan indoor dan outdoor, ada juga gabungan keduanya.

Jika kamu sudah memiliki tempat tertentu yang kamu inginkan sebagai lokasi pernikahanmu, kamu bisa langsung menentukan tema pernikahanmu dari venue tersebut. Misalkan kamu ingin melangsungkan pesta pernikahan outdoor dan lokasinya ditumbuhi dedaunan dan pepohonan, di situ kamu bisa memilih tema pernikahan garden party. Atau, jika tempat outdoor-nya tidak ditumbuhi tanaman, seperti lapangan, kamu bisa membuat tema pernikahan rustic yang elegan. Dalam menentukan tema pernikahan berdasarkan tempat wedding party akan dilangsungkan adalah kamu harus kreatif ya!

Menentukan Tema Pernikahan Berdasarkan Warna

Cara menentukan tema pernikahan yang satu ini adalah yang paling simple. Setiap vendor dekorasi pernikahan selalu menawarkan tema warna apa yang mempelai inginkan untuk pestanya, akan ada warna utama dan warna pendukungnya. Diskusikanlah secara matang dengan pasanganmu warna apa yang ingin kamu jadikan sebagai tema pernikahan kalian. Jika sudah dapat, kamu bisa diskusikan dengan vendor dekorasimu.

Vendor dekorasi pernikahanmu akan memberi komentar apakah paduan warna yang kamu pilih sudah oke atau malah buruk. Bersama vendor pernikahanmu, kamu bisa membahasnya lebih lanjut. Warna ini sangat penting loh dalam memberi kesan pada pesta pernikahan kamu. Jika kombinasi warna tidak pas, dekorasi pernikahan kamu akan terlihat norak. Tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? So, pikirkan dan diskusikan matang-matang sebelum memutuskan tema warna pernikahanmu dan pasangan ya!

Menentukan Tema Pernikahan Berdasarkan Musim

Menentukan tema pernikahan berdasarkan musim ini memang jarang diaplikasikan di Indonesia. Kenapa ya? Tentu saja karena Indonesia hanya punya 2 musim, jadi orang-orang tidak akan terpikirkan mengenai tema pernikahan berdasarkan musim ini.

Namun, sebenarnya, jika kamu mau, kamu bisa saja membuat pesta pernikahan dengan tema musim gugur atau musim semi kok. Semuanya kan bisa diatur oleh wedding planner. Dekorasi autumn maupun spring bisa diwujudkan, tentu saja! Gaun pernikahan yang mendukung tema musim gugur dan musim semi juga bisa kamu temukan di banyak vendor gaun pengantin! Jadi, jangan ragu jika ingin membuat tema pernikahan berdasarkan musim ya.

Nah, itu dia cara-cara menentukan tema pernikahan yang bisa kamu pilih. Ingin tema pernikahan berdasarkan latar belakang budaya, venue pernikahan, warna, maupun musim, semuanya bisa kamu wujudkan asalkan didiskusikan dan dipikirkan matang-matang ya! Jangan sampai mood-mu jelek di hari H karena tema pernikahanmu tidak sesuai harapanmu. Selamat mempersiapkan hari pernikahan!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...