Pilih Kategori Artikel

Bagaimana Cara Mengatur Budget Pernikahan?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sekarang, hari pernikahan bukan lagi alasan bagi kamu untuk terlalu boros dalam mengatur budget pernikahan. Terlihat seperti momok memang apalagi jika kamu dihadapkan pada pilihan untuk menentukan seberapa besar budget pernikahan. Budget pernikahan memang bisa membikin stres apabila jika tidak dihitung dan dipersiapkan sejak jauh hari.

Termasuk di dalamnya adalah hal hal seperti berapa dana yang bisa kita keluarkan, berapa dana emergency sewaktu kelangsungan acara dan berapa yang harus kamu simpan untuk pascapernikahan. Seringkali banyak orang memutuskan untuk memakai sebagian besar tabungannya untuk melaksanakan pernikahan yang diinginkan.

Sejujurnya beberapa hal dalam pernikahan memang merupakan hal penting dan tidak boleh undercost.  Lantas, bagaimana caranya agar budget pernikahan kamu tidak overspending, tetapi tetap mempunyai pernikahan yang oke? Berikut beberapa hal yang bisa kamu prioritaskan dalam mengatur budget pernikahan dimulai dari semua hal yang perlu perhatikan yang wajib tidak boleh undercost.

Prioritas dalam Mengatur Budget Pernikahan

wm_article_img

  1. Dekorasi

Dekorasi merupakan hal penting dan kamu tidak boleh pelit dalam mengatur budget pernikahan. Akan tetapi, bukan berarti kamu boleh overspend dan boros dalam memilih dekorasi. Kamu bisa saja memikirkan alternatif lain untuk dekorasi atau bahkan memilih untuk membikin sendiri dekorasi. Ingat, dekorasi yang menarik mata tamu undangan akan cukup memanjakan mata sembari tamu mengikuti acara pernikahanmu.

Contoh yang bisa kamu maksimalkan adalah penggunaan bunga, lentera kertas atau lilin untuk membuat ambience yang romantis, tapi tetap sesuai dengan budgetmu. Alternatif lain seperti photo booth buatan sendiri dari backdrop yang dihias dengan rangkaian bunga mungkin bisa memaksimalkan budgetmu.

  1. Makanan

Makanan merupakan salah satu hal yang wajib tidak boleh kamu kurangi kualitas dan kuantitasnya dalam budgetmu. Makanan yang enak dan tersedia dalam jumlah yang cukup akan menjaga suasana dan kemeriahan dari tamu. Tampilan visual, bau yang harum, serta cita rasa enak akan memanjakan tamu sepanjang heri pernikahanmu.

Memang, makanan bisa menjadi elemen terbesar dalam budget pernikahan yang sudah kamu sediakan, sehingga biasanya akan terlihat boros. Akan tetapi, siapa yang tidak tergoda dan berkesan melihat makanan berkualitas tinggi disediakan dalam pernikahanmu?

  1. Venue untuk pernikahan dan resepsi

Salah satu faktor penyebab bengkaknya budget pernikahan mungkin ada di sini. Tips yang bisa kamu pakai yaitu pastikan kamu sudah melakukan survei untuk alternatif venue yang sesuai dengan tema pernikahanmu. Cadangan rencana untuk venue mungkin merupakan hal yang bisa kamu ikut pikirkan sewaktu memilih konsep pernikahan. Jika tidak ada yang alternatif yang sesuai it’s okay to raise your budget as long as you don’t overcost.

Venue alias gedung pernikahan juga salah satu faktor utama yang mendukung suasana wedding. Andaikan kamu menemukan alternatif yang lebih cocok untuk budget, maka kamu bisa gunakan venue tersebut dan memaksimalkan dekorasi agar tema pernikahan tetap berjalan sesuai keinginanmu. Ingatlah untuk selalu sesuaikan venue dengan tema dan budget pernikahanmu, ya!

  1. Dokumentasi

Again, pastikan budget pernikahan untuk dokumentasi tidak undercost. Dokumentasi  mungkin tidak terlalu terlihat saat pernikahan dilaksanakan, tapi efeknya akan terasa di kemudian hari. Kamu tentu ingin dapat mengingat momen pernikahanmu dengan kualitas yang sempurna, bukan? Sudah banyak cerita horor mengenai beberapa pasangan yang ingin menghemat budget pernikahan mereka dan memutuskan untuk tidak memakai jasa dokumentasi profesional.

Padahal, pernikahan kamu merupakan momenmu! Saat terbaik dimana kamu harus menjadi aktor utama dikelilingi hal-hal yang membuatmu bahagia! Pastikan semuanya terekam dengan baik sampai di kemudian hari kamu bisa mengingat kembali momenmu dengan jelas dan tersenyum.

Mau Lebih Menekan Budget?

Itu tadi merupakan hal-hal yang harus kamu prioritaskan agar tidak undercost, karena akan buruk akibatnya bila kamu terlalu pelit di keempat aspek yang sudah disebutkan. Akan tetapi, sebenarnya ada hal-hal yang bisa dilakukan, lho, untuk menekan budget pernikahan! Contoh-contohnya seperti ini:

  1. Batasi jumlah tamu undangan

Percaya atau tidak kamu tidak harus mengundang semua orang yang kamu kenal. Dengan mempertimbangkan ulang undangan, niscaya kamu bisa menekan budget pernikahan yang semula terlihat membengkak. Dengan mengurangi jumlah tamu yang diundang maka akan berdampak langsung pada jumlah makanan yang kamu siapkan, budget untuk cetak undangan, dan juga suvenir.

Bisa dibilang kamu akan dapat mengatur ulang budget pernikahanmu dengan mengubah jumlah tamu yang diundang. Kamu bisa mengadakan pernikahan dengan mengundang orang orang terdekatmu. Di zaman modern ini, tren pernikahan private lazim dan dimaklumi masyarakat. Orang lain akan lebih kecewa jika mereka diundang ke pernikahan yang kualitasnya buruk dibandingkan jika tidak diundang ke pernikahan.

  1. Berikan suvenir pernikahan yang cost friendly

Tradisi memberikan suvenir pernikahan sudah muncul sejak dahulu. Namun bukan berarti kamu tidak boleh merubah tradisi. Dengan mempertimbangkan budget pernikahan, kamu bisa memikirkan alternatif suvenir yang bisa kamu berikan. Beberapa suvenir DIY (do-it-yourself) bisa juga menjadi pilihan untuk menghemat budget.

Ide suvenir pernikahan yang sederhana dan tidak menguras budget pernikahanmu seperti misalnya kartu yang kamu buat sendiri, pouch kreasi sendiri, ataupun bisa juga manisan atau kue kue kecil.

  1. Hapus biaya transportasi dan akomodasi

Tamu undangan tidak mengharapkan kamu untuk menanggung biaya transportasi mereka. Keep your expectations low. Andaikan kamu tidak bisa memberikan sesuatu yang spektakuler dalam hal transportasi, itu bukan akhir dunia. Asalkan pernikahanmu berjalan sempurna, maka tamumu tidak akan terlalu memikirkan masalah transportasi.

Budget pernikahanmu bisa sedikit aman kalau kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi untuk saudaramu yang terbang dari luar kota. Kamu juga bisa susun rencana pernikahanmu agar tidak memakan waktu sampai harus menginap.

Tetap saja, kunci terpenting dalam menentukan budget pernikahan yang sesuai ada pada komunikasi dan perencanaan yang baik. Bicara dengan pasanganmu tentang model pernikahan yang kamu inginkan. Beritahukan kepada keluargamu terlebih dahulu kalau kamu ingin mengatur budget pernikahanmu. Semoga dengan ini kamu bisa sedikit terbantu untuk mengatur budget pernikahan, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...