Pilih Kategori Artikel

Menikah di Tengah Pandemi Virus Corona? 4 Fakta Unik Ini Akan Kamu Hadapi!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Tak sedikit pula bagi para calon pengantin yang sudah mempersiapkan segala kebutuhan acara pesta pernikahan dari jauh-jauh hari. Faktanya, segala persiapan tersebut ternyata mengalami perubahan 180 derajat akibat virus Corona. Apakah kamu tetap ingin menikah di tengah pandemi virus seperti ini?

Sebagian besar terkena dampak pandemik global ini, salah satunya bagi para calon pengantin yang ingin menikah. Seharusnya, pesta pernikahannya di gelar di venue impian, yang dihadiri para keluarga dan kerabat terdekat. Namun, itu semua pun terpaksa harus di batalkan karena adanya sebuah imbauan dari pemerintah untuk menerapkan social and physical distancing.

Sebagian besar calon pengantin akan merasa kecewa dan sedih, namun akan ada hikmahnya di akhir pandemik ini. Dengan kondisi yang seperti ini, ada banyak perubahan yang akan kalian alami jika kalian tetap menikah di tengah pandemi virus Corona ini. Inilah beberapa fakta yang akan kamu hadapi.

1. Menikah tanpa Tamu Undangan

Inilah fakta pertama yang akan kamu hadapi ketika tetap menikah di tengah pandemi virus Corona ini. Setiap calon pengantin yang ingin menikah, tentunya akan menyebarkan undangan kepada para kerabat yang ingin mereka hadir dan turut berbahagia. Salah satunya pada keluarga besar dan kerabat terdekat.

Namun, impian untuk menghadirkan orang di pesta pernikahanmu hanya hayalan saja. Di tengah pandemi seperti ini, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak mengadakan sebuah acara berskala besar. Salah satunya dengan tidak menggelar pesta pernikahan yang menghadirkan banyak orang dan menjadi salah satu penyebab penyebaran virus Corona.

Jika kamu ingin menikah di tengah pandemi virus Corona ini, kalian disarankan untuk tetap boleh melaksanakan prosesi akad nikah yang di gelar di Kantor Urusan Agama (KUA). Cukup dihadiri oleh keluarga inti beserta petugas pernikahan dari KUA tersebut. Kapasitas yang berada di dalam ruangan tidak boleh lebih dari 10 orang.

2. Proses Makeup yang Dilakukan Sendiri

Fakta kedua yang akan kamu hadapi jika tetap menikah di tengah pandemi virus Corona. Ketika ingin menggelar pesta pernikahan, tentunya kalian sudah menentukan budget untuk setiap keperluan pernikahan.

Seperti misalnya catering, venue pernikahan, dekorasi pernikahan, busana pengantin, dan Makeup Artist pun sudah di-booking.

Namun, dengan adanya imbauan social and physical distancing, kamu pun diharuskan untuk menjaga jarak dengan siapapun. Hal ini dilakukan bertujuan untuk memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19.

Jika kalian menikah di tengah pandemi virus Corona, mau tidak mau kamu harus melakukan proses makeup sendiri, tanpa bantuan orang lain. Proses tersebut dilakukan sendiri karena telah terjadi kontak fisik secara langsung. Hal ini bertujuan sesuai dengan imbauan pemerintah, ya.

Sebagian besar calon pengantin memang pada akhirnya mau melakukan hal ini demi kebaikan bersama. Walaupun tak sedikit yang ingin menggelar sebuah pesta pernikahan dengan konsep sederhana, bukan berarti untuk merias wajah juga dilakukan sendiri. Hal ini dilakukan dengan terpaksa akibat kondisi yang seperti saat ini.

3. Menikah di KUA

Sabtu, 18 April 2020, ada salah satu selebriti yang telah menikah di tengah pandemi virus Corona. Ia adalah Vebby Palwinta, yang melangsungkan prosesi akad nikah di KUA Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Vebby bersama sang suami, Razi Bawazier memang sudah memiliki rencana pernikahan dari jauh-jauh hari sebelum adanya pandemik global ini. Menurut Vebby Palwinta, ia mengatakan bahwa pernikahannya tidak bisa ditunda karena tidak boleh menunda niat baik.

Itulah penyebabnya mengapa pasangan yang satu ini tetap melangsungkan acara ijab kabul yang hanya dihadiri oleh keluarga inti saja.

4. Lahirnya sebuah Tren Baru dalam Pernikahan, yaitu Tamu Virtual

Inilah fakta terakhir yang akan kamu hadapi jika menikah di tengah pandemi virus Corona. Memang, keadaan yang seperti ini, tidak boleh menghadirkan tamu undangan lebih dari 10 orang. Lahirnya sebuah tren baru dalam pernikahan, yaitu para tamu undangan tidak bisa hadir di pernikahannya. Namun, mereka bisa merasakan kebahagiaan yang dialami oleh calon pengantin melalui aplikasi video call.

Ketika Vebby Palwinta menggelar prosesi akad nikah di KUA, para sahabat selebriti ini tengah hadir dan menyaksikan prosesi tersebut melalui aplikasi Zoom. Di salah satu Chanel Youtube The Sungkars, Shireen Sungkar beserta teman selebriti lainnya memakai dresscode dengan warna yang senada. Dengan tujuan agar suasana yang dirasakan calon pengantin pun dirasakan juga dengan para sahabatnya ini.

Beda hal di Indonesia, Amerika menyediakan media video call bukan hanya digunakan untuk tamu undangan yag ingin menyaksikan prosesi pernikahan saja, tapi pemerintah di sana juga sudah mengeluarkan kebijakan yang memungkinkan warganya menikah melalui aplikasi konferensi video Zoom.

Jika warganya ingin menikah di tengah pandemi virus Corona secara virtual, akan tetap mendapatkan lisensi pernikahan resmi dari pemerintah. Bagi warganya yang ingin bisa melakukan hal ini, tentunya calon pengantin harus memenuhi persyaratan digital yang sudah ditentukan.

Salah satu syaratnya adalah pasangan yang mencari layanan pernikahan harus menunjukkan ID foto yang valid selama konferensi video. Lalu, konferensi pun harus memungkinkan untuk berinteraksi langsung oleh kedua calon pengantin. Kemudian, semua pihak yang terlibat harus menandatangani lisensi dan mengirimkannya kembali kepada pasangan melalui surat elektronik sebagai syarat melakukan pernikahan virtual.

Itulah ulasan mengenai fakta yang akan kamu hadapi jika tetap menikah di tengah pandemi virus Corona. Tetap menjaga kesehatan dan ikuti imbauan dari pemerintah. Semoga pernikahan yang kalian jalankan di tengah pandemi seperti ini mendapatkan hikmah yang luar biasa nantinya, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...