Pilih Kategori Artikel

12 Model Gaun Pengantin Muslimah untuk Hari Pernikahanmu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Mengenakan jilbab bukanlah halangan untuk tidak tampil cantik di hari pernikahan. Sebab, dengan memakai jilbab sebagai hal yang wajib bagi seorang muslimah hal tersebut malah akan semakin mempertegas kecantikan apalagi jika dipadukan dengan model gaun pengantin muslimah.

Model untuk pengantin muslimah ini banyak sekali ragamya. Meskipun dari luar tertutup sebagai syarat untuk tidak memperlihatkan aurat, model gaun ini justru akan terlihat cantik dikenakan sehingga hilanglah anggapan kesan kaku dan tidak anggun yang selama ini ada di benak banyak orang mengenai model gaun untuk muslimah.

Karena itu, para muslimah pun sebaiknya jangan ragu untuk mengenakan model gaun yang disarankan, dan jangan sampai mengorbankan diri dengan melepas jilbab hanya untuk tampil cantik dan menawan.

Di bawah ini adalah beberapa model gaun yang bisa kamu sebagai muslimah untuk kamu jadikan inspirasi supaya kamu tetap cantik meski dalam keadaan berhijab. Apa saja model-modelnya? Yuk, mari simak bersama-sama!

1. Gaun Model Terompet

wm_article_img
Foto: Pinterest

Model gaun pertama yang bisa kamu terapkan pada hari pernikahanmu sebagai muslimah adalah model gaun terompet atau trumpet dress yang jamak digunakan jika kamu ingin memakai gaun pengantin internasional namun tetap dengan tampilan islami.

Gaun terompetnya berwarna putih polos dan bersih dengan mempunyai dua layer atau lapisan. Untuk bagian dalam, kamu bisa menggunakan kain satin atau taffeta kemudian untuk bagian luar dengan kain organza. 

Lalu buatlah beberapa hiasan manik-manik atau bordiran bunga di tepian kain. Supaya serasi dengan jilbabmu, kamu kenakan saja jilbab dengan model yang simpel saja dan sematkan penutup tambahan untuk semakin memancarkan kecantikanmu.

2. Gaun Eropa Klasik

Selain dengan trumpet dress sebagai model gaun pengantin muslimah, kamu juga bisa memakai gaun Eropa Klasik sebagai busana muslimmu pada hari pernikahan. Gaun ini cocok untuk kamu yang tidak ingin melepaskan kesan yang sederhana.

Gaun Eropa klasik yang kamu pilih ini adalah gaun ogandi bermotif dengan kain penutup dada berhias manik-manik yang akan membuat penampilanmu menjadi lebih unik. Jilbab yang kamu pakai bisa kamu padukan dengan veil yang panjang menjuntai ke bawah. Tampilan ini akan membuat tamu undanganmu terkesima.

3. Gaun A-Line

Penggunaan A-Line sebagai salah satu model gaun pernikahan juga sangat disarankan untuk kamu yang berhijab. Gaun ini sendiri termasuk salah satu gaun yang simpel untuk kamu gunakan, dan bisa membuat kamu terlihat lebih menawan.

Untuk A-Line ini kamu bisa menggunakan gaun A-Line yang sudah dimodifikasi, dengan terbuat dari kain sifon atau organza berlapis, yang kemudian bisa kamu tambahkan kain brokat sebagai penghias. Supaya lebih terlihat syar’I, sematkan kain secara pelintang di dada, dan tambahkan hiasan berupa headpiece pada jilbabmu.

4. Gaun Mermaid Dress

Mermaid dress juga bisa kamu jadikan sebagai model gaun pengantin muslimah untuk hari pernikahanmu untuk menampilkan kamu  tetap cantik dan anggun. Gaun yang berbahan taffeta atau charmeuse ini bisa kamu buat jadi lebih indah dengan hiasan manik-manik di beberapa bagian untuk atasannya yang berupa ruffle.

Jangan lupa untuk tambahkan banyak hiasan pada jilbabmu sehingga tidak akan terlihat datar dan sepi. Kamu pun akan tetap terlihat cantik meski dalam keadaan berhijab dan syar,i dengan model gaun ini.

5. Gaun Sheath

wm_article_img
Foto: Tren4world

Model gaun pengantin selanjutnya yang bisa kamu gunakan di hari pernikahan adalah model gaun sheath, yaitu model gaun berbentuk lurus, dan sedikit memperlihatkan siluet tubuh. Model ini cocok bagi kamu yang ingin tampil beda saat hari pernikahan.

Model ini akan semakin glamor saat kamu padukan dengan kain sutra bermotif dari Timur Tengah atau India. Kesan mewah akan semakin tampak saat kamu menambahkan manik-manik di bagian lehern dan dada.

Kemudian jangan lupa untuk menambahkan penutup badan ala jubah dengan satu kancing saja. Gaun ini tentu selain membuatmu tampil anggun dan menawan, juga akan membuat rasa percaya dirimu bertambah saat menyambut para tamu.

6. Gaun Ball Gown

Meskipun kamu tampil secara muslimah, tentu kamu juga ingin tampil seperti putri raja di negeri dongeng, bukan? Untuk hal tersebut kamu bisa memilih model gaun pengantin berbentuk ball gown yang memang mempunyai efek membuatmu seperti putri raja.

Untuk bawahannya kamu membuatntya dari kain sifon atau organza secara berlapis lalu tambahkan kain brokat senada di bagian atasan dan buatlah variasi potongan hingga bawah perut saja. Tambahkan pada jilbamu hiasan berupa mahkota untuk mengesankan dirimu seperti putri raja.

7. Gaun A-Line dengan Turban

wm_article_img
Foto: Confettidaydreams.com

Apabila kamu adalah penggemar model gaun A-Line kamu tetap bisa menggunakannya namun dengan A-Line yang terbuat dari brokat Prancis. Kemudian kamu bisa melengkapi bagian atasmu dengan turban yang dipasangi veil di belakang yang memanjang hingga ke punggung. Supaya serasi, usahaka warnanya harus senada.

Kemudian supaya benar-benar menutupi aurat, tambahkan kain sifon atau organza yang menutup leher dan menjuntai ke bawah. Model gaun muslimah ini cocok untuk kamu yang ingin tampil seperti putri raja namun dengan cara yang simpel.

8. Gaun dengan Corak Warna-warni

Apabila kamu bingung dalam memilih model gaun pengantin muslimah, kamu bisa melihatnya pada gaun pengantin yang dkenakan oleh putri AA Gym, Ghefirah Nur Fatimah, yang mengenakan gaun dengan corak warna-warni pada hari pernikahannya.

Gaun ini sendiri merupakan gaun yang menyimbolkan keceriaan. Bahannya terbuat dari kain brokat dan dalamannya terbuat dari sutra. Perpaduan warna yang cerah ini kemudian bisa tambahkan dengan outer penutup dada berkerah ala Edwardian. Supaya benar-benar islami, jangan lupa kenakan jilbab yang menjuntai panjang ke belakang.

9. Gaun Polos

wm_article_img
Foto: Theactualstyle.com

Model gaun polos tanpa banyak manik-manis juga bisa kamu gunakan pada hari pernikahanmu. Supaya tidak terlihat terlalu biasa, kamu bisa menggunakan kain taffeta atau charmeuse sebagai dalaman. Kemudian buatlah outer dari bahan sifon atau organza berpola yang menjuntai panjang ke belakang.

Untuk warnanya, kamu bisa memilih sesuai dengan seleramu sendiri. Apabila kamu menginginkan benar-benar tampil menawan, kamu bisa memilih warna-warna yang kamu anggap mewah dan mencolok.

10. Gaun dengan Jilbab Menutupi Dada

Menutupi dada merupakan sebuah keharusan bagi seorang muslimah dalam berpenampilan termasuk juga ketika mengadakan resepsi pernikahan. Karena itu, seorang muslimah harus bisa memilih gaun yang benar-benar menutupi dada terutama melalui jilbab.

Jilbab yang menutupi dada ini justru tidak akan mengurangi kecantikan muslimah itu sendiri, dan akan semakin mempertegas kecantikan tersebut. Untuk gaunnya sendiri kamu bisa memilih bahan dari sifon sebagai luaran dan gaun brokat berlapis sebagai dalaman. Supaya tetap enak dilihat, pilihlah warnaa-warna yang lembut dan kalem.

11. Gaun dengan Motif Bunga-bunga

Kalau kamu adalah orang yang ingin tampil menawan dengan banyak bunga selain bunga yang ada di tanganmu sebagai buket, kamu bisa memilih gaun yang juga bermotif bunga-bunga. Gaun ini merupakan gaun alternatif selain warna putih.

Model gaunnya adalah ball gown. Dengan motif ini kamu tidak perlu lagi menambahkan aksesoris karena sudah terwakili oleh motif-motif tersebut. Kamu pun tidak hanya akan terlihat cantik, tetapi juga unik.

12. Gaun dengan Cadar

wm_article_img
Foto: Hipwee

Model gaun pengantin muslimah terakhir yang bisa kamu pakai adalah gaun dengan cadar. Aksesoris ini untuk kamu yang punya keyakinan kalau wajahmu hanya boleh dilihat oleh suami atau keluarga daripada orang lain karena takut menimbulkan fitnah.

Cadar ini bisa kamu padukan dengan model gaun apa saja asal tertutup, dan warnanya usahakan serasi dengan warna gaunmu. Dengan menggunakan cadar, selain menjaga kehormatanmu, juga akan tetap menegaskan kamu tetap cantik dan menawan tanpa harus memperlihatkan wajah.

Itulah beberapa model gaun pengantin muslimah yang bisa kamu gunakan saat hari pernikahan. Model-model ini akan tetap membuatmu terlihat cantik walau harus tertutup, serta membuat kamu menjadi tidak perlu khawatir karena menjalankan perintah agama.

Model-model ini pun bisa kamu dapatkan apabila kamu mengunjungi vendor gaun pengantin Wedding Market yang menyediakan banyak keperluanmu terutama untuk gaun pengantin muslimah. Langsung aja klik di sini!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...