Pilih Kategori Artikel

Ragam Pakaian Nikah Pria dari Berbagai Adat Budaya Dalam dan Luar Negeri
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan merupakan salah satu perayaan adat dan budaya. Hal ini tercermin dari pakaian nikah pria dan mempelai wanitanya yang tidak lepas dari adat setempat. Di Indonesia sendiri, pakaian nikah bisa sangat beragam. Tentunya hal tersebut disebabkan karena adat budayanya yang juga beragam.

Di hari pernikahan, kedua mempelai akan menjadi raja dan ratu semalam. Karena itu, busana yang dikenakan haruslah berkesan. Jika kamu dan si dia termasuk pasangan yang menjunjung tinggi nilai adat, maka pakaian adat bisa dijadikan alternatif pilihan. Atau, kamu justru memilih adat dari negara lain?

Pakaian Nikah Pria Adat Indonesia

Berbagai pulau dan daerah di Indonesia punya pakaian adatnya sendiri-sendiri dalam upacara pernikahan. Berikut beberapa di antaranya :

1. Pakaian Adat Jawa

wm_article_img
Foto: infobudayaindonesia.com

Pasangan pengantin suku Jawa selalu tampil memesona dan elegan dalam balutan busana adatnya. Membicarakan pengantin perempuan yang anggun dengan kebaya dan sanggul, bagaimana dengan mempelai prianya?

Mempelai pria dalam adat Jawa biasa mengenakan atasan berupa beskap. Sementara itu, bawahannya menggunakan jarik. Tak ketinggalan blangkon kepala batik khas Jawa dan keris yang diselipkan di punggungnya. Tampak gagah seperti Arjuna!

2. Pakaian Adat Palembang

wm_article_img
Foto: mahligai-indonesia.com

Mempelai pria dengan adat Palembang mungkin akan terkesan sedikit ramai. Pasalnya, baju adat Palembang identik dengan corak khas. Selain itu, warnanya juga mencolok hingga terkesan mewah.

Pengantin pria adat Palembang juga menggunakan aksesoris berupa kalung adat berukuran besar. Bawahan busananya berupa celana yang dililit kain semacam jarik sampai selutut. Songkok adat Palembang berbentuk segitiga kerucut yang senada dengan bajunya.

Tampil Prima di Hari Pernikahan, Temukan Pakaian Nikah untuk Pria yang Terbaik!



3. Pakaian Adat Surakarta

wm_article_img
Foto: gpswisataindonesia.info

Hampir sama dengan baju pengantin adat Jawa, namun adat Surakarta lebih kental dengan nuansa basahan. Dengan adat ini, mempelai pria akan bertelanjang dada. Bawahannya menggunakan jarik panjang yang dililit dengan kemben atau kain panjang.

Aksesori yang dipakai pun biasanya lebih simpel, yakni berupa kalung melati dan kalung adat berukuran sedang. Blangkonnya berbentuk bulat tinggi, dengan sandal teplek tipis yang nyaman.

4. Pakaian Adat Minang

wm_article_img
Foto: toko.minangtourism.com

Pakaian nikah pria adat Minang mencerminkan betapa sopan dan santunnya pemuda Minang. Dengan baju kurung lengan panjang, setelannya berupa celana panjang yang dililit kain tenun selutut. Aksesorinya baju pengantin adat Minat berupa selendang tenun yang dikenakan menyilang di dada.

Songkok kepala berbentuk menyerupai atap rumah gadang khas Minang. Menyaksikan mempelai dalam pernikahan adat Minang memang bikin adem, ya!

5. Pakaian Adat Bali

wm_article_img
Foto: saintif.com

Pernikahan adat Bali juga tidak kalah menarik. Di Pulau Dewata tersebut, pengantin pria akan memakai tapih serta kamen prada. Keduanya akan dililitkan mulai dari dada sampai ke betis sang mempelai.

Aksesori yang sangat khas adalah keris bertahtakan batu-batu mulia. Keris ini diselipkan di punggung pengantin pria. Itu merupakan simbol dari kerajaan Payas Agung Badung yang ada di Bali.

6. Pakaian Adat Aceh

wm_article_img
Foto: dierabachir on Instagram

Dalam pesta pernikahannya, mempelai pria Aceh akan mengenakan baju panjang yang disebut bajee berwarna hitam. Celananya panjang dengan warna senada yang dinamakan sileuwewe. Celana ini akan dipadukan dengan kain songket khas Aceh yang dipakai sampai selutut.

Tak ketinggalan pula kopiahnya yang disebut kupiah meukuetob. Penampilan pengantin pria khas Aceh ini mencerminkan gagahnya raja-raja Aceh tempo dulu.

Pakaian Nikah Adat Luar Negeri

Tak hanya Indonesia, negara-negara lain pun memiliki adatnya masing-masing dalam menyelenggarakan pernikahan. Hal itu juga tercermin dari busana pernikahan yang khas.

1. Adat India

wm_article_img
Foto: rani_in_silk on Instagram

Dalam film Bollywood, pernikahan khas India selalu semarak. Hal ini menarik perhatian banyak orang, termasuk para penggemar India di Indonesia, ya! Sudah banyak pasangan pengantin yang menyelenggarakan pernikahan dengan adat India.

Pakaian nikah pria di India memang terkesan sopan. Mereka mengenakan baju terusan panjang dengan lengan panjang. Setelannya juga berupa celana panjang, yang juga dilengkapi siongkok bercadar. Meski kelihatan sederhana dibanding gaun pengantin India, namun pakaian panjang ini biasanya memiliki desain yang rumit dan mewah. 

2. Adat Jepang

wm_article_img
Foto: jpn-quality.com 

Jepang juga merupakan negara yang masih kental adat serta budayanya. Dalam pesta pernikahan, mempelai pria Jepang berpakaian cukup simpel. Khususnya bagi penganut ajaran Shinto, pengantin pria akan memakai setelan kimono berwarna hitam. Ini berbanding terbalik dengan kimono mempelai wanita yang berwarna putih.

3. Adat Ghana

wm_article_img
Foto: str8talkmagazine.com

Ghana punya adatnya sendiri dalam menyelenggarakan upacara pernikahan. Di sana, sepasang pengantin akan mengenakan baju dari kain tradisional yang bernama Kente. Kente mempunyai corak dan warna yang berbeda-beda, sesuai keinginan keluarga.

Jadi, corak kain ini akan berbeda antar keluarga satu dan lainnya. Uniknya, pakaian nikah pria di Ghana modelnya berupa kain terusan sampai mata kaki. Jika dilihat, model ini hampir menyerupai pakaian ihram untuk berhaji, ya!

4. Adat Skotlandia

wm_article_img
Foto: tocka.com.mk

Baju pernikahan mempelai pria di Skotlandia terbilang unik dan simpel. Pasalnya, pengantin pria di sana akan mengenakan setelan jas. Namun, alih-alih memakai celana sebagai setelan, justru yang dikenakan adalah rok selutut warna merah bermotif kotak-kotak.

Setelah itu, pengantin pria akan memakaikan selendang pada mempelai wanita. Selendang yang dipakaikan tersebut sama motifnya dengan rok yang dipakai mempelai pria tadi. Itu merupakan simbol bahwa pengantin wanita telah masuk dalam keluarga pengantin pria. Menarik, ya.

5. Adat Tiongkok

wm_article_img
Foto: Alibaba

Bicara soal pernikahan di Tiongkok, maka akan identik dengan warna merah. Bagi etnis Tionghoa, warna merah memang sebuah simbol keberuntungan. Pasangan pengantin akan memakai busana berwarna merah.

Untuk pengantin pria, atasannya berupa baju lengan panjang dengan setelan celana. Ada yang menggunakan siongkok khas Tionghoa, tapi ada juga yang tidak mengenakannya.

6. Adat Korea Selatan

wm_article_img
Foto: koreatraveleasy.com

Korea Selatan juga salah satu negara yang masih kental akan adat pernikahan mereka. Di sana, mempelai pria akan mengenakan pakaian khas yang cukup berat. Yakni, berupa setelan kimono khas Korea Selatan yang biasanya didominasi warna hitam.

Siongkok yang dikenakan pun merupakan siongkok berlapis yang cukup tinggi, senada dengan warna pakaiannya. Siongkok ini dilengkapi dengan bandul-bandul berupa untaian perhiasan seperti manik-manik dan batu-batu permata.

7. Adat Hungaria

wm_article_img
Foto:plushiebaker.wordpress.com

Baju adat Hungaria dalam menyelenggarakan pernikahan terkesan ramai. Mempelai prianya akan mengenakan pakaian panjang dengan lengan panjang yang berumbai-rumbai. Bawahannya merupakan kain hitam yang dililit, dilengkapi kain tenun yang biasanya bermotif bunga-bunga. Siongkok yang dikenakan pun unik, yakni topi bulat dengan sehelai bulu sebagai hiasannya.

8. Adat Kazakhstan

wm_article_img

Foto: OrexCA

Kazakhstan juga memiliki pakaian adat pernikahan yang unik. Mempelai pria di negara ini akan memakai baju terusan panjang sampai mata kaki. Yang membuat baju tersebut terkesan mewah adalah payetnya yang rumit dan penuh.

Di Kazakhstan, pengantin juga wajib mengenakan penutup kepala yang disebut Saukele. Bentuk Saukele ini unik, yakni topi yang memanjang disertai bordir dan payet yang sama dengan bajunya.

Nah, itu dia pakaian nikah pria berdasarkan adat dan budaya, baik dari dalam negeri sampai luar negeri. Tentunya pakaian tersebut memiliki makna dan filosofi yang mendalam, ya. Kalau kamu tertarik pakai adat mana nih, untuk hari bahagiamu?

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...