Pilih Kategori Artikel

Ingin Membuat Paket Catering Pernikahan Lebih Murah?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Tidak ada yang salah dengan pernikahan yang diselenggarakan di rumah. Bahkan ini bisa menjadi pilihan yang tepat, sehingga kamu tidak perlu direpotkan dengan menyewa gedung ataupun lokasi lainnya, yang akan menghabiskan banyak biaya. Kamu yang memiliki budget terbatas, tentunya bisa mengambil opsi paket catering pernikahan murah yang sah-sah saja untuk dipilih.

Namun meskipun diselenggarakan di rumah, bukan berarti kamu tidak perlu menyusun rencana. Karena bila dilakukan sembarang, bisa jadi pesta yang kamu idam-idamkan hancur berantakan. Tetap rencanakan dengan matang setiap detail dari pesta yang akan kamu lakukan dengan mendiskusikannya bersama pasangan dan keluarga tentunya. 

Dengan tidaknya ada biaya untuk menyewa gedung, maka dana tersebut bisa dialokasikan untu dekorasi atau dikonsentrasikan pada catering. Sehingga catering yang disajikan bisa dibuat lebih spesial dan istimewa lagi. Lantas, menu apa sajakah yang biasanya ada dalam paket catering pernikahan di rumah?

Pilihan yang satu ini juga cukup bervariasi dan agar paket catering pernikahan murah maka sebaiknya kamu menggunakan vendor catering. Karena biasanya vendor jauh lebih memahami kondisi tersebut bahkan kamu tidak perlu melibatkan keluarga, sehingga seluruh anggota keluarga bisa menikmati pesta pernikahanmu.

Vendor catering sendiri ada yang berdiri sendiri, ada juga yang sudah lengkap sebagai vendor pernikahan. Memilih menggunakan vendor yang multitasking seperti ini, juga bisa menjadi alternatif untuk menekan biaya. Dan kamu atau pihak panitia juga tidak perlu konfirmasi berulang pada dua vendor yang berbeda.

Kebutuhan untuk Paket Catering Pernikahan yang Lebih Murah


wm_article_img

Selanjutnya sebelum menentukan menu apa saja yang akan dimasukkan ke dalam paket catering. Ada baiknya kamu juga memerhatikan, kebutuhan apa saja yang perlu disiapkan untuk pernikahan di rumah ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan karena sangat penting;

1. Tema

Paket catering pernikahan murah bisa dimulai jika kamu hendak menentukan tema pernikahan. Ada banyak tema yang bisa kamu piilih, mulai dari yang sederhana hingga yang mewah sekalipun. Tentukan tema  yang paling ideal dengan bujet, jangan sampai kamu mengadakan pesta di rumah namun biayanya sama saja dengan menyewa sebuah gedung.

Tema pernikahan ini juga akan berkaitan dengan upacara pernikahan. Kamu bisa memilih berbagai upacara, mulai dari catering pernikahan tradisional maupun modern. Dari tema yang telah didapat, ini bisa dikaitkan dengan menu yang akan dihidangkan. Karena bagaimanapun juga keserasian dari tema acara, dekorasi hingga hidangan akan memberikan kesan tersendiri.

Untuk kamu yang ingin menggunakan taman sebagai bagian dari tema, bisa memilih menggunakan bahan-bahan serta bunga lokal untuk menekan bujet. Dan untuk menghindari cuaca, baik hujan atau panas, sebaiknya kamu juga tetap menyediakan lahan yang ditutup dengan menggunakan tenda. 

Sementara bila pernikahan diselenggarakan malam hari, pastikan juga penerangan cukup banyak. penambahkan dekorasi bisa dilakukan agar tampilan rumah menjadi lebih istimewa. 

2. Budget

Meskipun pernikahan diselenggarakan di rumah, bukan berarti kamu tidak perlu memikirkan budget yang akan dikeluarkan. Namun agar paket catering pernikahan murah, maka sebaiknya dihitung secara detail dan seksama. Termasuk kemungkinan menghilangkan beberapa elemen yang mungkin saja tidak memberikan pengaruh pada pesta pernikahanmu. 

Besaran budget juga akan berpengaruh pada jumlah undangan yang akan kamu sebar. Bila acara sakral diselenggarakan di rumah maka yang wajib diundang terlebih dahulu adalah tetangga sekitar. Selanjutnya kamu bisa membuat daftar nama, mulai dari kerabat dekat hingga teman yang perlu diundang atau tidak. 

Banyaknya jumlah tamu undangan, tentu saja tidak bisa dilepaskan dengan jumlah menu yang harus disediakan. Ini juga berkaitan dengan jumlah souvenir pernikahan yang akan dibuat. Lagi-lagi budget harus kamu pertimbangkan untuk membuat yang satu ini. 

3. Vendor

Untuk menentukan menu pada paket catering pernikahan murah, kamu juga bisa mengkonsultasikan dengan yang ahli di bidangnya. Karena meskipun keluarga besar banyak, namun belum tentu paham dengan apa yang harus dilakukan. Terlebih bila kamu juga tipikal orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perencanaan seperti ini. 

Memilih vendor memang pilihan terbaik, karena acara pernikahan yang kamu inginkan akan berada di tangan profesional yang akan membantu kelancaran momen sakral tersebut. Selain menghemat waktu, kamu juga bisa menghemat tenaga karena tinggal menunggu vendor bekerja. Yang perlu kamu lakukan adalah sampaikan keinginan serta bujet yang kamu miliki, selanjutnya biarkan vendor memilihkan yang terbaik untukmu.

Sementara untuk menu yang akan dipilih, sebaiknya kamu tetap melakukan test food terlebih dahulu. Vendor catering tentunya tidak akan keberatan dan merupakan salah satu bentuk layanan yang harus mereka berikan. Pilih makanan yang benar-benar sesuai sehingga hidangan bisa habis dan tidak ada yang terbuang, 

4. Menu

Berikutnya adalah memilih menu yang disediakan pada paket catering pernikahan murah yang ditawarkan vendor. Sebagai gambaran, berikut ini adalah beragam menu yang bisa kamu pilih.

Pilihan pertama; nasi putih, nasi goreng, sup kimlo, ayam bumbu bali, ikan dengan saus nanas, capcay atau karedok dan kerupuk. Sementara untuk dessertnya kamu bisa memilih aneka buah, puding dengan vla atau yang lainnya. 

Pilihan kedua; nasi putih, nasi goreng, sup kimlo, capcay, ayam teriyaki atau ayam goreng mentega, daging dengan saus lada hitam atau rendang daging. Kemudian sambal goreng kentang dan hati sapi, ikan saus nanas serta mie atau bihun goreng. Tambahan lainnya seperti asinan buah, aneka kue jajanan pasar juga aneka buah. 

Pilihan ketiga; nasi putih, nasi goreng, sup, capcay, ayam kuluyuk atau ayam panggang, daging teriyaki atau balado. Juga bihun atau mie goreng, ikan bersaus nanas, karedok juga capcay dengan tambahan kerupuk, aneka buah juga aneka macam kue pasar.

Dari ketiga contoh menu catering pernikahan di atas, kamu bisa menentukan mana pilihan paket catering pernikahan murah yang paling tepat. Jika ada penambahan stall, kamu bisa memilih menu siomay, bakso, zuppa, es krim ataupun yang lainnya. Dari menu tersebut, biasanya juga ada jumlah minimal yang harus dipesan agar harga menjadi lebih murah. 

5. Perizinan

Karena pernikahan dilakukan di rumah, maka sudah seharusnya kamu meminta izin terlebih dahulu. Baik kepada tetangga sekitar hingga kepada Rukun Tetangga dan Rukun Warga di tempat kamu tinggal. Karena bagaimanapun juga, keramaian yang akan terjadi ketika pesta berlangsung akan menganggu warga sekitar.

Jika izin sudah kamu kantongi, kamu bisa dengan mudah meminta bantuan tetangga untuk membantu kelancaran acara. Hingga mereka pun bisa memaklumi bila suasana akan menjadi riuh setidaknya selama satu hari penuh. Selain itu, atas seizin tentangga, kamu juga bisa menggunakan halaman tetangga sebagai bagian dari pestamu. 

Itulah beberapa informasi mengenai bagaimana sebaiknya kamu menentukan dan bisa mendapatkan paket catering pernikahan murah yang bisa diselenggarakan di rumah. Sekali lagi pastikan semua rencana baik dan bicarakan dengan keluarga besar dan tentu saja calon pasangan pengantin kamu. Selanjutnya pilih vendor pernikahan yang direkomendasikan dan berpengalaman untuk membantu kamu melaksanakan momen spesial tersebut. Selamat memilih paket catering pernikahan!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...