Pilih Kategori Artikel

Apa Saja yang Ada dalam Paket Catering Pernikahan Sederhana?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Bila kamu memiliki budget terbatas untuk penyelenggaraan pernikahan, tidak ada salahnya memilih paket catering pernikahan sederhana. Karena walaupun harganya cukup terjangkau, menu yang tersedia dalam paket ini cukup pas di lidah para tamu dan tentunya menyenangkan para tamu undangan yang hadir di hari pernikahan kamu.

Pernikahan merupakan acara yang paling dinantikan oleh setiap orang terutama bagi mereka yang masih lajang. Acara ini termasuk acara sakral dan kental dengan makna kehidupan setelah menikah. Agar bisa berlangsung dengan baik, maka setiap calon pengantin akan mempersiapkannya dengan matang. Berbagai konsep acara akan dipikirkan dengan matang untuk dapat menyelenggarakan acara ini. Persiapan yang dilakukan mulai dari diri calon pengantin, keluarga, tempat acara, pengisi acara, adat yang digunakan, hingga menu makanan yang akan disajikan pada momen sakral ini. 

Makanan merupakan hal yang paling sering menjadi pusat perhatian para tamu undangan setelah kedua mempelai pengantin. Tak jarang para tamu sengaja berburu kuliner yang disajikan pada saat itu. Untuk memenuhi hal tersebut, kamu bisa memilih paket catering pernikahan sederhana. 

Paket ini lebih sering dipesan oleh para calon pengantin dari keluarga menengah ke bawah. Namun, tak jarang kalangan atas pun memesan pilihan menu buffet ini karena konsep yang digunakannya cukup sederhana. Konsep pernikahan yang mewah tentunya kurang cocok jika menggunakan makanan yang sederhana dalam arti jumlah dan jenisnya. 

Pilihan Menu Makanan dalam Paket Catering Pernikahan Sederhana

wm_article_img

Paket catering pernikahan sederhana biasanya menyajikan berbagai makanan yang umum dan harganya cenderung lebih murah. Penggunaan bahan makanannya ialah bahan yang lebih mudah di dapat dengan harga pasaran yang cukup murah. Penggunaan bahan ini sangat mendukung sebuah konsep yang sederhana. Bahan makanan utama yang digunakan pada paket ini biasanya terdiri dari ayam, nasi, tumisan atau sayur sop, kerupuk dan air mineral. Susunan menu yang terdiri dari bahan tersebut biasanya akan menghasilkan menu yang lebih sederhana namun tetap sopan dan pantas untuk disajikan. 

Penggunaan bahan ayam biasanya lebih memperlihatkan kesan sederhana namun tetap enak. Paket catering pernikahan sederhana biasanya menggunakan ayam sebagai hidangan utamanya. Sebagian lainnya juga menggunakan menu ikan. Dari segi harga ikan memang lebih tinggi dari ayam dengan selisih tidak terlalu jauh. 

Akan tetapi, pemilihan menu ikan biasanya akan kurang diminati oleh para tamu apalagi jika hanya ikan saja yang disajikan. Sebab, penggemar hidangan dari ayam biasanya lebih banyak dibandingkan para tamu yang menyukai makanan dari ikan. Kalaupun ada maka ikan yang digemari biasanya ikan dengan ukuran yang lebih kecil untuk dibakar atau digoreng saja. 

Namun, jika ayam dan ikan dipadukan dalam satu paket menu buffet maka konsep sederhananya akan lebih berkurang. Sebab, penggunaan dua bahan hewani mengharuskanmu membayar paket ini dengan harga yang lebih tinggi. Padahal memilih salah satunya pun sudah cukup untuk memenuhi standar menu buffet. Paket catering pernikahan sederhana biasanya juga memiliki ciri khas dari jumlah menu yang lebih sedikit. Umumnya paket sederhana ini terdiri dari 4 atau 5 menu saja. Misalnya terdiri dari nasi putih, ayam suir, sayur sop, gado-gado, kerupuk dan air mineral. Penggunaan jenis bahan pun sangat dibatasi. 

Untuk penggunaan bahan hewani biasanya kamu akan diberikan pilihan ayam saja atau ikan saja. Untuk sayurannya pun berlaku hal yang sama. Hal ini akan membantu konsep sederhana menjadi lebih terealisasi. Sebab, jika penggunaan bahan sejenis dalam satu set buffet maka bisa dinilai berlebihan dan keluar dari konsep sederhana. 

Pilihan Menu Minuman

Paket catering pernikahan sederhana biasanya hanya menyediakan air minum berupa air mineral saja. Hal ini dikarenakan air mineral lebih ekonomis dan tak perlu menyewa alat lain untuk dapat menyajikannya. Selain itu penyajian air mineral lebih praktis dan bisa ditata dengan bentuk berbeda-beda. Lain halnya dengan pemilihan air teh atau air dalam gelas lainnya. Sebab, kamu perlu menambah uang sewa gelas untuk penyajiannya. Selain itu, penataannya pun agak sulit dan datar. Para tamu pun akan merasa lebih kesulitan saat harus membawa piring makan lalu tangan lain untuk air teh panas. 

Risiko gelas pecah dan lain sebagainya akan lebih besar sebab tidak semua tamu bisa menggunakannya dengan hati-hati terutama saat di tengah kerumunan banyak orang. Hal ini tentu bisa lebih di efesienkan lagi. Untuk penggunaan air mineral kamu hanya perlu menyediakan sebuah meja dan sampahnya bisa tinggal kamu buang saja. 

Paket catering pernikahan sederhana juga menggunakan alat penyajian yang sederhana. Untuk ukuran serving dish biasanya menggunakan ukuran sedang. Disini catering bisa menata makanan dengan lebih sederhana namun cukup untuk porsi yang agak banyak. Harga sewanya pun tidak akan terlalu mahal. Penggunaan alat makan untuk tamu pun bisa lebih disesuaikan. Misalnya ukuran piring yang digunakan tidak terlalu besar. Catering akan menyediakan piring dengan ukuran umum kurang lebih diameter 15-20 cm. Sendok dan garpu yang digunakan pun bahan stainless biasa yang sering digunakan untuk skala rumahan. 

Pilihan Menu Gubukan

Untuk bagian gubukan atau stall-nya, paket catering pernikahan sederhana ini biasanya hanya menyajikan satu atau dua jenis makanan kecil saja. Menunya pun bukan makanan yang terlalu berat seperti mie baso, mie ayam atau pempek. Menu yang disajikan biasanya lebih ringan seperti es krim, minuman soda, atau buah potong.

Jenisnya tidak terlalu beragam dan cenderung lebih ringan karena konsepnya yang sederhana. Hanya saja kualitas dan penampilannya harus pas dan tidak monoton. Hal ini akan membuat konsep sederhana ini tetap enak dilihat dan tetap terlihat rapih. 

Konsep sederhana ini pada intinya lebih mengedepankan jumlah yang diminimalisir, peralatan yang tidak terlalu besar dan penataan yang tidak terlalu ramai. Paket catering pernikahan sederhana ini bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang karena soal budget tentunya tidak akan terlalu mahal. Hal ini bisa membuatmu menjadi lebih percaya diri. 

Namun, hal ini tergantung pada jumlah porsi yang kamu pesan. Hitung dengan cermat jumlah keluarga dan tamu undangan. Mintalah pihak catering untuk membuat perhitungan terlebih dahulu agar jumlahnya tidak membengkak atau bahkan kekurangan. Jangan lupa pilih catering yang profesional dan handal agar lebih terpercaya. 

Sebab, walaupun sederhana saja namun tetap perlu pengaturan yang tepat terutama dari pihak vendor penyedia paket catering pernikahan. Misalnya saat penyajian dibuat secantik dan serapih mungkin. Lalu, proses penyajiannya tidak terlalu banyak namun tetap teratur agar semua tamu mendapat bagiannya. Dengan begitu paket catering pernikahan sederhana bisa lebih efektif dan efisien. 

Bila perlu sesuaikan jumlah tamu dengan kemampuanmu untuk memesan menu. Jika tamu yang diundang terlalu banyak maka konsep pernikahanmu yang sederhana justru akan terkesan mewah. Sebab, biasanya jumlah tamu yang sangat banyak ada pada pernikahan yang cukup mewah. Hal ini akan membuatmu lebih tidak percaya diri dengan konsep ini. 

Konsultasikan paket catering pernikahan sederhana ini dengan semua orang yang terlibat didalamnya terutama keluargamu. Buatlah konsep dan perencanaan yang matang agar hasilnya lebih baik dan menarik. Yang tak kalah penting lagi penggunaan konsep ini harus tetap membuat acaramu tidak memalukan dan selalu berkesan. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...