Pilih Kategori Artikel

Yuk Buat Pernikahan Kamu Menjadi Pernikahan yang Ramah Lingkungan!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Jadikan acara pernikahanmu menjadi pernikahan yang ramah lingkungan. Acara pernikahan tentunya momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan. Tak heran jika mereka ingin mengadakan acara yang besar. Mereka pun mau untuk memiliki acara yang berbeda dari pasangan lainnya.

Kamu dan pasangan salah satu dari mereka yang ingin menciptakan jenis pernikahan berbeda? Cobalah untuk mengadakan acara pernikahan yang ramah lingkungan. Selain unik, tentunya acara tersebut sangat berdampak untuk menyelamatkan bumi ini. Jadilah pasangan yang mengawali hal ini diantara teman sekitarmu. Mengadakan acara pernikahan ramah lingkungan juga dapat dikatakan lebih hemat bujet dibandingkan dengan pernikahan biasa pada umumnya.

Lalu bagaimana cara mewujudkannya? Apa saja yang dapat kamu dan pasangan ganti agar pernikahan dapat menjadi lebih ramah terhadap lingkungan? Lihat saja di bawah ini!

Tips Mewujudkan Pernikahan yang Ramah Lingkungan

wm_article_img

1. Lokasi

Pemilihan lokasi yang tepat ternyata dapat membuatnya menjadi  pernikahan yang ramah lingkungan. Lokasi yang tepat bukan ada di dalam ruangan tapi malah di luar ruangan. Melangsungkan acara di dalam ruangan pasti membutuhkan bantuan listrik untuk mendukungnya. Mulai dari puluhan lampu, bantuan sound system hingga pendingin ruangan yang harus terus menyala selama prosesi berlangsung. Mungkin kamu berpikir bahwa acara tersebut hanya beberapa jam saja.

Ya, kamu benar tapi hal itu sangat tidak ramah terhadap lingkungan. Berbeda dengan mengadakan acara di luar ruangan. Kamu memiliki pencahayaan alami tanpa listrik yaitu pancaran sinar matahari. Pendingin ruangan pun tidak perlu lagi digunakan karena terdapat udara segar alami. Untuk mengganti penggunaan sound system, kamu dapat membeli pengeras suara atau mikrofon portabel.

Sangat mudah untuk mencarinya karena saat ini mikrofon portabel sedang gencar-gencarnya disukai oleh banyak orang. Walaupun suaranya tidak dapat mengalahkan sound system tapi setidaknya kamu dapat mewujudkan pernikahan ramah lingkungan dan membantu bumi ini. Dengan begitu, kamu dapat mengurangi penggunaan listrik di acara pernikahanmu.

2. Souvenir

Berhentilah memakai souvenir pernikahan yang mengandung plastik dan kertas. Kali ini, cobalah untuk memilih suvenir yang ramah lingkungan. Misalnya dengan memberikan tanaman kepada para tamu.

Tentunya bukan tanaman yang besar melainkan kaktus kecil. Kamu bisa mencarinya pada toko tanaman. Carilah model yang berbeda-beda agar lebih bervariasi. Kamu dapat melangsungkan pernikahan yang ramah lingkungan tentunya dengan memperhatikan bahan yang digunakan untuk pembuatan suvenir pernikahan kamu!

3. Gaun dan jas

Bagaimana menciptakan pernikahan ramah lingkungan dari sisi gaun dan jas pengantin? Tentunya dengan menyewanya. Jadinya kamu tidak perlu membeli bahan dan menjahit baru. Jika ingin lebih ramah lagi, gunakan gaun dan jas milik ayah atau ibumu. Kamu pun tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewanya.

4. Makanan

Pesanlah makanan yang ramah terhadap lingkungan. Sajikan menu yang sehat dan segar tentunya. Seperti sayuran dan buah yang umum yaitu brokoli, melon, apel dan makanan sehat lainnya.

Berhubungan dengan makanan, biasanya pihak katering menyediakan tisu sebagai pelengkap. Namun, ketahuilah bahwa penggunaan tisu tidak termasuk ramah lingkungan. Mintalah kepada pihak vendor katering untuk tidak menyediakan tisu tapi sediakanlah napkin agar pernikahanmu jadi ramah lingkungan.

5. Undangan

Bayangkan saja berapa jumlah kertas yang dibutuhkan untuk mencetak undangan. Berapa pula pohon yang telah ditebang untuk pembuatan undangan itu. Kini adalah saatnya untuk kamu mencetak undangan yang ramah terhadap lingkungan. Gunakan bahan undangan yang dapat didaur ulang dengan pemakaian tinta alami.

Kalau tidak ingin ribet, cobalah untuk mengirim undangan lewat media sosial. Desainlah dengan secantik mungkin agar tetap menarik selayaknya undangan pada umumnya. Pengurangan bahan kertas akan sangat terlihat saat kamu memilih untuk mengirim undangan via media sosial. Sekarang juga sudah banyak wedding organizer yang menyediakan undangan digial (e-invitation) loh!

Kelima hal itulah yang dapat kamu buat menciptakan pernikahan yang ramah lingkungan. Jadi bagaimana? Sudah siapkah kalian sebagai pasangan membantu bumi ini dalam mengurangi penggunaan listrik dan bahan yang tidak ramah lingkungan?

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...