Pilih Kategori Artikel

9 Trik Ini Bisa Kamu Gunakan untuk Menyelenggarakan Resepsi Pernikahan Sederhana
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sukses dalam menyelenggarakan resepsi pernikahan sederhana adalah impian setiap pasangan pengantin, khususnya bagi yang memiliki anggaran terbatas. Bagi sebagian orang, pernikahan adalah hal atau momen sehidup sekali sehingga harus dilaksanakan dengan secara mewah. Ini adalah pola pikir yang salah kaprah karena pernikahan merupakan tentang kenyamanan kamu dan pasangan, bukan tentang kenyamanan tamu undangan.

Sebuah resepsi pernikahan memang seharusnya cukup dilakukan secara sederhana saja. Hal ini dikarenakan anggaran yang kamu miliki sebaiknya diprioritaskan untuk kebutuhan yang lebih penting dalam rumah tangga, seperti rumah, mobil, pendidikan anak, asuransi kesehatan, dan masih banyak lagi.

Resepsi pernikahan merupakan momen spesial dimana seorang pria dan wanita mengumumkan status hubungannya kepada khalayak ramai. Di sini kamu dan pasangan tidak hanya mengundang dua pihak keluarga, tapi juga seluruh orang yang kamu kenal, baik itu teman sekolah, teman semasa kecil, teman kerja, dan tetangga. Tak heran jika banyak pengantin yang mengundang ratusan bahkan ribuan tamu.

Belum lagi ditambah dengan biaya fotografer, katering, dekorasi, wedding organizer, dan item pernikahan lainnya yang menghabiskan hingga puluhan juta. Harapan ingin menyelenggarakan resepsi pernikahan sederhana pupuslah sudah.

Tips Menyelenggarakan Resepsi Pernikahan Sederhana

wm_article_img

Eits, jangan khawatir, berikut ada 9 trik yang dapat kamu gunakan untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan sederhana. Simak satu persatu, ya!

  1. Membeli mahar atau mas kawin dengan harga yang terjangkau

Mahar atau mas kawin adalah hal yang paling utama bagi siapapun yang ingin melaksanakan pernikahan. Mahar atau mas kawin diberikan dari mempelai pria kepada mempelai wanita sebagai tanda bahwa wanita harus dihormati dan dimuliakan. Karena konsep yang kamu usung adalah resepsi pernikahan sederhana, kamu tidak perlu membeli mahar atau mas kawin dengan harga yang fantastis. Yang terpenting adalah tulus dan ikhlas menerima segala kekurangan dan kelebihan yang ada pada mempelai wanita.

Anggaran untuk biaya mahar atau mas kawin ini bisa diminimalisir dengan membeli mahar dengan harga terjangkau di toko emas terdekat. Kamu juga bisa membeli mahar secara online karena dapat menghemat waktu dan tenaga. Mahar atau mas kawin tidak harus sebuah bentuk cincin atau “emas”, mahar pun bisa berbentuk uang atau barang lain yang berharga. Tetapi kembali lagi pada kesepakatan antara keluarga kedua belah pihak, apakah mereka setuju dengan jenis mahar yang akan kamu berikan nanti.

  1. Menyewa busana pengantin

Menjadi seorang raja dan ratu dalam sehari memang menyenangkan, karena di sini adalah satu-satunya momen dimana mata semua orang tertuju padamu. Tentunya hal itu didukung dengan busana pengantin yang menarik, make up yang serasi, dan sesuai dengan tema pernikahan tersebut. Akhir-akhir ini banyak sekali wanita yang rela menghabiskan uang puluhan juta hanya untuk membeli busana pengantin yang mewah atau busana pengantin yang paling unik. Padahal, busana ini nantinya hanya dipakai sehari saja, selebihnya disimpan hingga berdebu di lemari rumah.

Bagi kalian yang ingin resepsi pernikahan sederhana, cukuplah membeli busana pengantin yang murah, atau menyewa pada salah satu vendor yang menyediakan persewaan baju pengantin. Walaupun tidak banyak pilihan yang disediakan, namun kamu bisa menambahkan aksesoris sendiri sesuai kreativitas kamu, seperti selendang, manik-manik, pita, dan masih banyak lagi. Apabila kita memiliki bahan lebih dan bisa menjahit, maka itu lebih baik karena bisa disesuaikan dengan keinginan sendiri.

  1. Meminta teman/kerabat untuk merias wajah

Untuk make up tidak perlu MUA (Make up Artis) tidak perlu mahal seperti kebanyakan kalangan publik figur atau mengikuti tren yang beredar di sosial media. Biasanya ada vendor busana pengantin yang juga menyediakan free make up sehingga dapat menghemat biaya pernikahan.

Namun, jika kamu memiliki saudara atau teman yang bisa merias pengantin maka itu lebih baik. Dengan begitu kamu bisa sambil berbincang ria dengan orang terdekatmu sehingga proses merias wajah yang membutuhkan waktu berjam-jam tidak terasa membosankan.

  1. Memanfaatkan lahan sekitar rumah sebagai lokasi resepsi

Untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan memerlukan lokasi yang luas atau setidaknya dapat menampung banyak orang untuk menghadiri resepsi pernikahan. Lokasi resepsi pernikahan dapat dimana saja seperti ballroom hotel, taman, ataupun menyewa gedung pernikahan.

Dalam rangka menghemat budget demi melaksanakan resepsi pernikahan sederhana, lokasi pernikahan dapat di gelar di depan rumah mempelai wanita atau di lapangan terdekat. Kamu bisa menyewa tenda pernikahan atau bisa menggunakan konsep outdoor untuk acara pernikahanmu. Dengan begitu kamu tidak perlu booking H-6 bulan, pelayanan jam yang dibatasi, dan membayar puluhan juta seperti pengantin yang menyewa gedung pada umumnya. Sangat menarik, bukan? 

  1. Tidak perlu tema yang muluk-muluk untuk dekorasi

Jika sebelumnya lokasi sudah ditentukan, maka hal yang perlu dipikirkan selanjutnya adalah mendekorasi tempat tersebut menjadi venue resepsi pernikahan sederhana yang cantik. Biasanya dekorasi pernikahan di Indonesia ditandai dengan janur kuning dan sebuah tenda yang besar. Sekarang ini, banyak sekali influencer atau publik figur yang menyelenggarakan resepsi pernikahan dengan dekorasi yang tak biasa.

Hal itu dibuktikan dengan adanya tema-tema yang cukup rumit seperti tema cinderella, star wars, game of thrones dan yang lainnya. Tentunya hal ini akan sangat memakan biaya dari segi kostum, properti, dan dekorasi. Bagi kalian yang ingin mengusung konsep resepsi pernikahan sederhana namun tetap romantis, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan tema sederhana seperti rustic garden dan minimalis. Tema ini hanya memainkan warna dasar yang soft seperti putih, hitam, hijau, dan biru.

  1. Menyortir tamu undangan

Tamu undangan juga bagian dari adanya resepsi pernikahan sederhana. Tanpa adanya tamu undangan untuk apa kita menggelar sebuah resepsi pernikahan? Kehadiran tamu undangan tentunya membuat si penyelenggara acara resepsi bahagia, karena mereka sempat meluangkan sebagian waktunya untuk datang ke acara resepsi pernikahan kamu dan pasangan.

Untuk menghemat biaya pengeluaran resepsi pernikahan, tamu undangan perlu di sortir. Kamu harus memilih dan memprioritaskan siapa saja yang akan menjadi tamu undangan. Hal ini dikarenakan semua teman yang kamu kenal harus diundang. Undanglah maksimal 100-300 undangan karena jumlah tamu undangan dapat menghemat anggaran biaya pernikahan dari segi katering, lahan, dan banyaknya meja-kursi yang harus disediakan.

  1. Meminta kerabat untuk menghidangkan masakan katering

Makanan yang lezat dalam acara resepsi pernikahan, baik resepsi pernikahan sederhana atau mewah, merupakan hal yang paling diincar oleh tamu undangan. Bila ingin menjamu tamu undangan yang banyak seperti pada acara resepsi maka perlu menggunakan jasa katering. Apabila makanannya kurang enak atau kehabisan stok sebelum acara resepsi selesai, hal itu akan menjadi omongan yang tidak enak dari kalangan tamu undangan dan tetangga.

Namun, menggunakan jasa vendor katering dikhawatirkan akan memakan anggaran biaya melebihi budget yang telah kamu rencanakan. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa meminta bantuan saudara atau tetangga untuk memasak sendiri makanan yang akan dihidangkan kepada seluruh tamu undangan. Dengan begitu maka akan lebih hemat, praktis, dan lebih sederhana.

  1. Membeli souvenir di tempat grosir

Sudah menjadi tradisi apabila sebagai tamu undangan menghadiri sebuah resepsi pernikahan pasti mendapatkan hadiah souvenir dari acara resepsi tersebut. Dan tak jarang juga hadiah itu mencerminkan kemewahan acara resepsi, contohnya apabila lokasi resepsi berada disebuah gedung pernikahan atau hotel yang mewah, maka hadiah souvenir yang diberikan pun harus mewah dan mahal. Dan apabila menggelar resepsi pernikahan di rumah mempelai wanita, souvenir yang diberikan pun sesuai standar seperti biasanya.

Namun apabila ingin menghemat biaya pengeluaran resepsi pernikahan, belilah souvenir di tempat grosir untuk mendapatkan harga murah dan jumlah yang cukup banyak. Ada bermacam-macam pilihan souvenir untuk resepsi pernikahan sederhana, seperti pulpen, sendok nasi, dompet kecil, bros, dan masih banyak lagi. Usahakan memilih suatu barang yang memang berguna untuk keperluan sehari-hari tamu undangan.

  1. Menyetel musik untuk acara hiburan

Tak lengkap bila mengadakan sebuah acara tidak dibarengi dengan acara hiburan yang menarik, terlebih lagi dalam acara resepsi pernikahan sederhana yang berlangsung selama berjam-jam lamanya dengan ratusan orang yang berlalu-lalang. Hal ini pasti akan membuat tamu undangan cepat merasa bosan sehingga membuat mood tidak enak. Tujuan acara hiburan dalam acara resepsi pernikahan adalah untuk menghibur para tamu undangan sehingga menjadi daya tarik tamu undangan yang sebelumnya tidak niat untuk datang.

Tetapi tentunya lagi-lagi biaya yang dikeluarkan tidaklah murah dan tidak sesuai dengan anggaran yang telah direncanakan. Tenang, kamu tetap bisa menyediakan acara hiburan walaupun dengan konsep resepsi pernikahan sederhana. Hal itu bisa dilakukan dengan suara tape recorder atau dengan menyetel lagu tanpa harus mengundang bintang tamu atau musik organ tunggal.

Itulah tips untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan sederhana. Terlihat mudah dan sangat menghemat anggaran, bukan? Tidak perlu ragu, malu, atau gengsi sehingga harus memaksakan diri menggelar resepsi pernikahan yang mewah dan harus berhutang sana-sini. Menggelar resepsi pernikahan dengan cara berhutang tentunya nanti akan menyulitkan kamu di kemudian hari. Sebelum menggelar resepsi, diperlukan diskusi terbuka antara semua pihak keluarga tentang kesanggupan yang kamu miliki bersama pasangan. Dengan begitu, dijamin kamu dan pasangan akan menjalani setiap susunan acara dengan perasaan lega tanpa beban. Semoga tips diatas bermanfaat untuk kamu yang ingin menyelenggarakan resepsi pernikahan sederhana. Selamat mencoba!

Foto: Viva, Indonesiakoran

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...