Pilih Kategori Artikel

3 Tipe Sepatu Pengantin Wanita, Kamu Harus Tahu Sebelum Memilihnya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sepatu merupakan salah satu aksesoris penunjang yang sangat penting untuk pengantin wanita dan pengantin pria. Selain gaun dan perhiasaan yang harus diperhatikan kamu juga harus memperhatikan sepatu pengantin. Sepatu ini yang akan menemani langkahmu di hari bahagiamu.

Pilihlah sepatu pengantin wanita yang terbaik untuk digunakan. Kamu bisa menyewa atau membeli sepatu baru atau bahkan kamu memiliki sepatu yang sudah lama yang cocok dipadukan dengan gaun pengantinmu. Jangan karena ingin menghemat budget, sepatu yang kamu gunakan tidak sesuai dengan baju pengantin kamu, hari yang kamu tunggu merupakan momen seumur hidup yang tidak akan pernah terlupakan.

Desain sepatu sangat bervariasi, mulai dari low heels hingga high heels yang memberi kesan stylish. Pilihlah sepatu yang bisa kamu kenakan nantinya dikemudian hari agar tidak mubazir atau kamu akan menyimpannya sebagai koleksi sepatumu. Buatlah satu lemari khusus untuk memajang sepatu dan baju pernikahanmu yang akan selalu kenang. Yuk, simak artikel berikut!

Kapan Sebaiknya Membeli Sepatu Pengantin?

Menjelang hari pernikahan banyak pasangan yang sibuk membenahi kebutuhan masing-masing, sehingga tidak sedikit pula yang kesulitan mendapatkan sepatu idealnya. Waktu terbaik untuk menentukan gaun dan sepatu pengantin adalah tiga bulan sebelum pernikahan.

Tidak menjadi masalah jika kamu dari awal sudah mempersiapkannya. Dengan begitu kamu masih mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan yang lain. Acara pernikahan biasanya berlangsung sepanjang hari, maka akan semakin baik apabila kamu mempersiapkannya dengan matang.

Manfaat Membeli Sepatu Pengantin

Acara pernikahan merupakan salah satu hal yang terpenting dan momen yang teristimewa. Memilih sepatu pengantin untuk menyempurnakan penampilan dengan gaun pengantin yang indah. Agar tidak salah memilih sepatu pengantin, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Membeli sepatu pengantin adalah cara yang sangat aman agar tidak ada kesalahan saat hari pernikahanmu dan bisa menyesuaikan dengan gaun pengantinmu. Maanfaat lainnya, kamu bisa menyimpan sepatu pengantinmu sebagai saksi bisu di hari bahagiamu.

Menyewa Sepatu Pengantin Juga Dapat menjadi Solusi

Menyewa? Apa salahnya, apabila kamu ingin memakai brand sepatu favorit, tetapi khawatir harganya terlalu mahal kamu dapat menyewanya. Beberapa pengantin wanita banyak memilih menyewa sepatu agar lebih mudah dan hemat.

Sangat sulit mencari brand sepatu tertentu di rental sepatu biasa, terutama untuk brand terkenal. Jika kamu memutuskan untuk menyewa sepatu pengantin, sewalah 1-2 minggu sebelum hari pernikahan tiba. Kamu pasti perlu membiasakan diri dengan sepatu tersebut agar tidak terlihat kaku ketika berjalan di pelaminan.

Cara Memilih Sepatu Pengantin

Sebelum membahas rekomendasi sepatu pengantin terbaik, kami akan menjelaskan dahulu cara memilih sepatu pengantin untuk kamu. Kesan yang ingin ditampilkan bergantung pada bentuk ujung sepatu yang kamu pilih.

Ada beberapa tipe ujung sepatu yang biasanya digunakan untuk hari pernikahan, yaitu round toepointed toe, dan open toe. Pilihlah yang sesuai dengan gaun pilihan kamu. Pertimbangkan beberapa poin berikut ketika akan membeli sepatu.

1. Round toe untuk gaun bervolume yang menampilkan kesan cute

wm_article_img
Foto: Slight Shop

Biasanya para wanita memilih sepatu round toe ini, digunkan untuk gaun yang bermodel princess line,  A-line atau midi-length. Pilihlah sepatu yang mempunyai desain yang cute, kamu akan terlihat lebih muda.

Ujung sepatu ini tidak akan membuat kaki kamu pegal, karena ujung sepatu dibuat bulat dengan sol yang tebal. Sepatu ini bisa digunakan pada acara pernikahan outdoor berdurasi panjang seperti garden party.

2. Pointed toe untuk gaun mermaid dan empire yang memberi kesan seksi

wm_article_img

Foto: Slight Shop

Memilih sepatu dengan model pointed toe akan menonjolkan sisi keseksianmu, lho. Apalagi dengan gaun pendukung dengan model mermaid  dan empire line menonjolkan sisi vertical dan membuat tubuh terlihat lebih panjang. Model gaun yang panjang dan ngepas pada tubuh akan membuat penampil elegan dan sexy.

Gunakan dengan hak stiletto yang lebih tinggi, penampilan kamu akan lebih sempurna. Desain sepatu pointed toe cocok untuk segala usia. Sehingga tidak perlu khawatir terlihat tua. Kamu tidak ingin terlihat tua? Pilihlah model yang berkilau tanpa banyak ornamen.

3. Open toe yang cantik dan glamor untuk gaun mini length

wm_article_img
Foto: IDN Times

Masih jarang wanita yang menggunakan sepatu open toe di hari pernikahannya. Sepatu open toe ini terkadang memberi kesan tidak formal pada hari pernikahan. Namun, saat, menggunakan gaun mini-length saat ini sudah populer sehingga cocok menggunkan sepatu open toe. Jangan lupa memakai kutek yang senada dengan gaun dan sepatu akan terlihat lebih fashionable.

Memakai sepatu dengan model yang terbuka dibagian belakang mules shoes juga tidak masalah. Tentunya kana lebih nyaman jika kamu mengusung tema pernikahan berkonsep homey. Jika kamu memilih menggunakan sepatu mules pilihlah yang behiaskan renda yang natural untuk kesan cantik.

Pilih Berdasarkan Tinggi Hak Sepatu

Tinggi hak sepatu juga bisa menentukan gaya keseluruhan kamu. Tergantung pada tipe gaun yang kamu  kenakan di hari bahagiamu. Apabila tipe gaun yang dikenakan adalah princess line, maka cukup memilih hak bertinggi 2-3 cm. Memberi keleluasaan saat dipakai berjalan dan membuat Anda terlihat lebih rapi.

Penampilan akan lebih ideal apabila pengantin pria tampak lebih tinggi sekitar 10-15 cm. Dengan perbedaan tinggi tersebut, kedua mempelai akan terlihat lebih ideal ketika bersanding. Penampilan pengantin pria dan wanita sama penting, karena menjadi pusat pertama dilihat saat para tamu undangan datang. Oleh karena itu, tinggi hak sepatu sangat penting agar kedua mempelai terlihat seimbang. Jika tidak tahan memakai hak sepatu yang tinggi kamu bisa mencari yang memiliki hak sepatu yang sedang.

 Pilihlah Warna dan Bahan Sesuai dengan Kesan yang Ingin Ditampilkan

Pilihlah warna sepatu dengan bahan yang bagus agar dapat dipasangkan pada gaun pernikahanmu. Sepatu yang indah dengan konsep yang menark pastinya akan meninggalkan kesan pada penagntin wanita.

Sedikit sekali sepatu yang memberi kenyamanan saat dipakai, apalagi kamu hanya mengambil kesan keindahan sepatu tersebut. Pilihlah sepatu yang memiliki ornament seperti renda, organza, atau rhinestone yang akan membuat penampilan lebih menarik.

Warna gaun dan sepatu yang senada tentu akan membuatnya terlihat cantik. Maka dari itu, pemilihan warna merupakan salah satu poin penting yang tidak boleh dilewatkan. Warna putih adalah pilihan warna yang sudah lazim karena sesuai dengan gaun pengantin. Sepatu warna pucat seperti silver, beige, atau pink pastel tidak akan merusak penampilanmu.

Kamu bisa mempertimbangkan sepatu warna biru tosca atau merah jika menggunakan gaun mini atau midi-length. Padukan warna sepatu pengantin wanita dengan sepatu atau kaus kaki calon pengantin pria. Dengan cara tersebut, pernikahanmu akan terkesan stylish dan juga lebih modern.

Pemilihan Bahan dan Ornamen Menentukan Kesan yang Ditampilkan

Berbagai macam bahan sepatu pengantin, tetapi bahan yang paling terkenal aialah yang terbuat dari sutra dan satin. Bahan sutra dan katin terkenal karena cocok dipasangkan dengan gaun pernikahan serta memberi kesan cute dan romantis.

Sepatu dengan ornamen seperti renda, organza, glitter, atau rhinestone akan membuat sepatumu lebih menarik. Namun, kamu juga perlu berhati-hati dan memperhatikan bagian dari sepatu yang memiliki ornamen yang terlalu besar akan membuat kesan penampilan terlalu mencolok dan norak.

Kebanyakan pengantin kurang menyukai penampilan yang mencolok dan norak, kamu bisa memilih sepatu enamel yang simpel. Selain untuk acara pernikahan, sepatu enamel juga bisa dikenakan di acara pesta lainnya, lho.

Pilih Sepatu Berdasarkan Kenyamanan Pemakaian

Menjadi ratu satu hari alisa pengantin wanita, kamu akan banyak berdiri dan berjalan saat acara pernikahan. Memiliki postur tubuh yang terlihat indah dan cantik membuat kamu ingin berjalan kesana kemari.

Jadi sangat penting bagi pengantin wanita memilih ukuran sepatu yang pas untuk digunakan. Ada beberapa kejadian, kaki seorang pengantin wanita mudah bengkak akibat berdiri terlalu lama, pilihlah sepatu dengan ukuran yang lebih besar. Menambahkan insole atau shoe straps juga bisa menjadi salah satu alternatifnya.

Banyak  yang harus diperhatikan saat memilih sepatu, salah satunya adalah menyesuaikan jenis sol sepatu kamu dengan lantai venue. Lantai karpet, akan lebih mudah apabila kamu memilih sol jenis flat. Lantai yang licin seperti marmer, kamu dapat menggunakan sol jenis antiselip agar tidak tergelincir.

Jika venue acara pernikahanmu di taman atau resort, hindari sepatu dengan hak stiletto gunakan sepatu dengan hak yang lebih tebal agar lebih aman.

Pertimbangkan Brand Sepatu Pengantin Terkenal

Apabila kamu memiliki konsep pernikahan yang mewah, maka sepatu dari desainer terkenal tidak boleh terlewatkan. Selain kualitasnya yang terjamin, kamu dapat memilih desain sepatu sesuai gaun dan konsep dengan mudah. Biasanya desainer lebih mengerti apa yang diinginkan.  Kamu bisa bebas berkonsultasi dengan desainer, agar nantinya tidak ada kesalahan di hari H.

Jika kamu mengusung konsep yang elegan dan seksi, Christian Louboutin atau Jimmy Choo dapat menjadi pilihan brand sepatu pengantinmu. Apabila ingin konsep yang melankolis dan manis, Miu Miu menjadi pilihan brand sepatu pengantinmu. Ada baiknya jika kamu langsung membeli di official store-nya. Membelinya melalui toko online tidak dapat menjamin keaslian produk.

Saat ini sudah banyak brand sepatu lokal yang kualitasnya bersaing dan tentunya menampilkan model sepatu yang menarik. Seperti brand AliveLoveArts, tidak hanya populer tetapi nyaman dipakai dan memiliki desain yang memukau. Jika kamu mempunyai budget yang cukup akan sangat mendukung kamu untuk memiliki sepatu yang kamu inginkan.

Pernikahan moment yang sangat dijaga keberlangsungannya. Tidak menginginkan adanya kegagalan dalam hari bahagia itu. Tampil dengan sempurna menggunakan gaun pengantin dan sepatu akan membuat kamu ratu sehari.

Banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilih sepatu, salah satunya ialah cara memilih sepatu hal yang harus kamu pahami. Semoga tips di atas dapat menginspirasi kamu dalam memilih sepatu pengantin ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...