Rekomendasi Souvenir Pernikahan Kayu yang Unik dan Artistik

21 May 2020 | By Wedding Market | 62
Rekomendasi Souvenir Pernikahan Kayu yang Unik dan Artistik
foto: pinterest

Dalam kehidupan sehari-hari manusia, tak pernah lepas dengan kayu yang menjadi salah satu bagian yang paling erat. Ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari kayu. Mulai dari menjadi materi untuk membuat perabotan rumah, hingga material untuk membuat rumah. Salah satunya terdapat ada souvenir pernikahan kayu.

Sejak manusia belum mengenal semen dan bata, rumah dibangun dan disusun dari berbagai macam kayu. Di sejumlah daerah, bahkan rumah kayu tradisional masih tetap dipertahankan. Ini bahkan menjadi satu hal yang menarik bagi wisatawan.

Penggunaan kayu, tidak hanya rumah, kapal laut pun hingga kini masih banyak yang menggunakan kayu sebagai bahan utamanya. Baik kapal nelayan besar maupun kapal cadik yang berukuran kecil.

Sejumlah pernik penghias rumah pun banyak dibuat dari kayu, seperti ukuran dinding, pigura foto, atau sekadar pajangan. Untuk ukuran yang besar, kayu juga menjadi bahan utama berbagai furnitur rumah, seperti kursi tamu, kursi teras, lemari, dan berbagai furnitur lainnya.

Tips Memilih Souvenir Pernikahan Kayu

1. Teliti dalam memilih cat yang akan digunakan

Dalam proses pembuatannya, souvenir pernikahan kayu pasti akan melalui tahap finishing dengan proses di cat. Bukan hanya untuk mempercantik tampilan, cat juga biasanya berfungsi untuk mencegah rayap sehingga kayu bisa lebih awet.

Dalam proses mewarnai kayu tentu tidak bisa sembarang menggunakan cat. Apalagi ada banyak merek cat semprot yang berbedar di pasaran. Merek cat semprot yang banyak digunakan antara lain Pylox, Sappor, Diton, atau Sizuka. Cat semprot ini biasanya berbahan dasar akrilik atau epoxy.

Selain metode di semprot, ada juga cat kayu yang menggunakan kuas. Salah satu produknya adalah Biovarnish yang mempu menciptakan kilauan warna, dan dapat mencapai sudut-sudut kecil dari sebuah souvenir. Cat berbahan dasar air ini bisa mudah kering dan kandungan racunnya sangat kecil, karena sudah memenuhi standar EPA dan ECHa.

2. Kehalusan Kayu

Souvenir pernikahan kayu yang memiliki kualitas bagus tentu punya tekstur yang halus ketika dipegang. Kehalusan ini harus terasa sampai ke sudut-sudut souvenir, bukan hanya sekadar di permukaan yang luas saja. Ini menunjukkan bahwa proses pembuatannya memang sudah dilakukan dengan maksimal.

Butuh ketekunan yang besar ntuk menghaluskan permukaan kayu yang terdapat pada souvenir yang akan kalian pilih. Beda lagi jika kamu memilih souvenir yang dihaluskan berukuran kecil. Harus sabar dan telaten untuk menghasilkan sebuah souvenir pernikahan kayu yang halus dan mulus. 

Ketika kamu sedang mencari souvenir pernikahan kayu selalu perhatikan kehalusan bahannya. Semakin halus, maka souvenir tersebut semakin pantas dibeli.

3. Kekuatan Kayu

Langkah yang harus kamu lakukan ketika memilih souvenir pernikahan kayu adalah terkait kekuatannya. Apakah ada bagian yang retak di pinggiran atau tidak? Kondisi tersebut menunjukkan bahwa souvenir kayu tersebut dibuat dari kayu dengan kekuatan yang rendah. Ini membuatnya sangat mungkin akan cepat rusak.

Lebih baik jangan pilih kayu yang memiliki banyak mata kayu. Dibagian ini akan lebih mudah pecah atau lepas. Mata kayu merupakan salah satu bagian terlemah dari kayu. Kurang baik ketika sudah digunakan menjadi souvenir kayu. 

Ketika memilih souvenir pernikahan kayu, kamu bisa memilih jenis yang kuat dan bagus seperti jati, sonokeling, kayu besi, dan kelapa. Jika kayu yang dipilih memang punya kekuatan yang bagus, akan mampu menahan serangan rayap atau ngengat perusak kayu lainnya.

4. Model yang Cantik dan Menarik

Sebelumnya sudah membahas mengenai bahan kayu yang dijadikan sebagai souvenir. Kini, memperhatikan desainnya yang menarik. Meski berbahan kayu kuat dan finishing yang tepat, kalau bentuk dan modelnya tidak sesuai di hati, maka kamu tidak wajib untuk membelinya. 

Masih banyak souvenir pernikahan kayu yang memang punya desain menarik. Apalagi jika souvenir tersebut nantinya akan diberikan kepada para tamu undanganmu. Setiap orang ingin memberikan cinderamata yang terbaik, kan?

10 Rekomendasi Souvenir Pernikahan Kayu yang Unik dan Artistik

1. Nampan Kayu

Rekomendasi pertama mengenai souvenir pernikahan kayu adalah nampan kayu. Nampan ini memiliki nama lain seperti baki, dulang, dan talam, nampan adalah satu peralatan yang pasti ada di setiap rumah. Bentuknya pun beragam, ada yang seperti persegi, bulat, ataupun oval. Biasa dipakai untuk membawa suguhan kepada tamu yang datang ke rumah.

Benda yang satu ini akan memberi kesan berbeda dibanding bahan yang lain. Akan terlihat lebih elegan dan berkelas. Eits, souvenir pernikahan kayu yang satu ini pun beragam jenisnya yang bisa kamu pilih, lho.

- Kiano Tray

Nampan yang satu ini memiliki ukuran 15 cm x 22 cm, nampan ini di jual kisaran harga pasar Rp50.000. Terbuat dari bahan kayu sawo serta didesain dari susunan kayu pipih yang membentuk jaring-jaring panjang di bagian atas. Dilengkapi dengan 2 kaki penyangga, kamu bisa menemukannya di online shop ataupun vendor souvenir pernikahan.

- Serving Tray Cake Unik

Nampan yang satu ini ini terbuat dari kayu pilihan dengan desain yang menarik. Berukuran panjang 40 cm, lebar 40 cm, dan ketebalan 2 cm. , nampan ini di jual kisaran harga pasar Rp130.000.

2. Buku Binder Kayu Migunani

Binder kayu ini merupakan salah satu rekomendasi souvenir pernikahan kayu untuk cinderamata di hari pernikahanmu. Kamu bisa memberikan pada mereka yang suka mencatat semua hal dalam satu tempat. 

Dengan binder, semua catatan bisa dipisahkan oleh sekat saja. Jadi, tidak perlu repot membawa banyak buku dalam tas. Eits, souvenir pernikahan kayu yang satu ini pun beragam jenisnya yang bisa kamu pilih, lho.

- Buku Binder Kayu Migunani

Binder yang satu ini terbuat dari kayu jati dan sonokeling yang dijamin kekuatannya. Dibuat oleh pengrajin di Lampung yang dikemas dengan unik, yaitu menggunakan besek bambu tradisional. Berukuran 22 x 15 x 2 cm. Harga yang ditawarkan pun kisaran Rp140.000.

- Binder Kayu Pinus

Pilihan binder lainnya adalah binder kayu pinus. Harganya pun kisaran Rp100.000. Tekstur natural dari kayu pinus membuat binder ini terlihat keren dan otentik. 

Ada juga Binder Kayu 6 Ring yang dibanderol Rp 100.000. Ukuran bindernya 23 x 15,8 cm sementara kertasnya 21 x 14,8 cm. Terbuat dari kayu meranti dengan dihiasi 6 ring. Produk handmade ini bisa Anda beli di Tokopedia atau Bukalapak.

3. Crate Kayu

Rekomendasi souvenir pernikahan kayu berikutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah crate kayu. Souvenir yang satu ini sangat dekoratif untuk menghias rumah atau kamar kalian menjadi lebih menarik. Apalagi jika dibuat dari kayu pinus yang memiliki motif khas yang berbeda dari kayu lainnya. Eits, souvenir pernikahan kayu yang satu ini pun beragam jenisnya yang bisa kamu pilih, lho.

- Box Crate Kayu Dekoratif

Barang yang satu ini dibanderol harga sekitar Rp88.500, produk ini memiliki dimensi 30 x 20 cm dengan tinggi 15 cm. Terbuat dari kayu pinus soli, sangat pas untuk dijadikan hiasan, display, atau tempat penyimpanan barang. 

- Izemu Waku Crate Kayu Ai

Souvenir yang satu ini sangat bagus dijadikan dekorasi rumah dengan harga yang dibanderol sekitar Rp100.000. Produk handmade dari kayu pinus dan fancy plywood ini berukuran 23 x 17,5 x 10,5 cm.

Namun, ada juga Ikea Knagglig yang terbuat dari kayu pinus. Berukuran 23 x 31 x 15 cm yang di jual kisaran Rp170.000. Kotak kayu ini mudah dipindah dan diangkat karena memilki pegangan. Pas dijadikan tempat menyimpan kaleng atau botol.

4. Gelang Kayu

Gelang menjadi aksesoris yang cukup diminati anak muda. Bahan-bahannya bermacam-macam, mulai dari batu hingga kayu. Eits, souvenir pernikahan kayu yang satu ini pun beragam jenisnya yang bisa kamu pilih, lho.

- Gelang Kayu Gaharu

Gelang ini terbuat dari kayu gaharu yang mengeluarkan aroma khas yang harum. Terdiri dari 12 - 15 butir dengan diameter 1,5 cm. Harganya pun sekitar Rp150.000 ini mendapat garansi selama 1 tahun. Jika dalam waktu 1 bulan aromanya sudah menghilang, bisa dikembalikan dan diganti baru. Kalian bisa menemukannya di beberapa situs online shop, kok. Mudah sekali.

- Gelang Kokka Import Turki Kayu Fuqaha

Gelang ini merupakan salah satu souvenir pernikahan kayu yang diproduk impor dari Turki. Menggunakan kayu kokka asli dengan cutting nanas dan berwarna cokelat. Aroma kayu kokka ini khas dan sangat harum. Kalian bisa menemukannya dibeberapa situs online shop yang dibanderol seharga Rp150.000.

- Wooden Bracelet by Texture

Salah satu souvenir pernikahan kayu ini seharga Rp 15.000 ini merupakan gelang kayu ukir yang menarik. Diikat dengan tali gunung warna warni. Kalian bisa menemukannya dibeberapa situs online shop 

5. Gantungan Kunci Kayu

Gantungan kunci selalu menjadi favorit untuk dijadikan souvenir pernikahan kayu. Selain dapat memberikan kesan yang cantik, bahan kayu ini membuat gantungan kunci selalu berkesan elegan dan berkelas. Eits, souvenir pernikahan kayu yang satu ini pun beragam jenisnya yang bisa kamu pilih, lho.

- Gantungan Kunci Wayang Kayu Batik

Gantungan kunci berukuran 8,5 x 4,5 x 1 cm ini terbuat dari kayu dengan ditambah bahan lain seperti malam dan melamin. Harganya dibanderol sekitar Rp7.000 per pcs. Jika kotor cukup dilap saja dengan kain basah. Kalian bisa menemukannya dibeberapa situs online shop 

- Gantungan Kunci Kayu Couple

Gantungan kunci yang satu ini terbuat dari kayu jati Belanda dengan lapis triplek. Sangat lucu dan bakal menjadi hiasan menarik di tas kamu. Berukuran 13 x 13 cm, souvenir ini dijual dengan harga Rp40.000. Kalian bisa menemukannya dibeberapa situs online shop 

- Gantungan Kunci Kayu Unik Jogja

Dalam model gantungan kunci kayu unik Jogja ini sangat beragam. Ada model vespa, mobil VW, mobil formula 1, sepeda, bus, hingga tank. Harganya sekitar Rp3.250 per buah. Kalian bisa menemukannya dibeberapa situs online shop.

6. Bingkai Kayu

Bingkai kayu juga bisa menjadi pilihan untuk kamu jika sedang mencari sebuah souvenir pernikahan kayu. Selain menjadi tempat yang pas untuk menyimpan foto kenangan, juga menjadi hiasan yang pas jika dibuat dengan desain yang menarik. Apalagi harganya pun terbilang murah nan unik. Eits, souvenir pernikahan kayu yang satu ini pun beragam jenisnya yang bisa kamu pilih, lho.

- Souvenir Pernikahan Pigura Kotak K36

Pigura ini memang terbuat dari kayu mahoni. Souvenir pernikahan kayu ini memiliki aksen bunga jagung kering yang menarik. Berukuran 12 x 8,5 x 13,6 cm. Kalian bisa menemukannya dibeberapa situs online shop dengan kisaran harga Rp50.000.

- Pigura Kayu 5R

Pigura ini terbuat kayu berkualitas yang dibanderol harga sekitar Rp35.000 dan sudah termasuk lase cutting, kaca, dan triplek belakang. Memang, untuk kebutuhan souvenir pernikahan, pada umumnya perlu memesan dalam jumlah yang banyak dalam sekali pesanan. 

7. Tempat Sampah Kayu

Tempat sampah memang kerap dipandang sebelah mata oleh sebagian besar dalam dalam aspek souvenir pernikahan. Padahal, jika terbuat dari bahan yang menarik seperti dari kayu, maka bisa menjadi penghias rumah atau kamar yang menarik nan artistik. Eits, souvenir pernikahan kayu yang satu ini pun beragam jenisnya yang bisa kamu pilih, lho.

- Tempat Sampah Kayu

Tempat sampah kayu yang di desain unik nan artistik ini kisaran harga Rp250.000, sehingga bisa menjadi penghias ruangan yang menarik. Ukurannya adalah 22 x 22 x 34 cm. Kalian bisa menemukannya dibeberapa situs online shop.

- Tempat Sampah Kayu yang Bercampur Seng

Ini merupakan jenis kedua dari tempat sampah kayu yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan souvenir pernikahan/ Berukuran 26 x 23 x 14 cm dan dibanderol Rp120.000. Nyatanya, souvenir kayu ini sudah dilapisi melamin agar lebih tahan lama.

- Krisbow Tempat Sampah Kayu Round

Tentunya, sebagian besar dari kalian ada yang pernah dengan krisbow tempat sampah kayu round. Tempat sampah yang satu ini memang di desain tanpa tutup dan tetap keren sebagai penghias ruangan di rumah kalian. Harganya pun dibanderol Rp149.000 dan berwarna cokelat. Kalian bisa menemukannya dibeberapa situs online shop.

8. Tatakan Kayu - Coaster Coffee

Berbahan dasar kayu pun merupakan bahan yang banyak digunakan sebagai tatakan. Selain kuat, tatakan dari kayu juga punya penampilan yang menarik nan artistik. Apalagi jika desainnya dirancang semenarik mungkin. Minimal menonjolkan tekstur kayu yang khas. Eits, souvenir pernikahan kayu yang satu ini pun beragam jenisnya yang bisa kamu pilih, lho.

- Kayo Kucing Tatakan Kayu Gelas

Benda yang satu ini memang di desain yang menonjolkan motid yang lucu dan tak luput dengan fungsionalnya. Harganya pun dibanderol sekitar Rp50.000. Di mana tatakan ini dapat menahan panas.

- Tatakan Gelas Kayu 

Berukuran 9 x 9 x 1 cm dan terbuat dari kayu pinus yang menarik karena finishing clear yang menonjolkan serat kayunya. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp5.000-an saja.

- Tatakan Gelas Coaster Kayu yang Unik

Dijual seharga Rp 29.000, tatakan berukuran sekitar 8-10 cm ini mampu menahan panas dengan baik. Kalian bisa menemukannya dibeberapa situs online shop.

9. Mangkuk Kayu

Biasanya, pembuatan mangkuk selalu berbahan dasar dari beling, kaca, atau melamin saja. Kini, mangkuk juga ada yang terbuat dari kayu. Bahkan mangkuk kayu ini akan memberi kesan yang berbeda ketika kamu menggunakannya. 

Benda yang satu ini mampu memberikan kesan vintage dan klasik. Pada umumnya, mangkuk kayu ini dibuat dari pilihan kayu yang tidak mudah menyerap air, seperti sonikeling, jati, atau mahoni. Berikut ini beberapa mangkuk dari kayu yang bisa menjadi pilihan.

- Mangkuk Kayu Mini

Mangkuk kayu mini ini merupakan kerajinan khas Bali yang jadi pilihan. Mangkok berdiameter 6 cm ini dibanderol harga sekitar Rp15.000 saja. Tepat sekali untuk digunakan oleh para tamu undanganmu untuk kebutuhan di rumah.

- Mangkuk Kayu Sonokeling

Dengan harga Rp35.000 sangat cocok dijadikan pilihan souvenir pernikahan kayu di hari pernikahanmu. Terbuat dari kayu sonokeling yang di oven. Benda yang satu ini tidak menggunakan plitur untuk finishing. Mangkuk berdiamter 15 cm ini bisa menjadi tempat makanan atau sekadar dekorasi rumah.

- Battoa Kayu Jati Mangkuk Pajangan

Inilah souvenir pernikahan kayu berupa mangkuk pajangan yang terbuat dari kayu jati. Mangkok berwarna cokelat ini berukuran 14,5 x 14,5 x 7 cm dan dibanderol harga Rp119.000. Kalian bisa menemukannya dibeberapa situs online shop.

10. Gelas Kayu

Inilah souvenir pernikahan kayu yang terakhir untuk kamu jadikan sebagai pilihan cinderamata di pesta pernikahanmu. Seperti halnya mangkuk, gelas dari kayu juga akan memberikan kesan vintage, klasik nan artistik. 

Diproduksi sedemikian rupa dengan bahan kayu berkualitas dan finisihing yang solid, sehingga tidak akan ada rembesan atau bocor saat digunakan.


Itulah ulasan mengenai souvenir pernikahan kayu untukmu. Jika kamu mengusung konsep pernikahan rustic ataupun vintage, kamu bisa memilih beberapa rekomendasi souvenir di atas ya dears.

Jangan lupa untuk mengunjungi website Wedding Market, karena di sana ada vendor souvenir pernikahan yang bisa mempermudah kamu untuk mencari cinderamata yang tepat.



Artikel Terkait