8 Tips Memilih Souvenir Pernikahan Murah dan Unik

September 17, 2019 | By Wedding Market | 240


Tips Memilih Souvenir Pernikahan Murah dan Unik

Souvenir pernikahan murah saat ini lebih banyak dicari daripada yang mahal, karena bahkan yang murah saja sudah memiliki kualitas bagus. Bahkan, hampir semua orang pasti akan memiliki pemikiran yang sama tentang hal tersebut, karena acara pernikahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi, kamu sebagai calon pengantin harus benar-benar selektif dan memilih souvenir dengan harga yang terjangkau.

Tidak hanya murah, dalam memilih jenis souvenir pun kamu juga harus memikirkan fungsi atau kegunaan barang yang akan kamu berikan. Banyak pengantin di luar sana yang menghabiskan banyak biaya, hanya untuk membeli souvenir pernikahan saja. Itupun belum tentu apa yang diberikan kepada tamu akan disimpan atau digunakan untuk kesehariannya. Maka dari itu, kamu harus benar-benar memperhitungkan biaya dan juga kegunaan dari souvenir itu sendiri.

Akan tetapi, membeli souvenir pernikahan murah secara asal-asalan juga tidak bagus untuk dilakukan! Kamu juga harus menyesuaikan dengan konsep acara pernikahanmu dan menggunakan kemasan yang benar-benar apik. Sehingga dari souvenir yang kamu berikan nanti benar-benar membuat tamu yang hadir merasa sangat senang  saat menerimanya. Pasti kamu masih kebingungan dalam cara memilih souvenir pernikahan murah dan unik, bukan? Karena itu, di sini kami sudah menyediakan cara lengkap untuk memilih souvenir yang tepat dan tidak terlupakan!

  • Sesuaikan dengan Budget yang Kamu Miliki

Salah satu hal yang paling penting sebelum menentukan souvenir pernikahan murah adalah menyesuaikan dengan budget yang ada. Kita misalkan saja bahwa, si A dan dan si B akan merencanakan sebuah acara pernikahan dengan kapasitas 300 pax dengan total budget sebesar Rp100.000.000,00 dan sudah ditentukan untuk budgeting souvenir yang dipatok 3-5%. Maka, akan diketahui jumlah budget untuk kebutuhan belanja souvenir adalah sebesar Rp 3.000.000,00–Rp 5.000.000,00. Kemudian jika dibagi untuk 300 pax, maka budget yang ada untuk souvenir pernikahan adalah sebesar Rp 10.000,00-Rp 15.000,00 untuk per buahnya. Bersangkutan dengan anggaran pernikahan, kamu tidak bisa sembarangan dalam melakukan pengeluaran untuk membeli souvenir.

  • Mencari Souvenir Pernikahan yang Unik dan Berbeda

Kamu sebagai calon pengantin, tentunya ingin acara pernikahanmu berjalan dengan lancar dan juga berkesan, bukan? Untuk itu, kamu bisa melakukan pengamatan terlebih dahulu terhadap souvenir pernikahan murah seperti apa yang sekiranya sedang tren saat ini. Kamu bisa melakukan pengamatan tersebut secara langsung, yaitu dengan datang di acara pernikahan teman atau saudaramu. Atau juga bisa dengan cara yang lebih mudah untuk dilakukan, yaitu mencari tren souvenir  pernikahan murah yang benar-benar unik di internet, bahkan kalau bisa apa yang ada di pernikahan kamu merupakan souvenir yang langka atau jarang sekali orang lain menggunakan souvenir tersebut.

Jangan lupa untuk menggunakan kemasan yang benar-benar unik dan berbeda. Percaya atau tidak, jika kemasan souvenir pernikahan yang unik itu justru akan semakin menambah nilai souvenir yang kamu berikan kepada para tamu menjadi lebih menarik. Tentukan kemasan seperti apa yang ingin kamu gunakan dan cocok untuk souvenirmu. Apakah memakai box, tile, atau plastik? Kamu bisa mencoba selaraskan kemasan dengan jenis souvenir yang telah kamu pilih.

  • Melakukan Survei Harga di Setiap Toko

Setelah menemukan jenis souvenir yang unik, selanjutnya kamu bisa melakukan survei harga di setiap toko yang menjual souvenir pernikahan murah. Kamu bisa datang langsung ke toko tersebut dan melihat-lihat dan menanyakan harga setiap barang yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan survei secara online dengan membandingkan produk yang ditawarkan, baik dari segi keunikan, kualitas, dan harganya. Jangan kamu terburu-buru untuk membeli di satu tempat saja, karena bisa saja di toko sebelah memiliki harga yang lebih murah.

  • Sesuaikan dengan Konsep Acara Pernikahanmu

Ketika kamu sudah mempunyai konsep acara pernikahan, maka dalam memilih souvenir pernikahan murah juga harus disesuaikan dengan konsep yang sudah ada. Tentukan warna terlebih dahulu, bisa memilih warna-warna soft yang menjadi tren saat ini, atau juga bisa memilih warna yang lebih menyala. Tujuan dalam penyesuaian ini adalah supaya souvenir yang kamu pilih selaras dengan konsep acara pernikahanmu. Misalnya, kamu memilih pernikahan dengan konsep rustic, maka kamu perlu memilih souvenir pernikahan untuk pernikahan bertema rustic.

  • Tentukan Lamanya Waktu Pemesanan Souvenir

Biasanya untuk waktu yang dibutuhkan dalam pemesanan souvenir cukup bervariatif dan tergantung dengan toko atau penyedia jasa pembuatan souvenir pernikahan murah. Rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah dalam waktu mingguan, bahkan bisa juga mencapai waktu hingga berbulan-bulan. Sebagian penyedia jasa tersebut ada juga yang mengambil barang dari luar negeri atau impor, jadi membutuhkan waktu yang cukup lama.

  • Memodifikasi Souvenir yang Dipesan

Misalkan kamu telah menemukan souvenir seperti yang diinginkan, tapi harganya sangatlah mahal dan tentu saja tidak bisa terbeli. Tenang, karena masih ada alternatifnya, yaitu kamu bisa memodifikasinya sendiri, baik dari segi ukuran maupun bahannya. Jika kamu tidak ingin repot, cobalah untuk bernegosiasi dengan si penjual souvenir untuk dapat memodifikasi souvenir pernikahan seperti apa yang kamu inginkan dengan harga yang lebih murah.

  • Sesuaikan dengan Karakteristik Tamu Undangan

Pada poin ini sangat penting untuk kamu perhatikan sebelum menentukan souvenir pernikahan. Karakteristik setiap individu para tamu yang kamu undang juga menjadi hal yang sangat krusial dalam menentukan souvenir. Misalkan saja kamu memiliki tamu yang sebagian besar dari pihak keluarga (dengan usia yang lebih tua), kamu bisa membelikan souvenir yang cocok untuk kalangan itu. Ataupun bisa memilih produk souvenir yang cenderung lebih general dan bisa dipakai oleh segala usia, seperti halnya souvenir frame maupun souvenir candy box. Kamu harus benar-benar mengenali mayoritas karakteristik tamu yang kamu undang untuk menyesuaikan dengan souvenir yang akan kamu gunakan.

  • Sesuaikan Ukuran Souvenir

Kemudian yang terakhir adalah selalu perhatikan dan sesuaikan ukuran souvenir. Jangan sampai kamu memberikan souvenir yang berukuran terlalu besar, karena nanti akan susah untuk dibawa. Jika banyak tamu yang hadir dan meninggalkan souvenir tersebut di bawah kursi, karena alasan ukuran terlalu besar dan susah membawanya, bagaimana? Bayangkan saja jika kamu sudah sampai letih dengan pengeluaran yang tidak sedikit, hanya untuk membeli souvenir dengan ukuran jumbo dan ternyata malah ditinggal. Pasti itu akan terasa menyakitkan, bukan? Maka dari itu, kamu harus benar-benar memperhatikan ukuran souvenir yang kamu pilih. Pastikan souvenir pernikahan murah yang kamu pilih itu praktis, fleksibel, dan mudah saat dibawa. Atau kamu juga bisa memilih Souvenir pernikahan yang unik dan kekinian.

Kedelapan cara di atas merupakan tips dan trik untuk memilih souvenir pernikahan murah dan unik. Dengan kamu memilih souvenir yang tepat, maka akan membuat para tamu undangan senang ketika menerima kenang-kenangan dari acara pernikahanmu. Bahasan di atas bisa kamu jadikan sebagai acuan sebelum menentukan pilihan souvenir untuk Hari-H. Setelah itu, keputusan ada di tangan kamu sebagai calon pengantin sekaligus tuan rumah. Saat sudah menerapkan beberapa cara tersebut dan budget juga sudah tercukupi, saatnya cari Vendori Souvenir Pernikahan!


Artikel Terkait