Pilih Kategori Artikel

18 Tema Pernikahan Menarik Untuk Hari Spesialmu!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Tema pernikahan adalah salah satu hal yang pertama kali kamu pikirkan saat memutuskan tanggal pernikahanmu, bukan? Dibandingkan memilih tempat, baju, dan lain-lain, memilih tema pernikahan adalah hal terpenting yang harus kamu pikirkan. Mengapa? Karena setelah memilih tema, kamu akan lebih mudah untuk menyusun konsep acara, memilih tema prewedding, bahkan akan memudahkan kamu dalam mendekorasi pesta pernikahanmu nanti.

Lalu, kamu masih bingung tema apa yang akan kamu gunakan? Jangan khawatir, di sini kami akan memberikan referensi berbagai macam tema pernikahan yang bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi pilihan untuk tema pernikahanmu nanti.

  1. Tema Classic Wedding

wm_article_img

Foto: The Perfect Palette

Tema klasik bisa menjadi tema pilihan bagi kamu yang menginginkan pernikahan yang sederhana, tapi tetap terlihat mewah. Walaupun terkesan simpel dan sederhana, tema pernikahan yang masih menjadi favorit banyak pasangan ini, tetap memberikan kesan formal dan cantik. Terutama dengan dekorasi-dekorasinya yang tidak berlebihan.

  1. Tema Glamour Wedding

wm_article_img

Foto: weddingtopia.co

Membayangkan kata glamour, tentu yang terlintas dipikiran adalah kemewahan. Arti karta glamour sendiri adalah mewah. Tetapi, perlu diingat, tema pernikahan glamour sendiri tidak harus menggunakan berlian, perhiasan, atau semacamnya. Yang menjadi bagian terpenting jika memilih tema glamour adalah penataan cahaya lampu yang baik serta penggunaan bahan-bahan dekorasi yang berkilau dan gemerlap, yang dapat memantulkan cahaya lampu dengan baik. Sehingga, membuat pesta pernikahanmu tidak hanya terlihat mewah, tetapi juga terlihat cantik!

  1. Tema Romantic Wedding

wm_article_img

Foto: heyweddinglady.com

Jika kamu menginginkan suasana pesta pernikahan yang intens, tidak terlalu meriah, dan penuh kehangatan, kamu bisa memilih tema romantis sebagai tema pernikahanmu. Karena, pemilihan tema romantis akan memberikan kesempatan untuk kamu menunjukkan cinta yang dalam kepada pasanganmu. Tidak hanya itu, para tamu undangan yang datang pun akan turut merasakan hangatnya suasana pernikahan kalian berdua!

  1. Tema Modern Minimalis

wm_article_img

Foto: wedluxe.com

Kamu ingin tema modern? Tapi, juga ingin terlihat minimalis? Daripada bingung memilih, kenapa tidak keduanya saja? Ya, tema modern minimalis akan menjadi perpaduan yang menarik. Kamu bisa mengikuti tren modern yang ada dengan mengurangi beberapa hal yang tidak diperlukan, tanpa harus menghilangkan kesan modern yang elegan nan mewah.

  1. Tema Vintage Wedding

wm_article_img

Foto: Natasha Vintage Wedding Journal


Tema dengan penggunaan warna dominan cokelat ini, sangat cocok bagi kamu yang ingin bernostalgia ke masa lalu, atau kamu yang sekedar ingin merasakan bagaimana tren kehidupan di masa itu. Mulai dari tahun 70-an, 80-an, ataupun tahun-tahun sebelumnya sesuai dengan keinginanmu. Berikan kesempatan pada tamu undanganmu, untuk ikut bernostalgia merasakan hangatnya mengenang masa lalu melalui pesta pernikahanmu.

  1. Tema Shabby Chic Wedding

wm_article_img

Foto: weddingtopia.co

Shabby chic merupakan turunan dari tema vintage. Bedanya, jika tema vintage dominan warna yang digunakan adalah cokelat, tema shabby chic lebih mengusung warna-warna pastel yang lembut. Tentu saja, karena warna-warna cantik pastel inilah yang membuat tema pernikahan shabby chic menjadi favorit bagi banyak calon pengantin wanita.

  1. Tema Rustic Wedding

wm_article_img

Foto: rusticweddingchic.com

Tema rustic menjadi tema pernikahan yang banyak diminati dan disukai oleh banyak pasangan, tentu karena citra dari tema ini sendiri. Tema rustic memberikan kesan sederhana ala pedesaan, namun tetap memberikan kesan elegan dan mewah di dalamnya. Menggunakan warna dominan cokelat kayu, dipercantik dengan warna-warna pucat rumah-rumah lama khas pedesaan, serta dilengkapi pernak-pernik antik dengan warna senada, membuat kehangatan kekeluargaan dalam pesta pernikahan bertema rustic lebih terasa.

  1. Tema Garden Wedding

wm_article_img

Foto: Ruffled Wedding

Tema pernikahan yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai tanaman, bunga-bunga, dan alam bebas. Tetapi jangan salah ya, walaupun biasanya pernikahan bertema garden dilaksanakan di luar ruangan, tema ini juga bisa diaplikasikan di dalam ruangan. Penuhi dekorasi ruangan dengan bunga-bunga hidup, tanaman-tanaman hijau, dan hiasan-hiasan alami lainnya. Berikan kesan berbeda kepada tamu undangan yang datang, untuk tetap menikmati nuansa taman sesungguhnya meskipun di dalam ruangan.
  1. Tema Nautical Wedding

wm_article_img

Foto: www.weddinginclude.com

Tema nautical identik dengan warna biru dan segala sesuatu yang berhubungan dengan laut. Mulai dari pemilihan lokasi pernikahan yang biasanya dilaksanakan di atas kapal atau tempat di sekitar pantai, sampai pada segala pernak-pernik yang akan digunakan untuk dekorasi bertemakan kelautan. Tema pernikahan seperti ini, sangat cocok bagi kamu yang suka travelling dan mencintai alam bebas.

  1. Tema Boho Chic Wedding

wm_article_img

Foto: Oh! Best Day Ever

Di Indonesia sendiri, belum banyak calon pasangan yang menggunakan tema ini sebagai tema pernikahan mereka. Hal ini mungkin dikarenakan tema boho chic terlihat terlalu santai dan tidak menarik. Namun, jangan salah! Di luar negeri, tema pernikahan boho-chic ini menjadi salah satu tema favorit pasangan di sana. Selain karena simpel,tema ini memperlihatkan kesederhanaan, dan kesan natural yang seakan menyatu dengan alam terasa sangat kuat. Hal ini menunjukkan, bahwa sesungguhnya melaksanakan sebuah pesta pernikahan itu, tidak harus mengeluarkan budget yang besar.

 

  1. Tema Whimsical Wedding

wm_article_img

Foto: Cavin Elizabeth

Belum adanya arti khusus dan penjelasan spesifik tentang tema ini, menjadikan tema whimsical dapat diartikan secara luas.  Namun, kebanyakan tema whimsical menggunakan warna-warna palet cerah berwarna-warni, mulai dari dekorasi pelaminan, dekorasi ruangan, sampai pada gaun yang digunakan pengantin dan pendampingnya, ikut berwarna pelangi juga. Ini menjadikan tema whimsical menjadi salah satu tema yang cocok bagi kamu yang berkepribadian semangat dan selalu ceria.

  1. Tema Picnic Wedding

wm_article_img

Foto: Coastal Shows

Lain halnya dengan tema garden yang bisa diaplikasikan untuk pernikahan dalam ruangan, tema picnic wedding harus tetap berada di luar ruangan. Tidak ada yang namanya piknik di dalam ruangan, bukan? Jika kamu memilih tema ini menjadi tema pernikahanmu, yang perlu kamu persiapkan adalah venue yang luas, seperti halaman rumah, lapangan, pantai dan tempat-tempat luar ruangan lain yang memungkinkan untuk berpiknik. Lalu, jangan lupa hiasi venue kamu dengan hiasan-hiasan minimalis yang tidak terlalu ramai.

  1. Tema Music Wedding

wm_article_img

Foto: www.intimateweddings.com

Tema ini sangat cocok bagi kamu penikmat dan pecinta musik. Jika kamu menyukai artis atau genre tertentu dari sebuah musik, kamu bisa menjadikan album-album koleksimu sebagai pajangan untuk dekorasi di pernikahanmu, lalu menyetel lagu artis kesayanganmu selama acara berlangsung. Atau, mungkin kamu sendiri adalah seorang pemain musik? Tentu ini akan lebih baik. Kamu bisa membuat replika alat-alat musik dan menjadikannya hiasan dekorasi, kemudian kamu bisa menunjukan keahlianmu bermain musik di tengah-tengah acara pernikahan, dan membuat para tamu undangan yang hadir takjub melihatmu.

  1. Tema Movie Wedding

wm_article_img

Foto: notaportfolio.com

Sama seperti tema musik, jika kamu punya film favorit atau karakter favorit di dalam sebuah film, kamu tentu bisa menjadikan ini sebagai tema pernikahanmu. Tentu saja, ini kan membuat pesta pernikahanmu terlihat unik dan berbeda. Diskusikan dengan calon pasanganmu film atau karakter apa yang akan kalian gunakan. Kemudian, kalian hanya perlu menyiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan film tersebut. Mulai dari dekorasi, hingga pakaian pengantin yang akan digunakan. Akan lebih baik jika kalian mendalami peran karakter yang kalian pilih tersebut.

  1. Tema DIY Wedding

wm_article_img

Foto: Roolee


DIY adalah kepanjangan dari Do It Yourself, atau bisa diartikan membuat, atau menciptakan sendiri. Namun, apa mungkin menciptakan tema pernikahan sendiri? Tentu saja mungkin! Selama kamu mempunyai jiwa kreatif, apa saja mungkin dilakukan, seperti halnya membuat tema baru ala kamu sendiri. Kamu bisa melakukan tema pernikahan DIY ini dengan beberapa cara, seperti menggunakan barang-barang bekas yang masih layak pakai untuk dekorasi ruangan, memanfaatkan dan mendaur ulang barang-barang di sekitar layaknya karya seni dan dipajang sebagai hiasan untuk dekorasi ruangan, atau membuat origami yang digantungkan dan ditempel di setiap sudut ruangan.

  1. Tema Green Botanical

wm_article_img

Foto: salveanoiva.com.br

Tema green botanical sedikit mirip dengan tema garden. Yang membedakan adalah, tema pernikahan ini lebih terfokus pada penggunaan dedaunan hijau hidup yang lebih dominan. Green botanical tidak menggunakan dekorasi pelengkap yang terlalu meriah, juga tidak menggunakan banyak warna dalam pengaplikasiannya pada dekorasi. Tema ini sangat cocok bagi kamu penggemar warna hijau dan mencintai segala sesuatu yang alami. Walaupun bisa diterapkan di dalam ruangan, akan lebih baik jika tema green botanical ini dilaksanakan di luar ruangan, atau ruang terbuka. Hal ini untuk membuat tamu-tamu undangan yang datang, merasakan kesegaran dan kesejukan alami langsung dari alam itu sendiri.

  1. Tema Animal Wedding

wm_article_img

Foto: weddingchicks.com

Kamu seorang pecinta hewan? Mempunyai hewan peliharan yang kamu rawat sendiri di rumah? Jika demikian, tidak ada salahnya menjadikan hewan kesayangan untuk jadi tema pernikahanmu! Tema animal wedding sangat cocok bagi kamu yang menganggap hewan peliharaan sebagai salah satu sahabat sejatimu dalam hidup. Mulai dengan mencetak kertas undangan dengan karakter hewan, meletakkan foto-foto mereka sebagai dekorasi, dan membuat replika atau boneka berbentuk hewan untuk mempercantik ruangan.

Namun, yang terpenting adalah bawa hewan peliharaanmu pada hari pernikahan dan jadikan mereka bagian penting dalam momen yang tidak terlupakan tersebut dengan memasang pernak-pernik cantik di tubuhnya! Terakhir, jangan lupa siapkan souvenir berbentuk hewan kesayanganmu juga, ya! Agar tamu undangan yang datang ikut merasakan betapa besarnya rasa sayangmu terhadap hewan tersebut.

  1. Tema Travel Wedding

wm_article_img

Foto: South Bound Bride

Jika kamu punya hobi jalan-jalan, menjelajah ke luar negara untuk mempelajari budaya mereka, serta tidak pernah lupa mengambil gambar untuk kenang-kenangan, tema pernikahan travel wedding sangat cocok untukmu! Kamu bisa berbagi pengalaman menjelajahi berbagai negara melalui foto-foto yang kamu ambil, dan mengajak para undangan untuk ikut merasakan suasana setiap Negara yang kamu kunjungi. Untuk mempercantik ruangan, kamu bisa menambahkan beberapa globe di sudut-sudut ruang, atau memajang sebuah peta dunia di dinding.

Tujuannya adalah, untuk menunjukkan keinginanmu yang besar untuk terus menjelajah keliling dunia bersama pasanganmu setelah menikah. Sediakan pula hidangan-hidangan khas dari berbagai negara, untuk memberikan kesempatan kepada para tamu undangan merasakan nikmatnya hidangan dari tempat-tempat berbeda tanpa harus mengunjunginya. Dijamin, pesta pernikahanmu akan meninggalkan kesan baik dan tidak akan terlupakan.


Itu tadi beberapa referensi tema pernikahan yang bisa kamu pertimbangkan. Apa tema pernikahan yang paling menarik perhatianmu? Tentu saja kamu akan memilih tema terbaik untuk hari spesialmu, bukan? Jadikan pernikahanmu menjadi momen indah tak terlupakan, baik untuk tamu, keluarga, atau kamu sendiri sebagai calon pengantinnya, dengan cara tidak salah memilih tema pernikahan. Karena jika salah memilih tema, akan mempengaruhi semua konsep acara yang mengikutinya. Pastikan kamu tidak salah memilih tema pernikahanmu, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...