Inilah Alasan Mengapa Harus Menggunakan Jasa Catering Pernikahan!

08 Aug 2020 | By Wedding Market | Viewers: 159
Inilah Alasan Mengapa Harus Menggunakan Jasa Catering Pernikahan!
Foto: Youtube

Jumlah penyedia jasa catering pernikahan saat ini terus mengalami peningkatan. Salah satu alasan utamanya adalah karena banyaknya jumlah orang yang menikah. Dan seperti yang sudah diketahui, catering ini menjadi salah satu pendukung utama dari sebuah acara pernikahan. 

Jasa atau vendor catering pernikahan yang saat ini banyak dipilih untuk acara pernikahan terbukti mampu mengefisienkan waktu dan tenaga para pelanggannya. Karena berbagai keuntungannya, kamu diharuskan untuk menggunakan vendor catering saat melangsungkan acara pernikahan. Apa sebenarnya alasan lain yang mengharuskan kamu untuk menggunakan vendor catering pernikahan ini? Kamu akan mengetahuinya setelah membaca ulasan berikut ini.

1. Hemat Waktu dan Tenaga

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, vendor catering pernikahan dapat membantu mengefisienkan waktu dan tenaga para pelanggannya. Tentu saja, vendor catering memiliki peran dimana mereka mampu mengubah segala sesuatu yang rumit menjadi sangat praktis. 

Dengan menggunakan vendor catering pernikahan kamu tidak harus memikirkan segala hal yang berkaitan dengan konsumsi untuk di pernikahan. Kamu hanya harus menyiapkan biaya yang cukup untuk membayar penyedia catering pernikahan yang dipilih. Selain pelayanan berupa jasa, kamu juga akan mendapatkan berbagai keperluan yang dibutuhkan untuk konsumsi pernikahan. 

2. Pelayanan yang Memuaskan

Vendor catering pernikahan profesional tentu mampu memberikan pelayanan terbaiknya. Pihak penyedia jasa akan memahami secara pasti kebutuhan yang harus dipenuhi untuk tamu undangan pernikahan kamu. Pelayanan tersebut biasanya akan didapatkan dari penyedia jasa yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun. Pengalaman inilah yang membuat mereka mampu memahami kebutuhan para pelanggannya. 

3. Menu Hidangan yang Bervariasi

Tidak sedikit orang awam yang menganggap bahwa vendor catering hanya menyediakan hidangan makanan saja. Pada kenyataannya, vendor ini menyediakan berbagai daftar menu hidangan termasuk minuman.

Terdapat beberapa menu hidangan lain yang juga disediakan oleh vendor catering pernikahan seperti menyediakan menu pembuka, makanan utama dan makanan penutup. Tersedianya beragam menu hidangan akan membuat kamu bebas memilih menu yang sesuai dengan keinginan kamu dan pasanganmu. 

4. Biaya Pengeluaran yang Terstruktur

Saat menggunakan vendor catering pernikahan, kamu tentu akan mendapatkan penawaran paket yang dilengkapi dengan detail harga. Pilihan paket catering pernikahan yang sudah disepakati dengan pihak penyedia jasa akan menuntut kamu untuk bisa mempersiapkan biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar paket dan jasa catering pernikahan yang dipilih. 

Dengan mengetahui besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar jasa catering pernikahan tentu akan sangat membantu kamu dalam mengatur dan mempersiapkan keuangan untuk pernikahan. 

Sebelum menentukan pilihan paket catering, pasangan yang akan melangsungkan pernikahan sangat disarankan untuk mematok jumlah biaya yang akan dikeluarkan untuk catering. Cara ini akan sangat membantu dalam perhitungan jumlah keseluruhan yang harus dikeluarkan untuk biaya pernikahan. 

5. Tersedia Beragam Pilihan Paket

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebagai pengguna jasa kamu bisa memilih salah satu dari beberapa pilihan paket catering yang tentunya bisa disesuaikan dengan jumlah budget yang sebelumnya sudah direncanakan.

Perlu diketahui, terdapat beberapa penyedia jasa catering pernikahan yang sudah menjalin kerjasama dengan vendor lain seperti vendor untuk dekorasi dan rias pengantin. Memilih penyedia jasa yang sudah menjalin kerjasama tersebut menjadi cara yang paling efektif untuk mengurangi jumlah pengeluaran. Tentu, dengan menggunakan jasa vendor tersebut kamu tidak lagi harus menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mencari vendor dekorasi dan rias pengantin. 

Itulah beberapa hal yang menjadi alasan mengapa vendor catering berperan penting dalam acara pernikahan. Setelah kamu tertarik untuk menggunakan vendor catering, kamu harus memilih penyedia jasa yang tepat agar hal-hal yang tidak diharapkan dapat dihindari.  Pembahasan mengenai tips memilih jasa catering pernikahan berikut mungkin akan membantu kamu untuk mendapatkan penyedia jasa yang tepat. 

Tips Memilih Jasa Catering Pernikahan yang Tepat


Pastikan Tingkat Popularitas Penyedia Jasa

Memastikan tingkat kepopularitasan dari penyedia jasa catering menjadi hal yang penting untuk dilakukan saat kamu memilihnya. Cara ini bisa dilakukan setelah perhitungan anggaran sudah terpenuhi. Untuk bisa mendapatkannya, kamu bisa mencari informasi melalui orang di sekeliling yang sudah berpengalaman dalam menggunakan vendor catering pernikahan. 

Jika tidak memungkinkan, kamu bisa mencari informasi melalui media online. Pastikan penyedia jasa catering pernikahan yang dipilih memiliki rating yang tinggi dan respon yang positif dari para pelanggannya. 

Pilih Vendor Catering yang Menyediakan Banyak Pilihan Paket

Saat mencari informasi mengenai profil vendor catering, pastikan kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai pilihan paket yang ditawarkan. Pastikan vendor catering pernikahan yang kamu pilih menawarkan pilihan paket yang beragam. Tentu, ini dilakukan agar kamu bisa dengan bebas memilih paket menu catering yang sesuai dengan keinginanmu. 

Pastikan Kualitas Cita Rasa Hidangan 

Setelah mendapatkan vendor catering yang sesuai dengan kriteria penyedia jasa catering pernikahan profesional, kamu harus memastikan bahwa makanan dan minuman yang akan dihidangkan memiliki cita rasa makanan hasil masakan chef ahli. Dalam hal ini, kamu dituntut untuk bisa mendapatkan vendor catering yang menomorsatukan kualitas pada hidangan. 

Mintalah Sesi Food Testing

Cara ini dilakukan untuk memastikan cita rasa makanan yang akan disuguhkan pada acara pernikahan. Kamu diharuskan untuk mengambil kesempatan sesi food testing atau pencicipan makanan karena melalui cara inilah kamu akan merasa yakin untuk menggunakan vendor catering yang dipilih. 

Perlu diketahui, jika kamu sudah menandatangani kontrak untuk menyewa vendor catering, seharusnya kamu tidak perlu lagi membayar biaya tambahan untuk sesi food testing. Namun jika kamu belum merasa yakin dengan jasa catering pernikahan yang dipilih, kamu bisa melakukan food testing dengan membayar makanan yang dicicipi. 

Pastikan Vendor Menyediakan Perlengkapan Lain

Cara ini dilakukan untuk meminimalisir besarnya jumlah pengeluaran. Memastikan perangkat pendukung lain yang disediakan oleh vendor catering menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Perlengkapan yang dimaksud adalah meja, kursi, tenda, kanopi atau peralatan makan yang mendukung catering. 

Kamu juga bisa menanyakan berapa jumlah staf yang akan diturunkan oleh vendor catering yang kamu pilih. Ini dilakukan untuk menghindari acara pernikahan menjadi penuh atau sesak karena terlalu banyak staf yang bekerja. Namun, kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal ini Jika kamu memilih jasa catering yang profesional. 

Pastikan Kontrak dan Ketentuan Pembayaran

Vendor catering yang profesional akan memberikan ketentuan pembayaran dan kontrak yang pasti. Saat penandatanganan kontrak, vendor catering profesional tersebut akan mencantumkan keterangan mengenai beberapa hal berikut ini. 

  • Daftar makanan dan minuman beserta urutan penyajiannya
  • Pilihan paket yang disesuaikan dengan jumlah tamu
  • Sistem penyajian makanan
  • Jumlah pelayan atau staf
  • Pembersihan setelah acara
  • Durasi pelayanan
  • Ketentuan pembayaran (deposit, pelunasan, dan lain sebagainya). 

Nah, demikianlah ulasan mengenai jasa catering pernikahan. Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa pemilihan vendor catering yang tepat akan membantu melancarkan acara pernikahan kamu. Karena itu, pastikan kamu memilih vendor catering yang sesuai dengan kriteria profesional yang bisa kamu temukan di WeddingMarket!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket