Pilih Kategori Artikel

Kenapa Kamu Butuh Jasa Wedding Organizer? Temukan Jawabannya di Sini!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Saat menikah, kamu dan pasangan akan memilih vendor yang disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu vendor yang cukup penting adalah wedding organizer. Sesuai namanya, jasa ini akan membantu kamu mengatur segala sesuatunya di hari H. 

Jasa wedding organizer sendiri memiliki banyak manfaat yang pastinya perlu kamu ketahui supaya semakin yakin untuk memakai jasa ini. Pastinya wedding organizer akan membantu pernikahan menjadi lancar dan sesuai dengan keinginan kamu dan pasangan.

1. Mengkoordinasi Vendor

Jika kamu dan pasangan tidak mengambil paket pernikahan lengkap, biasanya diperlukan koordinasi khusus. Misalnya antara catering dan dekorasi kamu mengambil di dua tempat berbeda. Hal ini perlu diperhatikan sebab dekorasi dan catering harus bekerja sama dalam hal layout tempat misalnya. Dengan adanya wedding organizer, kamu tak perlu khawatir mengenai hal ini.

Wedding organizer akan membuat panduan bagi semua vendor agar satu sama lain mengetahui tugas dan kerjanya masing-masing. Selain itu, wedding organizer juga menjadi jembatan antara keluarga dan vendor. Bila membutuhkan beberapa keputusan yang menyangkut dengan vendor, wedding organizer akan bisa membantu memberikan jalan keluar.

Selain itu, koordinasi vendor ini juga dibutuhkan saat rapat persiapan. Kadang kali banyak hal kecil yang harus diperhatikan. Misalnya panggung pelaminan. Di beberapa venue, panggung pelaminan sudah tersedia dan bisa dipakai secara gratis. Namun di venue lain, panggung tersebut mungkin harus disiapkan oleh vendor dekorasi.

Hal-hal lain misalnya soal fasilitas venue. Tim rias sampai catering juga harus mengetahui apakah ada fasilitas yang bisa menunjang kerja mereka di hari H sehingga mungkin para vendor bisa menyiapkan diri. Proses persiapan pastinya membutuhkan banyak koordinasi. Di sinilah wedding organizer bekerja dan membantu kamu.

Berikutnya pada saat pelaksanaan. Semua hal akan diolah oleh tim wedding organizer. Bila ada sebuah halangan, tim wedding organizer yang akan bergerak dan memimpin semua vendor. Misalnya ada gangguan karena mati listrik. Tentu rundown akan berubah karena menunggu listrik menyala kembali. Hal ini bisa ditangani oleh wedding organizer.

Kamu dan pasangan juga tak perlu khawatir mengenai kinerja para vendor. Sebab, tim wedding organizer juga akan mengecek semua vendor bekerja sesuai dengan yang direncanakan. Jadi, kamu dan pasangan tak perlu lagi merasa khawatir berlebihan mengenai vendor tersebut.

2. Berkomunikasi dengan Keluarga

Momen pernikahan pastinya jadi saat penting bagi kamu dan keluarga. Jangan sampai kedua belah pihak keluarga mengalami kebingungan soal susunan acara. Misalnya kapan jam mulai pemberkatan atau akad maupun sesi foto bersama. Dengan bantuan wedding organizer, seluruh anggota keluarga akan diingatkan mengenai susunan acara.

Keluarga juga bisa mengingatkan beberapa hal yang dirasa penting melalui tim wedding organizer. Misalnya bila ada keluarga yang belum sempat berfoto maupun menanyakan hal-hal seputar vendor pernikahan. Tentu saja tim wedding organizer akan bekerja menjadi jembatan mengenai pertanyaan keluarga tersebut.

Tim wedding organizer juga akan memperhatikan kebutuhan keluarga khususnya keluarga inti. Biasanya ada tim khusus yang memperhatikan makan hingga waktu acara yang bisa membantu keluarga supaya bisa mengikuti acara dengan baik dan benar. 

3. Time keeper 

Selama acara berlangsung, pastinya wedding organizer akan memiliki peran sebagai time keeper. Tim wedding organizer akan menjalankan berbagai kegiatan di hari tersebut berdasarkan rundown yang dibuat. Misalnya pada saat pagi hari makeup. Tim wedding organizer akan memastikan bahwa make-up berjalan tepat waktu.

Tak hanya pada pengantin saja tetapi juga pada orangtua maupun sanak saudara. Tim wedding organizer akan mendata dan mengingatkan kepada anggota keluarga supaya mengikuti waktu yang berlaku. Begitu pula bila ada masalah. Tim wedding organizer bisa menyesuaikan waktu dengan kondisi yang ada. Tak masalah bila ada acara yang harus sedikit dipercepat. Tentu atas seizin kamu dan pasangan. 

4. Memastikan Kesiapan Acara  

Semua pernikahan berjalan lancar bila disiapkan dengan maksimal. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang memilih untuk memakai wedding organizer. Wedding organizer akan menyiapkan kesiapan acara secara keseluruhn. Misalnya saat make-up, tim wedding organizer akan menyiapkan acara akad atau pemberkatan.

Tim akan memastikan semua perlengkapan siap. Misalnya mulai dari sound system hingga kelengkapan meja akad. Selain itu, tim wedding organizer juga memastikan konsumsi setelah akad siap. Tim wedding organizer juga akan memastikan pihak-pihak seperti para saksi dan perwakilan keluarga untuk siap dan menempati posisinya masing-masing.

Begitu pula bila ingin memasuki resepsi. Tim wedding organizer akan memastikan bahwa semua vendor sudah selesai mengerjakan tugasnya. Mulai dari dekorasi, catering hingga entertainment. Tak hanya itu saja, tim wedding organizer juga menyiapkan keluarga yang berperan misalnya among tamu hingga yang memberikan sambutan.

Setelah siap barulah pengantin dan keluarga memasuki ruangan resepsi. Coba bayangkan bila tidak ada wedding organizer. Pasti akan sulit untuk memastikan semua pihak sudah siap. Apalagi tidak ada orang yang mengontrol para vendor yang hari itu bertugas.

5. Melakukan Koordinasi untuk Melangsungkan Acara

Tak hanya melakukan berbagai persiapan, tim wedding organizer juga akan melaksanakan berbagai koordinasi untuk memastikan acara berjalan dengan lancar. Tim wedding organizer akan berbagi tugas untuk menempati beberapa pos koordinasi. Misalnya ada tim yang mengurus catering. 

Tim tersebut akan memastikan makanan tetap tersedia dan memastikan antrian berjalan lancar. Selain itu, ada pula tim yang standby di dekat pelaminan. Nantinya tim ini akan mengatur jalannya prosesi foto dan juga antrian para tamu yang ingin mengucapkan selamat ke atas pelaminan. Tentu kamu akan kesulitan mengatur hal ini bila tidak ada jasa wedding organizer.

Kamu dan pasangan juga akan terus didampingi oleh tim wedding organizer. Setiap kebutuhan akan dibantu oleh wedding organizer sehingga kamu dan pasangan tak perlu merasa takut dan bingung bila membutuhkan bantuan. Selain kamu dan pasangan, tim wedding organizer juga siap membantu keluarga terutama orangtua dalam menjalankan prosesi. 

Sepanjang acara juga ada tim yang memastikan semua alat terutama audio visual berjalan dengan lancar. Tim ini juga akan berkoordinasi dengan pemusik untuk memastikan kesiapan dan kelancaran performance sepanjang resepsi. Bahkan, akan ada tim yang berada di area pintu masuk untuk memastikan para tamu undangan nyaman dan lancar saat memasuki area resepsi.

Keuntungan memakai jasa wedding organizer juga ditambah dengan penanggung jawab atau koordinator lapangan yang siap memastikan semua acara berjalan sesuai rencana. Bila ada kendala, penanggung jawab ini juga akan siap membantu. 

Nah, ternyata ada banyak alasan mengapa kamu dan pasangan membutuhkan jasa wedding organizer. Pastinya kamu pasti membutuhkan orang lain yang akan membantu keseluruhan acara supaya bisa berjalan sesuai dengan apa yang dipersiapkan. Tak kalah penting, jasa wedding organizer juga akan membuat kamu dan pasangan tenang dan nyaman selama acara pernikahan berlangsung.

Yuk temukan vendor wedding organizer yang akan membantu hari bahagiamu berjalan lancar dan sempurna di WeddingMarket!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...