Tampil Cantik dan Elegan dengan Kebaya, Khusus Kamu Berbadan Big Size - Wedding Market

Tampil Cantik dan Elegan dengan Kebaya, Khusus Kamu Berbadan Big Size

25 Jun 2022 | By Dea Vinta WeddingMarket | Viewers: 4678
Tampil Cantik dan Elegan dengan Kebaya, Khusus Kamu Berbadan Big Size
Foto via pinterest.com

Memiliki tubuh big size seringkali membuat seseorang merasakan keterbatasan dalam pemilihan model busana yang akan dikenakannya, terutama soal kebaya. Sering pula disarankan untuk menurunkan berat badan demi tampil menakjubkan pada momen-momen spesial. Sebenarnya, apakah memang harus selalu begitu?! Tidak, itu salah besar!

Tampil percaya diri tidak selamanya harus dengan memiliki postur tubuh proporsional seperti model yang berjalan diatas catwalk. Bebaskanlah dirimu dari belenggu dan stigma bahwa cantik harus langsing. Kamu bisa membuat kebaya yang akan dikenakan menyesuaikan bentuk badanmu sehingga kamu tetap bisa tampil elegan dalam setiap kesempatan. 

Kenali Bentuk Tubuhmu

Sebenarnya seberapapun ukuran tubuhmu, sebelum menentukan pakaian apa yang paling cocok kamu kenakan, wajib hukumnya untuk mengetahui apakah bentuk tubuhmu sebenarnya. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah menentukan bagian mana yang akan ditonjolkan, serta bagian mana yang seharusnya diberikan efek ilusi yang cantik. 

Berikut beberapa macam bentuk tubuh yang sangat mungkin kamu memiliki salah satunya. 

Detail dan Potongan Kebaya Terbaik Untuk Big Size

1. Peplum 

Peplum merupakan lipatan kain pendek yang dirangkai berlipit pada pinggang untuk membuat potongan menggantung yang cantik dengan sempurna. Jenis kebaya peplum akan memberikan sorotan pada bagian payudara sehingga menyanjung bentuk badan ke bawah. Detail yang satu ini paling sempurna dikenakan untuk bentuk tubuh big size yang lebih mengarah ke pear shape, seperti beberapa kebaya di bawah ini.


2. Belted

Dengan sentuhan ikat pinggang atau belt pada kebaya, akan memberikan statement mempertegas garis pinggang untuk memanipulasi bentuk tubuh supaya terlihat proporsional. Siluet cantik yang tercipta membuat tubuh tampak ideal dan terkesan curvy. Detail kebaya seperti ini paling cocok untuk kamu yang memiliki bentuk tubuh rectangle, seperti kebaya di bawah ini.


3. V-neck 

Potongan yang satu ini akan membuka garis pada leher ke bawah. Aksen ini akan memberikan kesan langsing pada bagian dada sehingga menyeimbangkan ukuran big size tubuhmu. Detail V-neck paling cocok untuk kamu yang memiliki bentuk tubuh hourglass, pear shape, dan inverted triangle untuk memberikan statement pada tubuh bagian atas, seperti gambar di bawah ini


4. Lengan ¾ 

Hindari penggunaan off-shoulder karena itu hanya akan membuat bagian pundakmu terlihat besar. Potongan ¾ akan membuat lengan terlihat ramping. Kebaya dengan lengan ¾ seperti ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki tubuh round shape dan inverted triangle. Kamu bisa mencoba mengenakan kebaya seperti gambar di bawah ini. 


5. Longline

Bentuk kebaya yang panjang ke bawah akan menutup bagian bokong belakang dengan potongan lancip yang menciptakan ilusi langsing. Kebaya dengan potongan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki bentuk tubuh triangle. Berikut contoh kebaya longline yang bisa kamu kenakan.

Bermain Dengan Warna

Cara berikutnya untuk menciptakan ilusi ramping adalah dengan mengenakan warna-warna yang tepat. Warna pertama yang klasik dan tak akan pernah salah adalah warna hitam. Jika bosan dengan warna hitam, kamu bisa pilih nuansa warna yang lebih gelap seperti biru, ungu dan coklat. Warna-warna ini juga dapat membantu menyembunyikan beberapa kekurangan tubuhmu dan menciptakan ilusi langsing.

Sementara itu, warna yang lebih terang justru akan menciptakan bingkai yang lebih besar. Aturan lain untuk mengenakan warna yang menyanjung adalah tidak memasangkan atasan terang dengan bawahan gelap. Hal ini akan memberikan kesan bahwa kamu memotong tubuh menjadi dua, membuat kamu tampak pendek dan jongkok.

Terakhir, jika kamu ingin menonjolkan tinggi badan atau menambahkan beberapa inci saat acara spesial, kenakan warna monokromatik dari atas ke bawah. Monokromatik adalah satu warna, dengan intensitas yang berbeda. Hal ini membantu menciptakan garis gradasi vertikal visual yang memanjangkan tubuh, serta menyembunyikan kekurangan.

Pilih Bahan dan Motif yang Tepat

Menyesuaikan dengan tubuhmu yang terbilang big size, kamu dapat menyeimbangkannya dengan bordiran atau renda yang lebih kecil untuk menciptakan ilusi lebih ramping. Hindari memakai kebaya yang terlalu banyak aksen atau payet karena hal itu justru akan membuat postur terlihat semakin berat.

Untuk menyempurnakan penampilanmu, tambahkan beberapa aksesoris seperti kalung, anting, dan sejenisnya sebagai aksen pendukung atau lakukanlah mix and match sepatu dan tas yang cantik. Untuk kamu yang berhijab, kamu bisa bermain dengan bahan dan bentuk hijab juga, ya.

10 Model Kebaya Terbaik Untuk Big Size


Itulah beberapa tips untuk tampil elegan dengan kebaya, khusus untuk kamu yang memiliki tubuh big size. Bagaimana, Kamu tetap bisa tampil percaya diri dengan tubuh big size bukan?! Jangan terlalu memikirkan bagaimana caranya untuk menurunkan berat badan, namun pikirkan berbagai cara untuk menyiasati busana yang dikenakan supaya tampil proporsional. Baca juga tentang tips agar percaya diri saat menggunakan kebaya pengantin big size. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Pesan Tiket Gratis WeddingMarket Fair Sekarang!
13 - 14 Agustus 2022 | Hotel Bidakara Jakarta

Artikel Terkait


Menangkan Hadiah Ratusan Juta Rupiah di WeddingMarket Fair!

Pesan Tiket Gratis Sekarang
WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?