Persiapan Kesehatan Fisik dan Mental Sebelum Menikah Menurut Dokter Reisa Broto Asmoro

08 Feb 2020 | By Wedding Market | Viewers: 2866
Persiapan Kesehatan Fisik dan Mental Sebelum Menikah Menurut Dokter Reisa Broto Asmoro

Pernikahan merupakan salah satu momen yang sakral dan diharapkan terjadi sekali seumur hidup. Persiapan pernikahan bukan hanya untuk masalah persiapan pesta saja namun ada persiapan kesehatan fisik dan mental yang harus dilakukan. Cek pra nikah merupakan rangkaian yang bertujuan untuk memeriksa kesehatan fisik dan mental sebelum menikah. hal ini berguna untuk mengetahui apakah terdapat penyakit yang dapat menular pada pasangan dan berguna juga untuk penyakit tersebut menyebar pada pasangan atau pun anaknya nanti.

Menurut Dokter Reisa Broto Asmoro ketika ditanyai seberapa penting persiapan kesehatan fisik dan Mental sebelum menikah, mantan finalis Puteri Indonesia 2010 ini menjawab bahwa tujuan menikah adalah ingin memiliki keturunan yang sehat serta keturunan yang sehat juga untuk itu menciptakan hal tersebut maka persiapan kesehatan secara fisik dan Mental wajib untuk dilakukan. “ Jika kita sebagai pasangan tidak mempersiapkan diri sebaik mungkin maka bagaimana caranya untuk membuat keturunan yang baik juga untuk iu kita harus tahu kesehatan sejak awal sekali” jelasnya saat di acara podcast wedding market.

Dokter cantik ini membahas juga usia secara fisik dan kesehatan untuk siap menikah. Menurut pemerintah sendiri dalam Pasal 7 Ayat (1) UU Perkawinan menyebutkan “Perkawinan hanya diizinkan apabila pria dan wanita sudah mencapai umur 19 tahun” Sementara menurut dokter Reisa usia seperti itu terlalu muda untuk menikah. Walaup un bisa dibilang kedewasaan tidak ditentukan oleh usia tetapi kesehatan fisik tidak demikian. “ketika membicarakan kondisi fisik maka akan menyinggung dengan organ reproduksi, dimana organ ini untuk wanita dan pria memiliki tingkat kemantangan yang berbeda-beda” tutur dokter yang mengisi salah satu acara di tv swasta ini. Dia menyarankan bahwa usia matang untuk menikah ada di angka 21 tahun keatas karena pada saat itu organ reproduksi sudah matang dan bisa memberikan keturunan yang baik.



Dokter yang bernama asli Reisa Kartikasari ini juga membahas tentang premarital check up. Apa itu premarital check up? premarital check up atau yang sering disebut sebagai pemeriksaan kesehatan pranikah adalah rangkaian pemeriksaan kesehatan yang penting dilakukan oleh pasangan yang akan menikah. Hal ini dilakukan untuk menguji apakah terdapat penyakit genetic serta penyakit menular pada pasangan guna mencegah penularan tersebut kepada pasangan dan calon anak kelak.

Menurut dokter Reisa Broto Asmoro, Premarital check up wajib dilakukan untuk mengetahui apakah didalam diri kita ada penyakit bawaan atau tidak agar bisa diantisipasi sejak dini.” Premarital check up bisa sangat menguntungkan bagi kedua belah pasangan untuk mengantisipasi penyakit bawaan yang terjadi” menurut salah satu host acara TV tersebut. Jadi pemeriksaan ini untuk mencegah atau mengantisipasi jika ada dari salah satu pasangan memiliki penyakit bawaan serta membuat pasangan mengobati terlebih dahulu jika memang memiliki penyakit menular bawaan.

Premarital check up sendiri bisa kamu dan pasangan lakukan di rumah sakit besar atau laboratirum dan biasanya mereka sudah menyiapkan paket untuk hal tersebut. Menurut dokter ini sendiri ketika ditanya masalah biaya apakah mahal atau tidak dia menjawab “Harganya variatif tergantung dengan seberapa lengkap hasil yang diinginkan oleh pasangan, namun dengan harga yang segitu cukup kompetibel dengan hasilnya yang bisa membuat banyak keuntungan, Jangan sampai menyesal jika kamu ledies jika tidak melakukanya” Selain itu dengan melakukan pemeriksaan ini kamu dan pasangan bisa menambah keharmonisan dengan saling support jika salah satu terkena penyakit.

Pemeriksaan ini sendiri tidak hanya untuk pasangan yang belum menikah tetapi bagi pasangan yang sudah menikah tetapi belum melakukan pengecekan maka bisa melakukanya. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan premarital check up ini apalagi jika belum mengandung karena pasti akan lebih baik. Karena resiko jika ada penyakit bisa sangat besar menurun kepada janin saat mengandung. Selain itu dokter cantik ini meyarankan untuk kamu dan pasangan melakukan kesiapan fisik dengan cara menjaga pola hidup yang sehat dan paling utama adalah mengatur gizi makanan agar selalu sehat hingga hari H pernikahan.

Semoga informasi mengenai persiapan Persiapan Kesehatan Fisik dan Mental Sebelum Menikah Menurut Dokter Reisa Broto Asmoro ini bermanfaat untuk kamu dan pasangan yang akan menggelar pernikahan. Selain itu jika kamu ingin mengetahui bagaimana persiapan kesehatan fisik dan mental secara lengkap oleh dokter cantik ini bisa langsung melihatnya di Youtube kita ya! Klik link di bawah ini

Wedding Market on Youtube



Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket