7 Tips Membuat Konsep Dekorasi Pernikahan di Rumah Lebih Menarik dan Artistik

24 Aug 2020 | By Wedding Market | Viewers: 198
7 Tips Membuat Konsep Dekorasi Pernikahan di Rumah Lebih Menarik dan Artistik
Foto: Marry Me Ireland

Konsep selalu dibuat sebelum acara besar digelar, khususnya acara spesial seperti pernikahan. Bagian ini termasuk hal yang paling sering dipikirkan dalam proses pelaksanaannya. Apalagi bagi calon pengantin yang ingin menggelar pernikahannya di rumah yang pastinya membutuhkan manajemen khusus untuk konsep dekorasi pernikahan di rumah bagaimana tempat sederhana bisa menciptakan suasana meriah pernikahan. 

Seperti yang kita ketahui, tidak semua rumah hunian berukuran luas dan cocok untuk ditempati acara pernikahan. Maka dari itu, menyusun konsep dekorasi pernikahan harus dilaksanakan dengan proses yang matang supaya hasil tidak mengecewakan.

Jika kamu membutuhkan beberapa pencerahan mengenai konsep tersebut, ada beberapa tips sebelum membuat konsep dekorasi pernikahan indoor di rumah bisa kamu gunakan saat mendekorasi lokasi pernikahan.

1. Tutup Kelemahan Bagian Rumah dengan Kain

Kamu yang lebih tau kelemahan apa saja yang rumah kamu miliki. Sebagian ada beberapa bagian rumah yang harus ditutupi supaya tidak terlihat. Alasannya, terkadang ada bagian rumah yang kurang menarik dan mengganggu kelancaran dan keamanan acara. Konsep dekorasi pernikahan di rumah dengan menutupi kelemahan bagian rumah ini sangat menunjang keindahan dekorasi pernikahan yang lain. Oleh sebab itu konsep dekorasi ini juga harus kamu pikirkan.

Tidak perlu kain-kain mewah dan mahal untuk menutupi kelemahan rumah, kamu bisa gunakan kain-kain murah berwarna putih atau sesuai dengan tema dekorasi pernikahanmu. Selain menggunakan kain, kamu juga menutupi kelemahan rumah dengan tanaman-tanaman hias yang indah atau bunga-bunga menawan yang segar dipandang.

2. Gunakan Rangkaian Bunga atau Tanaman Hias yang Menarik

Dekorasi pernikahan di rumah akan tampak lebih indah dengan dekorasi rangkaian bunga atau tanaman hias yang menarik. Suasana acara pernikahan terasa lebih hidup. Pasangan pengantin dan tamu undangan terbawa pada zona nyaman yang nanti tak terlupakan. Daya tari bunga dan tanaman hias terhadap emosional penikmat acara spesial ini sangat kuat, sehingga bagi kita dekorasi pernikahan tanpa bunga-bunga dan tanaman hias serasa hambar dan membosankan. 

Tapi bunga-bunga yang terlalu meriah juga membosankan. Pastikan kamu meletakkan rangkaian bunga pada bagian dekorasi yang tepat dan sesuai dengan tema pernikahanmu di rumah. Dianjurkan memakai bunga-bunga berwarna segar atau soft, karena warna ini sangat cocok untuk beberapa tema pernikahan. Hal ini tentu juga kamu rasakan pada setiap kali kamu menghadiri acara pernikahan temanmu. Bukan begitu?

3. Pasang Instalasi Lampu yang Unik dan Menarik

Acara pernikahan tanpa lampu-lampu terasa hambar, konsep dekorasi pernikahan di rumah dengan menambahkan instalasi lampu-lampu yang unik. Kamu bisa menggunakan lampu lentera untuk tema vintage dan lampu LED berwarna sesuai tema pernikahan,  baik klasik ataupun modern. Kemilau lampu yang menawan menambah kemeriahan acara spesialmu di rumah. Walau tema pernikahan yang kamu pilih terbilang sederhana memasang sedikit lampu-lampu unik pada dekorasinya, sedikit mengurangi kesepian dekorasi pernikahanmu. 

Konsep dekorasi ini, sebisa mungkin jangan kamu lupakan. Kapan lagi acara pernikahanmu lebih berkesan dari hanya sekedar momen besar biasa? Pertimbangkan dengan baik penggunaan lampu-lampu unik ini dengan pasanganmu. Dijamin pernikahan penuh romansa akan kamu dapatkan layaknya pasangan putra dan putri raja. Cahaya lampu-lampu akan membuatmu terlihat lebih cantik. 

4. Pajang Foto-foto Prewedding

Kelebihan menikah di rumah salah satunya adalah paling mudah untuk dikenang. Kamu akan terus bernostalgia ketika berada di rumahmu. Acara pernikahan spesial yang pernah digelar dengan meriahnya membuat momen itu selalu menyulam rindu bahkan tiap kali kamu mengingatnya. Rumah memang tempat paling berkesan untuk dijadikan tempat acara pernikahan karena selain menghemat biaya, keharmonisan bersama pasangan saat mengingat momen indah pernikahan yang sempat digelar di rumah terasa lebih hangat dan lebih mudah diingat.

Apalagi ketika acara pernikahan kamu memasang foto-foto prewedding di dinding-dinding rumahmu. Konsep dekorasi pernikahan di rumah seperti ini membuat suasana pernikahan lebih romantis. Kebayangkan foto cantikmu yang bersanding dengan pasangan dilirik tamu undangan? Kekaguman setiap pandangan pasti akan tertuju padamu, apalagi gaun pengantin yang kamu gunakan adalah gaun mahal dan indah. 

5. Pilih Tema Pernikahan yang Overgreen Hingga Sekarang

Tema pernikahan mungkin membutuhkan waktu pertimbangan yang lama, terlebih selera kamu dan pasangan berbeda. Kamu memerlukan waktu khusus untuk berkompromi dengan pasanganmu. Hasil akhir mungkin akan terjadi perpaduan tema atau ada salah satu pasangan yang mengalah sehingga bisa menghasilkan tema pernikahan yang pas.

Sebenarnya juga tidak masalah adanya kombinasi tema, itu malah lebih artistik. Tapi sekiranya tidak sinkron, itu menjadi masalah yang memberatkan. Kecuali kamu dan pasangan adalah tim kreatif yang ahli dalam memadukan tema pernikahan atau kamu punya tim dekorasi pernikahan yang sudah cukup berpengalaman dalam memadukan tema-tema pernikahan. 

Disarankan memilih konsep dekorasi pernikahan di rumah yang sekiranya masih segar hingga sekarang. Artinya, kamu harus mengikuti arus desain dekorasi. Pilihlah tema pernikahan yang overgreen, lebih kerennya tema-tema klasik yang masih banyak diminati hingga sekarang. Dengan begitu, kamu termasuk salah satu orang yang turut serta melestarikan budaya klasik yang pernah ada. 

Tapi, buat kamu pecinta dekorasi kekinian, kamu tidak perlu memaksakan diri terima untuk turut melestarikan budaya nenek moyang. Sebab, dekorasi-dekorasi pernikahan modern juga cukup manis dan meriah untuk merayakan hari pernikahanmu.

6. Gunakan Perabotan yang Mendukung Tema Pernikahan

Dirasa sangat tidak bagus jika tema pernikahan glamour diberikan dekorasi-dekorasi klasik yang berupa gerabah-gerabah kuno atau piring-piring kuno untuk jamuan. Inilah yang dimaksud bagaimana caranya kamu bisa membuat konsep dekorasi pernikahan di rumah dengan dukungan perabotan yang mendukung tema pernikahan yang kamu pilih. 

Untuk tema glamour, kamu perlu perabotan-perabotan yang kekinian dan nilai mewahnya familiar di masyarakat. Jangan sampai kamu mengacaukan tema dengan cara memilih perabotan yang tidak sesuai tema pernikahan. Kalau hal ini terjadi, acara pernikahanmu pasti tidak lagi berkesan bahkan memalukan. Ada baiknya, kamu luangkan banyak waktu untuk memikirkan konsep dekorasi pernikahan ini. 

7. Sesuaikan Dekorasi Pelaminan dan Tempat Tamu Undangan dengan Ukuran Ruangan atau Halaman Rumah

Jika kamu memiliki ruangan atau halaman rumah yang sempit, setidaknya kamu menghindari konsep dekorasi pernikahan di rumah dengan tema-tema pernikahan yang mewah. Pilihlah tema-tema sederhana, minimalis modern, klasik dan tema pernikahan lainnya yang sekiranya tidak banyak menghabiskan tempat untuk pelaminan.

Ukuran halaman atau ruangan rumah yang sempit membuat tamu tidak leluasa dan terlihat semakin sempit jika harus dipenuhi dengan dekorasi-dekorasi mewah. Oleh karena itu tema-tema pernikahan simple lebih cocok untuk ukuran lokasi pernikahan yang sempit.

Inilah beberapa inspirasi konsep dekorasi pernikahan di rumah yang bisa kamu coba untuk memeriahkan momen spesialmu. Konsep dekorasi ini terbilang cukup menarik dan artistik di era modern ini. Sehingga sangat cocok jika kamu memilih inspirasi konsep dekorasi pernikahan ini sekarang!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket