Pilih Kategori Artikel

Ini Dia Konsep Dekorasi Pernikahan Rustic
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Hari pernikahan merupakan hari yang bersejarah dan akan selalu dikenang oleh setiap orang. Sangatlah wajar bagi kamu yang menginginkan tema pernikahan sesuai dengan impianmu. Konsep dekorasi pernikahan rustic mungkin saja menjadi salah satu impian tema pernikahanmu. Pernikahan yang bertemakan rustic ini kian popular di banyak Negara, salah satunya termasuk di Indonesia. Tema rustic ini sangat cocok bagi kamu yang menginginkan suasana pernikahan yang santai, romantis namun terkesan natural. 

Tema pernikahan rustic ini juga bisa menekan budget kamu, karena konsep ini lebih menekankan pada kreativitas dan keinginan kamu. Namun jangan terlalu berlebihan karena konsep ini merupakan sesuatu yang alami dan sederhana. Mungkin sebagian orang belum terlalu mengenal dengan konsep pernikahan rustic ini. Rustic sendiri diartikan berkarat, kasar, hingga terkesan pedesaan. Sedangkan untuk dekorasi dan penataan gaya rustic lebih menonjolkan pada kesan alami dan apa adanya.

Meskipun berkesan pedesaan gaya rustic yang tengah menjadi tren ini jauh dari kesan kuno dan tua. Rustic kini dapat diolah menjadi lebih modern, tidak hanya itu tema rustic ini bisa dipadankan dengan desain yang minimalis dan vintage.

Ciri-ciri Dekorasi Pernikahan Rustic

wm_article_img

Foto: Moffitt Oaks

Sebelum kamu menentukan konsep dekorasi pernikahan rustic ini, kenali terlebih dahulu ciri-cirinya agar tidak terlalu jauh melenceng, berikut diantaranya:

1. Warna Natural

Pada pernikahan bertemakan rustic ini warna yang sering digunakan adalah warna-warna yang natural, seperti cokelat, abu-abu, dan putih. Warna natural ini bisa kamu padankan dengan warna pastel yang tidak mencolok. Misalnya kamu bisa memadankan kursi tamu yang berwarna cokelat dengan menggunakan pita berwarna kontras. Dekorasi dengan menggunakan warna natural ini akan memberikan kesan hangat dan tenang.

2. Gaya Unfinished

Rustic ini terkesan dengan desain yang apa adanya tanpa proses finishing. Dengan memakai furniture yang terkesan unfinished atau dengan memilih tempat yang lantai atau dindingnya belum terselesaikan akan semakin menambah kesan rustic dalam pesta pernikahan kamu.

3. Memadukan Kayu dan Batu

Indentik dengan pedesaan, konsep dekorasi pernikahan rustic ini umumnya menggunakan material dari kayu dan juga batu. Kayu yang digunakan biasanya tidak di cat dan terkesan usang. Warna kayu yang digunakan pun tidak harus coklat, sehingga dengan mudah kamu bisa memadukannya dengan warna kayu yang lain.

4. Material Handmade dan Vintage

Tema rustic ini sangat memancing ide kreatif kamu, selain mempercantik detail dekorasi dengan menggunakan barang bekas atau barang-barang lama, kamu juga bisa membuat dekorasi dari barang-barang handmade. Misalnya dengan menggunakan botol-botol bekas yang dihias dengan renda atau kain goni yang digunakan sebagai vas bunga.

5. Bunga Liar dan Lampu Gantung

Tema dekorasi rustic ini tidak lengkap rasanya tanpa ada lampu-lampu yang menyala dan akan mempercantik pesta pernikahan kamu. Untuk penggunaan bunga pada tema rustic ini pun berbeda dengan bunga yang lainnya, bunga yang digunakan pada tema ini menggunakan bunga liar seperti bunga wild rose hortensia dan lainnya.

Ide Kreatif dalam Konsep Dekorasi Pernikahan Rustic

wm_article_img
Foto: Sortra

Selanjutnya ada banyak ide kreatif yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan tema pernikahan tersebut. Berikut instpirasi konsep dekorasi pernikahan rustic:

Rustic Wedding Backdrop

Dalam pernikahan yang bertemakan rustic, pelaminan biasanya dibuat dengan menggunakan latar atau backdrop yang sederhana yang lebih menonjolkan material berbahan kayu. Misalnya menggunakan elemen kayu yang dipadukan dengan kain berwarna netral sehingga terkesan elegan dan tidak berlebihan. Tak heran, rustic ini juga diidentikan dengan dekorasi pernikahan sederhana.

Meja Pengantin

Salah satu yang menjadi pusat perhatian saat pesta pernikahan adalah meja pengantin. Dengan menggunakan tema rustic ini, kamu bisa menggunakan bunga baby breath yang disusun rapi di atas meja yang diatasnya menggunakan kain burlap.

Selanjutnya kamu bisa memanfaatkan papan kayu atau karton untuk menuliskan nama pengantin sebagai penanda meja pengantin. Kamu juga bisa menambahkan lilin pada sisi kiri dan kanan meja yang disesuaikan dengan dekorasi rustic.

Meja Makan untuk Tamu

Konsep dekorasi pernikahan rustic ini kamu  bisa  menambahkan kerangka lentera serta lilin kecil di dalamnya sebagai dekorasi rustic pada meja tamu. Selain itu kamu juga bisa menandai meja dengan nomor agar bisa terlihat oleh para tamu dan bisa menempatkan kartu nama di atas setiap setting alat makan di atas meja makan tamu agar tidak kebingungan mencari tempat duduk.

Backdrop Foto

Moment yang wajib diabadikan saat pesta pernikahan adalah dengan sebuah foto. Untuk itu kamu bisa membuat area khusus untuk berfoto dengan menggunakan backdrop dekorasi rustic. Kamu bisa menyusun papan kayu dengan menambahkan dekorasi lampu taman di bagian bawahnya atau juga bisa menambahan bunga-bunga kering yang bisa disematkan agar tampilannya lebih menawan.

Kotak Kado

Saat pernikahan biasanya para tamu akan membawa kado berupa barang ataupun amplop sebagai hadiah pernikahan bagi pengantin baru. Kamu bisa memanfaatkan kotak peti kayu sebagai tempat untuk menyimpan kado tersebut. Kamu juga bisa menyediakan kotak kayu yang sama untuk masing-masing pada sisi mempelai.

Hiasan Bunga-bunga yang Cantik

Salah saru andalan dari konsep dekorasi pernikahan rustic adalah dengan menggunakan bunga-bunga yang cantik yang akan menambah pesta pernikahanmu lebih manis dan romantic. Kamu bisa memilih sendiri bunga yang akan di gunakan. Warna dari tema rustic ini adalah warna pastel, jadi kamu harus memilih warna bunga yang pastel juga agar lebih masuk dengan dekorasi lainnya.

Papan Penanda

Sebagai penanda suatu loksi pesta pernikahan biasanya masyarakat Indonesia menggunakan janur. Kamu bisa mengganti janur tersebut dengan menggunakan papan penanda yang terbuat dari kayu. Misalnya kamu bisa menuliskan “wedding” pada area pintu masuk dengan menambahkan beberapa hiasan seperti penyiram tanaman yang dipenuhi dengan bunga-bunga yang menghiasi pintu masuk.

Bola-bola Lampu

Biasanya konsep dekorasi pernikahan rustic ini diselenggarakan pada ruangan terbuka, sehingga kamu bisa meletakan deraten bola-bola lampu yang cantik. Kamu nisa menggunakan lampu bola berwarna kuning agar terlihat lebih romantis.

Kursi Pelaminan

Untuk membuat tema dekorasi rustic menjadi lebih menawan Anda bisa memadukan kursi rotan dengan rangkaian bunga berwarna lembut dan susunan kayu yang sederhana.

Kue Crumb Coat

Untuk menampilkan konsep rustic kamu bisa memnggunakan kue crumb coat untuk menjadi pilihan kue pengantinmu. Kue ini memiliki penamnpilan unfinished seperti belum selesai. Kamu juga bisa menambahkan bunga atau buah segar di atas kue.

Lentera Gantung

Sebagai dekorasi ruangan atau dekorasi meja makan, lentera ini diletakan di atas meja. Jika kamu ingin melihat lebih berbeda, kamu dapat menggantung banyak lentera di atas pohon jika pernikahannya dilaksanakan di taman. Kamu juga bisa menggantungnya di jendela, dinding dan pintu masuk.

Buket Bunga Kering

Dalam sebuah pesta pernikahan buket bunga merupakan bagian yang penting. Biasanya bunga yang digunakan seperti bunga mawar, dalam konsep rustic ini kamu bisa menggunakan bunga-bunga liar seperti lavender kering atau bunga hortensia yang memiliki beragam warna.  

Itu dia beberapa inspirasi konsep dekorasi pernikahan rustic yang bisa kamu terapkan dalam saat pesta pernikahanmu. Semoga bisa menjadi inspirasi sebelum kamu berkonsultasi lebih lanjut dengan para vendor dekorasi pernikahan!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...