Beberapa Contoh dan Rekomendasi Kue Hantaran Pernikahan - Wedding Market

Beberapa Contoh dan Rekomendasi Kue Hantaran Pernikahan

02 Aug 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 149
Beberapa Contoh dan Rekomendasi Kue Hantaran Pernikahan
Foto: Kitabelajar.github

Dalam sebuah acara pernikahan biasanya pihak mempelai pria akan membawa berbagai benda yang sering disebut dengan seserahan atau hantaran. Hal tersebut biasanya merupakan kebutuhan bagi sang mempelai wanita seperti pakaian dan aksesoris sehari-hari. Di samping itu adapula yang menggunakan kue hantaran pernikahan. 

Makanan juga sering menjadi salah satu daftar barang yang dijadikan sebagai seserahan tak terkecuali kue. Di beberapa daerah di Indonesia menggunakan kue sebagai bagian dari seserahan bahkan memiliki makna tersendiri. Beberapa di antaranya bahkan mewajibkan untuk membawa makanan manis tersebut sebagai syarat dari seserahan tersebut. 

Intinya menghadirkan makanan berupa kue tersebut sebagai bagian dari seserahan cukup disarankan namun tidak begitu diwajibkan. Bagi kaum pria sangat penting untuk memperhatikan budaya atau adat istiadat dari calon mempelai wanita dimana benda yang dibawa sebagai seserahan juga sering menjadi bagian budaya. 

Tentunya kurang pantas jika hal ini dilanggar jika memang adat-istiadat disekitarnya mewajibkan kue tersebut dijadikan barang seserahan. Namun jika memang ada di sekitarnya tidak begitu kental maka kue hantaran pernikahan tidak begitu wajib untuk dibawa dan bersifat opsional bagi pihak keluarga pria.

Beberapa Contoh Kue Hantaran Pernikahan

Jika memang harus ataupun ingin membawa makanan manis ini sebagai hantaran beberapa contoh kue hantaran berikut ini bisa dijadikan inspirasi. 

1. Kue Wajik


Foto: Serbaenak on Tokopedia

Di beberapa daerah khususnya Jawa wajik menjadi salah satu makanan yang perlu disajikan dalam sebuah acara pernikahan. Sebagai pilihannya makanan yang terbuat dari ketan ini juga sering dibawa sebagai hantaran. Seiring dengan berkembangnya zaman cara membungkus dan mengemasnya sudah lebih modern. 

Dengan begitu tampilannya bisa lebih modern dan kue tradisional tersebut tetap terlihat identitas aslinya. Bentuknya pun sudah semakin beragam bahkan ada yang dibuat menyerupai bentuk kue tart seperti layaknya kue pengantin dengan beberapa hiasan bunga. 

2. Kue Bolu


Foto: dapurmaul31 on Shopee

Kue hantaran pernikahan lainnya yang bisa kamu pilih yaitu kue bolu. Jenis kue ini terbilang standar dan tidak mengacu terhadap budaya manapun. Artinya jika ingin memberikan makanan manis dalam hantaran kue ini bisa dipilih untuk calon mempelai wanita dari budaya manapun. Jika ingin dilengkapi dengan kue lainnya pun tetap tidak masalah sehingga lebih beragam. 

Makanan manis ini bisa dijadikan bagian dari seserahan dalam bentuk kue tart atau dibiarkan polos tanpa hiasan atau krim. Hal ini bisa bergantung dengan kebutuhan atau bahkan dengan request dari calon mempelai wanita. Agar lebih menarik tentunya kue ini bisa dikemas dalam sebuah box transparan atau box yang terbuat dari mika yang diberi hiasan pita. 

3. Kue Basah atau Jajanan Pasar


Foto: sarasa on shopee

Kue tradisional khas Indonesia ini juga sering digunakan sebagai kue hantaran pernikahan karena bentuknya yang menarik dan jenisnya pun sangat beragam. Tampilannya pun akan terlihat sangat cantik jika ditempatkan pada sebuah wadah datar seperti box mika, kardus transparan, tampah, atau dalam sebuah keranjang bambu. 

Jenisnya bisa bermacam-macam dan disusun sedemikian rupa sehingga terlihat warna-warni yang sangat cantik dari kue basah tersebut. Biasanya ukuran dari makanan manis ini ialah 1 kali makan sehingga ukurannya cukup kecil. Cara menata dan tampilan dari masing-masing jenis kuenya sangat berpengaruh tak terkecuali dari rasa kue itu sendiri.  

4. Cupcake 


Foto: Sholikatiboga

Jika kamu ingin hantaran yang lebih kekinian maka cupcake bisa dimasukkan ke dalam daftar barang yang akan dibawa sebagai seserahan atau hantaran. Meskipun tidak menggunakan hiasan yang cukup spesifik cupcake dengan hiasan cream di atasnya sudah cukup menarik untuk bisa dijadikan sebagai kue hantaran. 

Jika ingin lebih menarik lagi maka cupcake tersebut bisa dihias dengan gambar atau kata-kata yang berhubungan dengan pernikahan atau nama dari kedua mempelai. Penggunaan cupcake akan sangat terlihat kekinian dan modern. Untuk kue hantaran pernikahan seperti ini cukup ditata di atas box datar dengan penutup transparan yang dihias pita. 

Diantara banyaknya contoh dan jenis kue hantaran untuk pernikahan maka dapat disimpulkan bahwa makanan manis ini memang cukup sering dipilih sebagai bagian dari hantaran. Akan tetapi hal ini bukan menjadi salah satu kewajiban dan bersifat opsional bagi pihak mempelai pria kecuali jika terdapat permintaan atau harus menyesuaikan dengan budaya di sekitarnya. 

Jika memilih untuk menjadikan kue ini sebagai hantaran maka pilihlah jenis kue yang bisa ditata sedemikian rupa dan tentunya memiliki rasa yang enak. Selain itu, kualitasnya pun harus sangat baik sehingga sangat pantas untuk diberikan kepada calon mempelai wanita. 

Beberapa contoh kue hantaran pernikahan di atas bisa kamu pilih sebagai bagian dari hantaran pernikahan. Kamu bisa memilih salah satunya namun dengan berbagai pertimbangan terlebih jika kamu ingin merequest atau meminta kepada calon mempelai pria. Dengan begitu, kue tersebut bisa tetap ada tanpa memberatkan pihak manapun. 

Temukan Kue Unik Lainnya di WeddingMarket, Harga Terjangkau!

Silahkan Klik Disini


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket
Hubungi Kami!
Chat Us