Pilih Kategori Artikel

Persiapan Lamaran Nikah yang Wajib Kamu Ketahui. Syarat, Hingga Kata-kata untuk Meminang si Dia
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Salah satu agenda wajib yang tak boleh ketinggalan bagi kamu yang hendak melangsungkan pernikahan adalah prosesi lamaran. Lamaran nikah merupakan tanda peresmian hubungan suatu pasangan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius, sekaligus juga menandai persetujuan kedua belah pihak, untuk mempersatukan keluarga mereka dalam ikatan perkawinan. Apa saja hal penting yang perlu dipersiapkan, mulai dari syarat-syarat,  hingga kata-kata lamaran nikah yang oke untuk meminang si dia? Yuk, simak pembahasannya.

Mengetahui Syarat Lamaran Nikah

Agar niat kamu semakin mantap untuk meminang sang kekasih hati, kamu juga harus mengetahui syarat-syarat lamaran nikah. Apa saja? Mari kita simak.

  • Cincin lamaran, wajib ada

wm_article_img

Engagement Ring by V&Co Jewellery


Bicara lamaran nikah, tentu tidak jauh-jauh dari cincin lamaran. Perhiasan yang satu ini merupakan benda yang wajib ada pada prosesi lamaran. Meskipun pertukaran cincin antara kedua pasangan tidak selalu dilakukan, tetapi umumnya cincin lamaran menjadi simbol ikatan komitmen dan persetujuan antara kedua belah pihak  untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Beberapa tradisi mempercayai, hanya calon pengantin wanita yang dipasangkan cincin saat prosesi lamaran nikah, sebagai simbol penerimaan akan pinangan calon pengantin pria. Entah itu saling bertukar cincin, atau hanya calon pengantin wanita saja yang dipasangkan cincin, kamu dan pasangan bebas menentukan tradisi mana yang akan kalian pilih.

  • Status lajang dari kedua mempelai

Sebelum melangsungkan acara lamaran nikah, masing-masing kedua calon mempelai harus dalam status lajang atau belum menikah. Jika salah satu mempelai adalah orang yang sudah pernah menikah, maka status mereka harus resmi menjadi duda atau janda terlebih dahulu. Jika tidak, maka sebaiknya kamu dan pasangan harus mengadakan pembicaraan terlebih dahulu agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

  • Calon mempelai pria membawa seserahan 

wm_article_img

Seserahan by Beblooms Seserahan Jakarta

Sebenarnya, membawa seserahan pada saat lamaran nikah merupakan opsional bagi calon mempelai pria, karena ada juga tradisi penyerahan seserahan saat acara pernikahan berlangsung. Selain itu, ada juga calon mempelai pria yang membawa seserahan dua kali, pada saat lamaran dan pada acara pernikahan. Pada dasarnya, seserahan tersebut diartikan sebagai simbol keseriusan dari calon mempelai pria, sebagai tanda bahwa calon suami siap bertanggung jawab terhadap pengantinnya, dan juga sebagai pengikat silaturahmi kedua keluarga.


Seserahan yang dibawa oleh calon mempelai pria beragam, bisa berupa barang atau makanan. Berikut beberapa contoh seserahan yang umumnya dibawa.

  • Seserahan berupa makanan, biasanya terdiri dari kue-kue tradisional seperti lemper, wajik, dan kue lapis. Bisa juga kue bolu atau kue-kue modern seperti cheesecake dan cinnamon roll.

  • Make up dan skin care juga merupakan salah satu seserahan yang umum dibawa oleh mempelai pria. Jenis, serta merk make up dan skin care biasanya merupakan permintaan dari calon mempelai wanita itu sendiri. Beberapa contohnya antara lain bedak, lipstik, blush on, pelembab, dan serum wajah.

  • Pakaian menjadi salah satu kebutuhan calon pengantin wanita. Oleh sebab itu, pakaian juga menjadi salah satu seserahan yang dibawa calon mempelai pria saat lamaran nikah. Pakaian wanita seperti blouse, dress, dan hijab bisa masuk list daftar seserahan yang kamu siapkan.

  • Alat sholat wanita atau mukena hampir selalu ada dalam seserahan. Seserahan ini tentunya hanya untuk kedua mempelai yang beragama Islam. Biasanya mukena dibentuk lucu dan menarik sebagai seserahan wajib dari calon mempelai pria. 


  • Menyiapkan segala perlengkapan acara lamaran

Berbagai perlengkapan lain juga harus kamu siapkan, seperti dekorasi dan pakaian yang akan kamu kenakan. Perbedaan akan kamu temui antara adat yang satu dan yang lainnya. Sebagai contoh, pada lamaran nikah dengan adat Sunda kamu harus menyiapkan ikat pinggang yang akan diberikan kepada calon pengantin wanita. Sedangkan, pada adat Jawa kamu harus menggunakan seserahan yang disebut peningsetan. Selain itu, yang tak kalah penting, kamu juga harus menyiapkan hidangan untuk menjamu keluarga kedua mempelai.


  • Kehadiran keluarga inti dari kedua calon mempelai

wm_article_img

Photo by imagenic

Acara lamaran nikah juga merupakan acara untuk mempertemukan keluarga kedua mempelai. Tak jarang, di momen lamaran inilah kali pertama keluarga besar keduanya saling bersilaturahmi. Dengan demikian, tentu saja yang wajib hadir adalah keluarga inti. Bagi keluarga besar seperti sepupu, paman, bibi, kakek, dan nenek juga bisa hadir. Hal ini guna mempererat hubungan antara kedua mempelai. 


  • Pemuka agama sebagai pemimpin doa dalam lamaran nikah

Pada agama tertentu, kehadiran pemuka agama sangat diperlukan. Pemuka agama memiliki peran dalam memimpin doa, serta memberikan nasihat seputar pernikahan kepada kamu dan pasanganmu.

wm_article_img

Photo by Le' Motion Photo

Kira-kira itulah beberapa syarat lamaran nikah yang perlu kamu ketahui. Setelah mengetahui syarat-syarat tersebut, semoga prosesi lamaranmu dan pasangan akan berjalan khidmat dan lancar.

Dokumentasi Foto Lamaran Nikah sebagai Memori Awal Perjalanan Cintamu

wm_article_img

Photo by Ruang Photoworks

Tak mau kehilangan momen peresmian hubungan cintamu dan pasangan, bukan? Untuk itu prosesi acara lamaran nikah perlu diabadikan. Agar tak ada momen penting yang terlewatkan, alangkah baiknya kamu menyewa fotografer profesional untuk mengabadikan momen lamaran pernikahan kamu dengan pasangan. Selain foto, kamu juga bisa meminta fotografer untuk memvideokan prosesi lamaranmu agar dokumentasi hari bersejarahmu semakin lengkap. Kita bahas satu-satu, yuk!

  • Memilih jasa fotografi profesional

Acara lamaran nikah hanya berlangsung sekali.  Untuk itu, agar hasil foto lamaran nikah kamu bagus dan berkualitas, disarankan untuk menggunakan jasa fotografer yang sudah profesional. 

  • Pastikan sudah berpengalaman melakukan pemotretan foto lamaran nikah

Tolak ukur sebuah kualitas jasa yang sangat jelas dapat dilihat dari pengalaman sebuah jasa, termasuk jasa fotografi.  Sebagai referensi, kamu bisa melihat portofolio yang mereka punya untuk mengetahui seberapa banyak pengalaman dari jasa fotografi yang akan kamu gunakan.

  • Percayakan pada fotografer dengan alat fotografi yang lengkap

Alat fotografi yang lengkap merupakan salah satu parameter dari jasa fotografi yang berkualitas. Kelengkapan alat fotografi dapat dilihat dari jenis kamera dan jenis lensa. Dengan lengkapnya alat fotografi, fotografer pun bisa dengan mudah menyesuaikan dengan objek yang akan difoto. Hal ini bisa menghindari kekurangan pada objek foto, seperti cahaya atau kondisi ruangan. Dengan begitu, hasil foto lamaran nikah kamu menjadi sangat bagus dan enak dipandang.

  • Menggali informasi lewat testimoni

Testimoni di website atau media sosial sebuah penyedia jasa fotografi bisa membuat kamu lebih yakin pada hasil kerja mereka. Kamu bisa menggali informasi lewat testimoni terkait hasil pekerjaan fotografer sebelumnya. Tidak hanya informasi seputar kualitas foto, kamu juga bisa mengetahui seberapa baik pelayanan yang mereka tawarkan dari situ. Kamu bisa lihat juga contoh-contoh foto lamaran nikah yang sebelumnya mereka pernah abadikan.

  • Pelayanan fotografer juga mempengaruhi hasil foto

Fotografer tidak hanya dituntut untuk bisa mengambil foto, tetapi juga bisa menangkap momen-momen yang bagus. Apalagi untuk foto lamaran nikah, bukan? Selain mengabadikan momen sakral, penyedia jasa fotografi juga sudah seharusnya, mampu memberi arahan gaya foto yang oke saat pemotretan kedua calon pengantin.


  • Momen Lamaran Nikah yang Wajib Diabadikan oleh Fotografer

    wm_article_img

Selain faktor teknis yang dimiliki oleh suatu jasa fotografi, untuk lebih memastikan bahwa fotografer yang kamu pilih mampu mengabadikan momen penting dalam acara lamaran nikahmu, kamu sebaiknya perlu mengingatkan momen-momen mana saja yang wajib tertangkap kamera. Inilah momen-momen yang bisa fotografer tangkap saat acara lamaran nikah berlangsung.

  1. Kedatangan calon mempelai pria beserta keluarganya

Dalam susunan acara lamaran nikah, tentu hal pertama yang menandai dimulainya acara adalah kedatangan calon mempelai pria bersama keluarga besarnya. 

  1. Pembukaan lamaran

Pembukaan acara lamaran berupa penyambutan yang dilakukan tuan rumah kepada calon mempelai laki-laki dan keluarga. Fotografer dapat juga dapat menangkap momen ini.

  1. Penyampaian maksud dan tujuan calon pengantin laki-laki dan keluarga

Ini dia acara inti dari sebuah lamaran pernikahan, yaitu ketika pihak calon mempelai pria menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya ke kediaman calon mempelai wanita. Dan, tentu saja, ini adalah momen yang wajib diabadikan.

  1. Pemberian jawaban dari calon mempelai wanita

Momen yang tidak kalah sakralnya adalah momen saat calon mempelai wanita memberikan jawaban atas lamaran calon mempelai pria. Momen ini adalah momen paling manis yang tidak boleh terlewatkan oleh sang fotografer.

  1. Penyerahan seserahan kepada calon mempelai wanita

Setelah pihak mempelai wanita menerima lamaran mempelai pria, selanjutnya adalah momen penyerahan seserahan. Fotografer bisa mengabadikan foto-foto barang seserahan yang diberikan kepada calon mempelai wanita.

  1. Kedua mempelai saling bertukar cincin

Puncak dari acara lamaran yaitu bertukar cincin. Pasangan akan saling memasangkan cincin di jari masing-masing. Abadikan momen ini dalam lensa kamera yang handal, sehingga momen manis ini bisa dikenang hingga akhir hayat bersama pasangan.


Memilih Kata-kata Lamaran Nikah  untuk Meminang si Dia

wm_article_img

Photo by imagenic


Hal yang mungkin sering terlupakan oleh si calon mempelai pria yang akan melakukan lamaran nikah adalah menyiapkan kata-kata untuk meminang sang pujaan hati. Kata-kata seperti “Maukah kamu menikah denganku?” atau “Apakah kau mau menjadi calon istriku?” mungkin sudah diutarakan sebelumnya secara pribadi antara kamu dan pasanganmu.

Namun, pada acara lamaran nikah secara formal, calon mempelai pria atau orang tua dari calon mempelai pria juga harus menyampaikan kembali maksud dan tujuan melamar calon mempelai wanita dengan kata-kata yang lebih formal. Lalu, seperti apa kata-kata yang  biasa digunakan untuk acara lamaran nikah? Berikut beberapa contoh kata-kata lamaran yang bisa kamu gunakan untuk acara spesialmu nanti.

  • "Bapak telah menjaga putri bapak selama 23 tahun, untuk saat ini, bolehkah saya menggantikan posisi bapak menjaga putri bapak serta membahagiakan putri bapak untuk sepanjang hidupnya?"


  • "Apabila Tuhan mengizinkan, saya ingin menjadikan putri bapak/ibu sebagai istri saya, yang menemani setiap langkah kehidupan saya, menjadi penyejuk kala hati saya gundah, serta menjadi penasihat saya ketika melakukan kesalahan. Sejak awal pertemuan saya dengan putri bapak/ibu, saya merasa telah menemukan orang yang tepat untuk menjadi pasangan hidup saya. Sekiranya bapak/ibu berkenan, saya ingin melamar Putri bapak/ibu dan melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan."


  • "Maksud dan tujuan saya datang kesini adalah untuk meminta izin kepada bapak/ibu untuk melamar putri bapak/ibu, dan menjadikannya istri saya. Saya berjanji akan membahagiakannya, serta memenuhi segala kebutuhannya, baik kebutuhan lahir maupun kebutuhan batin."


  • "Saya ingin menyampaikan ketulusan hati saya, bahwa saya mencintai putri bapak. Izinkan saya hadir dalam kehidupan putri bapak dengan mengajak putri bapak menuju jenjang yang lebih serius yaitu sebuah pernikahan."


  • "Saya percaya takdir Tuhan itu nyata dan adil. Jika memang putri bapak/ibu adalah jodoh saya, maka izinkanlah saya membahagiakannya, dengan menjadikannya istri sah saya."


  • "Tujuan saya dan keluarga datang ke sini adalah untuk meminang putri bapak/ibu. Apakah bapak/ibu merestuinya?


Itulah beberapa contoh kata-kata lamaran nikah yang bisa kamu sampaikan di depan keluarga pasangan di acara lamaranmu nanti. Ingat, gunakan kata-kata yang sopan dan formal, ya!


Nah, selain mempersiapkan dokumentasi yang baik, mengetahui syarat-syarat serta kata-kata yang akan diucapkan pada saat lamaran nikah, biasanya akan muncul pertanyaan-pertanyaan baru seperti, apa saja yang perlu dibawa, dan apa yang perlu dilakukan? Pertanyaan lain yang mungkin muncul bagi kamu yang beragama Islam adalah tentang bagaimana sih lamaran nikah dalam agama Islam? Atau jika kamu ingin melaksanakan lamaran nikah secara adat, apa saja syarat-syarat yang perlu dipersiapkan? Tenang, Wedding Market sudah merangkum jawaban untuk menjawab semua pertanyaan itu.


Lamaran nikah bawa apa aja?

Saat lamaran nikah, calon mempelai pria biasanya datang bersama keluarga yang akan diperkenalkan kepada calon mempelai wanita. Selain itu, calon mempelai pria juga wajib membawa cincin lamaran, dan seserahan.


Apa yang dilakukan ketika lamaran?

Tujuan kedatangan calon mempelai pria ke rumah calon mempelai wanita pada saat lamaran nikah adalah untuk meminta restu kepada orang tua sang kekasih, sekaligus menyampaikan maksud untuk mempersunting putrinya dalam ikatan pernikahan. Sebagai gambaran, inilah rincian susunan acara lamaran nikah yang umumnya dilakukan.

  • Kedatangan calon mempelai pria beserta keluarga di tempat calon mempelai wanita.

  • Pembukaan lamaran nikah.

  • Penyampaian maksud dan tujuan rombongan calon mempelai pria kepada pihak calon mempelai wanita.

  • Pemberian jawaban atas lamaran nikah yang diajukan oleh pihak calon mempelai pria.

  • Penyerahan seserahan yang dibawa oleh calon mempelai pria untuk diberikan kepada calon mempelai wanita.

  • Prosesi bertukar cincin antar pasangan.

  • Perkenalan antara keluarga calon mempelai pria dengan keluarga calon mempelai wanita.

  • Penutupan acara lamaran nikah dengan doa.


Lamaran Nikah Menurut Islam?

Dalam Islam, lamaran nikah disebut dengan khitbah. Maksud dan tujuannya sama, yaitu calon mempelai pria meminta izin kepada pihak calon mempelai wanita untuk membawa hubungan ke jenjang pernikahan. Khitbah sendiri hanya akan dijawab "ya" atau "tidak" oleh calon mempelai wanita. Berikut adalah tata cara khitbah menurut Islam.

  • Meminta petunjuk dari Allah SWT.

  • Membaca doa dan shalawat nabi.

  • Mendatangi kediaman calon mempelai wanita.

  • Menyampaikan tujuan kedatangan.

  • Penyampaian jawaban pihak calon mempelai wanita.

  • Menyerahkan hantaran.

  • Penutupan khitbah dengan pembacaan doa.


Syarat Lamaran Nikah Adat

Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan apabila kamu ingin melangsungkan lamaran nikah menggunakan adat. Sebagai contoh, syarat lamaran nikah Jawa harus melalui beberapa tahapan berikut ini.

  • Congkong

Dalam proses ini, keluarga calon mempelai pria akan mengutus salah satu pihak untuk bertanya kepada pihak calon mempelai wanita. Hal ini memiliki tujuan untuk memperoleh informasi terkait calon mempelai wanita, tentang status perkawinan, serta kesiapan calon mempelai wanita.

  • Salar

Tahap ini biasanya dilakukan ketika calon mempelai pria masih belum mendapatkan jawaban dari calon mempelai wanita. Biasanya, pihak calon mempelai pria akan kembali memastikan apakah calon mempelai wanita dinikahkan atau tidak.

  • Nontoni

Nontoni adalah proses mempertemukan kedua mempelai untuk lebih saling mengenal.

  • Ngelamar

Tahap inti dimana pihak calon mempelai pria melamar calon mempelai wanita. Di tahap ini juga ditentukan kapan, dan dimana pernikahan akan dilaksanakan.

  • Seserahan

Setelah semua tahap selesai, maka berikutnya adalah proses seserahan, yaitu calon mempelai pria memberikan seserahan berupa kebaya, jarik, alat make up, perlengkapan mandi, pakaian, aksesoris, perhiasan, pisang raja, kapur sirih, buah jambe, dan jajanan pasar.


Persiapkanlah perencanaan lamaran nikah kamu dan pasangan dengan matang. Jika kamu tidak memiliki waktu yang banyak, Smart Wedding Platform Wedding Market adalah solusinya. Disini, kamu bisa menemukan banyak vendor-vendor terbaik, mulai dari cincin, gaun,  MUA,  jasa fotografi,  catering, hingga seserahan semuanya ada. Semoga acara lamaranmu sukses, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...