Pilih Kategori Artikel

Tips Mengatur Keuangan bagi Kamu yang Baru Berumah Tangga
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sebagai pasangan baru, mengatur keuangan rumah tangga mungkin masih terasa sukar bagi kamu dan pasangan. Jika biasanya kamu hanya perlu membagi uang gaji sebatas untuk makan dan biaya transportasi, setelah menikah kamu harus membagi pendapatan bersama untuk berbagai keperluan rumah tangga.

Sulit memang di awal, tapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya, bukan? Untuk mendapatkan kehidupan pernikahan yang aman secara finansial mulai dari hari ini, coba terapkan tips mengatur keuangan di bawah ini supaya kamu dan pasangan bisa hidup tenang sampai tua!

Saling terbuka dengan pendapatan serta pinjaman masing-masing itu perlu! Jadi, jangan malu

wm_article_img
Fotografi: Afif Ramdhasuma/unsplash

Kehidupan pernikahan berbeda dengan kehidupan semasa pacaran. Jika semasa pacaran kamu tidak berkewajiban jujur mengenai penghasilan kepada pasangan, hal ini patutnya diubah seiring bergantinya status kalian. Jujur dengan pendapatan masing-masing akan mempermudah kamu dan pasangan dalam mengatur keuangan di hari kemudian.

Setelahnya, ceritakan kepada pasangan apakah kamu memiliki hutang atau kredit yang masih berjalan dan perlu dibayarkan dan minta pasangan untuk melakukan hal yang sama, sehingga kamu dan pasangan bisa saling membantu dan menemukan jalan keluar yang terbaik.

Memprediksi pengeluaran wajib perbulan sejak awal. Supaya tidak kaget kemudian!

Selepas menikah dan tidak lagi tinggal dengan orang tua, kewajiban yang kamu dan pasangan pikul akan lebih besar lagi. Selain pembayaran piutang dan kredit, ada pengeluaran wajib perbulan yang perlu dibayarkan seperti biaya listrik, air, kebutuhan sehari-hari dan beberapa biaya lainnya. Supaya tidak kaget dengan besarnya biaya bulanan yang wajib ditanggung berdua, tips mengatur keuangan yang perlu kamu lakukan adalah memprediksi besaran biaya-biaya ini sejak awal menikah perlu dilakukan.

Biaya pembayaran seperti air, listrik, keamanan dan beberapa pengeluaran lainnya ini biasanya selalu stabil setiap bulannya, sekalipun mengalami kenaikan tidak akan sampai 100%. Dengan mengetahui besaran biaya yang wajib dibayarkan setiap tahunnya akan membuat kamu dan pasangan lebih mudah ambil langkah setelahnya.

Menjadi perhitungan itu bukan dosa, toh, kehidupan pernikahan memang perlu transparan supaya aman

wm_article_img
Fotografi: Antony Trivet/pexels

Ada pendapat mengatakan bahwa melakukan pembukuan dalam rumah tangga itu perilaku yang berlebihan. Well, sebetulnya menjadi perhitungan pada setiap hal bukanlah sebuah kesalahan, apalagi jika tujuannya untuk saling terbuka untuk lebih saling percaya satu sama lain.

Membuat pembukuan, mencatat pendapatan dan pengeluaran, menyimpan bukti pembayaran bersama dan melakukan penghitungan berdua di akhir bulan bisa jadi tips mengatur keuangan jitu bagi newly married couple seperti kamu. 

Miliki tabungan jangka panjang sekaligus tabungan emergency secara bersamaan. Siapa takut?

Setelah membagi pendapatan berdua untuk keperluan rutin tiap bulan, beranikah kamu untuk membaginya lagi untuk tabungan jangka panjang dan tabungan darurat? Sebetulnya menabung menjadi hal yang mudah jika kamu memiliki tekad yang kuat untuk mempunyai masa tua yang jauh dari hutang.

Pun menabung tidak harus banyak, sebab yang terpenting adalah konsisten. kamu bisa memulai dengan menentukan jumlah uang untuk menabung sejak awal menikah, misalnya saja Rp100.000,00 untuk tabungan jangka panjang dan Rp50.000,00 untuk tabungan dana darurat.

Pisahkan uang sejumlah itu pada awal bulan atau sebelum pembagian uang untuk pembayaran rutin bulanan dan langsung masukkan dalam rekening tabungan berdua. Dengan tips mengatur keuangan yang satu ini, setidaknya kamudan pasangan akan selalu konsisten menabung setiap bulannya.

Belajar untuk tidak menyia-nyiakan uang, sekalipun itu hanya recehan

wm_article_img
Fotografi: hiveboxx/unsplash

‘Sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit’ adalah pepatah yang mungkin kerap kamu dengar. Namun tahukah kamu bahwa pepatah ini memiliki kaitan dengan uang receh atau uang koin? Ya, selama ini kmau mungkin tidak terlalu memperhatikan uang recehan karena jumlahnya yang ‘tidak seberapa’.

Memang betul jika satu uang koin senilai Rp500,00 tidak bisa digunakan untuk membeli apa-apa. Tapi, bagaimana dengan uang koin Rp500,00 dalam jumlah banyak? Nah, inilah saatnya kamu mulai lebih menghargai uang. Ajak pasanganmu untuk mengumpulkan uang receh, berapapun jumlahnya, sediakan sebuah celengan untuk menyimpan uang-uang koin ini di rumah. Nantinya kamu dan pasangan akan sampai pada titik dimana kalian berdua bisa merasakan manisnya uang recehan yang kalian kumpulkan berdua.

Kehidupan pernikahan dan uang bisa menjadi sangat rumit, bahkan dalam jangka waktu yang bersamaan. Namun, akan selalu ada trik untuk mencegah hal rumit ini terjadi dan salah satunya adalah dengan tips mengatur keuangan di atas tadi. Melakukan pengaturan keuangan sejak awal menikah tidak hanya demi masa pensiun yang aman semata, ini juga bisa menjadikan kamu dan pasangan menjadi tim yang lebih kompak di kemudian hari.

Nah, buat kamu yang baru merencanakan untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius dengan pasanganmu, kunjungi pameran pernikahan WeddingMarket Festival pada 18-19 Februari 2023 di The Krakatau Grand Ballroom! Datang dan temukan berbagai inspirasi dan kebutuhan untuk mewujudkan pernikahan impianmu.
Kamu dapat menemukan berbagai vendor-vendor pernikahan profesional untuk berbagai kategori, mulai dari venue, wedding organizer, busana pengantin, hingga food tasting hidangan untuk hari istimewamu kelak. Dapatkan juga berbagai promo menarik dan beragam activation selama pameran berlangsung, seperti:
  • Kesempatan memenangkan Grand Prize (1 Unit Mobil Daihatsu Sigra, 1 Unit Motor Honda Scoopy, 1 Honeymoon to Bali 2D1N, 1 Unit Smartphone Samsung)
  • Hadiah langsung berupa produk dan jasa vendor partisipan
  • Promo menarik dari berbagai vendor partisipan
  • Voucher diskon untuk berbelanja selama pameran
  • Serta berbagai dekorasi estetik dan photobooth menarik
  • Nikmati juga Free Test Food dan rasakan suasana MAGICAL GARDEN dalam pameran ini

Untuk menghadiri WeddingMarket Festival, pesan Tiket Masuk Gratis dengan klik di tautan ini. Semoga persiapan pernikahan kamu dan pasangan berjalan dengan lancar ya! Kami tunggu kehadiranmu di WeddingMarket Festival!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...