Pilih Kategori Artikel

Demi Mewujudkan Rumah Tangga Harmonis, Ini Tips Tinggal dengan Mertua yang Perlu Anda Ketahui!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Mencari tahu tentang tips tinggal dengan mertua memang perlu dilakukan sejak jauh-jauh hari sebelum menikah. Mertua nantinya akan jadi keluarga baru yang akan selalu berinteraksi dengan Anda, itulah mengapa Anda perlu mengetahui bagaimana kiat-kiat menjadi menantu idaman untuk mereka. Mungkin akan terasa canggung di awal, tapi coba terapkan tips di bawah ini supaya Anda bisa lebih disayang mertua kemudian hari.

Miliki motto hidup: orangtuaku adalah orangtua pasanganku dan orangtua pasanganku adalah orangtuaku juga!

Berusaha menanamkan dalam hati dan pikiran bahwa pasca menikah orangtua pasangan akan menjadi orangtua Anda juga, akan membantu Anda untuk lebih bersikap natural di depan mertua nantinya.

Dan, sikap natural ini yang akan membuat Anda lebih legawa saat tinggal satu atap dengan mertua, rasa canggung pelan tapi pasti mulai luntur, dan ketika membantu mertua tidak lagi semata-mata demi membuat mereka terkesan tapi memang ingin meringankan beban keduanya. Semua akan terasa lebih mudah saat Anda  menyayangi mereka selayaknya Anda menyayangi orangtua Anda sendiri. Ini adalah tips tinggal dengan mertua yang paling penting untuk Anda terapkan!

Miliki komunikasi yang baik dengan mertua dan jadi pendengar yang setia

Salah satu kunci memiliki hubungan yang harmonis dengan mertua adalah, memiliki komunikasi yang baik. Sering-seringlah mengajak mertuamu berbincang dan cobalah menjadi pendengar yang setia. Mungkin mereka akan membicarakan hal-hal yang sebelumnya sudah kamu ketahui atau hal-hal yang membuat kamu bosan. Namun, menjadi pendengar tidak sepenuhnya buruk.

Dari cerita-cerita yang Anda dengarkan dari mertua ini, Anda bisa mendapatkan ‘informasi’ tambahan mengenai pasangan Anda atau apa yang sekiranya disukai oleh mertua Anda. Nah, dari informasi ini Anda bisa menjadikannya alat untuk membuat pasangan dan mertua Anda lebih terkesan lagi dengan Anda.

Memiliki agenda kegiatan berdua dengan mertua meski hanya sederhana

Daripada selalu berduaan dengan pasangan, menghabiskan waktu bersama dengan mertua juga tidak buruk. Alih-alih terus berdiam diri di kamar dan menjadi ekor pasangan Anda, tentu mertua Anda akan lebih senang jika Anda mau membaur dengan mereka dan memiliki kegiatan bersama. Jangan sungkan untuk mengajak mertua untuk melakukan beberapa kegiatan bersama seperti memasak, berkebun, atau mungkin belanja bulanan.

Inisiatif seperti inilah yang akan membuat mertua terkesan dengan Anda, bagaimana Anda memperlakukan mereka selayaknya orangtua sendiri, dan tidak lagi malu-malu. Lewat kegiatan-kegiatan sederhana seperti ini, Anda dan mertua bisa saling belajar mengenal lebih dekat lagi. Tips tinggal dengan mertua yang satu ini bahkan dapat meningkatkan rasa kasih sayang metua pada Anda!

Jangan jadi pelit, sesekali membeli hadiah untuk mertua bisa membuat mereka bahagia

Siapapun pasti suka hadiah, begitu juga dengan mertua Anda. Tidak harus hadiah mahal yang diberikan saat ulang tahun atau menjelang hari raya saja, membelikan mereka hadiah simple seperti bibit bunga untuk ibu mertua yang suka berkebun atau memberikan ayah mertua Anda makanan kesukaannya juga bisa menjadi tanda perhatian Anda kepada keduanya.

Hadiah-hadiah kecil ini selain bisa membuat mertua Anda senang, juga akan membuat mereka terasa dihargai oleh Anda sebagai menantu.

Tidak mengumbar masalah rumah tangga Anda kepada siapapun, termasuk mertua

Tips tinggal dengan mertua selanjutnya adalah jangan menjelek-jelekan pasangan Anda pada mertua. Kehidupan pernikahan memang sering up and down. Akan selalu ada kejadian yang membuat Anda mengelus dada dengan kelakukan pasangan yang seringnya tidak masuk akal. Rasanya pasti tidak mudah dan butuh teman berbagi rasa. Sayangnya, masalah rumah tangga tidak pernah layak dibagikan kepada siapapun, sekalipun itu mertua Anda sendiri.

Anda pasti ingin mendapatkan masukan atau nasehat, tapi dengan Anda mengumbar masalah rumah tangga dan mengkritik sifat pasangan yang itu adalah anak dari mertua Anda, pasti akan membuat mertua Anda merasa tidak nyaman dan tidak menutup kemungkinan mereka bisa jadi tersinggung atas sikap Anda. Daripada mengumbar dan bercerita pada orang lain, bersikaplah dewasa dengan mengajak pasangan Anda bicara dari hati ke hati.

Perbedaan pasti ada, disinilah Anda perlu belajar menerima dan menjadi dewasa

Tinggal dengan mertua pasti berbeda rasa saat tinggal dengan orangtua sendiri. Ada banyak perbedaan selera dan kebiasaan yang membuat Anda perlu belajar menerima bahwa setiap keluarga memiliki adatnya masing-masing. Tidak masalah jika di awal kehidupan semua terasa sulit, tapi Anda akan terbiasa seiring waktu dan bisa membaur selayaknya keluarga.

Jangan mudah tersinggung saat mertua tidak bisa menerima selera Anda dalam berpakaian, memasak sampai dengan kebiasaan Anda sehari-hari. Anda tentu bisa mendiskusikannya dengan mertua mengenai alasan-alasan di balik kebiasan dan selera Anda dengan bahasa yang mudah diterima mereka tentunya. Niscaya, mertua bisa menerima Anda sebagaimana Anda menerima mereka sebagai orangtua.

Baca juga: Berbeda Pendapat dengan Orang Tua saat Persiapan Pernikahan?

Tinggal dengan mertua mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya untuk Anda, tapi bukan berarti Anda tidak bisa akur dengan mereka. Semoga tips tinggal dengan mertua ini bisa membantu Anda menghadapi mertua yang sikapnya sering tidak bisa ditebak. Semangat menjadi menantu idaman!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...