Pilih Kategori Artikel

10 List Persiapkan Pernikahan yang Wajib Kamu Ketahui
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Mempersiapkan hari pernikahan tentu menjadi sebuah agenda yang cukup menguras waktu, tenaga, emosi hingga pundi rupiah kalian para calon pengantin. Keterbatasan informasi, dan terkadang waktu persiapan yang dirasa terlalu singkat kerap kali membuat para calon mempelai bingung apa saja yang harus mereka persiapkan dan dari mana mereka harus memulai segala persiapan pernikahan yang mereka dambakan. 

Nah, melalui artikel ini, akan kami bagikan 10 hal persiapkan pernikahan dalam jangka panjang agar pernikahan kalian semakin khidmat! 

1. Petugas KUA / Catatan Sipil

Mendaftarkan tanggal pernikahan kalian ke Kantor Urusan Agama di wilayah domisili kalian menjadi satu langkah pertama yang harus para calon pengantin lakukan sebelum memulai langkah persiapan selanjutnya. Mengapa hal ini harus kalian lakukan pertama kali?

Karena terkadang, jadwal dinas yang cukup padat dari para petugas KUA di tempat tinggal kalian dapat menyebabkan kalian kehilangan  kesempatan untuk mendapatkan jadwal pernikahan yang sesuai dengan tanggal yang telah disepakati oleh para calon mempelai dan juga para orang tua lho. Apalagi kalau kamu sedang lakukan persiapan pernikahan dalam islam, tentu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. 

2. Lokasi Acara

Untuk lokasi acara pelaksanaan pernikahan, ternyata kerap kali menjadi bahan perdebatan di antara para calon mempelai, atau bahkan para orang tua lho.

Nah, pemilihan lokasi acara tentunya dapat kalian sesuaikan dengan konsep acara dan juga jadwal pernikahan yang telah kalian daftarkan di Kantor Urusan Agama di wilayah tempat tinggal kalian ya para calon pengantin sekalian. Selain itu, pastikan kalian melakukan survei ya sebelum menentukan lokasi perayaan pernikahan kalian ini.

3. Sajian Makanan dan Minuman

wm_article_img
Foto: fu zhichao from Pexels

Memberikan suguhan yang nikmat dan juga berkesan dalam sebuah perayaan atau acara seolah telah menjadi budaya yang mendarah daging di Indonesia sejak dulu kala ya calon pengantin sekalian.

Oleh karena itu, mencari dan juga menentukan pilihan dalam jasa penyedia makanan atau yang populer kita sebut cathering menjadi salah satu bagian tersulit bagi kalian bukan?

Untuk menentukan pilihan, kalian harus mengetahui jumlah tamu yang akan kalian undang, alokasi dana yang sudah kalian miliki dan siapkan, serta kualitas makanan yang dimiliki oleh para penyedia jasa cathering itu sendiri.

4. Dekorasi

Menyulap lokasi acara perayaan pernikahan kalian menjadi sebuah kebun bunga atau justru hutan rimba nan eksotis tentu menjadi tanggung jawab dari vendor dekorasi yang telah kalian pilih dan percayakan ya calon pengantin sekalian.

Nah, untuk menentukan pilihan ini sendiri, kalian bisa mempertimbangkan konsep acara yang telah kalian sepakati sebelumnya, alokasi dana yang kalian telah miliki atau siapkan, dan juga lokasi acara yang telah kalian pilih ya.

5. Tata Rias dan Busana

Tampil memukau bak Raja dan Ratu tentu menjadi impian dari seluruh para calon mempelai dalam perayaan pernikahan yang telah diimpikan dan juga dipersiapkan bukan? Nah, sebelum menentukan pilihan pada vendor penyedia jasa tata rias dan busana, pastikan kalian telah mengecek portofolio mereka ya.

Selain itu, sesuaikan juga dengan konsep acara yang telah kalian rancang dan yang tak kalah penting pastikan sesuai dengan alokasi dana yang telah kalian siapkan juga ya.

6. Dokumentasi Foto dan Video

wm_article_img
Foto: OneThreeOneFour (Face Studio)

Mengabadikan seluruh momen pernikahan impian kalian untuk kelak dinikmati bersama dengan pasangan, keluarga, atau bahkan anak dan cucu kalian tentu menjadi hal yang tak kalah penting lho calon pengantin sekalian. Nah, untuk itu, kalian harus mencari fotografer dan juga videographer dengan selera pengambilan momen yang sesuai dengan keinginan kalian.

Dan yang tak kalah penting adalah kalian harus dapat menyampaikan keinginan dan harapan atas hasil foto dan video yang diinginkan kepada tim dokumentasi yang sudah kalian pilih ya calon mempelai sekalian. 

7. Pembawa dan Pengisi Acara

Berjalannya keseluruhan acara pernikahan yang khidmat dan juga meriah dari para calon mempelai sekalian tentu tak lepas dari peran seorang Master of Ceremony dan juga seluruh tim hiburan atau entertainment lho. Memimpin keseluruhan prosesi pernikahan dari awal hingga akhir acara tentu harus kalian percayakan kepada seorang MC dengan talenta yang baik dan mumpuni.

Untuk itulah, penting bagi para calon pengantin sekalian untuk menilik portfolio sekaligus kepribadian dari pembawa acara dan juga tim hiburan atau entertainment yang akan kalian pakai jasanya ya. 

8. Undangan Pernikahan

Di era digital saat ini, para calon pengantin sekalian bisa mulai memilih untuk jenis undangan digital yang bisa dibagikan di social media atau layanan perpesanan yang kalian miliki lho. Selain hemat biaya cetak, kendala pengiriman undangan yang meliputi waktu pengiriman, biaya pengiriman, dan lain sebagainya bisa kalian minimalisir, bukan?

9. Souvenir Pernikahan

wm_article_img
Foto: hipwee

Untuk urusan souvenir pernikahan, bagi kalian yang ingin tampil beda kalian bisa memilih jenis souvenir berupa lembaran photo hasil dari tim photobooth yang telah kalian siapkan lho. Selain tampil kekinian, kalian bisa sedikit berhemat dengan menggunakan jenis souvenir yang satu ini ya calon pengantin sekalian. 

10. Busana Pendamping Pengantin

Nah, untuk busana pendamping dari calon mempelai pria maupun wanita sepertinya tengah menjadi tren kekinian yang seolah sudah sangat lazim untuk kita jumpai saat ini dalam berbagai momen pernikahan sahabat maupun kerabat kita bukan?

Bagi para calon pengantin yang ingin memberikan busana kepada para pendamping, kalian bisa menyiapkan dasi kupu-kupu untuk para pendamping pria dan juga scarf/syal untuk para pendamping wanita alih-alih satu set busana lengkap lho.

Namun tentunya penyesuaian busana dari para pendamping pengantin pun harus disesuaikan ya dengan konsep pernikahan yang sudah kalian tentukan ya. 

Nah, bagaimana dengan persiapan pernikahan kalian para calon mempelai sekalian? Ketahui juga timeline persiapan pernikahan dan angan ragu pula untuk berkunjung ke WeddingMarket untuk mencari inspirasi pernikahan impian kalian ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...