Pilih Kategori Artikel

Tips Membuat Make Up Pernikahan Tradisional Terlihat Modern
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Kebanyakan orang menganggap bahwa make up pernikahan tradisional itu kuno, tidak modern, ribet, medok, berwarna terang, dan susah diterapkan sendiri. Hal inilah yang membuat kebanyakan mereka yang ingin menikah memilih tata rias wajah yang simpel dan tidak memerlukan banyak penanganan dan perawatan seperti tata rias pengantin internasional atau Barat.

Sebenarnya, tata rias wajah pengantin tradisional itu bisa menjadi terlihat simpel dan modern asalkan mampu diolah dengan baik dan benar. Apalagi, tata rias wajah pengantin tradisional di Indonesia itu banyak ragamnya sehingga menciptakan banyak varian untuk menampilkan kesan yang tidak biasanya saat hari pernikahan.

Lalu bagaimana caranya supaya tata rias wajah pengantin tradisional itu terlihat modern dan tidak ribet? Di bawah ini adalah tips-tipsnya yang dirangkum dari berbagai sumber. Selamat menyimak ya, Ladies!

1. Menyesuaikan dengan Kulit Pengantin

Hal yang menyebabkan make up pengantin tradisional itu kaku karena berusaha mengikuti pakem yang sudah diwariskan secara turun-temurun. Salah satunya adalah penggunaan foundation yang terang dan berwarna kekuningan, dan tidak memandang warna dan jenis kulit sehingga terkesan dipaksakan apabila warnanya tidak sesuai.

Karena itu, memilih foundationnya harus menyesuaikan dengan warna yang kulit sehingga pengantin yang dirias dengan tata cara tradisional tidak tampil dengan riasan tebal yang memaksa dan menjadi menor. Untuk pengaplikasiannya adalag gunakan foundation secukupnya hingga dapat menutupi noda, dan jangan menggunakan secara berlapis-lapis.

Supaya kesan glowing yang ingin didapatkan secara menyeluruh campurkan sedikit highlighter cair dengan foundation cair, dan gunakan sedikit saja karena apabila berlebihan malah akan membuat wajahmu berminyak, Ladies. Foundation yang dipilih bisa berbasis cair atau liquid. Kemudian hindari penggunaan stik atau krim yang cenderung berat.

2. Shading untuk Kesan Natural

Supaya kontur wajah kamu natural ketika di-make-up dengan tata rias pengantin tradisional  gunakan shading dan highlight. Pilih warna yang tidak terlalu kontras dengan warna kulit alami sehingga tetap membentuk namun tidak keras.

Jangan lupa gunakan bedak tabur dengan menggunakan kuas bedak untuk hasil yang ringan setelah kamu kelar dengan shading dan highlight.

3. Menghindari Warna Make Up Mata yang Mencolok

Supaya tata rias pengantin tradisional terlihat simpel dan modern adalah sebaiknya menghindari warna make untuk mata yang mencolok. Warna make-up mata yang mencolok itu bisa kamu temukan pada tata rias pengantin Sunda yang selalu memakai warna hijau sesuai dengan pakem.

Selain warna make-up mata, yang perlu dihindari adalah teknik cut crease, yaitu teknik yang mengaplikasikan eyeshadow dengan tujuan mempertegas lipatan kelopak mata, dan membuat mata lebih besar serta membantuk bentuk mata yang monolid.

Teknik ini sebenarnya sudah tidak modern dan tidak menjadi tren. Supaya terlihat modern pakem-pakem seperti itu bisa diubah dengan cara natural dengan memakai warna tanah seperti warna cokelat.

4. Tonjolkan Bentuk Mata dengan Contouring

Masih di area mata, selain eyeliner, yang perlu dilakukan adalah melakukan contouring di bagian mata pengantin. Hal ini supaya tampilan mata pengantin menjadi ekspresif dan asimetris serta tanpa harus mengubah pakem yang sudah ada.

5. Perlunya Blush On

Salah satu cara make up pernikahan tradisional itu biar terlihat simpel dan modern adalah menggunakan blush on. Blush on yang digunakan adalah warna peach yang dapat dipulaskan dari pelipis hingga ke hidung.

Lalu pakai juga highlighter untuk sinar secukupnya pada puncak pipi, ujung hidung, lekuk bibir, dan dagu. Pakailah lipstik dengan warna-warna yang natural untuk dioleskan ke bibir seperti peach, baby pink atau mauve. Dan, jangan lupa lapisilah bagian dalam bibir dengan sedikit gloss supaya kamu dapat kesan dan tampilan yang menyegarkan.

6. Persiapkan dan Rawatlah Kulit

Hal terpenting dalam tampilan make up pernikahan tradisional yang modern adalah kamu harus mempersiapkan dan merawat kulit dengan baik. Ini supaya sesuai dengan ciri khas make up pengantin Barat yang terlihat simpel dan natural, serta tidak membosankan dan menimbulkan kesan medok.

Karena itu, rawatlah kulitmu sebelum menikah di klinik kecantikan atau dokter kecantikan kulit. Supaya melekat sempurna, lakukan perawatan sampai dua minggu menjelang hari H terutama bagi yang menggunakan krim racikan dokter. Selain melekat sempurna, hal ini bertujuan untuk menghindari breakout pada kulit atau reaksi iritasi pada wajah akibat penggunaan produk, dan memberi kesempatan kulit-kulit yang terkelupas kembali normal.

Kemudian bentuklah pola makan yang benar menjelang pernikahan. Hindari makanan minyak dan berpedas karena dapat membuat kulit berminyak dan mudah berkeringat. Selain itu, gunakan serum vitamin C untuk mengecilkan pori-pori serta membuat kulit kencang dan kenyal.

Selain mempersiapkan dan merawat kulit, kamu hendaknya tetap berkonsultasi dengan jasa makeup tradisional yang kamu sewa supaya kamu benar-benar mendapatkan gambaran yang diinginkan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...