10 Hal yang Perlu Diperhatikan Soal Makeup Pengantin Agar Tampil Menawan

29 Jul 2020 | By Wedding Market | Viewers: 367
10 Hal yang Perlu Diperhatikan Soal Makeup Pengantin Agar Tampil Menawan
Foto: Line Today

Tampil cantik dan menawan di hari pernikahan pastinya adalah mimpi bagi setiap pengantin perempuan. Maka dari itu, memilih makeup pengantin adalah hal yang terpenting. Jangan sampai kamu salah memilih jenis makeup atau vendor makeup.

Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal seputar makeup pengantin. Hal yang terpenting adalah proses persiapan di mana kamu mengetahui terlebih dahulu konsep pernikahan dan makeup yang diinginkan. Setelah itu, kamu bisa mendapatkan makeup sempurna agar tampil menawan.

1. Mengetahui Berbagai Gaya Makeup

Mungkin kamu bukan orang yang senang berdandan. Tapi untuk menentukan makeup pengantin, setidaknya kamu melakukan sedikit riset. Hal ini bertujuan agar mengetahui gaya-gaya makeup. Dengan begitu, kamu bisa berkomunikasi dengan tim sanggar atau bridal mengenai makeup yang kamu inginkan.

Natural

Gaya natural termasuk yang paling sering dipilih oleh pengantin terutama yang tak terbiasa dandan. Biasanya makeup ini tidak menggunakan foundation atau alas bedak yang terlalu tebal. 

Selain itu, biasanya untuk eyeshadow atau blush on akan menggunakan warna kalem seperti koral. Namun tetap ada efek glamor dengan bantuan highlighter. Tentu saja hal ini akan membantu wajah kamu menawan meski dengan gaya makeup yang natural. 

Glam 

Gaya makeup pengantin yang juga cukup digemari adalah glam. Biasanya banyak penagntin yang menginginkan tampil berbeda dibanding hari biasa. Biasanya bagian mata dan bibir akan dibuat lebih bold. Dengan begitu, banyak orang yang akan terpesona dengan riasan berbeda di hari bahagia. 

Classic-Look

Jenis satu ini adalah perpaduan di antara glam look dan juga riasan mata yang bold. Biasanya gaya makeup ini akan memakai cat-eye dan bibir yang berwarna mentereng. Bulu mata yang menonjol juga menjadi ciri dari gaya makeup yang satu ini. 

Smokey Eye Look

Banyak orang yang menginginkan bagian mata tampak lebih menarik perhatian. Maka dari itu, gaya smoke-eye menjadi pilihan yang tepat yaitu dengan warna hitam, abu-abu dengan coklat. Pastinya makeup ini akan tahan lama sepanjang hari. 

Bronzed Look

Tampilan riasan ini cocok bagi kamu yang ingin menampilkan tampilan yang classy. Dengan gaya makeup ini, kamu akan tampil natural serta glowing. Biasanya warna cokelat akan mendominasi riasan dan pastinya kamu akan tampak bersinar sepanjang hari. 

Matte Look

Meskipun makin banyak orang yang senang dengan tampilan glowing tapi gaya matte juga tetap digemari. Agar menonjolkan gaya riasan ini, kamu perlu banyak memilih eyeshadow yang tepat. Selain itu, permainan kontur di bagian pipi akan menambah kesan matte.

Colorful Look

Bermain warna saat hari pernikahan? Mengapa tidak! Aneka riasan warna di eyeshadow, blush hingga lipstik juga bisa dipakai sebagai inspirasi makeup pengantin. Namun pastikan semuanya cocok dengan warna kulit ya agar makeup tetap menawan. 

2. Tentukan Konsep Pernikahan

Setelah mengetahui kira-kira gaya makeup yang ingin kamu pakai saat hari pernkahan, pastinya juga harus disesuaikan dengan konsep pernikahan. Apakah kamu mau memakai adat tertentu? Pastinya gaya makeup juga ikut menyesuaikan. Atau ingin bergaya modern? Semuanya harus ditentukan terlebih dahulu dengan pasangan. 

Tidak hanya berurusan dengan makeup saja, konsep pernikahan ini juga sebaiknya disamakan dengan elemen pernikahan lainnya seperti dekorasi hingga venue. Misalnya kamu ingin menikah di ballroom megah, pastinya semua elemen harus disesuaikan terutama makeup. Kamu harus memakai makeup pengantin yang bold dan tampak mewah nan elegan. 

Begitu pula jika kamu ingin menikah secara sederhana dan di siang hari. Jangan sampai memakai makeup yang terlalu berat. Konsep pernikahan seperti ini sangat cocok untuk natural makeup supaya kamu tampak sesuai dengan baju serta konsep pernikahan yang dibawa. 

3. Cocokkan dengan Pakaian 

Nah setelah menentukan konsep pernikahan, kamu dan pasangan juga harus kompak dalam hal pakaian. Misalnya kamu dan pasangan ingin mengambil tema pakaian putih. Tentu agak sedikit aneh bila kamu memakai gaya riasan yang terlalu bold atau hitam. 

Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan dengan tone warna yang akan digunakan oleh keluarga besar. Biasanya akan ada kolerasinya dengan warna-warna lain seperti warna bunga. Pastinya tidak hanya makeup pengantin yang tampak elegan tetapi juga harus tampak kompak agar indah dilihat.

4. Bedakan Gaya Makeup dengan Acara 

Biasanya pengantin akan melakukan retouch di hari H. Hal ini untuk mengubah riasan dari akad atau pemberkatan ke resepsi. Maka, kamu sebaiknya memperhatikan gaya makeup dan disesuaikan dengan acara yang sedang berlangsung. Pastinya kamu bisa memakai makeup yang natural di saat akad maupun pemberkatan.

Saat resepsi kamu bisa bermain dengan gaya makeup yang tidak biasa. Misalnya makeup yang glowing ataupun bold. Apalagi jika resepsi pernikahan akan dilangsungkan malam hari. Maka pastikan bahwa makeup yang kamu pakai harus mencolok dan menarik perhatian para tamu yang hadir. 

5. Memilih Vendor yang Sesuai Gaya Makeup

Nah setelah mendapatkan konsep pernikahan yang kamu mau. Sekarang saatnya kamu memilih vendor yang sesuai dengan keinginan. Jangan sampai kamu mencari vendor tanpa mengetahui bayangan riasan makeup yang diinginkan. 

Hal ini bisa berakibat fatal karena bisa jadi vendor yang kamu pilih tak menguasai gaya makeup tersebut. Ada beberapa hal yang kamu perhatikan mengenai pemilihan vendor. Penasaran apa saja?

- Cek porftolio

Makeup pengantin sendiri sebenarnya tidak ada yang bagus ataupun jelek. Hanya saja perlu diperhatikan untuk mendapatkan vendor yang memang sesuai dengan riasan yang kamu inginkan. Media sosial Instagram bisa menjadi salah satu cara mudah untuk mendapatkan vendor terbaik.

- Bertanya kepada yang sudah pernah memakai vendor tersebut

Jika merasa bingung, kamu bisa meminta bantuan teman yang sudah pernah berpengalaman dalam hal makeup pengantin. Biasanya orang yang tidak terlalu mengikuti makeup mungkin bingung memilih makeup yang sesuai. Maka, cara terbaik adalah menanyakan langsung orang yang sudah pernah memakainya secara langsung.

-Cek pengalaman 

Jika diperlukan kamu bisa menanyakan pengalaman yang dimiliki oleh vendor tersebut. Misalnya makeup artist tersebut apakah sudah mengikuti kursus makeup atau mendapatkan sertifikat tertentu. Hal ini akan membantu kamu untuk semakin yakin mendapatkan vendor makeup yang tepat.

6. Cek Budget

Vendor makeup pengantin termasuk yang cukup unik karena range budgetnya sangat berbeda jauh. Ada makeup yang tidak sampai Rp 1 juta untuk pengantin tetapi ada juga makeup yang sampai angka Rp 30 juta. Lantas apa yang membedakan? 

Pastinya dimulai dari alat makeup yang dipakai juga akan berbeda. Begitu pula dengan teknik atau tingkat kerumitan gaya makeup yang dipakai. Semua itu tergantung dari bagaimana selera kamu untuk memilih makeup pengantin yang sesuai. Makeup yang bagus juga tak selamanya mahal loh.

Di era sekarang ada banyak makeup artist yang memiliki kemampuan sangat baik namun harga masih bersahabat. Faktor lain makeup artist memiliki harga mahal adalah pengalamannya merias banyak orang apalagi orang terkenal.

Jika ingin menghemat budget, kamu bisa memilih makeup artist bertalenta yang mungkin belum dikenal banyak orang. Unutk hal ini, kamu mungkin harus lebih banyak melakukan riset agar makeup artist yang kamu pilih benar-benar sesuai dengan keinginan dan konsep yang kamu inginkan. 

Selain itu, ada hal lain yang perlu diperhatikan yakni budget makeup untuk anggota keluarga. Jika kamu tak banyak request atau memilih makeup artist tertentu, kamu bisa memakai paket sanggar atau bridal. Biasanya paket ini akan jauh lebih terjangkau.

7. Lakukan Test Makeup

Jika sudah mendapatkan vendor yang kamu inginkan, maka kamu juga wajib melakukan test makeup. Cara ini akan membantu komunikasi yang baik antara kamu dan pihak vendor makeup. Kamu bisa mulai mengkomunikasikan keinginan kamu atau hal-hal yang sebenarnya ingin kamu hindari.

Biasanya vendor makeup akan memberikan masukan mengenai keinginan kamu. Pastinya hal ini akan membantu kamu supaya tampak lebih sempurna di hari bahagia. Vendor makeup pastinya punya banyak pengalaman untuk menentukan riasan terbaik.

Setelah test makeup jangan lupa difoto untuk memastikan makeup di hari pernikahan sesuai dengan yang sudah didiskusikan. Jangan lupa perhatikan alat makeup yang dipakai untuk memastikan bahwa memang kualitas makeup yang akan kamu dapatkan sudah sesuai dengan budget. 

Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi mengenai gaya rambut. Jika rambut akan ditangani oleh vendor yang sama, kamu bisa menanyakan kira-kira rekomendasi rambut yang bagus seperti apa. Atau kamu bisa berkonsultasi seputar gaya rambut yang ingin kamu gunakan. Jika berbeda maka tak masalah untuk memperkirakan gaya rambut yang akan kamu pakai. Pastinya hal ini harus sesuai juga dengan riasan yang akan dipakai. 

8. Cek Detail Paket dari Vendor

Saat memesan makeup pengantin, kamu sebaiknya memahami beberapa hal supaya tidak terlewat perihal detail paket. Jangan sampai tergiur harga yang murah tapi ternyata paketnya tidak lengkap. Apa saja yang sebaiknya kamu perhatikan mengenai paket makeup pengantin?

-Makeup dan Hair Do

Ingat bahwa tak selamanya vendor makeup bisa menangani rambut. Maka dari itu, kamu harus mengecek apakah sudah termasuk atau belum. Kamu juga bisa loh membedakan vendor makeup dan rambut. Misalnya kamu tahu bahwa kamu kurang cocok dengan tata rambut yang dibawa oleh vendor makeup.

Maka pastikan hal ini sudah sesuai. Kamu bisa mengkomunikasikan dengan tim makeup pengantin bila hair do datang dari vendor lain. Bila sama, maka kamu juga perlu memastikan model tatanan rambut yang diinginkan.

-Paket Retouch

Biasanya akan ada jeda antara akad atau pemberkatan. Nah di sinilah kamu akan melakukan retouch makeup. Proses ini tak hanya menambahkan makeup yang tampak pudar atau rusak saja. Biasanya vendor makeup akan menawarkan perubahan gaya makeup.

Apalagi jika kamu melakukan resepsi di malam hari. Pastinya kamu membutuhkan riasan yang lebih bold dan tampak mewah. Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa paket makeup pengantin yang diambil sudah termasuk retouch. Beberapa vendor mungkin memberikan charge tambahan untuk layanan ini.

-Paket dengan Keluarga 

Tak hanya kamu saja yang membutuhkan riasan di hari pernikahan. Pastinya keluarga juga membutuhkannya. Maka, kamu harus memastikan jumlah keluarga yang akan di makeup. Perhatikan pula jika memiliki saudara seperti kakak dan adik. Jangan sampai terlewat ya. 

-Pakaian

Jika mengambil paket, biasanya kamu akan mendapatkan pakaian baik untuk kamu dan pasangan untuk keluarga. Kamu sebaiknya memastikan jumlah pakaian yang akan kamu dapatkan. Misalnya ada pakaian untuk orangtua dan juga kakak atau adik.

Begitu juga dengan pakaian yang kamu dapatkan. Apakah satu atau dua jenis untuk akad atau pemberkatan serta resepsi. Semua ini harus diperhatikan supaya kamu dan pasangan tidak salah memperkirakan budget. Bila kamu ingin mengambil di luar paket, kamu juga harus menghitung jumlahnya dengan benar supaya semua keluarga mendapatkan pakaian seragam.

- Paket Tambahan Lainnya

Untuk mendukung penampilan kamu di hari pernikahan, kamu juga perlu mengetahui berbagai aksesoris yang dibutuhkan. Misalnya hairpiece atau hiasan rambut. Kamu bisa bertanya kepada vendor makeup, apakah aksesoris tersebut dikenakan biaya tambahan atau tidak.

Begitu pula dengan perlengkapan lainnya misalnya corsage untuk pengantin pria dan para ayah atau hand bouquet. Itu semua perlu dipastikan sebelum hari H supaya kamu dan pasangan mengetahui hal-hal apa saja yang harus disiapkan secara mandiri.

Hal lainnya adalah soal layanan makeup. Ada beberapa vendor makeup yang bisa  melakukan makeup dan hair do di rumah atau hotel tempat kamu menginap. Dengan kata lain kamu harus mendatangi salon atau bridal tersebut. Hal ini berhubungan dengan rundown persiapan agar tidak terburu-buru. 

9. Cek Barang Pribadi untuk Keperluan Makeup

Komunikasi adalah hal yang penting untuk makeup pengantin yang menawan. Tak hanya berkomunikasi soal gaya makeup dan bentuk rambut. Kamu juga harus menanyakan kepada vendor makeup mengenai perlengkapan yang harus dibawa. Misalnya saja robe atau pakaian yang nyaman untuk makeup dan bagus untuk difoto.

Hal lainnya adalah soal lensa kontak. Beberapa makeup artist mungkin memintamu untuk memakai kontak lensa dengan warna yang disesuaikan dengan konsep atau gaya riasan. Kamu juga harus memperhatikan aksesoris lain seperti anting dan kalung.

Kamu perlu melihat model pakaian yang akan dipakai untuk menentukan aksesoris yang akan dipakai. Selain itu, siapkan juga aksesoris untuk mendukung pakaian misalnya bra tanpa tali. Hal-hal ini sebaiknya kamu konsultasikan dengan tim vendor makeup pengantin sebelum hari H.

10. Persiapkan Diri dan Fisik

Riasan yang mahal akan percuma bila kamu tidak menjaga diri. Hindari makanan berminyak yang akan membuat kulit tampak kusam. Selain itu, jangan sampai kamu kurang tidur karena akan membuat wajah tampak turun. Kamu bisa melakukan perawatan di rumah misalnya memakai masker wajah setiap malam.

Ada banyak hal penting yang perlu kamu perhatikan mengenai memilih makeup pengantin. Hal ini wajib dilakukan supaya kamu bisa tampil menawan dan memukau saat hari pernikahan. Jadi, jangan sampai kamu salah memilih vendor ataupun terlewat dalam hal persiapannya ya.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket